Makna dan Sejarah Hari Raya Nyepi yang Wajib Diketahui

Bisnisonlinekita.net - Tidak semua tahun baru di penanggalan Masehi dirayakan dengan nuansa yang ramai dan meriah. Seperti hari raya Nyepi misalnya yang tersaji sesuai dengan namanya yaitu Nyepi yang bermakna senyap, sunyi, lenggang serta tak ada kegiatan apapun. Tahun baru umat Hindu yang diadopsi dari kalender Saka ini sudah berkembang sejak tahun 78 Masehi hingga saat ini.

Tahukah Anda ternyata setiap perayaan tahun baru di penanggalan Masehi terselip makna dan sejarah yang begitu panjang. Seperti misalnya hari raya Nyepi ini yang juga hadir dengan sejarah dan makna yang besar dibalik perayaannya. Nah bagaimanakah sejarah hari perayaan nyepi di Indonesia? Langsung simak info selengkapnya berikut ini.

hari raya nyepi


Sejarah Hari Raya Nyepi

Sebelum mengetahui seluk beluk akan tahun baru Nyepi yang diadakan oleh umat Hindu setiap tahunnya ini alangkah lebih baiknya ketahui terlebih dahulu akan silsilah penamaan dari tahun baru umat agama Hindu ini. Nyepi merupakan turunan dari kata sepi yang berarti sunyi dan senyap. Sesuai dengan penjelasan tersebut diatas bahwa Nyepi merupakan tahun baru umat agama Hindu dimana sudah ada sejak abad ke 78 Masehi silam.

Berbeda dengan perayaan tahun baru pada umumnya yang selalu dirayakan dengan nuansa meriah dan ramai. Namun lain halnya dengan tahun baru Nyepi ini dimana seluruh umat agama Hindu melakukan perenungan diri atas segala kesalahan dan kekhilafan yang dilakukan semasa hidupnya untuk kembali menjadi manusia yang suci dan bersih lahir batin. Nah oleh karenannya pada saat tahun baru Nyepi ini tiba, seluruh aktivitas masyarakat umat Hindu ditiadakan kecuali fasilitas-fasilitas umum yang dibutuhkan masyarakat. Seperti misalnya rumah sakit, puskesmas dan fasilitas-fasilitas umum lainnya.

Baca: Tahun Baru Imlek

Umat Hindu percaya bahwa ada hari khusus dimana hari tersebut merupakan waktu yang baik untuk mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa. Nah hari tersebut tak lain adalah hari raya Nyepi yang selalu diperingati oleh seluruh umat Hindu untuk melakukan amati geni. Amati Geni merupakan sebuah proses pembersihan diri lahir dan batin atas segala dosa yang telah diperbuat semasa menjalani kehidupan. Selain itu pada serangkaian proses di hari raya Nyepi tersebut juga dianggap sebagai waktu yang tepat untuk memohon kekuatan serta perlindungan kepada Tuhan Yang Maha Esa dalam menjalani hari-hari di kehidupannya pada masa mendatang.

Biasanya hari raya Nyepi ini akan jatuh pada hitungan Tilem Kesanga (IX). Umat agama Hindu percaya bahwasannya pada hitungan hari tersebut merupakan hari pensucian para Dewa yang berada di pusat samudra yang akan membawa air Amarta atau air kehidupan ke dunia untuk kesejahteraan seluruh umat Hindu yang ada di dunia.

Makna Hari Raya Nyepi

Jikalau ditelaah secara mendalam, perayaan hari raya Nyepi ini bukan hanya syarat akan makna yang mendalam semata. Namun tujuan dari perayaan hari raya Nyepi ini juga sangat mulia bagi kemaslahatan umat Hindu di dunia. Pasalnya seluruh prosesi dalam pelaksanaan hari Raya Nyepi ini merupakan dialog spiritual untuk menciptakan kehidupan yang damai dan harmonis, sehingga akan mewujudkan ketenangan dan kedamaian bagi umat Hindu di dunia. Diantaranya adalah Melasti/ Mekiis dan Nyeger/ngaturung yang merupakan bukti dialog spiritual antara manusia dengan Tuhan Yang Maha Esa. Selain itu juga terdapat rangkaian proses Nyepi yang syarat akan dialog spiritual yang berbeda-beda.

Baca: Tahun Baru Masehi

Pelaksanaaan tahun baru Nyepi yang kerap diselenggarakan oleh umat Hindu ini diharapkan melalui keheningan yang sunyi mampu mengembalikan jati diri manusia yang biasa disebut dengan Mulat Sarira. Tak hanya itu melalui perayaan tahun baru Nyepi ini juga diharapkan mampu menjaga sekaligus menciptakan keseimbangan dan keharmonisan antara manusia dengan Tuhan YME, alam lingkungan serta sesama makluk hidup. Sehingga kedamaian dan ketentraman dalam menjalani kehidupan akan terwujud sempurna dan sesuai dengan harapan.

Bagaimana apakah Anda sudah mengetahui secara gamblang akan makna dan sejarah tahun baru Nyepi yang kerap digelar oleh umat Hindu? Itulah tadi sekilas informasi terkait makna dan sejarah tahun baru Nyepi yang dapat kami sampikan untuk Anda pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Makna dan Sejarah Hari Raya Nyepi yang Wajib Diketahui Makna dan Sejarah Hari Raya Nyepi yang Wajib Diketahui Reviewed by Bunda Lexi on March 27, 2019 Rating: 5

No comments:

Komentar di moderasi, silahkan login menggunakan account Google anda untuk berkomentar, komentar dari user unknown tidak akan ditampilkan. Terimakasih.

Powered by Blogger.