Cara Belajar Naik Sepeda Tanpa Jatuh

Proses balajar naik sepeda bagi setiap anak berbeda-beda biasanya dipengaruhi hal-hal berikut ini: lamanya latihan naik sepeda, metode belajarnya, serta kenekatan atau keberanian anak belajar naik sepeda. Ada yang bilang untuk bisa naik sepeda harus merasakan dulu terjatuh baru bisa.

Kali ini saya akan sampaikan cara belajar naik sepeda tanpa jatuh atau jatuhnya sangat minimal jika ada. Cara ini digunakan anak saya dalam saat belajar naik sepeda. Anak saya tipe anak yang berhati-hati, tidak terlalu nekat/berani tetapi ia tergolong anak yang tidak mau diam, energi nya banyak sekali untuk bermain.
belajar naik sepeda
Sepeda anak saya yang dipakai setiap hari

Saat pertama belajar naik sepeda saya sempat kesal karena saat belajar naik sepeda, anak saya tidak mau mengayuh sepedanya, ia hanya mendorongnya dengan kedua kakinya. Tetapi ternyata ia menemukan metode nya sendiri untuk belajar naik sepeda tanpa terjatuh. Jadi dalam hal ini sebenarnya bukannya saya mengajari anak saya tetapi si anak lah yang mengajari ayahnya he he...
Oya dengan metoda ini anak saya bisa naik sepeda kurang dari 1 minggu. Ini sebenarnya tergantung dari berapa sering si anak latihan, jika dalam 1 minggu bisa setiap hari latihan, mungkin dalam 2-3 hari anak sudah bisa naik sepeda. Jadi dalam hal ini pepatah "bisa karena biasa", "practice makes perfect", tetap berlaku.

Persiapkan hal-hal berikut ini:

Sepeda yang sesuai ukuran anak, pastikan kedua kaki anak dapat menapak ke tanah saat sepeda berhenti.
Jalan yang cukup sepi untuk belajar sepeda, mungkin lapangan yang luas akan lebih baik
Jika mungkin cari jalan yang agak menurun yang memiliki kemiringan sekitar 5-20 derajat.
Jika memungkinkan juga lepas kedua pedal sepeda sehingga anak tidak bisa mengayuh sepeda (lho kok???) Memang rahasia nya disini.

Mulai belajar sepeda

1. Ajak anak berdoa sebelum latihan sepeda agar dimudahkan dalam proses belajarnya dan dihindarkan dari hal-hal yang tidak diinginkan.

2. Dalam posisi anak naik diatas jok sepeda dan kedua kakinya menjulur dan menapak ke tanah mulai dorong sepeda menggunakan kakinya.

3. Saat maju maka otomatis kaki anak akan sedikit mengangkat dari tanah

4. Lakukan hal ini berulang-ulang hingga sepeda berjalan cukup jauh dan kedua kaki anak anda terangkat.

5. Jika sudah demikian berarti anak sudah bisa menyeimbangkan badan nya dengan sepeda.

6. Jika anak sudah bisa mendorong sepeda menggunakan kedua kakinya cukup jauh (2-5 meter) kini saatnya step berikutnya. (jika sebelumnya pedal sepeda dilepas, kini saatnya dipasangkan kembali).

7. Mulai kayuh pedal sepeda, ketika anak sudah bisa menyeimbangkan sepeda maka akan mudah baginya mengayuh sepeda.

8. Selamat anak anda sudah bisa mengayuh sepeda, tinggal lakukan berulang-ulang agar naik sepedanya menjadi lancar.

0 Response to "Cara Belajar Naik Sepeda Tanpa Jatuh"

Post a Comment

Komentar di moderasi, silahkan login menggunakan account Google anda untuk berkomentar, komentar dari user unknown tidak akan ditampilkan. Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan ditengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel