Skip to content Skip to sidebar Skip to footer
Remix Cash

Hari Ibu di Indonesia, Apa, Bagaimana, dan Kapan

Hari ibu di Indonesia diperingati setiap tanggal 22 Desember. Ibu adalah seseorang yang sangat berarti bagi setiap orang, karena Ibu telah melahirkan, merawat serta membesarkan kita hingga saat ini. Sudah sepantasnya Ibu memiliki hari khusus yang kita peringati setiap tahun untuk menghormati beliau, setidaknya untuk menunjukan betapa berarti nya seorang Ibu bagi anaknya.

Kasih ibu sepanjang masa, pernah mendengarkan istilah? Bukan hanya sebuah istilah tapi bener-benar terjadi, meskipun kita telah menjadi tua, seorang ibu tetap mencintai kita dengan tulus dan tanpa pamrih. Seringkali masih menganggap anaknya itu masih kecil.

hari ibu

Sejarah Hari Ibu di Indonesia


Setiap negara memperingati hari Ibu pada tanggal yang berbeda-beda. Di Indonesia sejarah hari ibu dimulai dari penyelenggaraan kongres perempuan Indonesia di Yogyakarta pada tahun 1928. Hari ini kemudian dijadikan sebagai hari ibu oleh Presiden Sukarno melalui Dekrit nomor 316 tahun 1959.

Selain hari Ibu, Indonesia sebenarnya memiliki hari yang agak mirip yaitu hari Kartini yang diperingati setiap tanggal 21 April. Hari Kartini diperingati untuk menghargai aktivis wanita yang memperjuangkan emansipasi wanita.

Makna Peringatan Hari Ibu 22 Desember

Tahukah kamu apa makna peringatan hari Ibu? Tentunya kamu mengira ini tentang kasih sayang ibu kepada anaknya. Tetapi ternyata bukan itu, karena peringatan hari Ibu di Indonesia memiliki makna kebangkitan dan persatuan wanita Indonesia. Ini didasarkan kepada penyelenggaraan kongres wanita tahun 1928. Tetapi belakangan ini peringatan hari Ibu juga makna nya sebagai penghargaan Ibu dalam berbagai hal seperti rumah tangga, dan karir. Pada hari Ibu biasanya dibebaskan dari semua kegiatan sehari-hari seperti memasak dan hal lain nya.


Peringatan hari ibu di berbagai negara

Hari ibu juga dirayakan di seluruh dunia, berikut ini adalah tanggal peringatan hari ibu di beberapa negara dunia:

Hari Minggu Kedua Di Bulan Mei
Hari Minggu kedua dibulan Mei merupakan perayaan hari ibu di Amerika atau Mother's day, jadi tanggalnya berubah -ubah biasanya ibu akan menerima kado merupa bunga, coklat,  permen, baju, perhiasan, dan perawatan badan misalnya pergi ke spa.

Selain Amerika, negara yang merayakan pada saat yang sama ialah:  Anguilla; Antigua and Barbuda; Aruba; Australia; Austria; Bahamas; Bangladesh; Belgium; Belize; Bermuda; Bhutan; Bonaire; Botswana; Brazil; Brunei; Canada; Cambodia; Cayman Islands; Central African Republic; Chad; Chile; China; Colombia; Congo; Cote d'Ivoire; Croatia; Cuba; CuraƧao; Cyprus; Czech Republic; Denmark; Dominica; Ecuador; Equatorial Guinea; Estonia; Ethiopia; Faroe Islands; Fiji; Finland; Germany; Gabon; Gambia; Greenland; Ghana; Greece; Grenada; Guyana; Honduras; Hong Kong; Iceland; India; Italy; Jamaica; Japan; Kenya; Latvia; Liberia; Liechtenstein; Macau; Malaysia; Malta; Myanmar; Namibia; Netherlands; New Zealand; Pakistan; Papua New Guinea; Peru; Philippines; Puerto Rico; Saint Kitts and Nevis; Saint Lucia; Saint Vincent and the Grenadines; Samoa; Singapore; Sint Maarten; Slovakia; South Africa; Sri Lanka; Suriname; Switzerland; Taiwan; Tanzania; Tonga; Trinidad and Tobago; Turkey; Uganda; Ukraine; Uruguay; Vietnam; Venezuela; Zambia; Zimbabwe

Minggu kedua di bulan Februari
Swedia

3 Maret
Georgia

8 Maret
Afghanistan; Albania; Armenia; Azerbaijan; Belarus; Bosnia and Herzegovina; Bulgaria; Burundi; Burkina Faso; Kazakhstan; Kosovo; Laos; Macedonia; Moldova; Montenegro; Romania; Russia; Serbia; Tajikistan; Uzbekistan; Vietnam

Sekitar akhir maret hingga awal April
Guernsey; Ireland; Isle of Man; Jersey; Nigeria; Inggris
Pada tahun 2018 jatuh pada tanggal 11 maret. Memang tanggalnya berbeda setiap tahun karena mengikuti kalender Nasrani.

21 Maret
Bahrain; Comoros; Djibouti; Egypt; Iraq; Jordan; Kuwait; Libya; Lebanon; Mauritania; Oman; Palestine; Qatar; Saudi Arabia; Somalia; Sudan; Syria; United Arab Emirates; Yemen

25 Maret
Slovenia

7 April
Armenia

Hari Minggu pertama bulan Mei
Angola; Cape Verde; Hungary; Lithuania; Mozambique; Portugal; Spain

8 Mei
Korea Selatan

10 Mei
El Salvador; Guatemala; Mexico

14 Mei 
Benin

15 Mei
Paraguay

19 Mei
Kyrgyzstan

22 Mei
Israel

26 Mei
Polandia

27 Mei 
Bolivia

Hari Minggu terakhir bulan Mei
Algeria; Cameroon; Dominican Republic; France; Madagascar; Mali; Morocco; Niger; Haiti; Mauritius; Senegal; Sweden; Tunisia

30 Mei
Nikaragua

1 Juni
Mongolia

Hari Minggu kedua bulan Juni
Luxembourg

Hari Senin pertama bulan Juli
Sudan Selatan

12 Agustus
Thailand

15 Agustus
Costa Rica

Hari Minggu ke 3 bulan Oktober
Argentina

3 November
Timor Leste

16 November
Korea Utara

Hari Minggu treakhir November
Rusia

8 Desember
Panama

Jika ada hari ibu, apakah ada hari anak dan hari ayah? Ya kedua nya ada, hari anak nasional diperingati setiap tanggal 23 Juli dan hari ayah setiap tanggal 12 November.

Post a Comment for "Hari Ibu di Indonesia, Apa, Bagaimana, dan Kapan"