Peluang Usaha AFC

Seberapa Sering Anda Perlu Membersihkan Mesin Cuci Anda?

Mesin cuci adalah salah satu alat rumah tangga yang selalu digunakan dengan air dan sabun yang bisa Anda lihat di artikel BestSpy untuk mendapatkan rekomendasi mesin cuci terbaik saat ini. Melihat hal ini mungkin Anda bertanya, perlukah membersihkan mesin cuci jika hampir setiap hari mesin cuci sudah kena air dan sabun saat digunakan?

Pernahkah Anda mengalami cucian yang berbau kurang sedap atau pakaian yang kurang bersih saat dicuci? Ternyata hal ini juga dapat disebabkan mesin cuci yang kotor atau jarang dibersihkan.

Jadi membersihkan mesin cuci secara teratur itu penting. Seberapa sering Anda perlu membersihkan mesin cuci dan bagaimana caranya? Baca beberapa hal yang wajib Anda tahu berikut ini.

membersihkan mesin cuci

Mengapa mesin cuci perlu dibersihkan?

Sudah kena deterjen dan air setiap hari, tetapi mengapa mesin cuci perlu dibersihkan? Deterjen yang Anda pakai untuk mencuci mengandung bahan kimia yang dapat membentuk residu atau lapisan yang mengendap pada mesin cuci setelah penggunaan berulang kali.

Lapisan kerak ini dapat menjadi tempat berkembang biak bakteri. Mesin cuci juga bersifat lembab. Karena itu bakteri semakin cepat berkembang di dalam mesin cuci.

Bakteri yang berkembang di dalam lapisan residu mesin cuci dapat menimbulkan bau yang tidak sedap. Jika jumlahnya terlalu banyak, bau ini dapat menempel pada baju yang Anda cuci. Hasilnya, bukannya wangi, baju Anda dapat menjadi berbau kurang sedap setelah dicuci.

Lapisan kerak yang mengandung bakteri ini juga dapat menyumbat bagian dalam mesin cuci. Hal ini dapat menyebabkan kinerja mesin cuci mengalami penurunan karena penyumbatan ini.

Jadi, membersihkan mesin cuci itu memang penting. Dengan membersihkan mesin cuci berarti Anda melindungi keluarga Anda dari kuman yang menempel pada pakaian.


Seberapa seringkah kita perlu membersihkan mesin cuci?

Pada pemakaian normal, direkomendasikan untuk membersihkan mesin cuci setidaknya satu bulan sekali.

Setelah satu bulan digunakan, kerak yang terbentuk oleh residu deterjen sudah mulai terbentuk. Jika Anda memperhatikan ada noda atau kerak yang terbentuk di bagian dalam mesin cuci Anda, itu bukan noda bandel dari pakaian, melainkan lapisan kerak yang mengandung banyak bakteri.

Bagi Anda yang memiliki mesin cuci yang berwarna putih, biasanya noda kerak ini akan lebih jelas terlihat. Jika Anda sudah melihat adanya kerak di mesin cuci Anda, artinya mesin cuci Anda sudah perlu dibersihkan.


Bagaimana cara membersihkan mesin cuci?

Setelah Anda mengetahui seberapa sering dan kapan harus membersihkan mesin cuci Anda, sekarang Anda perlu mengetahui cara membersihkan mesin cuci dengan benar. Anda perlu membersihkan mesin cuci secara menyeluruh, termasuk bagian dalam mesin cuci yang tidak dapat dijangkau tangan Anda.

Untuk membersihkan mesin cuci, gunakanlah bahan pembersih yang aman. Pertama, bersihkan kerak yang ada pada bagian pintu atau penutup mesin cuci dengan cairan pembersih multiguna. Anda mungkin sering menemukan lapisan kerak berwarna gelap pada sudut-sudut penutup mesin cuci. Bersihkan hingga kerak ini lepas.

Selanjutnya, untuk membersihkan bagian dalam mesin cuci, gunakan campuran air hangat dan bahan pembersih yang aman. Anda dapat menggunakan cuka apel dan soda kue sebagai bahan pembersih untuk menghilangkan kerak di bagian dalam mesin cuci.

Cara membersihkan bagian dalam mesin cuci sangat mudah. Anda tinggal memasukkan campuran bahan pembersih ini ke dalam mesin cuci, dan hidupkan pada mode mencuci sampai selesai. Kerak-kerak di bagian dalam akan terlepas dan larut dalam bahan pembersih ini.


Agar kerak tidak menumpuk dengan cepat

Membersihkan mesin cuci memang sangat mudah. Tetapi jika Anda dapat memperlambat pembentukan kerak pada mesin cuci tentu akan lebih baik lagi. Untuk memperlambat terbentuknya kerak, sebaiknya atur posisi penutup mesin cuci agar tidak tertutup rapat saat tidak digunakan. Berilah cela 1 - 2cm saat menutup mesin cuci yang tidak digunakan. Dengan begitu akan tetap ada aliran udara di dalam mesin cuci yang akan dapat mengurangi kelembaban, sehingga dapat memperlambat pembentukan kerak dan bakteri.

Membersihkan mesin cuci secara teratur sebulan sekali juga merupakan upaya untuk melakukan gaya hidup bersih dan melindungi Anda dan keluarga dari bakteri yang dapat menjadi sumber penyakit. Cara membersihkan mesin cuci juga sangat mudah dan murah. Karena itu, mari kita jaga kebersihan dari berbagai aspek, termasuk mesin cuci kita.


0 Response to "Seberapa Sering Anda Perlu Membersihkan Mesin Cuci Anda?"

Post a Comment

Komentar di moderasi, silahkan login menggunakan account Google anda untuk berkomentar, komentar dari user unknown tidak akan ditampilkan. Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan ditengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel