Cara Melunasi KPR Bank CIMB Niaga

Ijinkan saya bercerita cara melunasi KPR (Kredit Kepemilikan Rumah) dari Bank CIMB Niaga. Semoga ini menjadi inspirasi anda untuk segera melunasi hutang KPR anda di Bank manapun.

Tahun 2017 saat itu saya masih memiliki angsuran tetap untuk rumah yang mulai saya cicil dari tahun 2009 dengan tenor 156 bulan atau 13 tahun. Berarti sudah sekitar 8 tahun berjalan. Tahun 2017 perusahaan tempat saya bekerja memutuskan untuk menutup usahanya di Indonesia dan lebih mengembangkan usahanya dinegara yang memiliki labor cost lebih rendah, hiks...

cara melunasi KPR bank niaga


Karena ditutup sepihak oleh perusahaan maka semua karyawan berhak mendapatkan pesangon sesuai dengan peraturan perundangan-undangan di Indonesia. Berbagai cara ditempuh untuk sebijaksana mungkin "menghabiskan" uang pesangon kami.

Ada yang langsung cari kerja lagi dan masih bingung uang pesangon nya mau diapakan :-) ada yang langsung dibuat usaha dari uang pesangon tersebut, ada yang buat renovasi rumah, ada yang beli kendaraan baru, yang tragis ada yang tidak membawa uang pesangon kerumah karena sudah ada hutang sebelumnya ke Bank dan harus dilunasi, biasanya cicilan di potong dari gaji bulanan, dan ada yang melunasi hutang atau pun KPR seperti saya. Mungkin ada juga yang ceritanya lain tetapi tidak saya ketahui.

Hmm sedikit curhat diatas, oke inilah cara melunasi hutang KPR di Bank CIMB Niaga. Untuk kontak pertama tidak perlu datang ke kantor Bank Niaga, cukup mengirim email dulu:

1. Download formulir permohonan pelunasan KPR disini.
Formulir itu menanyakan alasan pelunasan, no pinjaman, rekening tabungan, alamat email.

2. Isi formulir tersebut dengan lengkap, kirim ke alamat email admin@antiattrition@cimbniaga.co.id

3. Anda akan dihubungi pihak bank, mereka biasanya akan merayu anda dengan menawarkan pelunasan sebagian dengan alasan sisa uangnya bisa dipakai untuk keperluan lain. Tetapi jika anda tetap akan melunasi keseluruhan maka akan diinfokan kapan anda harus datang ke bank untuk mengurus administrasinya.

4. Pastikan uang di rekening CIMB Niaga cukup saldonya karena akan di debet otomatis oleh Bank.

5. Ketika sudah didebet maka beberapa hari kemudian anda akan dihubungi lagi untuk segera mengambil sertifikat rumah yang selama ini ada di Bank.

Jangan terlalu lama mengambil sertifikat tersebut karena jika lebih dari 1 bulan biasanya kita akan ditagih biaya tambahan karena sertifikat tersebut disimpan di safety box dan ada biaya sewa untuk itu.
Anda akan menandatangani tanda terima sertifikat dan surat pengantar roya dari bank serta dokumen lain nya, pastikan anda menerima sesuai dengan tanda terima yang anda tandatangan.

Oya surat pengantar roya sebaiknya segera di urus ke kantor BPN setempat. Jika tidak maka tidak akan bisa dipindah tangan kan dikemudian hari karena rumah/tanah tersebut masih tercatat sebagai tanggungan bank.

Contoh formulir permohonan pelunasan KPR.



Suka duka membeli rumah melalui KPR:

Dukanya:
Saya masih ingat pertama kali mengangsur saya bayar sekitar 2,5 juta dan pada rincian pembayaran tertulis bahwa pokok yang saya cicil hanya sekitar 500 ribu rupiah, 2 juta sisanya kita bayar hutang. Sedihnya menerima kenyataan ini.

Baca juga: Cara menggunakan Cimbclicks 

Untuk CIMB niaga ini salah satu bank yang memberikan bunga cukup tinggi, saya selama mencicil 8 tahun 1-2 tahun pertama rasanya sekitar 10%. tahun-tahun selanjutnya sekitar 13.5%.

Rasanya cicilan rumah kita tidak selesai-selesai, bayangkan selama 13 tahun kita harus mencicil.

Sukanya:
Daripada mengontrak rumah lebih baik mencicil rumah, minimal diakhir tahun kita tidak dipusingkan dengan uang kontrak yang kemungkinan naik.

Atau jika kita sudah merasa betah di lingkungan rumah  tersebut, tiba-tiba diakhir masa kontrak harus pindah karena berbagai alasan, misalnya rumahnya mau dipakai pemilik.

Saya doakan kepada pembaca sekalian yang kemungkinan saat ini masih memiliki cicilan rumah agar segera lunas Aamiin.





Cara Melunasi KPR Bank CIMB Niaga Cara Melunasi KPR Bank CIMB Niaga Reviewed by Yunar Winardi on July 14, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.