Sejarah Munculnya Hari Buruh Nasional di Indonesia

Bisnisonlinekita.net - May Day atau yang lebih dikenal sebagai hari buruh adalah hari libur nasional yang diterapkan pada kelender tahunan di beberapa negara untuk merayakan keberhasilan ekonomi dan sosial para buruh yang telah digalakkan oleh gerakan serikat buruh. Di negara Indonesia sendiri biasanya hari buruh diperingati pada tangal 1 Mei, tetapi mungkin dibeberapa negara ada diperingati pada bulan dan tanggal yang berbeda.
hari buruh nasional


Sama seperti peringatan hari-hari besar pada penanggalan kalender Masehi lainnya yang syarat sekali akan makna dan sejarah di setiap prosesnya. Tak jauh berbeda dengan sejarah munculnya hari buruh nasional yang kini sudah ditetapkan sebagai hari libur nasional di negara Republik Indonesia. Awal mula lahirnya hari buruh ini berasal dari perjuangan keras para pekerja untuk meraih kendali ekonomi dan politis hak-hak industrial.
Baca: Wafat Isa Al Masih

Dulu di negara-negara kapitalis pada abad ke 18 kapitalisme industrial mengalami perubahan yang cukup signifikan di bidang ekonomi dan politiknya. Pada fase ini terjadi pengetatan disiplin, pengintensitifan jam kerja, minimal upah serta buruknya kondisi pekerja ditingkatan pabrik membuat terjadinya pergerakan keras dari kalangan buruh. Salah satu upaya para buruh untuk merealisasikan perlawanannya tersebut adalah menerapkan sistem mogok kerja.

Singkat cerita, akhirnya pada tahun 1806 pekerja Cordwainers melakukan pemogokan kerja di Amerika Serikat untuk pertama kalinya. Ternyata upaya ini membuat para pengorganisasinya masuk ke meja pengadilan hingga terkuak beberapa fakta yang menyedihkan yang dialami oleh para buruh di Amerika Serikat pada masa itu. Bahwasannya pekerja harus bekerja selama kurang lebih 19 hingga 20 jam lamanya dalam sehari. Sejak saat itu para pekerja di Amerika menjadikan tuntutan direduksinya jam kerja sebagai agenda utama.

Pada masa itu ada dua orang yang dianggap memiliki peran penting dalam memakmurkan kesejaheraan para buruh hingga menyandang gelar “Penggangu Ketenangan Masyarakat” di Amerika Serikat yaitu Peter McGiure dan Matthew Maguire. Keduanya berhasil menggaet masa sejumlah 100.000 pekerja untuk melakukan mogok kerja guna merealisasikan tuntutannya tersebut.

Disaat pemogokan kerja berlangsung, McGiure juga meminta para pekerja serta penggangguran untuk melobi pemerintah kota guna memberikan lapangan pekerjaan dan uang intensif lemburan. Secara lambat laun pada tahun 1881, McGuire berhasil mengorganisasi para tukang kayu dengan membentuk sebuah komunitas bernama United Brotherhood of Carpenters and Joines of America.
Baca: Isra Miraj

Nah sejak saat itu akhirnya pengorganisasian pekerja menurut bidang keahliannya mulai menyebar di beberapa negara besar. Hingga pada akhirnya bersama dengan pekerja-pekerja lainnya McGuire menetapkan setiap hari senin pada minggu pertama bulan September sebagai hari libur para pekerja. Tak hanya dijadikan sebagai hari libur semata, namun pada tanggal tersebut juga dijadikan sebagai hari kemerdekaan serta hari Pengucapan Syukur.

Setelah proses panjang yang dilalui, hingga pada akhirnya tepat di tanggal 5 September 1882 parade Hari Buruh telah sukses terselenggara untuk pertama kalinya dengan menggaet lebih dari 20.000 pekerja di New York yang telah membawa spanduk bertuliskan 8 jam kerja, 8 jam istirahat serta 8 jam rekreasi. Nah berkat prakarsa dari Metthew dan MCGuire ini membuat gagasan tersebut tersebar di seluruh penjuru dunia hingga saat ini.

Sejak saat itu akhirnya penerapan hari libur pada hari buruh pertama kali diselenggarakan oleh negara Oregon pada tahun 1887. Selain itu pada taun 1894 Presiden Grover Cleveland juga meresmikan minggu pertama pada bulan September sebagai hari libur nasional yang telah sah ditanda tanganinya di dalam undang-undang. Hingga pada ahkirnya pada bulan September 1866 di Janewa Swiss mengadakan kongres internasional yang pertama. Pada kongres tersebut menyatakan bahwa pada tanggl 1 Mei dinobatkan sebagai Hari Buruh dengan beberapa tuntunan para pekerja yang telah direalisasikan.

Nah bagaimana apakah Anda sudah mengetahui sejarah munculnya hari buruh nasional? Itulah tadi pembahasan menarik seputar awal mula sejarah munculnya hari buruh nasional yang hingga saat ini masih terus diperingati oleh beberapa negara-negara besar termasuk didalamnya adalah Indonesia yang dapat kami informasikan pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Sejarah Munculnya Hari Buruh Nasional di Indonesia Sejarah Munculnya Hari Buruh Nasional di Indonesia Reviewed by Bunda Lexi on March 28, 2019 Rating: 5

No comments:

Komentar di moderasi, silahkan login menggunakan account Google anda untuk berkomentar, komentar dari user unknown tidak akan ditampilkan. Terimakasih.

Powered by Blogger.