Arti Barakallah Fii Umrik (Ucapan Ulang Tahun Islami)

Barakallah Fii Umrik - Saya sering mendengar teman-teman maupun saudara mengucapkan kalimat Barakallah Fii Umrik kepada orang yang sedang berulang tahun baik disampaikan secara lisan maupun tertulis melalui media sosial seperti WA. Terus terang meskipun saya seorang muslim tetapi tidak mengetahui arti semua ucapan Islami yang notabene berbahasa Arab. Yang saya tahu itu merupakan ucapan ulang tahun Islami.

barakallah fii umrik

Ucapan ulang tahun Barakallah Fii Umrik ternyata memiliki arti "Semoga Allah Memberkahimu Dalam Usiamu". Ucapan ini sebenarnya sama dengan yang biasa saya ucapkan "Semoga Sisa usiamu diberkahi".
Ucapan ini bisa diucapkan untuk anak dari ayah dan ibu, ini adalah ungkapan rasa sayang orangtua kepada anaknya.
Ucapan adalah doa, sebaik-baiknya ucapan adalah yang baik-baik. Dengan kita mengucapkan Barakallah Fii Umrik berarti kita mendoakan orang yang berulang tahun dengan doa yang baik. Orang yang diberi ucapan tersebut sebaiknya membalas dengan "Wa Fiika Barakallah" artinya semoga Allah juga memberkahimu. 

Fiika =  Kepada laki laki
Fiiki = Kepada perempuan
Fiikum = Kepada kalian

Beberapa variasi yang mungkin pernah kita dengar:
Barakallah fii umrik Ukthi atau Akhi= Semoga allah memberkahi umurmu ya saudariku/Saudaraku
Ukthi=Saudariku, panggilan tunggal kepada perempuan
Akhi=Saudarakau, panggilan tunggal kepada laki-laki

Barakallah fii umrik sering dijadikan sebagai ucapan ulang tahun untuk sahabat, meskipun demikian bisa juga diucapkan kepada anak, ibu, suami dan semua orang.

بارك الله في عمرك
Tulisan Barakallah fii umrik dalam Bahasa Arab

Mungkin anda juga sering mendengar orang mengucapkan barakallahu fiikum atau barakallahu fiik itu artinya semoga Allah memberkahimu, jika orang mengucapkan ini kepada anda maka bisa dijawab dengan Wa Fiika Barakallah seperti jawaban kepada orang yang mendoakan Barakallah Fii Umrik.

Anda juga mungkin mendengar tabarakallah ini artinya hampir sama yaitu Allah SWT memberimu berkah.

Baca juga: Kado Ulang Tahun Indah dan Berkesan

Semua doa sebenarnya akan kembali kepada orang yang mengucapkannya, jadi ketika anda mendoakan sesuatu kepada orang lain, maka doa itu akan kembali kepadanya, jadi pastikan anda mendoakan yang baik-baik kepada orang lain, karena doa tersebut akan kembali kepada anda.

Bagaimana jika kita ingin mendoakan diri sendiri saat berulang tahun? Dibawah ini adalah doa yang dapat kita panjatkan untuk diri sendiri, anak, istri, maupun suami.

1. Doa panjang umur, sehat, murah rezeki serta khusnul khotimah yang berhubungan dengan ulang tahun

Allahumma Thowwil Umuurona, Wa Shohhih Ajsaadana, Wa Nawwir Quluubana, Wa Sabbit Iimaananaa Wa Ahsin A'maalanaa, Wa Wassi' Arzaqonaa, Wa Ilal Khoiri Qorribnaa Wa 'Anisy-Syarri Ab'idnaa, Waqdhi Khawaa-Ijana Fiddiini Waddunyaa Wal Aakhirati Innaka 'Alaa Kulli Syai-In Qodiirun
arti barakallah fii umrik

2. Apakah boleh mengucapkan Barakallah Fii Umrik dan merayakan ulang tahun dalam Islam?

Merayakan ulang tahun dengan mengadakan pesta, meniup lilin, dan harus dilaksanakan satu tahun sekali tidak diperbolehkan karena meniru kebiasaan kaum Majusi yang meyembah api.

Jangan memasangakn topi kerucut panjang kepada anak anda saat ulang tahun. Sejarahnya sekitar 6 abad yang lalu. Saat Spanyol menduduki Andalusia, topi ini dipasangkan atas perintah Ratu Isabela (Kristiani) kepada umat muslim Andalusia yang telah dimurtadkan, topi ini disebut Sanbenito. Jika mereka tidak mau dimurtadkan maka mereka akan dibunuh.

Tetapi jika yang disebut merayakan ulang tahun dengan cara menyantuni anak yatim, memohon ampunan dan mengingatkan diri bahwa kita semua akan kembali menghadap Tuhan. Bagaimana dengan hal ini, silahkan simak video dibawah ini.

Merayakan ulang tahun tidak dicontohkan dalam Islam oleh nabi Muhammad SAW, jadi merayakan ulang tahun bukan merupakan bentuk ibadah, untuk tegasnya tidak boleh merayakan ulang tahun.

Tetapi jika mengucapkan Barakallah Fii Umrik atau pun berupa doa-doa seperti diatas tentu saja hal yang baik dan boleh tetapi tidak dalam memperingati ulang tahun, bisa kita lakukan kapan saja.

3. Hukum merayakan ulang tahun menurut Ust. Abdul Somad & Ust. Khalid Basalamah

Silahkan simak video berikut ini tentang hukum merayakan ulang tahun menurut kedua ustadz terkenal ini.

Beliau-beliau ini jelas melarang perayaan ulang tahun tetapi saya tidak menemukan larangan ucapan Barakallah Fii Umrik yang dapat diucapkan kapanpun.

Syafakillah adalah kata lain yang sering saya dengar saat seseorang mendoakan kepada orang yang sedang sakit. Ternyata syafakillah artinya "Semoga Allah menyembuhkanmu". Jika yang sakit adalah wanita maka kita ucapkan syafakillah, jika yang sakit adalah seorang pria maka kita ucapkan syafakallah, keduanya memiliki arti yang sama yaitu "Semoga Allah menyembuhkanmu".

0 Response to "Arti Barakallah Fii Umrik (Ucapan Ulang Tahun Islami)"

Post a Comment

Komentar di moderasi, silahkan login menggunakan account Google anda untuk berkomentar, komentar dari user unknown tidak akan ditampilkan. Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan ditengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel