Hari Ibu di Indonesia, Apa, Bagaimana, dan Kapan

Hari ibu di Indonesia diperingati setiap tanggal 22 Desember. Ibu adalah seseorang yang sangat berarti bagi setiap orang, karena Ibu telah melahirkan, merawat serta membesarkan kita hingga saat ini. Sudah sepantasnya Ibu memiliki hari khusus yang kita peringati setiap tahun untuk menghormati beliau, setidaknya untuk menunjukan betapa berarti nya seorang Ibu bagi anaknya.

Kasih ibu sepanjang masa, pernah dengarkan istilah itu dan itu bukan hanya sebuah istilah tapi bener-benar terjadi, meskipun kita telah menjadi tua, seorang ibi tetap mencintai kita dengan tulus dan tanpa pamrih.

hari ibu

Sejarah Hari Ibu di Indonesia


Setiap negara memperingati hari Ibu pada tanggal yang berbeda-beda. Di Indonesia sejarah hari ibu dimulai dari penyelenggaraan kongres perempuan Indonesia di Yogyakarta pada tahun 1928. Hari ini kemudian dijadikan sebagai hari ibu oleh Presiden Sukarno melalui Dekrit nomor 316 tahun 1959.

Selain hari Ibu, Indonesia sebenarnya memiliki hari yang agak mirip yaitu hari Kartini yang diperingati setiap tanggal 21 April. Hari Kartini diperingati untuk menghargai aktivis wanita yang memperjuangkan emansipasi wanita.

Makna Peringatan Hari Ibu 22 Desember

Tahukah kamu apa makna peringatan hari Ibu? Tentunya kamu mengira ini tentang kasih sayang ibu kepada anaknya. Tetapi ternyata bukan itu, karena peringatan hari Ibu di Indonesia memiliki makna kebangkitan dan persatuan wanita Indonesia. Ini didasarkan kepada penyelenggaraan kongres wanita tahun 1928. Tetapi belakangan ini peringatan hari Ibu juga makna nya sebagai penghargaan Ibu dalam berbagai hal seperti rumah tangga, dan karir.


Peringatan hari ibu di berbagai negara


Hari ibu juga dirayakan di sekitar 40 negara lainnya, berikut ini adalah tanggal peringatan hari ibu di beberapa negara dunia:

Hari ibu di Amerika atau Mother's day dirayakan tanggal 13 Mei pada hari itu biasanya ibu menerima kado merupa bunga, coklat,  permen, baju, perhiasan, dan perawatan badan misalnya pergi ke spa.

Hari ibu di Inggris atau mother's day 2018 jatuh pada tanggal 11 maret. Memang tanggalnya berbeda setiap tahun karen amengikuti kalender Nasrani, tetapi berkisar sekitar akhir maret hingga awal april. 







Hari Ibu di Indonesia, Apa, Bagaimana, dan Kapan Hari Ibu di Indonesia, Apa, Bagaimana, dan Kapan Reviewed by Yunar W on September 02, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.