Makna Wafat Isa Almasih yang Wajib Diketahui

Bisnisonlinekita.net - Bagi umat kristiani, hari wafatnya Isa bin Maryam atau bisa disebut dengan Isa Almasih ini merupakan hari yang sangat mulia dan dinanti-nanti. Bahkan ketika tanggal wafatnya Isa Almasih tiba moment ini dianggap sebagai peristiwa yang sakral dan penting bagi umat yang merayakannya.

Supaya perayaan wafatnya Isa Almasih ini menjadi peringatan yang tidak hampa serta menghilang entah kemana secara begitu saja, oleh karenannya pada waktu tersebut dijadikan seluruh pemeluk agama kristiani sebagai momen terbaik untuk beribadah atau yang terkenal sebagai hari Jumat Agung.
Wafat Isa Almasih


Perlu diketahui bahwa setiap perayaan yang berada dalam penanggalan Masehi pada setiap tahunnya tersebut syarat akan makna sekaligus tujuan yang sangat mulia. Termasuk didalamnya memperingati hari wafatnya Isa Almasih. Pasalnya bagi kaum kristiani percaya bahwa makna wafatnya Isa Almasih sangat dalam dan berpengaruh terhadap kemaslatahan umat nasrani khususnya kaum Kristiani.

Makna Wafatnya Isa Almasih yang Sebenarnya

Jikalau ditelaah dari agama Islam pernyataan akan istilah wafatnya Nabi Isa Almasih ini dirasa masih kurang tepat. Pasalnya menurut agama Islam, Nabi Isa Almasih alaihisallam tidak mati dan tidak pula disalib seperti yang tergambarkan. Oleh karenannya istilah yang lebih tepat untuk disematkan dalam momen perayaan umat kristiani ini adalah hari Kematian Yesus Kristus.

Hal ini disebabkan karena umat kristiani selain meyakini bahwa kematian yesus berada di tiang salib yang mereka percayai hingga saat ini. Tentunya menurut pemeluk agama kristiani juga memiliki pandangan khusus bahwa sejatinya Yesus merupakan Tuhan. Maka dari itu istilah yang tepat untuk menggambarkan peristiwa ini adalah “Hari Ulang Tahun Kematian Tuhan Kristiani”.

Baca: Isra Miraj Nabi Muhammad SAW

Bagi pemeluk agama Kristiani, hari perayaan ulang tahun kematian Tuhan Kristiani merupakan sebuah inti iman yang diyakini oleh seluruh umat kristiani. Oleh karenannya seluruh umat kristiani menggunakan tiga perkataan untuk menekankan keyakinan tersebut. Keberadaan salip memang dianggap hal yang sangat penting bagi seluruh pemeluk agama Kristiani. Sehingga tanpa adanya prosesi penyaliban Yesus menandakan bahwa keyakinan Kristen tentang dosa waris penembus dosa, Trinitas dan ketuhanan Yesus telah gugur. Pasalnya salib merupakan inti sari dari sebuah iman yang telah diyakini oleh umat Kristiani sejak lahir hingga akhir hayatnya kelak.

Menurut pemeluk agama kristiani wafatnya Isa bin Maryam atau Isa Almasih alaihisalam pada tiang salipb ini bukanlah suatu tanda kekalahan dimedan perang ketika belum tuntas untuk menyebarkan risalah. Justru hal tersebut dianggap sebagai salah satu bentuk pengorbanan Yesus Kristus untuk mengalahkan segala kuasa dosa dan maut. Nah oleh sebab itulah akhirnya Nabi Isa Almasih dibangkitlah lagi dari matinya yang dipercaya hanya Yesus Kristuslah yang dapat bangkit dari kematiannya dan tak akan ada lagi.

Tetapi meskipun demikian menurut para pemeluk agama kristiani menganggap bahwa peristiwa tersebut terdapar makna yang mendalam. Selain menjadi sebuah intisari dari keyakinan pemeluk agama kristiani, makna lain dari perayaan wafatnya Nabi Isa Almasih adalah sebagai ajang untuk memohon keberkahan dalam menjalani setiap kehidupannya melalui momen jumat agung. Pasalnya mereka percaya peristiwa ini mampu menjamin kemaslahatan seluruh umat Kristiani yang menjalankan prosesi perayaan sakral ini.

Baca: Makna Hari Raya Nyepi

Meskipun pendapat dari agama islam antara keyakinan pemeluk agama kristiani sangat kontradiktif bukan berarti sebagai umat beragama saling menjatuhkan satu sama lainnya. Justru melalui perbedaan inilah Indonesia terkenal dengan toleransi beragama yang baik, meskipun terdapat lima kepercayaan yang berkembang secara beriringan. Nah, bagaimana apakah Anda telah mengetahui apa makna wafatnya Nabi Isa Almasih alaihisalam yang diyakini oleh mayoritas umat Kristiani?

Demikianlah tadi penjelasan menarik seputar makna yang terkandung salam peristiwa wafatnya Nabi Isa bin Maryam atau Nabi Isa Almasih bagi keyakinan serta kemaslahatan seluruh umat kristiani di penjuru dunia yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini.

Semoga keberadaan artikel ini bukan hanya mampu memberikan manfaat semata namun juga memberikan wawasan sekaligus ilmu pengetahuan baru akan wawasan keagamanan yang ada di Indonesia. Terima kasih.

Makna Wafat Isa Almasih yang Wajib Diketahui Makna Wafat Isa Almasih yang Wajib Diketahui Reviewed by Bunda Lexi on March 28, 2019 Rating: 5

No comments:

Komentar di moderasi, silahkan login menggunakan account Google anda untuk berkomentar, komentar dari user unknown tidak akan ditampilkan. Terimakasih.

Powered by Blogger.