Pilihan Internet dan TV kabel di Bandung dan Sekitarnya, Cermati Sebelum Berlangganan

Internet di Bandung - Saat ini di perumahan tempat saya tinggal daerah Ujungberung Bandung terdapat beberapa pilihan untuk berlangganan Internet dengan media Fiber Optic (FO). Ada Indihome (Telkom), Megavision, dan yang terakhir masuk First Media.
pilihan internet di Bandung


Megavision
Saya sendiri menggunakan provider Megavision ini karena kebetulan yang pertama datang ke rumah menawarkan dan direalisasikan dengan cepat.

Saat pertama kali menempati rumah ini di 2010 saya sempat berlangganan Speedy Telkom, tetapi saat itu sering putus koneksi gara-gara banyak anak-anak bermain layangan sehingga memutuskan kabel telpon ke rumah saya. Kemudian juga rumah ini sempat kosong sekitar satu tahun, sehingga saya memutuskan untuk berhenti berlangganan internet dan telp.

Setelah itu saya berpindah-pindah internet provider, mulai Indosat, Telkomsel, XL, Tri, dan Smartfren, yang semuanya 3G dan 4G karena saya masih trauma dengan benang layangan. Sekitar 3 bulan terakhir ini saya mulai gunakan fiber optic dari internet provider M ini.

Sebetulnya pertama kali saya ajukan pasang FO ke provider Telkom dengan produknya Indihome tetapi setelah menunggu lebih dari 6 bulan tidak kunjung direalisasikan saya nya keburu ilfil dan saat yang bersamaan provider Megavision masuk dan menawarkan dengan harga yang cukup kompetitif. Saya juga sempat coba daftar melalui website ke First Media tetapi saat saya daftar belum ada jaringan di daerah saya. Hanya berjarak 2 mingg setelah saya terdaftar di Megavision, provider First Media menawarkan untuk berlangganan internet dan TV kabel.

Untuk Megavision ini saya berlangganan internet 3Mbps unlimited (tidak ada quota). Mereka juga memberikan free TV kabel (60 channel termasuk TV local) selama 1 tahun. Oya untuk Megavision ini kita terikat kontrak salama 1 tahun. M memberikan masa promo kecepatan di up hingga 6Mbps  selama 6 bulan. Berikut adalah hasil speedtest saat saya test ajm 11:32 malam, dan hanya saya sendiri yang pakai. Mereka menggunakan kabel FO sampai ke dalam rumah.

3Mbps bagi saya ini cukup, anak saya bisa melihat YouTube melalui TV, istri saya bisa gunakan tablet nya, dan saya bisa gunakan laptop. Saya terkadang menggunakan software VPN Cisco untuk terhubung menyelesaikan perkerjaan kantor dari rumah dan selama ini cukup lancar. Saya juga memiliki software VPN pribadi untuk keperluan internet saya dan ini juga tidak bermasalah.

Secara performance cukup baik, saya tidak mengalami kendala berarti. Untuk pembayaran bulanan saya gunakan internet banking klikBCA, jangan lupa mencantumkan id customer di kolom keterangan, jika tidak kemungkinan belum dianggap membayar.

Indihome (Telkom)
Di rumah orang tua saya memasang Indihome memakai kabel FO sampai ke dalam rumah. Sudah beberapa tahun berlalu tidak ada gangguan berarti. Mungkin karena jaringan nya sudah FO sehingga tidak ada korosi seperti kabel tembaga.
Saya khawatir jika terjadi gangguan penanganan biasanya akan cukup lama seperti yang dikeluhkan beberapa teman saya. Gangguna yang mungkin terjadi pada kabel FO ialah kabel putus terkena pacul/pancong saat ada perbaikan jalan. Karena kabel FO pada umumnya di tanam dibawah Tanah.

Kecepatan hingga 10 mbps, ada TV on demand, dan video on demand, jadi jika kita terlewat menyaksikan acara yang bagus di TV, bias diputar kembali sampai dengan 7 hari kebelakang, ini yang provider lain tidak ada.

Kekurangan nya, karena full fiber maka telepon (voice) juga numpang ke koneksi Internet sehingga modem Indihome harus terus menerus nyala. Jika modem mati maka nomor telp kita tidak bisa dihubungi. Berarti jika mati listrik, maka otomatis telp juga mati, berbeda dengan telp dulu saat masih pake kawat tembaga, listrik mati pun telp masih bisa berfungsi.

First Media
di awal Feb 2018 saya akhirnya menambah saluran Internet dari First Media untuk penggunakan sebuah alat. Saya sengaja menggunakan internet provider yang berbeda agar jika salah satu provider mengalami gangguan maka bisa di backup oleh provider lainnya.
Pemasangan internet dari First Media paling cepat, saya telp siang hari, sorenya internet sudah terpasang.

Untuk ini saya memilih paket yang hanya internetnya saja dengan bandwidth hanya 2 mbps.
Kabel FO First Media hanya sampai tiang besi di luar rumah kita, selanjutnya memakai kabel tembaga masuk ke rumah kita. Kabel yang disediakan hanya 25 meter dari tiang ke rumah, jika lebih maka kita harus membayar kelebihan nya, per meter 10,000 rupiah.


Saya masih menunggu MNC Play dan MyRepublic masuk ke perumahan saya sehingga lebih banyak pilihan bagi kami di Bandung. Sekian postingan iseng saya kali ini :-)
Pilihan Internet dan TV kabel di Bandung dan Sekitarnya, Cermati Sebelum Berlangganan Pilihan Internet dan TV kabel  di Bandung dan Sekitarnya, Cermati Sebelum Berlangganan Reviewed by Yunar Winardi on February 05, 2017 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.