Mudah dan Cepat, Begini Cara Membuat Email dengan Google dan Yahoo!

Di Era telekomunikasi maya, Elektronic Mail atau Email menjadi sebuah akun penting yang harus dimiliki setiap pengguna internet. Email digunakan sebagai pengiriman dokumen atau surat-surat elektronik yang lebih resmi daripada aplikasi perpesanan. Tak hanya itu, email sendiri juga sering kali menjadi syarat pembuatan akun-akun media sosial, seperti Facebook, Instagram, Twitter, YouTube, Google Play, dan lain sebagainya. Apabila Anda ingin memiliki akun email, berikut adalah beberapa cara membuat email yang bisa Anda ikuti.

Cara Membuat Akun Email dengan Mudah

Membuat email bukanlah hal yang rumit, tapi tanpa mengetahui langkah yang benar, Anda bisa saja tak akan berhasil membuat akun tersebut. Ada 2 perusahaan penyedia pembuatan email yang lumrah digunakan di Indonesia, yaitu Google Mail atau Gmail dan Yahoo Mail. Oleh karena itu, artikel ini akan menjelaskan beberapa cara membuat email melalui Google dan Yahoo.

1. Cara Membuat Gmail

cara membuat google mail

Gmail merupakan layanan email yang disediakan oleh Google, sehingga dengan menggunakan Gmail Anda akan dengan mudah terkoneksi dengan berbagai plaform Google lainnya. Beberapa akun Google yang bisa terkoneksi antara lain, Google Play, Google+, Google Drive, dan lain sebagainya. Cara membuat email melalui Gmail sendiri terbilang mudah, yaitu:

a. Buka situs Google Mail pada mesin pencarian Anda.

b. Kemudian klik tombol “Create an Account”, atau Buat Akun, atau Sign Up.

c. Setelah Anda klik tombol “Create an Account”, atau Buat Akun, maka akan muncul pengisian data diri yang harus Anda isi dengan teliti dan benar. Pada pengisian data diri, Anda harus membuat password yang kuat namun mudah diingat oleh Anda sendiri. Jika perlu, catat password Anda di sebuah catatan sebagai jaga-jaga.

d. Setelah pengisian data dan pembuatan password selesai, klik tombol “Langkah Berikutnya”. Setelah itu, akan muncul pop-up persetujuan di mana Anda bisa langsung klik “Saya Setuju”.

e. Usai Anda klik “Saya Setuju”, kemudian Gmail akan beralih ke laman Selamat Datang. Pada laman ini, yang perlu Anda lakukan adalah klik “Lanjutkan ke Gmail”. Dengan begitu, akun Gmail Anda sudah selesai dibuat dan siap digunakan.

2. Cara Membuat Yahoo Mail

cara membuat yahoo mail

Sama dengan Gmail, cara membuat email dengan Yahoo juga tergolong mudah. Yahoo Mail sendiri merupakan layanan email gratis, namun berasal dari Yahoo. Melalui Yahoo Mail, Anda juga bisa langsung terkoneksi dengan platform perpesanan singkat, Yahoo Messanger.

a. Kunjungi situs Yahoo Mail pada mesin pencarian

b. Setelah Yahoo Mail terbuka, klik tombol “Sign Up”, kemudian akan muncul pengisian data diri sama seperti yang telah dijelaskan pada Gmail.

c. Setelah mengisi seluruh data formulir, kemudian Anda klik “Continue” untuk beralih ke langkah selanjutnya.

d. Langkah selanjutnya, Anda akan diarahkan pada laman verifikasi. Pada langkah ini, periksa kembali nomor telepon yang Anda masukkan, jika sudah benar maka klik “Text Me An Account Key”.

e. Anda kemudian akan menerima kode verifikasi akun melalui sms di nomor yang sudah Anda daftarkan. Biasanya, kode akan diterima sekitar 5-30 detik setelah Anda menekan “Text Me An Account Key”. Jika selama satu menit Anda belum mendapatkan pesan, maka klik “Re-Send” agar kode segera dikirimkan kembali.

Demikian cara membuat akun email dengan mudah menggunakan Google Mail maupun Yahoo Mail. Untuk membuat media sosial, Anda bisa menggunakan Gmail maupun Yahoo Mail. Namun untuk Yahoo Messenger hanya tersedia jika Anda menggunakan Yahoo, begitu juga dengan beberapa akun Google yang hanya bisa menggunakan akun Gmail.

0 Response to "Mudah dan Cepat, Begini Cara Membuat Email dengan Google dan Yahoo!"

Post a Comment

Komentar di moderasi, silahkan login menggunakan account Google anda untuk berkomentar, komentar dari user unknown tidak akan ditampilkan. Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan ditengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel