Mengenal Sejarah dan Asal Usul Wayang Golek Asli Sunda

Bisnisonlinekita.net - Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan sedikit informasi menarik mengenai sejarah dan asal usul wayang golek asli Sunda yang kini telah menjadi salah satu kesenian wayang yang paling populer di Indonesia. Dulunya wayang golek ini mulai berkembang di Sunda pada abad ke 19 Masehi silam yang ditandai dengan dibukanya jalan raya Daendels. Semula wayang golek ini menggunakan bahasa Jawa namun setelah orang Sunda sudah mahir mendalang kini diganti dengan menggunakan bahasa Sunda yang sangat kental.
wayang golek
Kompasiana.com

Apa itu Wayang Golek Sunda?

Wayang golek merupakan sebuah kesenian yang berasal dari Sunda Jawa Barat yang terbuat dari material albasiah atau lame. Nantinya material tersebut akan diraut sekaligus diukir sesuai dengan bentuk yang dingin diciptakan. Setelah menjadi bentuk wayang yang diinginkan biasanya diselimuti dengan atribut pendukung seperti kostum serta riasan.

Tak lupa supaya mempertegas karakter yang ingin diterapkan pada tampilan wayang golek maka diwarnai dan gambar dengan mengggunakan cat duko. Tahukah bahwa wayang golek sudah mulai berkembang sejak masa pemerintahan Panembahan Ratu yang merupakan cicit dari Sunan Gunung Jati ini memiliki tiga jenis wayang yang masing-masing membawakan lakon yang berbeda. Diantaranya adalah Wayang Golek Papak, Wayang Golek Purwa serta Wayang Golek Modern.

Sejarah Wayang Golek Sunda

Awal mula perkembangan wayang golek ini diperankan oleh lakon Wayang Golek Manek dengan cerita Panji dan wayangnya bernama wayang Golek Manek. Jenis wayang yang diperkirakan sudah ada sejak tahun 1540-1640 tepatnya pada masa pemerintahan Panembahan Ratu Cicin Sunan Gunung Jati ini juga sering disebut dengan wayang golek papak. Hal ini disebabkan karena bentuk kepalanya yang papak atau datar.

Nah, setelah itu ketika memasuki jaman perang Gerilya pada tahun 1650-1662 jalan cerita yang diperankan oleh Wayang Golek Manek ini dilengkapi dengan cerita yang diambil dari babad serta sejarah tanah Jawa. Ternyata kesenian wayang golek ini juga dijadikan media penyebaran agama Islam melalui beberapa lakon yang diperankan. Selain itu cerita Ramayanan dan Mahabarata diperankan oleh lakon Wayang Golek Purwo yang diperkirakan lahir pada tahun 1840 silam.

Wayang golek dahulu dengan wayang golek jaman sekarang memang tak memiliki perbedaan yang signifikan, baik dalam bentuk maupun lakon yang diperankan. Nilai kebudayaan yang terkandung dalam kesenian wayang golek yang diprakarsai oleh Dalem Karang Anyar pada akhir masa jabatannya ini disalurkan melalui para seniman pedalangan yang berpedoman terhadap kode etik yang bernama “Sapta Sila Kehormatan Seniman Seniwati Pedalangan Jawa Barat”. Tak heran jikalau kesenian wayang golek ini sangat kental sekali dengan unsur nilai budaya yang mencakup seluruh nilai-nilai budaya kehidupan yang terdapat dalam masyarakat.
Baca: Inilah Tokoh Wayang Kulit Beserta Sifat dan Gambarnya Lengkap

Banyak orang yang mengira bahwa kesenian wayang golek ini berasal dari India, padahal sejatinya perkembangan wayang golek ini murni berasal dari masyarakat Indonesia meskipun didalamnya terdapat akulturasi budaya lain melalui beberapa lakon yang dibawakan. Seperti misalnya cerita Ramayana dan Mahabarata yang kental sekali dengan agama Hindu. Namun seiring perjalanan waktu seluruh cerita yang berada dalam kisah Ramayana dan Mahabarata tersebut telah diubah dan disesuaikan dengan nilai kebudayaan tanah Jawa.

Demikianlah mengenai sejarah dan asal usul wayang golek asli Sunda yang dapat kami informasikan untuk Anda. Semoga dengan artikel ini mampu menambah wawasan serta ilmu pengetahuan mengenai kesenian wayang golek. Terima kasih.

0 Response to "Mengenal Sejarah dan Asal Usul Wayang Golek Asli Sunda"

Post a Comment

Komentar di moderasi, silahkan login menggunakan account Google anda untuk berkomentar, komentar dari user unknown tidak akan ditampilkan. Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan ditengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel