Makna 17 Agustus Hari Kemerdekaan Republik Indonesia

Bisnisonlinekita.net - Mengingat sejarah mendapatkan Kemerdekaan Republik Indonesia ini diperlukan banyak sekali pengorbanan tenaga, pemikiran, waktu, harta hingga nyawa membuat perayaan hari Kemerdekaan Republik Indonesia setiap tanggal 17 Agustus sarat sekali akan makna yang mendalam.

Biasanya saat Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ini tiba akan disambut dengan euphoria masyarakat yang penuh semangat dengan melakukan perlombaan, memasang bendera pada setiap rumah hingga mengadakan hal sakral seperti upacaa bendera.
17 agustus 1945


Namun disamping menikmati euphoria yang muncul dari beberapa kegiatan tersebut diatas, alangkah lebih baiknya Anda ketahui juga makna hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Nah berikut ini kami akan menyajikan informasi terkait makna hari Kemerdekaan RI yang dapat Anda resapi. Lantas apa saja maknanya? Simak selengkapnya berikut ini.

Makna 17 Agustus Hari Kemerdekaan Republik Indonesia


1. Merdeka bukanlah akhir dari sebuah perjuangan
Untuk melepaskan diri dari genggaman kolonial penjajah bukanlah perkara yang mudah. Disamping dibutuhkan tekad yang kuat tentunya juga didukung dengan pengorbanan yang keras. Mulai dari pikiran, tenaga, waktu, harta hingga nyawa menjadi taruhan para pejuang Indonesia pada jaman dahulu demi mendapatkan kemerdekaan yang seutuhnya.
Baca: Hari Raya Idul Adha

Meskipun secara historis Indonesia telah diakui sebagai negara merdeka sejak tanggal 17 Agustus 1945 silam. Namun bukan berarti sebagai generasi muda Anda hanya duduk santai sembari menikmati jerih payah para pejuang jaman dahulu dalam merebut kemerdekaan. Jikalau ditelaah secara mendalam justru beban dan tanggung jawab kita sebagai generasi muda ini lebih berat.

Bahwasannya kita harus berupaya semaksimal mungin mempertahankan sekaligus mengembangkan hasil kemerdekaan yang telah diperoleh para pejuang dulu. Tentunya dalam hal ini mampu Anda jadikan sebuah renungan diri atas kontribusi apa yang telah Anda sumbangkan untuk negara Indonesia selama ini.

2. Menjadi sebuah pengingat ketika perjuangan yang didasari dengan tekad kuat akan membuahkan hasil yang maksimal

Nyatanya makna hari Kemerdekaan Indonesia bukan hanya sekedar omong kosong tanpa arti semata. Justru dibalik kata kemerdekaan yang hakiki terselip sederet perjuangan panjang yang tanpa henti dilakukan oleh seluruh pejuang Indonesia pada saat itu. Nah dari fakta histori tersebut tentunya dapat Anda resapi bahwasannya segala sesuatu yang dikerjakan dengan penuh kesungguhan dan tekat yang keras akan mendapatkan kasih yang memuaskan.

3. Peristiwa pemersatu bangsa
Bukan hanya menjadi pengingat semata namun makna Kemerdekaan Republik Indonesia juga mampu dijadikan sebagai alat untuk pemersatu bangsa dari sabang sampai merauke. Saat moment perayaan Hari Kemerdekaan tiba dianggap sebagai peritiwa bersejarah yang baik untuk mempersatukan bangsa Indonesia atas perselisihan paham yang banyak terjadi di Indonesia. Sehingga melalui moment bersejarah ini mampu mengakrabkan dan menguatkan kembali tali persatuan yang sejatinya harus terus terpatri dengan kuat.
Baca: Hari Raya Idul Fitri

4. Pentingnya rasa menghormati dan menghargai sesama
Sebenarnya makna hari Kemerdekaan yang sejati tertuang dalam penerapan sikap menghargai dan menghormati sesama makluk hidup baik masyarakat Indonesia maupun masyarakat di dunia. Selain itu, meskipun para pahlawan pejuang kemerdekaan telah gugur sebagai warga negara yang cinta terhadap tanah air sudah sepatutnya menanamkan rasa bangga dan hormat atas apa yang telah diperjuangkannya selama ini. Hingga pada akhirnya seluruh masyarakat Indonesia terlepas dari penjara kolonial penjajah dan mampu berkembang sejajar dengan negara-negara maju lainnya.

5. Bukti nyata bahwasannya masyarakat Indonesia pantang untuk di anggap remeh
Sebagian orang justru lupa bahwasannya adu opini atas semua hal yang selama ini dilakukan secara tidak langsung akan membuat masyarakat Indonesia lebih rendah dari pada penduduk di negara lain. Terlepas dari segala masalah yang melanda negara Indonesia, bahwasannya kemerdekaan yang telah diraih oleh Indonesia merupakan suatu bukti sejatinya masyarakat Indonesia merupakan manusia yang hebat dan tidak bisa dipandang dengan sebelah mata.

Bagaimanakah apakah Anda telah mengetahui makna hari Kemerdekaan Republik Indonesia tersebut diatas? Itulah tadi ulasan lengkap terkait arti Kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus yang dapat kami informasikan untuk Anda pada kesempatan kali ini. Semoga mampu memberikan manfaat serta ilmu pengetahuan baru untuk seluruh pembaca semuanya. Terima kasih.

Makna 17 Agustus Hari Kemerdekaan Republik Indonesia Makna 17 Agustus Hari Kemerdekaan Republik Indonesia Reviewed by Bunda Lexi on March 31, 2019 Rating: 5

No comments:

Komentar di moderasi, silahkan login menggunakan account Google anda untuk berkomentar, komentar dari user unknown tidak akan ditampilkan. Terimakasih.

Powered by Blogger.