10 Fakta Unik Bunga Rafflesia Arnoldi yang Belum Banyak Diketahui

Bisnisonlinekita.net - Raflesia Arnoldi atau bunga bangkai merupakan bunga nasional Indonesia yang ditemukan pada tahun 1818 oleh Stamford Raffles beserta rekannya Dr. James Arnold di kepulauan Kalimantan dan Sumatra. Jenis bunga yang tidak memiliki daun, akar dan batang ini memiliki aroma seperti daging yang busuk dengan berat mencapai 11 kg.

Bunga yang memiliki bentuk menyerupai pot yang diapit oleh lima kelopak berwarna merah dengan motif tutul berwarna putih ini memiliki fakta unik yang wajib Anda ketahui. Penasaran apa saja fakta unik bunga Raflesia Arnoldi?
rafflesia arnoldii
Tribunnews.com

Berikut Fakta Unik Bunga Rafflesia Arnoldi yang Wajib Diketahui


1. Memiliki masa mekar yang tidak menentu

Fakta Raflesia Arnoldi yang pertama adalah belum ada ahli yang mampu menentukan dengan pasti kapan bunga raksasa ini mekar. Namun ada beberapa ahli yang mengatakan kalau bunga padma raksasa ini mekar ketika memasuki musim hujan. Tetapi umumnya bunga raksasa ini akan mekar sekitar sembilan bulan sekali dengan rentang waktu seminggu saja.

2. Memiliki bau busuk

Mengeluarkan bau busuk adalah cara bunga raflesia arnoldi untuk bertahan hidup dan berkembang. Sebab nantinya bau busuk tersebut akan memikat serangga dan lalat untuk mendekatinya. Nah lalat serta serangga itulah yang menjadi sumber makanan utama bagi bunga raksasa ini.

3. Asal Mula Rafflesia Arnoldi

Penamaan bunga raflesia arnoldi ini merupakan bentuk penghormatan bagi ahli botani bernama Dr. James Arnold dan Sir Thomas Stamford Bingley Raffles yang berhasil menemukan bunga padma raksasa ini di kepulauan Kalimantan dan Sumatra pada tahun 1818

4. Bunga Nasional Indonesia

Sejak tanggal 9 Januari pemerintah NKRI telah mengeluarkan peraturan tentang pengukuhan bunga Raflesia Arnoldi ini sebagai bunga nasional Indonesia yang dilindungi oleh UUD.

5. Patung lilin Raflesia Arnoldi

Berkat bentuk dan pesonanya yang mencengangkan membuat para ahli botani, turis, penjelajah serta pemerhati lingkungan dari beberapa negara bekerjasama untuk membuat patung lilin Raflesia Arnoldi. Pasalnya bunga raksasa ini terancam akan punah karena sulit sekali untuk dikembangbiakkan.

6. Tidak seimbangnya jumlah jantan dan betina

Padma raksasa yng hampir punah ini sangat didominasi oleh betina, nah hal tersebut secara tidak langsung menghambat mekarnya bunga jantan dan betina dalam waktu yang bersamaan, sehingga akan menghambat proses penyerbukan.

7. Penyebaran Spesies

Secara umum Raflesia Arnoldi ini memiliki 20 jenis spesies, dimana delapan spesies ini tersebar di negara Indonesia dan Malaysia. Sedangkan untuk 12 jenis spesies lainnya tersebar di Thailand dan Fhiliphina.

8. Langka dan terancam Punah

Menurut penelitian dari Perhimpunan Internasional untuk Konservasi Alam (IUCN) mengatakan bahwa Raflesia Arnoldi termasuk kedalam spesies tanaman yang terancam punah akibat tidak seimbangnya jumlah spesies jantan dan betina.
Baca: Inilah Gambar Bunga Cantik dan Indah Yang Menakjubkan

9. Tanaman Parasit

Meskipun terlihat cantik namun sejatinya bunga bangkai ini termasuk kedalam tanaman parasit yang memiliki bagian utama didalam inangnya.

10. Kegunaan Raflesia Arnoldi

Fakta unik Raflesia Arnoldi yang banyak tidak diketahui orang adalah kegunaan kuncup bunganya yang mampu membantu pemulihan setelah proses persalinan. Tak hanya itu kuncup bunga raksasa ini juga dipercaya dapat meningkatkan libido.

Demikianlah penjelasan mengenai 10 fakta Raflesia Arnoldi yang dapat kami informasikan untuk Anda. Semoga artikel ini mampu memberikan wawasan serta ilmu pengetahuan baru bagi Anda. Terima kasih.

10 Fakta Unik Bunga Rafflesia Arnoldi yang Belum Banyak Diketahui 10 Fakta Unik Bunga Rafflesia Arnoldi yang Belum Banyak Diketahui Reviewed by Bunda Lexi on February 27, 2019 Rating: 5

No comments:

Komentar di moderasi, silahkan login menggunakan account Google anda untuk berkomentar, komentar dari user unknown tidak akan ditampilkan. Terimakasih.

Powered by Blogger.