5 Fakta Muntahan Ikan Paus yang Mahal Wajib Diketahui

Jika mendengar kata “muntahan” pastilah perasaan yang muncul di benak khalayak umum adalah kesan bau serta menjijikkan. Namun lain halnya dengan muntahan ikan paus atau yang disebut dengan ambergris dalam bahasa ilmiahnya ini, justru banyak dicari oleh orang-orang.

Hal ini tak lain dan tak bukan karena ambergris memiliki harga jual yang tinggi. Banyak orang menganggap muntahan ikan paus ini sebagai sesuatu hal yang biasa saja, karena belum mengetahui fakta muntahan ikan paus yang mahal ini.
ikan paus
Gambar Ikan Paus bersama seorang penyelam - via tempo.co


Bagi Anda yang belum mengetahui akan fakta muntahah ikan paus, pada kesempatan kali ini kami ingin membagikan informasi seputar 5 fakta menarik muntahan ikan paus yang mahal. Tak perlu berlama-lama lagi, langsung saja inilah pembahasannya untuk Anda.

Inilah Fakta Muntahan Ikan Paus yang Sebenarnya


1. Keluar Dari Saluran Pembuangan

Umumnya muntahan akan keluar dari rongga mulut, namun lain halnya dengan muntahan ikan paus yang justru keluar melalui saluran pembuangan. Muntahan ikan paus ini merupakan zat yang sudah menumpuk lama di usus ikan paus. Menurut penelitian zat-zat tersebut merupakan zat yang sudah tidak dipakai lagi oleh paus untuk menunjang sistem metabolismenya. Oleh karena itu ketika sudah menumpuk akan secara alami dikeluarkan melalui saluran pembuangan.

2. Seperti Bongkahan Lilin

Nah fakta muntahan ikan paus yang mahal selanjutnya ini adalah umumnya muntahan ikan paus ini akan berbentuk seperti bongkahan lelehan lilin yang telah mengeras. Meskipun warna dan tekstur dari setiap muntahan ikan paus ini berbeda, ada yang berwarna putih dan ada yang berwarna kuning. Namun mayoritas muntahan ikan paus yang banyak ditemukan di laut Indonesia memiliki warna putih bersih layaknya lilin.

3. Busuk Lalu Berubah Harum

Pada saat pertama kali keluar dari saluran pembuangan ikan paus, ambergris ini memiliki bau yang busuk dan berwarna kehitaman. Namun lama kelamaan warnanya akan berubah dengan sendirinya tergantung jenis ikan paus serta bau busuk akan berkurang dan berubah menjadi bau yang harum. Nah berkat keharuman alami yang tercipta tersebut membuatnya sangat dicari dan memiliki harga jual yang sangat tinggi.

4. Dijadikan Parfum

Fakta unik ambergris yang mahal selanjutnya adalah mampu dijadikan sebagai material dasar pembuatan parfum. Nah, berkat keharuman alami yang tercipta membuat ambergris atau muntahan ikan paus dijadikan sebagai parfum yang banyak digemari oleh khalayak umum. Hal ini tak lain dan bukan karena keharuman alaminya mampu memberikan efek yang menenangkan yang tidak bisa di hasilkan oleh zat-zat lainnya. Bahkan saking uniknya keharuman yang tercipta banyak brand-brand ternama di dunia seperti Chanel dan Lanvin yang sengaja membuat produk parfum yang tak biasa mengunakan ambergris ini.

5.Sangat Mahal

Tak melulu setiap ambergris yang dikeluarkan oleh ikan paus selalu tenggelam di dasar laut, ada beberapa ambergris yang justru mengapung ditengah laut. Hal ini tentunya sangat memudahkan para pencari ambergris untuk mengambilnya. Meskipun populasi ikan paus di laut Indonesia cukup banyak namun bukan berarti ambergris ini mudah sekali untuk ditemukan. Ambergris merupakan sesuatu benda yang sangat mahal. Bahkan harga ambergris ini bisa menyentuh harga Rp. 200 juta untuk satu kilonya.

Nah, itulah fakta muntahan ikan paus yang mahal yang dapat kami sampaikan untuk Anda pada kesempatan kali ini. Semoga mampu memberikan wawasan baru mengenai ambergris untuk Anda. Terima kasih

0 Response to "5 Fakta Muntahan Ikan Paus yang Mahal Wajib Diketahui"

Post a Comment

Komentar di moderasi, silahkan login menggunakan account Google anda untuk berkomentar, komentar dari user unknown tidak akan ditampilkan. Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan ditengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel