Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Remix Cash

Internet Provider Bandung (Sharing Pengalaman Pemakaian)

Internet Provider Bandung - Dibawah ini adalah daftar internet provider yang ada di Bandung. Beberapa provider saya pernah gunakan di kantor maupun di rumah. Saya bagikan pengalaman menggunakan beberapa internet provider pada saat itu dan diusahakan seakurat mungkin. Tetapi mungkin saja keadaan sekarang berubah sesuai perkembangan teknologi menjadi lebih baik. Selamat membaca.

Saya bekerja di divisi IT sebuah perushaan garment milik Inggris di daerah Rancaekek Bandung dari tahun Okt 2008 - Jan 2018

Internet Provider di Bandung yang melayani daerah Rancaekek (digunakan di kantor)

Pabrik kami saat itu menggunakan sistem IT secara menyeluruh dan selalu berhubungan langsung dengan kantor pusat di Inggris. Kerena sistem sangat tergantung kepada koneksi internet, maka ketika koneksi Internet terputus menjadi masalah besar karena sangat menghambat produksi, hampir tidak bisa menggunakan sistem manual karena akan memperlambat pekerjaan dan mengacaukan sistem yang ada. Jadi ketersediaan Internet merupakan keharusan bagi kami.

Untuk itu kami memerlukan dua koneksi Internet yang salah satunya berfungsi sebagai backup jika yang lainnya bermasalah. 

Internet Provider Indosat

Sebelumnya Indosat menggunakan radio untuk terhubung ke kantor kami di Rancaekek, tetapi kemudian Indosat meng-upgradenya menjadi Fiber Optic (FO). Saat itu kami menggunakan koneksi Frame Relay 2Mb jadi koneksinya point to point dari Rancaekek Indonesia ke beberapa kota di Inggris. Untuk mencapai Inggris dalam perjalan nya melibatkan beberapa perusahaan seperti Indosat, Telstra dan Global Croossing. Jika terjadi masalah maka agak repot pencarian permasalahan nya karena biasanya mereka saling lempar masalah. Untungnya terakhir dirubah menjadi koneksi Internet 30MB dan kita gunakan VPN untuk koneksi ke Inggris (UK).

Kesimpulan:
Kestabilan jaringan baik, jarang gangguan, tetapi ketika ada masalah penanganan masalah kurang cepat dibanding ISP lain nya. Jarak dari open tiket sampai maslah selesai agak lama).

Alamat Indosat Bandung:
1. Gedung Graha Bumiputera Lt. Dasar, Jl. Asia Afrika 141 - 147, Kebon Pisang, Sumur Bandung, Kb. Pisang, Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat 40111

2. POP Indosat di perapatan Buahbatu - SukarnoHatta
(dari kantor kami di Rancaekek berijung di sini).

Internet Provider Comnet (Comtronics)

Comnet merupakan Internet provider backup kami, koneksi ke kantor kami melalui wireless 2,4 Ghz. Sayangnya untuk sampai ke kantor kami melalui 2 POP (Point of Presence) yang terletak di hotel HARRIS, kemudian ke kantor MAU. Dahulu masalahnya seringkali ada masalah kelistrikan di POP MAU, dan juga ada masalah interferensi frekwensi.

Kesimpulan:
Support dari Comnet sangat baik, respon cepat dan mereka berusaha memperbaiki masalah dengan cepat meskipun sampai malam hari, sayangnya karena jarak ke kami cukup jauh dan melalui 2 titik POP masalah sering terjadi di POP tersebut yang berakibat ke koneksi kami di Rancaekek.
Jika anda berminat menggunakan layanan Internet Wireless pastikan koneksi langsung dari Internet Provider ka lokasi anda tanpa melalui POP lagi. 
Catatan: POP (Point of Presence) dibutuhkan ketika jarak yang terlau jauh bagi Access point untuk menuju ke customer secara langsung, atau kondisi alam yang tidak memungkinkan koneksi langsung dari provider ke customer. Jadi POP itu sambungan koneksi yang biasanya berupa akses point ke akses point.

Alamat Comnet di Bandung:
PT. Comtronics Systems
2nd Floor Panorama Building
Setrasari Plasa Blok B4 Kav 74
Bandung 40163 - West Java
INDONESIA


Internet Provider XL

XL ternyata bisa digunakan sebagai Internet Provider. XL menuju ke kantor kami menggunakan Frekwensi 5 Ghz, dan kualitas koneksi cukup bagus. 
Kami memakai XL setelah kami mengalami permasalahan koneksi dengan provider sebelumnya. Kami berlangganan internet 30 Mbps dengan CIR 1:1

Kesimpulan:
Tidak ada masalah berarti selama menggunakan XL.

Alamat XL di Bandung:
Jl. R.E. Martadinata No.7, Tamansari, Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat 40116


Internet Provider di Bandung yang melayani daerah Ujungberung (digunakan di rumah)

Saat ini di perumahan tempat saya tinggal daerah Ujungberung Bandung terdapat beberapa pilihan untuk berlangganan Internet dengan media Fiber Optic (FO). Ada Indihome (Telkom), Megavision, dan yang terakhir masuk First Media.
pilihan internet di Bandung


Megavision
Saya sendiri menggunakan provider Megavision ini karena kebetulan yang pertama datang ke rumah menawarkan dan direalisasikan dengan cepat.

Saat pertama kali menempati rumah ini di 2010 saya sempat berlangganan Speedy Telkom, tetapi saat itu sering putus koneksi gara-gara banyak anak-anak bermain layangan sehingga memutuskan kabel telpon ke rumah saya. Kemudian juga rumah ini sempat kosong sekitar satu tahun, sehingga saya memutuskan untuk berhenti berlangganan internet dan telp.

Setelah itu saya berpindah-pindah internet provider, mulai Indosat, Telkomsel, XL, Tri, dan Smartfren, yang semuanya 3G dan 4G karena saya masih trauma dengan benang layangan. Sekitar 3 bulan terakhir ini saya mulai gunakan fiber optic dari internet provider M ini.

Sebetulnya pertama kali saya ajukan pasang FO ke provider Telkom dengan produknya Indihome tetapi setelah menunggu lebih dari 6 bulan tidak kunjung direalisasikan saya nya keburu ilfil dan saat yang bersamaan provider Megavision masuk dan menawarkan dengan harga yang cukup kompetitif. Saya juga sempat coba daftar melalui website ke First Media tetapi saat saya daftar belum ada jaringan di daerah saya. Hanya berjarak 2 mingg setelah saya terdaftar di Megavision, provider First Media menawarkan untuk berlangganan internet dan TV kabel.

Untuk Megavision ini saya berlangganan internet 3Mbps unlimited (tidak ada quota). Mereka juga memberikan free TV kabel (60 channel termasuk TV local) selama 1 tahun. Oya untuk Megavision ini kita terikat kontrak salama 1 tahun. M memberikan masa promo kecepatan di up hingga 6Mbps  selama 6 bulan. Berikut adalah hasil speedtest saat saya test ajm 11:32 malam, dan hanya saya sendiri yang pakai. Mereka menggunakan kabel FO sampai ke dalam rumah.

3Mbps bagi saya ini cukup, anak saya bisa melihat YouTube melalui TV, istri saya bisa gunakan tablet nya, dan saya bisa gunakan laptop. Saya terkadang menggunakan software VPN Cisco untuk terhubung menyelesaikan perkerjaan kantor dari rumah dan selama ini cukup lancar. Saya juga memiliki software VPN pribadi untuk keperluan internet saya dan ini juga tidak bermasalah.

Secara performance cukup baik, saya tidak mengalami kendala berarti. Untuk pembayaran bulanan saya gunakan internet banking klikBCA, jangan lupa mencantumkan id customer di kolom keterangan, jika tidak kemungkinan belum dianggap membayar.

Indihome (Telkom)
Di rumah orang tua saya memasang Indihome memakai kabel FO sampai ke dalam rumah. Sudah beberapa tahun berlalu tidak ada gangguan berarti. Mungkin karena jaringan nya sudah FO sehingga tidak ada korosi seperti kabel tembaga.
Saya khawatir jika terjadi gangguan penanganan biasanya akan cukup lama seperti yang dikeluhkan beberapa teman saya. Gangguna yang mungkin terjadi pada kabel FO ialah kabel putus terkena pacul/pancong saat ada perbaikan jalan. Karena kabel FO pada umumnya di tanam dibawah Tanah.

Kecepatan hingga 10 mbps, ada TV on demand, dan video on demand, jadi jika kita terlewat menyaksikan acara yang bagus di TV, bias diputar kembali sampai dengan 7 hari kebelakang, ini yang provider lain tidak ada.

Kekurangan nya, karena full fiber maka telepon (voice) juga numpang ke koneksi Internet sehingga modem Indihome harus terus menerus nyala. Jika modem mati maka nomor telp kita tidak bisa dihubungi. Berarti jika mati listrik, maka otomatis telp juga mati, berbeda dengan telp dulu saat masih pake kawat tembaga, listrik mati pun telp masih bisa berfungsi.

First Media
di awal Feb 2018 saya akhirnya menambah saluran Internet dari First Media untuk penggunakan sebuah alat. Saya sengaja menggunakan internet provider yang berbeda agar jika salah satu provider mengalami gangguan maka bisa di backup oleh provider lainnya.
Pemasangan internet dari First Media paling cepat, saya telp siang hari, sorenya internet sudah terpasang.

Untuk ini saya memilih paket yang hanya internetnya saja dengan bandwidth hanya 2 mbps.
Kabel FO First Media hanya sampai tiang besi di luar rumah kita, selanjutnya memakai kabel tembaga masuk ke rumah kita. Kabel yang disediakan hanya 25 meter dari tiang ke rumah, jika lebih maka kita harus membayar kelebihan nya, per meter 10,000 rupiah.

Saya masih menunggu MNC Play dan MyRepublic masuk ke perumahan saya sehingga lebih banyak pilihan bagi kami di Bandung. 

Alternatif TV Kabel / Internet yang ada di Bandung

Yang ini kayaknya pioneer internet di Bandung, dulu ada di Dago, saat ini ada di Paskal Hypersquare dengan alamat
Paskal Hyper Square Blok C No. 39-41, 
Jl. H. O. S. Tjokroaminoto (Pasirkaliki) No. 25-27
Bandung 40181 - Indonesia

Biznet 
Ada di Grha Indosurya, Jl. Asia Afrika No.129, Bandung sebelum gedung Merdeka
Untuk Bandung kota saat ini mereka ada di kecamatan:
Bandung Wetan, Sumur Bandung, Coblong, Sukajadi, Cicendo, Regol, Lengkong, Batununggal, Bojongloa kidul, Babakan Ciparay, Sukasari, Cidadap, Antapani, Astana Anyar, Cibeunying Kaler, Cibeunying kidul.
coverage Biznet selengkapnya disini.


Salah satu penyedia layana TV kabel dan internet tertua di Bandung selain Melsa.
Di bandung alamatnya ada di jalan Braga

MNC Play
MNC group ikut meramaikan TV kabel dan Internet di Bandung per 2015 dan tersedia di cukup banyak wilayah di Bandung.
Berkantor di JL WR Supratman no 2F dan di Jl Golf Barat no 5 Bandung 

Beralamat di 
Paskal Hyper Square A-16
Jl. HOS Cokroaminoto no. 25-27, Bandung 40181
sales@bdg.rad.net.id
+62-22-421 3141
dan
Gedung Bumi Bina Usaha, 3rd floor, suite 301b
Jl. Asia Afrika no. 141-149, Bandung 40112
+62-22-421 3141

CIFO Bandung
Jl. Mentor I No. 1
Bandung Jawa Barat 40175
Indonesia Telepon : (022) 2056 4410 , 087823451133
Menyediakan akses internet untuk corporate


TV Kabel saja tanpa Internet


Orange TV
Ini jual lepas antena dan unit decoder nya. Jadi kita kita beli semua alatnya bukan sewa. Harga sekitar 900 rb an saat saya beli.
Sistemnya prabayar, kita tinggal beli pulsanya sendiri bisa di Alfamart ataupun online.
Dulu beli ini karena hanya Orange TV yang menyiarkan sepakbola yang tidak disiarkan TV kabel lainnya.




4 comments for "Internet Provider Bandung (Sharing Pengalaman Pemakaian)"

  1. Megavision kualitas gambar TV Kabel nya gmn kang? burem atau gak?

    ReplyDelete
  2. Kualitas gambar bagus kan digital, kabel fiber sampai ke rumah.

    ReplyDelete
  3. Mantap ulasanya. Trims infonya. Kebetulan sy lg cari2 provide internet buat di rmh yg lokasinya di pedalaman Rck :). Kl bisa japri mau tanya2 boleh ga kang? Kbtulan sy suka ngoprek komputer dan internet gitu, tp ilmunya pas pasan, butuh tempat bertanya. Hatur nuhun .... Heri.

    ReplyDelete
  4. There are thousands of different internet service providers providing different types of internet service. You may of herd of DSL, Cable Internet, and Dial Up connection but satellite internet is not as widely known, nevertheless, satellite is taking the country by storm, because of its relatively easy set up costs and availability in the most remote parts of the world, satellite internet providers are becoming today the hot choose. best internet provider toronto

    ReplyDelete

Komentar di moderasi, silahkan login menggunakan account Google anda untuk berkomentar, komentar dari user unknown tidak akan ditampilkan. Terimakasih.