Makna Kenaikan Isa Almasih yang Wajib Anda Tahu

Bisnisonlinekita.net - Kenaikan Isa Almasih Alaihisalam merupakan hari besar yang dinanti oleh pemeluk agama Kristiani diseluruh penjuru dunia. Tradisi perayaan kenaikan Yesus Kristus ke surga ini biasanya diperingati pada hari yang berbeda-beda setiap tahunnya. Pasalnya tradisi ini biasanya dilaksakana pada hari ke-40 setelah merayakan hari raya Paskah. Sama layaknya perayaan hari besar umat Kristiani lainnya, makna Kenaikan Isa Almasih ini juga memiliki arti yang mendalam bagi seluruh umat Nasrani khususnya pemeluk agama Kristen. Oleh karenanya tak heran jika ada ritual khusus di beberapa tempat ibadah ketika hari tersebut tiba.
kenaikan isa almasih


Menurut kisah yang tersaji dalam cerita para Rasul kepada murid-muridnya menceritakan bahwa pada saat Yesus terangkat ke surga, beliau disaksikan oleh para murid-murid-Nya dengan keadaan tercengang di bukit Zaitun. Hingga pada akhirnya para rasul Yesus Kritus memutuskan untuk kembali ke Yerusalem dan menunggu hingga 10 hari lamanya. Pada saat fase menunggu ini para rasul Yesus tersebut mengalami pencurahan roh kudus tepat pada hari raya Pentakosta.

Lahir dengan sejarah yang panjang membuat kisah Kenaikan Isa Almasih alaihisalam ini menjadi ide dalam sebuah objek kesenian sejak abad ke 9. Proses Kenaikan Isa Almasih ke surga pada saat itu tergambarkan dengan jelas kedalam sebuah objek seni yang tertuang pada kubah-kubah bangunan gereja. Beberapa objek seni tersebut terbagi menjadi dua bagian diantaranya adalah bagian atas yang memiliki makna untuk memandang keindahan pesona surgawi sedangkan pada bagian bawah bangunan gereja biasanya memiliki makna untuk memandang keindahan pesona duniawi.
Baca: Sejarah Hari Raya Waisak

Selain bangunan gereja yang sarat akan makna asal muasal perayaan hari Kenaikan Isa Almasih ini, ternyata gerakan tangan yang kerap kali dilakukan oleh umat Kristiani ini juga tersirat makna besar dibaliknya. Salah satu makna yang tersirat dari gerakan tersebut adalah bahwasannya Yesus Kristus sedang memberkati seluruh gereja, oleh karenanya gerakan ini dilakukan menggunakan tangan kanan. Hal ini tak lain ditujukan kepada kelompok dunia di bawah naungan Yesus Kritus. Sedangkan pada tangan sebelah kiri, Yesus Kristus menggengam sebuah kitab Injil atau gulungan. Ternyata keberadaan gulungan atau kitab Injil ditangan sebelah kiri tersebut tersirat makna yang mendalam. Bahwasannya untuk selalu mengajarkan serta memberitakan kitab Injil ke seluruh dunia.

Peristiwa Kenaikan Isa Almasih ini membuat seluruh umat kristiani merasa terjamin kelak akan menjadi warga di kerajaan surga. Oleh karenanya tak heran jikalau pemikiran mayoritas umat Kristiani menganggap surga merupakan tempat peristirahatan terakhir. Selain itu peristiwa Kenaikan Isa Almasih juga mampu meneduhkan hati umat Kristiani. Pasalnya mereka meyakini bahwa Tuhan Yesus Kristus hidup yang akan memberikan kedamaian dan kesejahteraan para umatnya dalam menjalani kehidupan. Sehingga perasaan gelisah dalam hati serta tawar hati dalam menjalani seluruh kehidupan akan sirna dan berganti menjadi perasaan sukacita yang terus dipegang teguh meskipun meraka hidup ditengah-tengah manyarakat yang penuh dengan penderitaan.
Baca: Hari Buruh Nasional

Oleh karenanya perayaan hari besar umat Kristiani memiliki makna yang sarat sekali dengan tujuan mulia. Makna Kenaikan Isa Almasih alaihisalam mengajarkan kepada seluruh pemeluk agama Nasrani khususnya Krtisten untuk tidak terperdaya dengan gemerlap serta kenikmatan keadaan duniawi semata. Namun mengajarkan kepada seluruh umatnya untuk selalu mawas diri guna memperhatiakn kehidupan spiritual yang diyakininya.

Makna Kenaikan Isa Almasih memang memiliki banyak sekali arti yang mendalam bagi kehidupan spiritual dan duniawi kaum Kristiani. Seperti misalanya menurut seorang penulis Kristen yang bernama Laurens Daemani yang menyatakan bahwa adanya peristiwa kenaikan Isa Almasih ini mengajarkan kepada manusia untuk terus mendekatkan diri terhadap Tuhan.

Sepertinya semua ajaran agama di dunia ini sepakat bahwasannya setiap agama menganjurkan untuk tidak tergiyur dengan gemerlap dan kenikmatan yang ditawarkan oleh dunia yang fana ini. Namun alangkah lebih baiknya menyiapkan diri sebagai bakal ketika menghadap ke tahta pengadilan agung kelak.

Demikianlah penjelasan menarik mengenai makna Kenaikan Isa Almasih yang dapat kami informasikan untuk Anda pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat bagi seluruh pembaca yang budiman. Terima kasih.

0 Response to "Makna Kenaikan Isa Almasih yang Wajib Anda Tahu"

Post a Comment

Komentar di moderasi, silahkan login menggunakan account Google anda untuk berkomentar, komentar dari user unknown tidak akan ditampilkan. Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan ditengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel