Wow… Mengurus Sendiri Roya di BPN/ATR Kota Bandung Hanya 50 Ribu Rupiah Saja

Yang terlintas dalam pikiran saya saat itu apakah yang dimaksud dengan Roya?

Roya menurut HukumOnline adalah “pencoretan pada buku tanah Hak Tanggungan karena hak tanggungan telah hapus.”
Catatan singkatan: BPN (Badan Pertanahan Nasional), ATR (Agraria dan Tata Ruang).
Lokasi Kantor BPN kota Bandung, jika kita dari arah Cibiru menuju Bandung sekitar 50 meter setelah pintu mall MTC II, atau alamat lengkapnya Jl. Soekarno-Hatta no 589 Bandung


Bagaimana jika kita tidak mengurus roya ke BPN/ATR?

Sertifikat kita tidak bisa dipindah tangankan, misalnya dijual. Lagi pula menurut saya kita sebaiknya tidak menunda-nunda tugas, Jadi segera lakukan selagi kita bisa.
Untuk mengurus roya di BPN maka syaratnya:

  1. Sertifikat Hak tanggungan asli
  2. Sertifikat Hak milik asli
  3. Surat pengantar roya dari Bank tempat kita KPR
  4. Warkah/ formulir yang kita dapatkan saat pertama kali kita datang ke BPN
  5. Bukti pembayaran PBB terakhir (Khusus Bandung?)

Hanya untuk kota Bandung mereka meminta fotocopy bukti pembayaran PBB (Pajak Bumi dan Bangunan) terakhir, bawa jga yg aslinya.

Pengurusan roya yang saya alami:

Saya tanya pak sekuriti bagaimana cara urus roya:
Kemudian beliau arahkan ke semacam petugas informasi, disitu kita diberi form yang harus diisi, beserta dokumen2 yang diperlukan diatas.

Karena saya tidak membawa PBB, maka harus pulang dulu untuk mempersiapkannya.
Keesokan harinya saya kembali untuk menyerahkan semua persyaratan dokumen diatas.
Dari situ saya diarahkan untuk mengantri mengambil map khusus, dokumen-dokumen yang telah kita persiapkan dimasukkan kedalam map tersebut, disampul map tersebut kita harus mengisi data seperti data pemohon dan data lokasi rumah yang akan di roya.

Setelah diisi, map tersebut diserahkan ke loket khusus untuk perorangan (ada loket khusus untuk yang diurus menggunakan surat kuasa, dan loket khusus yg pengurusan nya tidak diwakilkan/diurus sendiri).

Dari sini kita menunggu dokumen-dokumen kita diterima/diproses. Setelah selesai (sekitar 2-3 jam) kita diberi tanda terima dokumen dan disuruh bayar ke Bank BJB.
Bank BJB ada di lingkungan sekitar BPN, setelah keluar dari pintu kemudian belok kanan dan belok kanan lagi disitu ada Bank BJB. Sayangnya hari itu Bank BJB sedang tidak bisa menerima pembayaran karena salah satu kasirnya sedang tugas luar?

Jadi hari itu saya pulang dan membayar keesokan harinhya di Bank BJB dekat rumah dan mendapat tanda terima pembayaran.

Pada hari senin yang dijanjikan, saya kembali untuk mengambil dokumen. Hari itu adalah pas 3 hari kerja setelah saya menerahkan dokumen.

Ternyata 3 hari kerja itu dihitung setelah saya melakukan pembayaran ke Bank BJB. Karena saya melakukan pembayarn keesokan harinya jadi dokumen saya belum selesai. Akhirnya saya pulang kembali untuk kembali keesokan harinya.

Keesokan harinya saya kembali dan kali ini  saya berhasil, sertifikat telah selesai dan ditunjukan bahwa tanggungan yang sebelumnya atas nama Bank CIMB Niaga saat ini sudah dihapus. Saat itu saya sempat menanyakan mana sertifikat hak tanggungan nya yang saya serahkan tempo hari.

Ternyata sertifikat itu diambil BPN karena hak tanggungan sudah dihapus, jadi saya hanya menerima satu sertifikat hak milik.

Demikian semoga membantu jika anda berniat mengurus roya BPN sendiri.

Contoh Sertifikat Hak Tanggungan

Contoh Serifikat Hak Milik
Contoh Surat pengantar Roya dari Bank
Contoh Warkah (dari BPN)
Contoh Bukti Bayar PBB


Waktu yang dibutuhkan untuk pengurusan roya:

Oya total kunjungan yang saya lakukan 4 kali dengan rincian:

  1. Kedatangan pertama, saya harus balik lagi karena kurang bukti pembayaran PBB terakhir
  2. Kedatangan kedua menyerahkan dokumen yang sudah lengkap
  3. Kedatangan ketiga untk mengambil dokumen, tapi ternyata belum selesai karena saya baru melakukan pembayaran PBB tidak pada hari yang sama dengan penyerahan dokumen.
  4. Kedatangan keempat bari sertifikat hak milik yang sudah diroya selesai.

Untuk kasus saya waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan 2 minggu.
Tetapi melihat proses diatas bisa diakaukan dalam 1 minggu dengan 2 kali kunjungan:
  1. Hari Senin kita bawa semua dokumen yang lengkap dan melakukan pembayaran pada hari yang sama. Tunggu 3 hari kerja, Selasa Rabu, Kamis. Ingat jika kita melakukan pembayaran bukan dihari yang sama maka 3 hari kerja dihitung setelah kita membayar biaya ini.
  2. Hari Jumat seharusnya sertifikat sudah selesai dan bisa diambil.
Jika tidak sempat mengurus sendiri maka diperlukan surat kuasa.

Kesimpulan:

Mengurus roya sendiri di BPN kota Bandung tidak sulit, tidak seperti yang saya bayangkan sebelumnya, biaya nya pun murah hanya 50 ribu rupiah.
Saran untuk BPN:
Sebaiknya di luar gedung/didalam dituliskan syarat-syarat pembuatan setiap dokumen/sertifikat yang cukup besar sehingga mudah terbaca oleh orang yang pertama kali berkunjung. Dengan ini mengurangi pertanyaan bagi orang yang baru pertama kali mengurus surat-surat yang berhubungan dengan BPN. Jika masih kurang jelas maka boleh ditanyakan ke petugas. Selain itu pelayanan sudah cukup baik.
Mungkin hal itu saat ini sudah dilakukan BPN tetapi saat saya berkunjung bulan Feb 2018 tidak cukup eye catching sehingga saya tidak melihatnya saat itu.

Wow… Mengurus Sendiri Roya di BPN/ATR Kota Bandung Hanya 50 Ribu Rupiah Saja Wow… Mengurus Sendiri Roya di BPN/ATR Kota Bandung Hanya 50 Ribu Rupiah Saja Reviewed by Yunar Winardi on March 02, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.