Sekilas Tentang Isra Miraj Nabi Muhammad SAW

Bisnisonlinekita.net - Isra Miraj merupakan peristiwa penting yang ditunggu-tunggu oleh umat Islam pada saat awal pergantian tahun. Pasalnya peristiwa Isra Miraj ini merupakan perjalanan kedua yang dilakukan oleh Nabi Muhammad SAW yang ditempuh hanya dalam satu malam saja. Dimana pada peristiwa Isra Miraj tersebut Nabi Muhammad SAW mendapatkan perintah untuk melaksanakan sholat lima waktu dalam sehari semalam.

Isra Miraj Nabi Muhammad SAW


Jikalau ditelaah secara mendalam, menurut tradisi yang dianut oleh pemeluk agama Islam menyatakan bahwa perjalanan yang dilakukan oleh Rasulluah SAW tersebut berkaitan dengan Lailat al Mi’raj yang merupakan tanggal penting pada kalender Islam. Nah jikalau Anda ingin lebih detail mengetahui informasi tentang Isra Miraj Nabi Muhammad SAW, segala penggambaran akan peristiwa Isra Miraj tersebut sudah tertuang dalam Surah Al-Isra pada ayat ke-17 di dalam Al-Quran.

Meskipun banyak sekali umat Islam yang merayakan Isra Miraj dengan serangkaian hal positif, namun sayangnya belum banyak masyarakat tanah air terutama umat muslim yang paham tentang Isra Miraj Nabi Muhammad SAW. Pasalnya masih banyak sekali umat muslim yang menganggap bahkan menggabungkan peristiwa Isra Miraj ini menjadi satu persitiwa yang sama. Padahal sejatinya Isra Miraj merupakan dua peristiwa yang sangat berbeda.

Tentang Isra Miraj Nabi Muhammad SAW

Menurut sumber terpercaya Isra adalah peristiwa ketika Allah SWT memberangkatkan Nabi Muhammad SAW dari Masjidil Haram hingga Masjidil Aqsa. Sedangkan dalam Miraj merupakan piristiwa dimana Nabi Muhammad SAW dinaikkan sampai ke langit hingga ke Sidratul Muntahan. Sidratul Muntahan sendiri merupakan langit tertinggi, dimana pada tempat tertinggi tersebut Nabi Muhammad SAW mendapatkan mandat dan perintah dari Allah SWT secara langsung untuk mendirikan sholat sebanyak lima kali dalam satu malam.

Lantas kapan peristiwa Isra Miraj tersebut terjadi? Menurut fakta sejarah yang tertuang dalam ayat suci Al-Quran menyatakan bahwa terjadinya perisitiwa Israj Miraj tersebut terjadi saat periode akhir kenabian yang terjadi di Mekah sebelum Nabi Muhammad SAW hijrah ke Madinah. Namun menurut al-Maududi serta mayoritas dari beberapa ulama menyatakan bahwa terjadinya peristiwa Isra Miraj tersebut pada tahun pertama sebelum hijrah, tepatnya berkisar pada tahun 620 hingga 621 Masehi.

Baca: Hari Raya Nyepi

Lain halnya dengan al-Allamah dan al-Manshurfuri yang mengungkapkan bahwa terjadinya peristiwa Isra Miraj tersebut terjadi pada malam 27 Rajab tahun ke-10 Kenabian. Nah seiring dengan berjalannya waktu pendapat akan terjadinya Isra Miraj menurut al-Allamah dan al-Manshurfuri inilah yang populer dan menjadi panutan mayoritas umat agama muslim.

Meskipun pernyataan tersebut diatas cukup diyakini oleh mayoritas umat muslim, namun Syaikh Shafiyurrahman al-Mubarakfuri menyanggah dan tidak setuju dengan pendapat dari al-Allamah dan al-Manshurfuri akan terjadinya Isra Miraj. Salah satu alasan yang mendasari Syaikh Shafiyurrahman al-Mubarakfuri menolak pendapat tersebut karena Khadijah Rafhiyallahuanha meninggal pada bulan Ramadhan tahun ke-10 kenabian, lebih tepatnya 2 bulan setelah bulan Rajab. Nah pada saat itu belum ada seruan atau perintah dari Allah SWT melalui hambanya untuk melakukan sholat lima waktu dalam semalam.

Dari alasan yang diutarakan oleh Syaikh Shafiyurrahman al-Mubarakfuri ini mencullah beberapa pendapat dari beliau akan terjadinya peristiwa Isra Miraj tersebut. Namun sayangnya dari beberapa pendapat kapan terjadinya peristiwa Isra Miraj yang diutarakan oleh beliau tidak dapat dibuktikan secara pasti. Jikalau ditelaah dari beberapa pendapat antar ulama dan tokoh besar keagamaan pada saat itu, memang sejatinya kapan peristiwa terjadinya Isra Miraj tersebut belum diketahui secara pasti.

Baca: Tahun Baru Masehi

Tetapi meskipun demikian, peristiwa akan terjadinya Isra Miraj tersebut sudah diyakini oleh semua umat muslim di penjuru dunia. Bahkan ada beberapa hadits yang menjelaskan tentang perjalanan semalam yang dilakukan oleh Nabi Muhammad hingga pada akhirnya seluruh umat muslim diwajibkan untuk menjalankan ibadah sholat lima waktu dalam satu malam.

Bagaimana apakah Anda sudah mengetahui secara pasti penjelasan tentang Isra Miraj Nabi Muhammad SAW tersebut diatas? Nah demikianlah ulasan menarik terkait informasi tentang Isra Miraj yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga artikel ini tidak hanya bermanfaat namun juga dapat memberikan wawasan serta ilmu pengetahuan baru bagi seluruh pembaca yang budiman.

0 Response to "Sekilas Tentang Isra Miraj Nabi Muhammad SAW"

Post a Comment

Komentar di moderasi, silahkan login menggunakan account Google anda untuk berkomentar, komentar dari user unknown tidak akan ditampilkan. Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan ditengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel