Memilih Spesifikasi Komputer Server Sesuai Kebutuhan

Kenapa harus memilih spesifikasi komputer server sesuai kebutuhan? Bisa saja toh kita memilih komputer server tercanggih yang ada saat ini untuk sebuah server di kantor. Hal ini merupakan suatu pemborosan... karena harga server tercanggih bisa sampai ratusan juta rupiah. Selain itu teknologi komputer selalu berkembang, jadi untuk harga server saat ini pasti dalam 1-2 tahun mendatang menjadi lebih murah karena sudah ada server yang spesifikasinya lebih baik.

Oya kali ini saya membahas memilih spesifikasi komputer server untuk kebutuhan kantor ya bukan untuk hosting website. Karena komputer untuk hosting website sudah ditentukan oleh perusahaan hosting, kita hanya tinggal memilih paket yang mereka tawarkan. Silahkan bacanay diteruskan...

Spesifikasi komputer server secara umum:


1. Processor

Processor merupakan komponen terpenting yang merupakan otak dari sebuah server, banyak sekali jenis processor bermunculan setiap saat, untuk mengateahui seberapa cepat processor server anda gunakan website yang sudah melakukan test terhadap berbagai macam processor yang berbeda. Seringkali kecepatan processor dijadikan acuan sebagai seberapa cepat server memproses data. Meskipun tidak sepenuhnya benar tetapi kecepatan processor memang merupakan faktor terbesar penentu kecepatan proses sebuah server.
spesifikasi komputer server
Membandingkan kecepatan processor www.cpubenchmark.net
Pada tabel diatas kita bisa melihat type processor mana yang memiliki kecepatan terbaik yang sesuai kebutuhan kita.

2. Memory (RAM)

Memory atau RAM ( Random Access Memory) ialah tempat memproses data sementara, memory merupakan komponen kedua terpenting setelah processor. Memory server dibuat spesifik, pastikan anda memilih tipe memory yang cocok untuk server.
Memory untuk server
Untuk membeli memory server bisa di banyak toko online salah satunya Bhinneka. Harga sebuah memory server bisa semahal harga sebuah laptop. Itu tergantung spesifikasi memory itu sendiri.

3. Kapasitas penyimpanan ( SSD/HARDDISK)

Kapasitas penyimpana data atau secara umum biasanya orang bilang berapa kapasitas harddisk. Jika tadi memory bersifat sementara maka harddisk/SSD bersifat permanen. Maksudnya data tetap tersimpan meskipun komputer server dalam keadaan mati.
Untuk harddisk komputer server sangat dianjurkan menggunaakan minimal 2 harddisk yang dikonfigurasi sebagai RAID 1 yaitu mirroring, jadi jika salah satu harrdisk rusak, maka masih ada harrdisk yang lain. Untuk berbagai tingkatan RAID sebagai metode peyimpanan data yang lebih aman, bisa dilihat di sini.

4. Network Card

Network card juga berperan sangat penting, tanpa network card tidak akan terjadi lalu lintas data antar komputer server dan komputer client.
Kecepatan network card untuk Server biasanya yang Gigabit (1000 bit), gunakan minimal 2 network card untuk mendistribusi beban network.

Wah ternyata ada beberapa faktor yang harus diperhatikan bingung juga nih memilih spesifikasi komputer server yang cocok.

Cara mudah untuk memilih spesifikasi yang sesuai kebutuhan ialah dengan memilih komputer server yang sudah jadi, ada beberapa model kita tinggal memilih. Dengan berbekal pengetahuan komponen-komponen server diatas kita jadi tahu apa yang kita beli.

Pilih,
Server untuk kebutuhan kantor yang rendah
Server untuk kebutuhan kantor yang sedang
Server untuk kebutuhan kantor yang berat.

Kita lihat contoh server menengah berikut ini:
Dell powerEdge T330
Contoh server untuk kebutuhan menengah

Jika kita lihat contoh diatas Dell PowerEdge T330 ini adalah tipe server menengah.

Single Tower
Server ini memiliki bentuk casing single tower, server bentuk ini tidak memerlukan rack server khusus cukup disimpan di ruangan dengan pendingin yang cukup sekitar 18 celcius.

PERC H330 RAID controller
Server ini memiliki RAID controller artinya kita bisa menambah beberapa harddisk didalamnya, pada bagian standard bays kita melihat 8x3.5 Inch HDD. Jadi kita bisa tambahkan hingga server memiliki 8 buah harddisk yang dapat dikonfigurasi menjadi RAID 5+1 misalnya.

Baca juga: Pengertian hosting, domain, dan website

Power Supply
Tertulis 2x 495Watt, artinya jika salah satu power supply mengalami masalah (mati misalnya), maka power supply yg lain akan otomatis bekerja, sehingga kinerja server tidak terganggu.

Processor
Intel Xeon Processor E3-1225 v6 kita bisa lihat
Intel Xeon Processor E3-1225 v6
Processor yang digunakan ialah sebuah processor yang memiliki nilai scor 2,155 menuurt standar passmark software.

Networking
Onboard LOM 1GBE dual port. Server ini memiliki 2 port network Gigabit yang di sematkan di motherboard, sehingga kita bisa menggunakan slot card untuk kebutuhan lain nya jika perlu.

Memory
8GB, cukup untuk OS windows, tetapi jika akan digunakan sebagai database server, memory bisa ditambah jadi 16 GB atau 32 GB.

Harddisk
1x 1TB 7.2K rpm. Harddik yang terpasang saat pembelian hanya 1 unit kita bisa menambahkan nya hingga 8 unit. Harddisk ini memiliki putaran 7200 putaran per menit. Kita bisa menggantinya dengan SSD sehingga lebih tahan lama meskipun harganya lebih mahal.

Controller IDRAC8 Express
Controller ini untuk remote access, sehingga komputer bisa di remote terlepas dari sistem operasi yang diinstall di server ini.

Server ini cocok untuk perusahaan dengan karyawan dibawah 100 orang, bisa dijadikan file server, database, atau email server.

Demikian contoh spesifikasi komputer server ini semoga membantu untuk menentukan pembelian server perusahaan anda.

Memilih Spesifikasi Komputer Server Sesuai Kebutuhan Memilih Spesifikasi Komputer Server Sesuai Kebutuhan Reviewed by Yunar Winardi on February 16, 2019 Rating: 5

No comments:

Komentar di moderasi, silahkan login menggunakan account Google anda untuk berkomentar, komentar dari user unknown tidak akan ditampilkan. Terimakasih.

Powered by Blogger.