10 Kebiasaan Orang Jepang yang Perlu Kita Contoh di Indonesia

Bisnisonlinekita.net - Jepang merupakan negara maju yang populer dengan kecanggihan teknologi serta kultur budayanya yang mampu berjalan berdampingan. Negara impian para pelancong ini menyimpan hal-hal menarik yang layak untuk dikulik. Mulai dari kuliner, fashion, kultur budaya hingga kebiasaan yang perlu kita contoh di Indonesia.

Penduduk Jepang memang sangat populer dengan kebiasaan baiknya yang sering tak ditemui di beberapa negara maju lainnya. Lantas apa saja kebiasaan orang Jepang yang harus diteladani? Berikut beberapa kebiasaan yang wajib ditiru.
suasana kota di jepang
Image by angel4leon on Pixabay

Kebiasaan Baik Orang Jepang yang Wajib Kita Contoh di Indonesia


1. Tidak gaduh saat menggunakan transportasi umum

Di Indonesia kegaduhan saat menggunakan transportasi adalah hal yang lumrah, namun lain halnya di Jepang yang justru akan menciptakan suasana sunyi ketika berada di transportasi umum supaya tidak mengganggu ketenangan orang lain.

2. Memilih tranportasi umum

Meskipun di Jepang harga kendaraan relatif lebih murah, namun banyak penduduk Jepang yang enggan untuk menggunakan transportasi pribadi dan lebih memilih tranportasi umum ketika berpergian. Mereka menganggap penggunaan tranportasi pribadi ini lebih mahal karena harus menyewa lahan parkir.
Baca: Pemandangan Alam Indonesia Yang Menakjubkan

3. Sopan Santun

Masyarakat Jepang memang memiliki kesadaran diri yang tinggi terhadap nilai kesopanan, ketertiban serta kebersihan. Maka tak heran kemajuan negara Jepang ini diprakarsai oleh kebiasaan baik masyaratnya yang telah mendarah daging.

4. Menjaga Kebersihan

Rasanya hal sulit tatkala menemukan sampah yang berserakan di jalan ketika plesiran di negeri sakura ini. Pasalnya masyarakat Jepang sudah ditanamkan kebiasaan menjaga kebersihan sejak kecil, tak heran jikalau kini menjaga kebersihan sudah menjadi kebiasaan yang mendarah daging.

5. Bersepeda ke Sekolah

Walaupun Jepang terdapat perusahaan kendaraan besar yang mampu menyuplai kebutuhan kendaraan di Indonesia, tetapi jutsru para pelajar di Jepang enggan untuk menggunakan kendaraan ketika berangkat sekolah namun mereka memilih menggunakan sepeda.

6. Memiliki rasa malu yang tinggi

Selain menjaga kebersihan, menanamkan budaya malu juga sudah menjadi kebiasaan orang Jepang. Masyarakat jepang akan merasa malu ketika melakukan sebuah kesalahan dan akan segera mengakui serta langsung meminta maaf.

7. Pekerja keras dan inovatif

Para karyawan di Jepang akan mencurahkan seluruh waktunya untuk bekerja hingga larut malam. Hal ini tak lain dan tak bukan untuk mencurahkan segala ide yang inovatif demi menciptakan sebuah karya yang unik dan menarik.

8. Mandiri sejak kecil

Kebiasaan orang Jepang ini semuanya sudah diajarkan sejak dini. Tak heran jikalau mayoritas penduduk jepang memiliki jiwa yang mandiri dalam melakukan segala hal. Baik ketika bekerja ataupun pada keperluan yang lainnya.
Baca: 10 Youtuber Indonesia Terpopuler 2019

9. Minat baca tinggi

Walaupun kini teknologi sudah semakin mutakir, banyak masyarakat Jepang yang tidak melupakan kebiasaan baiknya dalam membaca buku untuk mengisi waktu-waktu senggangnya. Terkadang aktivitas ini bisa dilakukan ketika ia sedang berada di tranportasi umum.

10. Berpegang teguh terhadap tradisi dan budaya

Uniknya kebiasaan orang Jepang yang perlu kita contoh adalah menyeimbangkan jalannya tradisi dan kebudayaan. Meskipun negara maju ini sudah berhasil menciptakan teknologi robot canggih, namun bukan berarti masyarakat Jepang meninggalkan tradisi serta budayanya.

Nah, itulah penjelasan menarik mengenai 10 kebiasaan orang Jepang yang perlu kita contoh dalam kehidupan sehari-hari. Selain mendidik jiwa dengan kebiasaan baik tentunya membangun kebiasaan baik ini juga mampu mendorong perkembangan negara. Semoga bermanfaat, terima kasih.

0 Response to "10 Kebiasaan Orang Jepang yang Perlu Kita Contoh di Indonesia"

Post a Comment

Komentar di moderasi, silahkan login menggunakan account Google anda untuk berkomentar, komentar dari user unknown tidak akan ditampilkan. Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan ditengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel