Sejarah, Mitos dan Makna Tahun Baru Imlek yang Wajib Kamu Tahu

Bisnisonlinekita.net - Bagi masyarakat keturunan etnis Tionghoa atau keturunan China, tahun baru Tiongkok atau Imlek merupakan salah satu momen yang ditunggu-tunggu setiap tahunnya. Tak jauh berbeda dengan tahun baru hijriah, masyarakat keturunan Tiongkok atau China juga merayakan tahun baru dengan perayaan besar yang kerap dijuluki sebagai perayaan Cap Go Meh. Bahkan euphoria dari perayaan tahun baru imlek ini bisa dirasakan oleh semua lapisan masyarakat. Pasalnya keturunan Tionghoa banyak tersebar di seluruh negara penjuru dunia, termasuk di dalamnya yang paling banyak adalah Indonesia.
tahun baru imlek


Meskipun Anda bukan tergaris dalam keturunan Tionghoa, tak ada salahnya untuk mengetahui seluk beluk sejarah, mitos, dan fakta imlek yang kenapa tiap tahunnya selalu diadakan pagelaran yang mewah di beberapa tempat. Menurut silsilah penanggalan kalender khusus bagi keturunan Tionghoa atau China, biasanya tahun baru Imlek ini akan jatuh tepat pada tanggal 1 awal tahun penanggalan. Sedangkan akhir dari perayaan Cap Go Meh Imlek ini akan selesai pada pertengahan bulan saat bulan purnama tiba. Berikut selengkapnya.

Sejarah Perayaan Tahun Baru Imlek

Sejarah asal muasal dari lahirnya tanggal permulaan perayaan tahun baru imlek ini sebenarnya belum diketahui secara pasti. Namun menurut sejarah yang dikutip dari sumber terpercaya menyatakan bahwa tanggal permulaan perayaan tahun baru imlek ini diperkirakan sebelum adanya Dinasti Qin.

Fakta sejarah lain juga menyatakan bahwa menurut dinasti Xia tanggal perayaan tahun baru imlek ini dimulai pada tanggal 1. Tetapi pernyataan tersebut berbeda jauh dengan pernyataan dari Dinasi Shang yang mengungkapkan bahwa tanggal perayaan tahun baru imlek ini dimulai pada bulan ke-12. Sedangkan Dinasi Zhou mengungkapkan bahwa tanggal perayaan imlek dimulai pada bulan ke-11.

Meskipun setiap Dinasti yang berkembang menyatakan perbedaan pendapat akan tanggal permulaan perayaan tahun baru imlek. Namun perlu digaris bawahi bahwasannya tahun baru imlek merupakan tradisi kebudayaan yang sakral bagi seluruh masyarakat yang memiliki garis keturunan Tionghoa atau China.

Mitos Tahun Baru Imlek

Dibalik sejarah perkembangan tahun baru imlek yang tersaji dari beberapa kurun waktu, ternyata menyimpan beberapa mitos yang sudah menjadi rahasia umum bagi masyarakat Tionghoa. Salah satu mitos yang dipercaya masyarakat Tionghoa hingga saat ini adalah keberadaan Nian yang konon ketika memasuki awal tahun China ia akan memangsa hewan-hewan ternak milik penduduk Tionghoa. Bahkan Nian juga bisa memangsa anak-anak masyarakat China pada jaman dahulu.

Baca: Peringatan Tahun Baru 1 Januari

Akhirnya untuk mengalihkan fokus sosok hewan mitos tersebut serta melindungi anak-anak dan juga hewan ternak dari terkaman Nian, maka masyarakat China memiliki ide untuk meletakkan makanan atau sesaji di depan pintu rumah setiap tanggal 1 diawal tahun. Persembahan makanan atau sesaji ini diharapkan mampu membuat hewan mitos tersebut mengurungkan niatnya untuk memangsa hewan ternak serta penduduk China.

Meskipun banyak orang Tinghoa yang menyadari bahwa keberadaan Nian atau hewan misterius yang datang setiap malam tahun baru Imlek tersebut adalah mitos. Namun nyatanya kepercayaan akan keberadaan Nian hingga kini masih dipercaya mayoritas penduduk yang merayakan tahun bari Imlek. Bahkan mitos tersebut masih terus beredar luas dan dipegang teguh sebagai mitos sejak dulu.

Fakta Tahun Baru Imlek

Ternyata dibalik gemerlapnya perayaan tahun baru imlek yang hadir disetiap tahunnya, terselip sejarah dan mitos yang masih diyakini oleh mayoritas penduduk China hingga saat ini. Tetapi meskipun demikian ada fakta unik dari perayaan tahun bari Imlek.

Menurut data, penduduk China atau kaum Tionghoa di Indonesia sendiri memiliki jumlah yang minoritas. Namun nyatanya bukan hanya masyarakat pemilik garis keturunan China semata yang mampu merayakannya, tetapi tahun baru Imlek ini mampu dinikmati oleh semua kalangan. Bahkan setiap tahun baru Imlek tiba, hari tersebut dijadikan sebagai hari libur nasional. 

Baca: Kalender 2019

Nah demikianlah penjelasan mengenai sejarah, mitos dan fakta tahun baru imlek yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini. Semoga dapat bermanfaat dan memberi wawasan baru untuk Anda. Terima kasih dan jangan lupa share ya.

0 Response to "Sejarah, Mitos dan Makna Tahun Baru Imlek yang Wajib Kamu Tahu"

Post a Comment

Komentar di moderasi, silahkan login menggunakan account Google anda untuk berkomentar, komentar dari user unknown tidak akan ditampilkan. Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan ditengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel