5 Fakta Unik Komet yang Wajib Anda Ketahui Sekarang Juga

Bagi para pelajar tentunya tak asing lagi dengan benda langit yang sering dijuluki sebagai komet ini. Ya komet merupakan benda langit yang mengelilingi matahari dengan garis edar berbentuk parabolis atau hiperbolis. Menurut bahasa Yunani benda langit yang terbuat dari es dan debu tersebut memiliki arti “rambut panjang”.

Meskipun sebagian orang menjuluki komet sebagai bintang berekor, namun sejatinya komet bukanlah bintang, melainkan hanyalah benda langit yang terbuat dari gumpalan debu dan gas yang membeku saat berada jauh dari matahari. Ketika komet mendekati matahari maka bahan penyusunnya akan mengalami penguapan sehingga akan membentuk kepala gas dan ekor.
komet


Bagi Anda yang belum mengetahui fakta unik tentang komet, rasanya Anda sangat tepat sekali memasuki laman ini. Pasalnya pada kesempatan kali ini kami akan membahas mengenai 5 fakta unik komet yang wajib Anda ketahui. Lantas apa saja fakta unik komet yang wajib Anda ketahui? Inilah ulasannya untuk Anda

Inilah Fakta Unik Komet yang Sebenarnya


1. Mengelilingi Matahari

Diluar angkasa tak hanya terdapat satu komet saja, namun ada banyak sekali komet dengan bentuk dan ukuran yang beragam. Bahkan waktu periode komet untuk mengelilingi matahari pun juga berbeda-beda. Beberapa komet hanya membutuhkan periode waktu kurang dari 200 tahun saja, namun tak sedikit pula komet yang membutuhkan periode waktu dalam mengorbit matahari hingga lebih dari 200 tahun. Namun meskipun demikian, semua komet yang berada di luar angkasa selalu mengelilingi matahari dengan garis edar berbentuk lonjong.

2. Komet memiliki atmosfer sendiri

Sejatinya komet merupakan benda langit yang terbuat dari gumpalan gas dan debu saat berada jauh dari matahari. Tetapi saat komet mendekati matahari maka akan terjadi penguapan pada es di inti komet yang nantinya akan berubah menjadi gas. Nah gas yang dikeluarkan melalui proses penguapan dari intinya selama mendekati matahari tersebutlah yang akan membentuk atmosfer tipis yang mampu membesar hingga 60.000 mil atau lebih.

3. Inti komet seperti bola salju yang kotor

Umumnya inti komet terdiri dari beberapa komponen diantaranya adalah debu, es serta batu. Nah hal itulah yang membuat inti komet memiliki warna yang paling gelap di tata surya, bahkan hanya 4 persen saja bagian dari inti komet yang mampu memantulkan cahaya.

Dari 4000 lebih komet yang berada di tata surya mayoritas komet memiliki inti kurang dari 10 mil dengan bentuk yang tak beraturan. Itulah yang menyebabkan komet tak memiliki bentuk yang beraturan, hal ini dikarenakan komet tak memiliki kemampuan gravitasi yang tinggi untuk membuatnya bulat.

4. Komet memiliki dua ekor

Ketika komet berjalan mendekati matahari, angin surya bersama dengan partikel medan maghnet menyapu seluruh partikel mulai dari koma hingga ekor komet. Nah, nantinya partikel debu tersebut akan membentuk sebuah ekor komet yang melengkung dan memanjang hingga 60 juta mil.

5. Komet mampu hancur dan meledak

Ada beberapa faktor yang membuat komet mampu hancur dan meledak. Diantaranya adalah apabila komet tersebut sudah tidak memiliki material yang mampu dijadikan sebagai proses penguapan ketika menuju ke matahari. Selain itu gaya grafitasi matahari juga mampu menghancurkan komet ketika terlalu dekat melintasi matahari.

Demikianlah penjelasan menarik mengenai 5 fakta unik komet yang wajib Anda ketahui pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan.

5 Fakta Unik Komet yang Wajib Anda Ketahui Sekarang Juga 5 Fakta Unik Komet yang Wajib Anda Ketahui Sekarang Juga Reviewed by Bunda Lexi on March 17, 2019 Rating: 5

No comments:

Komentar di moderasi, silahkan login menggunakan account Google anda untuk berkomentar, komentar dari user unknown tidak akan ditampilkan. Terimakasih.

Powered by Blogger.