Jaringan Komputer, Cara Kerja, dan Manfaatnya

Jaringan Komputer ialah sekelompok komputer yang terhubung satu sama lain sehingga dapat melakukan pertukaran data ataupun menggunakan sumber daya yang sama secara bersamaan.

Manfaat Jaringan Komputer

Dengan menggunakan jaringan komputer maka penggunaan sumber daya secara bersama-sama bisa lebih efisien. Misalnya dengan adanya jaringan komputer maka sekelompok orang dalam bekerja dapat menggunakan 1 printer saja tidak perlu banyak printer. Atau penggunaan data yang sama dari server.
jaringan komputer


Misalnya mengupdate file spreadsheet yang sama sehingga tidak terjadi versi yang berbeda-beda dari sebuah data/file. Contoh lain adalah penggunaan Internet, dengan jaringan komputer hanya diperlukan satu koneksi ke Internet tetapi dapat dipergunakan oleh semua orang yang terhubung dangan jaringan komputer.

Jika tidak menggunakan jaringan komputer maka setiap orang yang akan mencetak data, harus terhubung langsung ke printer. Jika file, maka terjadi berbagai versi file sehingga data yang dihasilkan tidak akurat. Kemudian setiap komputer harus memiliki modem sendiri untuk terhubung ke Internet jika tanpa jaringan komputer. Itu semua menjadi tidak efision dalam penggunaan sumber daya.

Baca: Memilih Spesifikasi Komputer Server Sesuai Kebutuhan

Model Jaringan Komputer pada umunya jaringan komputer terbagi menjadi dua yaitu:

Peer to peer 

Yaitu jaringan komputer client yang terhubung ke semua client komputer. Keuntungan dari jaringan model ini tidak dibutuhkan komputer server. Tetapi banyak kekurangan nya juga yaitu: pengaturan hak akses menjadi tidak praktis, karena setiap komputer yang memiliki sumber daya harus mengatur hak akses nya masing-masing. Keamanan data menjadi rentan karena pengaturan yang dilakukan oleh masing-masing pemilik komputer.
Jika ada sumberdaya yang terhubung langsung dengan sebuah komputer maka jik ada komputer lain yang akan menggunakan sumber daya tersebut (mislanay printer), maka komputer yang terhubung langsung dengan printer harus tetap hidup.

Client Server

Client hanya dapat terhubung ke server saja tetapi tidak bisa terhubung ke komputer client secara langsung. Model jaringan ini memerlukan sebuah server khusus. Printer, file data, dan koneksi Internet semua dapat dihubungkan langsung ke Server ini, sehingga semua client dapat menikmati sumber daya tersebut secara bersma-sama. Kekurangan nya: Diperlukan seorang administrator khusus yang mengurusi hak akses ke server, misalnya siapa saja yang dapat membuka file-file tertentu, atau siapa saja yang dapat mencetak dokumen, atau siapa saja yang dapat akses Internet.

Baca: Pengertian Internet Yang Perlu Kamu Pahami

Media koneksi

Media yang digunakan sebagai penghubung jaringan pada umunya jua terbagi dua yaitu:

Dengan Kabel

Kabel yang dipakai ialah kabel UTP dengan kecepatan hingga 1000bps untuk UTP level 6. Kabel ini berisi 8 kabel yang lebih kecil, meskipun demikian kabel yang digunakan sebagai penghantar data hanya 4 buah saya, sisanya pada awal pembuatannnya digunakan untuk saluran telepon. Koneksi menggunakan kabel relatif lebih cepat dibanding menggunakan wireless. Hanya saj amenjadi tidak praktis ketika komputer client serin gberpindah tempat.

Tanpa kabel (wireless)

Jika komputer nya seringkali berpindah lokasi maka penggunaan kabel sebagai media tidaklah tepat, harus digunakan koneksi wireless (WIFI). Diperlukan wireless card, card ini biasanya sudah tertanam pada komputer portabel (laptop), tetapi pada komputer desktop car dini belum ada, sehingga diperlukan tambahan card WIFI agar komputer dapat terhubung ke jaringan komputer.

Perangkat jaringan komputer

Untuk membuat sebuah jaringan komputer berbasis client server maka diperlukan peralatan sebagai berikut:
1. Kabel jaringan
Sebagai media penghubung antar komputer, jika wireless maka tidak dibutuhkan kabel.
2. Network card / WIFI card
Tempat kabel jaringan terpasang, jika wireless tetap memerlukan card hanya saja tanpa kabel.
3. Switch atau Access Point jika wireless
Swith atau Hub digunakan sebagai alat yg menghungkan semua komputer client dengan server
4. Server
Sebuah komputer yang khusus menyediakan sumber daya yang diperlukan komputer client


Jaringan Komputer, Cara Kerja, dan Manfaatnya Jaringan Komputer, Cara Kerja, dan Manfaatnya Reviewed by Yunar Winardi on February 19, 2019 Rating: 5

No comments:

Komentar di moderasi, silahkan login menggunakan account Google anda untuk berkomentar, komentar dari user unknown tidak akan ditampilkan. Terimakasih.

Powered by Blogger.