Pengertian Internet Yang Perlu Kamu Pahami

Pengertian Internet - Internet adalah jaringan komputer public terbesar di dunia yang saling terhubung melalui protokol TCP/IP. Maksud dari jaringan komputer public ialah dapat diakses oleh semua orang. Sehingga dokumen di dalamnya bersifat terbuka bagi semua (tentunya tetap dengan hak cipta).
pengertian internet
Internet saat ini

Sejarah Internet

Internet pertama kali merupakan jaringan komputer yang bernama ARPANET dibawah proyek ARPA yang dibuat oleh departemen pertahan Amerika  Serikat pada tahun 1969.
ARPANET pada mulanya dipergunakan untuk keperluan militer dengan menghubungkan beberapa jaringan komputer yang berada ditempat terpisah. ARPANET diperkenalkan kepada umum pada tahun 1972. Saat itu semua universitas universitas di Amerika berlomba-lomba terhubung ke Internet,

Saya masih ingat dulu internet yang disediakan oleh salah satu provider di Bandung hanya menyediakan koneksi email. Lama-lama baru mereka menyediakan akses ke web atau WWW.
Dahulu menggunakan modem analog, jadi sinyal digital menumpang ke sinyal analog (lewat kabel telepon), kecepatan internet pun jadi terbatas. Modem tercepat saat itu memiliki keceptan 56kbps.

Baca: Memindahkan Website ke Hostinger

Karena nebeng sinyal analog telepon jadi kita ber-internet dihitung durasi bukannya besar data yang keluar masuk.

Internet Modern Saat ini

Internet saat ini diakses dimana-mana oleh semua kalangan, mulai anak balita yang menonton video anak-anak dari Youtube. Sampai kakek nenek yang mencari informasi pengobatan herbal, atau pun makanan sehat, serta cara hidup sehat.

Dari sisi koneksi saat ini sudah banyak koneksi Internet menggunakan fiber optic yang langsung sampai rumah. Bandwith pun beragam dari mulai yang 5mbps sampai diatas 100Mbps.
Jika akses melalui telepon selular maka sudah 4G yang kecepatannya hampir sama dengan akses melalui kabel, sebentar lagi muncul 5G yang tentunya lebih cepat lagi.

Baca juga: Pengertian Domain, Hosting, dan Website

Dari sisi konten dulu misalnya hanya terbatas pada email atau pun jika itu website jarang sekali yang berupa video, dulu hanya berupa teks dan gambar.
Kini semuanya banyak yang disampaikan mellaui video, berkat kecepatan Internet yang kini jauh lebih cepat dari sebelumnya.





0 Response to "Pengertian Internet Yang Perlu Kamu Pahami"

Post a Comment

Komentar di moderasi, silahkan login menggunakan account Google anda untuk berkomentar, komentar dari user unknown tidak akan ditampilkan. Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan ditengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel