Cara Bermain Petak Umpet di Indonesia

Cara Bermain Petak Umpet di Indonesia. Semua orang tahu permainan petak umpet. Ini adalah permainan anak-anak klasik yang dimainkan di seluruh dunia. Ini adalah panduan untuk aturan petak umpet, termasuk tip untuk bermain dan beberapa variasi umum.

Aturan Dasar Petak Umpet

Anda membutuhkan tiga pemain atau lebih untuk memainkan petak umpet ini. Secara teknis Anda bisa bermain dengan dua, tetapi lebih banyak lebih menyenangkan.
petak umpet
Image by isakarakus on Pixabay
Setujui batas-batas area tempat pemain diizinkan bersembunyi.
Pilih satu orang untuk menjadi pencari.
Pencari menutup mata mereka dan menghitung sampai seratus atau menggunakan timer selama dua menit sementara pemain lain bersembunyi.
Pencari mencari pemain lain.

Tempat Bermain

Yang paling penting adalah menyetujui batasan tempat bersembunyi di muka, dan pastikan semua pemain memahaminya. Anda dapat memainkan Hide and Seek di mana saja. Anda tidak perlu banyak, tetapi Anda membutuhkan ruang di mana ada tempat untuk bersembunyi.


Bermain petak umpet gelap selama senja bisa menyenangkan. Pemain akan bisa bersembunyi lebih baik dalam cahaya redup atau merayap di bawah penutup kegelapan. Namun, Anda perlu memastikan Anda memiliki tempat yang aman untuk ini. Saya tidak akan bermain petak umpet seperti ini di tempat umum di kota yang sibuk.

Pengaturan Waktu

Kecuali bermain di area kecil, itu adalah ide bagus untuk menetapkan batas waktu untuk permainan. Jika semua pemain memiliki perangkat yang memberi tahu mereka waktu, yaitu arloji atau telepon, maka Anda mengatakan itu setelah mengatakan setengah jam jika Anda belum ditemukan Anda harus keluar. Ini adalah cara terbaik untuk berurusan dengan Hide dan Seek di area yang lebih besar.

Baca: Mengenal Sejarah dan Asal Usul Wayang Golek Asli Sunda

Di daerah yang cukup kecil, atau untuk anak kecil yang belum membawa telepon ke mana-mana, Anda dapat menyetujui sinyal bahwa pencari akan berbunyi ketika waktu habis. Jika Anda kebetulan memiliki gong logam keras di sekitar ini sangat ideal, bagaimanapun, semua orang akan mendengar akan melakukannya.

Bagaimana Cara Bermain Petak Umpet di Indonesia?

Tips Menyembunyikan

Jangan bersembunyi di tempat yang paling jelas. Jika memungkinkan untuk melakukannya tanpa ketahuan, cobalah untuk bergerak. Jadi Anda berakhir di suatu tempat pencari sudah mencari. Jangan bersembunyi di tempat yang sama beberapa kali.

Jika Anda benar-benar ingin berusaha di tempat yang lebih besar dengan area persembunyian yang luas, coba ganti pakaian Anda. Jika semua orang mencari Anda mencari seorang pria berjaket merah. Tetapi Anda telah bertukar dengan seorang pria berjaket biru dengan topi lucu, mereka mungkin merasa lebih sulit untuk menemukan Anda.


Versi ini berfungsi dengan baik di ruang yang lebih kecil tanpa terlalu banyak tempat untuk bersembunyi. Di awal permainan pilih home base. Misalnya, ini bisa berupa lingkaran yang ditandai di tanah dengan kapur atau bangku piknik yang diletakkan di tengah

Pencari menutup mata mereka, dan semua orang bersembunyi. Jika para penyembunyi berhasil kembali ke pangkalan tanpa tertangkap oleh para pencari mereka menang. Anda memerlukan kaleng, misalnya kaleng cat kosong, atau ember, yang Anda tempatkan di lokasi sentral di area persembunyian. Anda juga perlu menunjuk ruang terdekat sebagai penjara.

Pencari atau pencari dihitung dengan jumlah yang disepakati, dan semua orang bersembunyi. Seorang pemain petak umpet tertangkap jika mereka dilihat dan ditandai oleh seorang pencari. Para pemain ini dikirim ke penjara.

Cara Bermain Petak Umpet di Indonesia Cara Bermain Petak Umpet di Indonesia Reviewed by Bunda Lexi on March 03, 2019 Rating: 5

No comments:

Komentar di moderasi, silahkan login menggunakan account Google anda untuk berkomentar, komentar dari user unknown tidak akan ditampilkan. Terimakasih.

Powered by Blogger.