Setting Namecheap Domain Ke Blogger (Blogspot Custom Domain)

Kali ini saya akan menuliskan langkah langkah setting Namecheap Domain ke Blogger (blogspot). Selain sebagai catatan pribadi, mungkin ini juga berguna bagi teman-teman sekalian. Saya beberapa kali men-setup custom domain dari namecheap ke blogger tapi tetap mesti browsing lagi mencari caranya, dengan menuliskan caranya disini, saya tinggal melihat halaman ini jika menemui keadaan serupa.

namecheap blogger

Kenapa Custom Domain Blogger?

Kenapa tidak, hanya bermodalkan sebuah domain dan menggunakan blogger sebagai hosting company maka kita akan memiliki hosting dengan kualitas dan realibilitas kelas dunia yang sudah teruji, ya karena blogger itu milik Google, jadi bayangkan anda memiliki hosting yang handal tanpa bayar sepese pun alias gratis. Selain itu yang saya perhatikan jumlah spam sangat kecil dibanding kita menggunakan self hosting Wordpress.

Ada sih sedikit kekurangan nya... kita kurang bisa meng customize website kita, posting harus dilakukan manual, paling banter hanya bisa posting dilakukan dengan cara mengirim email.

Selain itu semuanya sempurna menurut saya.

Baca: Pengertian Internet Yang Perlu Kamu Pahami

Kenapa Namecheap?

Saya sudah mencoba berbagai registrar baik dalam dan luar negeri, tetapi pada akhirnya selalu kembali ke Namecheap karena murah dan sangat mudah dioperasikan, Jika perlu support juga saya tinggal chatting, dan mereka membalas dengan cepat dan professional. Jadi selama ini Namecheap sebagai Domain registrar maupun hosting company tidak pernah mengecewakan saya.

Ok sekarang langkah langkah menghubungkan domain yang ada di Namecheap ke blogger, atau Blogger menyebutnya custom domain.

1. Masuk ke dashboard Namecheap, pilih domain yang mau kamu arahkan ke blogger, klik Manage
blogger custom domain


2. Klik Advanced DNS
namecheap login

3. Dibawah menu Advanced DNS anda harus klik ADD NEW RECORD button dibawah ini:
namecheap website

Jika anda tidak menemukan ADD NEW RECORD seperti gambar diatas tetapi malah menemukan gambar seperti dibawah ini, berarti settingan DNS nya harus dikembalikan dulu ke BasicDNS, caranya dengan meng-klik Change DNS Type. 
namecheap blogger settings

Pastikan nameservers anda menjadi Namecheap BasicDNS. Jika sudah demikian maka anda bisa kembali ke langkah no 3 diatas.
pointing domain namecheap blogger
4. Masukkan 4 host record satu persatu seperti di bawah ini:
Pilih Type dengan A record, isi Host dengan @, isi Value dengan 216.239.32.21 jangan lupa klik tanda centang untuk menyimpan record tersebut.
Klik ADD NEW RECORD lagi ulangi langkah diatas dengan mengganti value nya menjadi  216.239.34.21, 216.239.36.21 dan 216.239.38.21

Baca: Pengertian Domain, Hosting, dan Website
custom domain blogger
Jika anda menambahkan ke empat NEW RECORD dengan benar, maka hasilnya akan menjadi seperti gambar dibawah ini:
how to add custom domain to blogger
5. Setelah ini buka account Blogger, buka Settings>Basic
free custom domain for blogger

6. Isikan Third party domain settings dengan domain pilihan anda (yang tadi sedang disetup di account Namecheap), tambahkan www di depan nya, jadi www.domainanda.com klik Save.
blogger nameservers

7. Catat semua informasi yang diberi kotak merah dibawah ini, nantinya informasi rahasia ini akan di simpan di settingan domain di Namecheap.

namecheap admin login

8. Klik ADD NEW RECORD Pilih Type dengan CNAME Record, isi Host dengan WWW, isi Value dengan ghs.google.com jangan lupa klik tanda centang untuk menyimpan record tersebut.

9. Klik ADD NEW RECORD Pilih Type dengan CNAME Record, isi Host dengan kode rahasia yang didapat dari blogger pada langkah no7 (yang lebih sedikit karakternya), isi Value dengan kode rahasia yang didapat dari blogger pada langkah no7 (yang paling panjang karakternya) jangan lupa klik tanda centang untuk menyimpan record tersebut.

Jika and amengisikan dengan benar maka settingan lengkap di Namecheap dashboard akan seperti dibawah ini:
namecheap client login
10. Kembali lagi ke account blogger, klik tombil Save seperti gambar di bawah ini.
cara setting custom domain

11. Pada menu Settings>Basic pastikan HTTPPS Availability-nya Yes dan HTTPS Redirect nya Yes juga, jika masih no, segera rubah.
namecheap ke blogger

12. Pada menu Settings>Basic pastikan settingan Redirect namadomainanda.com to www.namadomainanda.com di centang. Klik tombol Save.
konfigurasi custom domain blogger

Selesai.

Sumber:
https://www.namecheap.com/support/knowledgebase/article.aspx/1243/2208/how-do-i-use-my-domain-with-my-blogger-account/

0 Response to "Setting Namecheap Domain Ke Blogger (Blogspot Custom Domain)"

Post a Comment

Komentar di moderasi, silahkan login menggunakan account Google anda untuk berkomentar, komentar dari user unknown tidak akan ditampilkan. Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan ditengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel