6 Cara Menghilangkan Komedo dengan Bahan yang Mudah Didapat Di Sekitar Kita

Komedo adalah salah satu masalah kulit yang paling sering muncul. Komedo dipicu oleh banyak hal. Diantaranya adalah sel kulit mati yang tidak terangkat, perubahan hormon, efek samping produk kecantikan, perkembangan bakteri dan produksi minyak berlebih. Namun, Anda tidak perlu khawatir. Pasalnya komedo bukanlah masalah kulit yang terlalu mengganggu dan banyak cara menghilangkan komedo agar tidak kembali lagi dengan singkat dan cepat menggunakan bahan-bahan yang ada di sekitar Anda.

alodokter.com

Tips Menghilangkan Komedo yang Mengganggu


Pada dasarnya, komedo selain tumbuh di wajah juga bisa muncul di area lain seperti lengan, punggung, leher, bahu dan dada. Ada dua jenis komedo. Pertama, komedo putih yaitu berupa tonjolan kecil di bawah epitel kulit. Komedo ini kebanyakan dipengaruhi oleh perubahan hormon dalam tubuh. Kedua adalah komedo hitam, terbentuk dari kotoran yang terperangkap dalam pori-pori dan berubah menjadi gelap.

Cara menghilangkan komedo agar tidak bali lagi cukup banyak dan bervariasi, tinggal menyesuaikan cara mana yang paling cocok dan efektif. Komedo memang tidak bisa dihilangkan secara permanen, namun bisa dikurangi dengan menjaga kebersihan kulit. Berikut ini adalah beberapa cara membersihkan komedo yaitu :

1. Scrub Kopi dan Gula


Anda bisa menggunakan ampas kopi dicampur dengan gula sebagai scrub. Ampas kopi terbukti efektif untuk mengangkat sel kulit mati karena butiran kasarnya akan membuka permukaan kulit sehingga kotoran dalam pori-pori akan mudah dikeluarkan. Gosokkan scrub dengan merata di wajah atau bagian yang berkomedo. Gosok dengan halus selama 1 menit kemudian bilas dengan air bersih.


2. Garam


Seperti halnya kopi dan gula, cara menghilangkan komedo dengan bahan alami lainnya adalah dengan menggunakan bahan yang tersedia di rumah seperti garam. Namun, cara menggunakan garam berbeda dengan kopi dan gula. Anda bisa menggunakan garam dengan dicampurkan air panas dan menguapi wajah Anda dengan uap panas yang keluar. Permukaan pori-pori akan terbuka sehingga kotoran akan mudah keluar.


3. Putih Telur


Jika Anda lebih menyukai menggunakan masker, mungkin Anda bisa mencoba masker putih telur. Caranya adalah dengan mengolesi bagian kulit berkomedo dengan putih telur yang telah dikocok hingga berbusa sebelumnya. Jangan lupa menempelkan tisu sebelum olesan putih telur mengering. Tunggu hingga 30 menit kemudian angkat tisu dari bagian bawah ke atas. Komedo yang menempel di tisu akan terangkat keluar dari pori-pori kulit.


4. Dengan Pasta Gigi


Cara menghilangkan komedo dengan pasta gigi bisa dilakukan. Namun, sebaiknya pilihlah pasta gigi herbal untuk mengurangi kandungan bahan kimianya. Pasta gigi mengadung fluoride dan mineral akan memaksa keluar kotoran dari pori-pori. Caranya adalah dengan mengoleskan pasta gigi di area wajah atau leher yang berkomedo. Biarkan selama 20 sampai 30 menit setelah itu Anda bisa membilasnya dengan air bersih.


5. Oatmeal dan Yogurt


Yogurt mengandung asam laktat yang baik untuk kulit sedangkan oatmeal mengandung butiran yang akan mengangkat sel kulit mati. Cara menggunakannya adalah dengan mencampurkan dua sendok makan oatmeal dan tiga sendok makan yogurt. Oleskan ke seluruh permukaan kulit wajah dan diamkan selama 10 menit. Pada daerah berkomedo, sel kulit mati akan terangkat sedangkan kulit yang tidak berkomedo akan ternutrisi oleh kandungan yogurt dan oatmeal.


6. Dengan Baking Soda


Baking soda memiliki kemampuan sebagai agen pengelupas yang akan mengangkat kulit mati penyumbat pori-pori. Namun, tidak disarankan untuk dipergunakan setiap hari karena dapat menyebabkan kulit menjadi kering. Cara menggunakan baking soda adalah dengan mencampurnya dengan air hingga membentuk pasta kemudian oleskan pada kulit wajah selama 10 menit. Bilas hingga bersih.

Kehadiran komedo di wajah memang seringkali mengganggu penampilan Anda. Itulah mengapa Anda harus rajin untuk membersihkan kulit wajah. Namun, sebersih apapun kita menjaga, kemunculan komedo kadangkala tidak terhindarkan. Anda harus berjaga-jaga dan mempersiapkan cara menghilangkan komedo agar tidak muncul lagi menggunakan bahan alami di atas supaya bisa segera dipraktekkan sewaktu-waktu. Selamat mencoba.

0 Response to "6 Cara Menghilangkan Komedo dengan Bahan yang Mudah Didapat Di Sekitar Kita"

Post a Comment

Komentar di moderasi, silahkan login menggunakan account Google anda untuk berkomentar, komentar dari user unknown tidak akan ditampilkan. Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan ditengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel