Sejarah Perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW

Bisnisonlinekita.net - Sama seperti perayaan hari-hari baik lainnya dalam Kalender Masehi maupun Kalender Hijriyah yang kerap dijadikan pedoman perhitungan hari-hari baik dalam agama Islam. Perayaan hari Maulid Nabi Muhammad SAW ini juga merupakan hari baik bersejarah yang dinanti dan ditunggu oleh seluruh umat muslim di penjuru dunia.

Tak jauh berbeda dengan sejumlah hari baik yang tertera dalam Kalender Masehi maupun kalender Hijriyah yang hadir dengan rentetan sejarah yang panjang dan bermakna. Sejarah Mulid Nabi ini juga panjang, namun meskipun demikian dibalik rentetan sejarah yang mengiringinya terselip sejuta makna yang mampu dijadikan pedoman bagi umat muslim untuk menjalani kehidupan lebih baik.
maulid nabi muhammad saw
 

Momen bersejarah yang jatuh tepat pada tangal 12 Rabiul awal ini kerap dirayakan oleh negara-negara yang mayoritas penduduknya beragama muslim. Seperti Indonesia, Iran, Malaysia, Australia, Thailand, Afrika dan beberapa negara lainnya yang memiliki jumlah penduduk muslim banyak. Nah, berikut ini info singkat mengenai sejarah adanya perayaan Maulid Nabi Muhammad.

Sekilas Asal Usul Perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW

Banyak sekali tujuan mulia yang hendak dicapai oleh umat muslim dalam perayaan Mulid Nabi Muhammad SAW ini. Diantaranya adalah menunjukkan kepada seluruh umat muslim dipenjuru dunia untuk mengetahui hal-hal apa saja yang telah diperintahkan oleh Nabi Muhammad SAW untuk dilaksanakan. Baca: Tahun Baru Islam

Selain itu, melalui perayaan maulid bukan hanya sekedar mengetahui tentang Nabi Muhammad SAW semata, namun juga mempersatukan umat islam yang telah terpecah belah menjadi satu ikatan yang terpatri dengan kuat melalui segala ajaran-ajaran yang telah diperintah oleh Nabi Muhammad SAW.

Perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW ini bukan hanya serta merta mengingatkan kepada seluruh umat muslim akan ajaran-ajaran mulia yang harus dilaksanakan. Namun beberapa umat muslim menggelar perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW ini berdasarkan pada kecintaan dirinya dengan Rasullulah SAW sekaligus memperingati hari kelahirannya.

Sejarah perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW ini semakin panjang tatkala banyak sumber yang memiliki pendapat lain atas perayaan dan makna dari Maulid Nabi Muhammad SAW ini. Seperti misalnya pendapat yang muncul dari beberapa kalangan pada zaman Shalahudin al-Ayubbi pada tahun 1193 Masehi silam. Pendapat tersebut menyatakan bahwasannya perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW ini untuk membangkitkan semangat jihat yang dilakukan oleh kaum muslim.

Namun pendapat tersebut disanggah oleh pakar sejarah Islam yang mengatakan bahwa munculnya Maulid Nabi Muhammad SAW ini dipelopori oleh Dinasti Ubadiyyun atau Fatmiyah. Dinasti ini merupakan keturunan yang disandarkan oleh Fatimah. Pasalnya para khalifah Fatimiyah memang sejak dulu sudah memiliki banyak perayaan dalam setap tahunnya. 
Baca: Hari Kemerdekaan RI

Pernyataan yang diungkapkan oleh Al Maqrizi seorang pakar sejarah islam tersebut diperkuat lagi dengan beberapa sumber yang menyatakan bahwasannya Dinasi Fatmiyah atau Ubadiyyun menginisiasi perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW. Meskipun banyak sekali kesenjangan pendapat menganai kapan munculnya Maulid Nabi Muhammad SAW, tetapi ada beberapa hikmah yang dapat diambil keberkahannya oleh seluruh umat muslim dipenjuru dunia.

Bahwasannya melalui acara perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW ini membuat seluruh umat muslim mengetahui dan mengenal secara mendalam tentang Nabi Muhammad SAW serta para sahabat-sahabatnya dalam menyebarkan ajaran Islam. Secara tidak langsung hal tersebut menjadi sebuah titik temu pemersatu seluruh umat muslim yang berada di seluruh penjuru dunia. Sehingga tak ada lagi perselisihan yang membuat perpecahan pada umat mulsim dimanapun itu.

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memperingati perayaan hari lahirnya Nabi Muhammad SAW atau biasa disebut dengan Maulid Nabi Muhammad SAW. Salah satunya adalah dengan menggelar pengajian dan tausiyah dari ulama-ulama atau tokoh sejarah islam yang sudah memiliki pengalaman dan ilmu agama yang banyak untuk dibagi ke khalayak umum.

Bagaimana apakah sudah mengetahui akan sejarah perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW secara lengkap? Nah itulah tadi pembahasan singkat terkait seluk beluk awal mula sejarah Maulid Nabi Muhammad SAW yang dapat kami informasikan kepada Anda pada kesempatan kali ini. Semoga artikel ini mampu memberikan ilmu baru yang bermanfaat. Terima kasih.

0 Response to "Sejarah Perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW"

Post a Comment

Komentar di moderasi, silahkan login menggunakan account Google anda untuk berkomentar, komentar dari user unknown tidak akan ditampilkan. Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan ditengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel