Bisnis dari Jepang

12 Peluang Bisnis Sampingan Mudah Dilakukan

Pernahkah terbesit di benak Anda untuk melakukan bisnis sampingan? Di jaman modern seperti sekarang, banyak orang yang melakoni bisnis meskipun memiliki pekerjaan utama sebagai karyawan atau bekerja di kantor. Hal ini dikarenakan bisnis yang dilakukan mudah dan tidak menyita banyak waktu.

Beragam jenis usaha sampingan online sudah menjadi hal yang lumrah untuk dilakukan. Mulai dari berjualan fashion secara online, jualan makanan online, bahkan berjualan merchandise secara online. Dengan melakukan bisnis sampingan, maka penghasilan Anda pun akan menjadi lebih meningkat. Lalu, peluang bisnis apa saja yang bisa dilakukan sebagai usaha sampingan?

bisnis sampingan

12 Jenis Bisnis Sampingan Modal Kecil dan Mudah

Sebelum Anda mulai mencari bisnis yang cocok dijadikan sebagai sampingan, kenali dulu apa yang dimaksud dengan usaha sampingan. Usaha sampingan merupakan usaha lain selain melakukan sebuah pekerjaan pokok. Anda harus mengatur waktu yang tepat untuk membagi antara pekerjaan utama dengan usaha sampingan.

Mencari ide usaha sampingan 2020 tidak usah yang terlalu muluk. Hal yang paling penting adalah Anda bisa melakukan pekerjaan tersebut tanpa harus meninggalkan pekerjaan utama. Bahkan, Anda bisa melakukan bisnis sembari mengasuh buah hati di rumah. Jika Anda merupakan seorang karyawan tetap atau kantoran yang ingin mendapatkan penghasilan lebih besar, carilah kesempatan berbisnis.


Berikut beberapa jenis usaha sampingan yang bisa menjadi referensi untuk Anda.


1. Reseller

Menjadi seorang reseller bisa dijadikan sebagai bisnis sampingan yang cocok untuk siapa saja. Reseller menjadi pilihan menarik untuk dicoba. Pasalnya, bisnis ini memang tidak memerlukan modal yang besar.

Reseller merupakan usaha dengan memasarkan kembali suatu produk dari produsen besar kepada para pembeli. Anda bisa mencari produsen besar yang mau menjual produk dengan harga yang cukup murah. Sebagai reseller, nantinya Anda bisa mengambil keuntungan dari selisih harga jual kepada konsumen dengan harga beli kepada produsen.

Menjadi reseller adalah jenis bisnis sampingan yang sangat mudah untuk dilakukan. Hal ini dikarenakan banyak produsen besar yang sampai sekarang bingung memasarkan produk mereka. Anda bisa memanfaatkan platform website maupun media social untuk memasarkannya. Keuntungannya juga lumayan besar lho.



2. Menjual pulsa elektrik

Salah satu dari 101 peluang bisnis sampingan bagi karyawan yang patut dicoba adalah menjual pulsa elektrik. Bahkan, bisnis ini pun bisa dijadikan sebagai cara untuk menghasilkan uang saku tambahan untuk para mahasiswa yang notabene masih minta uang saku dari orang tua.

Siapa saja pasti bisa melakukan bisnis sampingan satu ini. Pulsa elektrik sangat dibutuhkan karena setiap orang pasti membutuhkannya setiap hari. Anda juga bisa menjual paket internet elektrik yang dibutuhkan banyak orang. Modal yang dibutuhkan pun tidak besar.

Anda bisa mempersiapkan modal sekitar 500 ribu saja untuk bisa menjual pulsa elektrik dan voucher internet elektrik. Proses untuk melakukan bisnis ini sangat mudah dan pastinya laku. Anda bisa mendaftarkan diri ke provider baik secara online maupun offline. Kemudian, mulailah berjualan.



3. Dropshipper

Selain reseller, dropshipper menjadi salah satu usaha sampingan tanpa modal yang bisa Anda coba. Dropship merupakan suatu model usaha dimana Anda akan melakukan penjualan barang secara online tanpa memikirkan bagaimana proses pengiriman dan pengepakannya.

Jadi, dropshipper hanya berperan untuk membantu memasarkan produk dengan melakukan kerjasama dengan produsen. Hal penting yang harus Anda perhatikan adalah memahami secara detail produk yang dipasarkan, bahkan mengenai spesifikasinya. Jangan lupa, bekali diri Anda dengan kemampuan pemasaran yang baik.



4. Laundry kiloan

Jika Anda memang memiliki modal yang sedikit besar, Anda bisa membuka bisnis sampingan laundry kiloan. Laundry kiloan bisa dibuka tanpa harus menyewa lahan atau ruko untuk mengembangkannya. Anda bisa membuka laundry kiloan di tempat tinggal sendiri.

Modal yang dibutuhkan untuk melakukan usaha ini pun tidak terlalu besar. Anda hanya perlu modal sekitar 6 jutaan untuk membeli peralatannya. Peralatan yang dibutuhkan antara lain mesin cuci, pengering, detergen, pewangi laundry, dan tentu saja setrika.

Di era yang serba modern seperti sekarang, banyak orang yang menginginkan segala sesuatunya dengan mudah. Pelayanan laundry sering kali kebanjiran order. Apalagi jika laundry tersebut berada di lokasi strategis seperti di dekat kampus dan dekat tempat kos para karyawan dan mahasiswa.



5. Jasa tempat cuci motor

Membuka jasa cuci motor menjadi salah satu pilihan usaha sampingan di desa yang menarik untuk dilakukan. Jangan salah, masyarakat desa pun sekarang sudah memiliki kehidupan modern. Anda bisa menemukan banyak sekali kendaraan di desa seperti sepeda motor, mobil, bahkan angkutan umum.

Hal ini membuka peluang yang cukup besar bagi Anda. Jika Anda memiliki lahan yang cukup, cobalah untuk membuka usaha cuci motor. Usaha ini sangat mudah untuk dilakukan dan tidak membutuhkan banyak modal. Anda bisa mendapatkan laba yang cukup menguntungkan jika memang banyak pelanggan yang datang.

Jenis bisnis sampingan satu ini kini cukup populer. Banyak orang yang rela mengantre berjam-jam hanya untuk mencuci kendaraan mereka. Jika di tempat tinggal Anda memiliki potensi untuk melakukan bisnis ini, maka cobalah.



6. Jasa les privat

Jenis usaha sampingan di rumah yang bisa dilakukan oleh para mahasiswa maupun karyawan kantoran adalah jasa les privat. Jika Anda memang memiliki kemampuan yang mumpuni dalam mengajar, maka manfaatkanlah dengan baik. Mengajar les privat bisa dilakukan meskipun Anda memiliki pekerjaan utama.

Anda bisa menawarkan jasa les privat dari rumah ke rumah ketika Anda sudah selesai bekerja. Modal utama yang paling dibutuhkan untuk mengajar les privat adalah keahlian. Anda hanya perlu mengasah pengetahuan Anda dengan banyak berlatih dan membaca buku.

Les privat kini dijadikan sebagai bisnis sampingan dengan hasil yang cukup menggiurkan. Anda bisa membuka les privat sendiri di rumah maupun panggilan dari rumah ke rumah. Tarifnya pun sangat bervariasi. Anda bisa menyesuaikan tarif dengan kehidupan ekonomi orang-orang yang tinggal di sekitar.

Untuk awalnya, Anda tidak perlu menetapkan target terlalu tinggi. Hal ini akan lebih menarik perhatian orang-orang untuk mempercayakan anak-anak mereka agar les di tempat Anda.



7. Menulis blog dan artikel

Menulis blog atau artikel bisa menjadi peluang usaha sampingan karyawan yang layak untuk dicoba. Apalagi jika Anda memang memiliki kemampuan dalam bidang ini. Tidak membutuhkan banyak modal untuk memulai bisnis menulis blog dan artikel.

Anda hanya perlu untuk membuat konten yang unik. Untuk awalnya, cobalah untuk menggunakan platform gratis atau Cuma-Cuma. Anda bisa membuat tulisan yang informative dan menarik yang sesuai dengan trend di era sekarang.

Mungkin, ini akan membutuhkan waktu yang relative lama untuk menuai keuntungan untuk didapatkan. Namun, semua artikel yang sudah Anda tulis dan dirapikan dengan baik bisa menjadi sebuah portofolio. Kelak, Anda akan menjadi seorang blogger professional dengan konten-konten yang selalu ditunggu oleh para pembaca.



8. Jual sarapan

Usaha ini bisa menjadi mitra usaha sampingan karyawan yang paling tepat. Jika Anda bekerja di sebuah kantor yang notabene memiliki banyak teman kerja, menjual sarapan menjadi salah satu usaha sampingan menggiurkan. Namun, Anda benar-benar harus mempersiapkan sarapan dengan menu yang menawan.

Pilihlah menu sarapan yang cocok dan mudah untuk dibuat. Anda bisa menawarkannya kepada teman-teman di tempat kerja. Banyak yang telah membuktikan bahwa jenis usaha ini sangat menguntungkan. Apakah Anda tertarik untuk mencobanya?



9. Kuliner jalanan

Peluang usaha dan bisnis sampingan lain untuk dicoba adalah kuliner jalanan. Peluang usaha ini terbukti bisa memberikan keuntungan yang besar. Anda bisa memulainya dengan melakukan observasi terlebih dahulu. Tidak masalah jika Anda memiliki pekerjaan utama di kantor.

Anda tidak perlu berjualan di jalan untuk memasarkan produk. Pasarkan saja produk Anda secara online melalui berbagai media social. Sesuaikan kuliner jalanan yang akan dijual dengan minat masyarakat.

Kuliner jalanan yang ngetren seperti cilok gulung, telur gulung, siomay, dan batagor bisa menjadi referensi yang tepat. Jika ditangani dengan sangat tepat, usaha kuliner seperti tidak ada matinya. Lakukan inovasi dengan sebaik mungkin. Pasarkan usaha dengan sebaik-baiknya agar lebih dikenal oleh masyarakat luas.



10. Membuat warung kopi sederhana

Warung kopi sederhana bisa dijadikan sebagai bisnis sampingan yang sangat menggiurkan. Jika Anda memiliki pekerjaan utama, Anda bisa membuka warung kopi sederhana ketika sudah pulang dari kantor. Atau, Anda bahkan bisa membayar karyawan untuk menunggui warung kopi tersebut.

Carilah inovasi tentang kopi-kopi yang sedang ngetrend dan disukai oleh anak muda di jaman sekarang. Anda bisa mencari lokasi yang tepat, atau bahkan mungkin di tempat tinggal sendiri. Secara hitung-hitungan, warung kopi menjadi sebuah usaha yang menjanjikan. Keuntungan yang diperoleh sangat berlipat-lipat.

Contohnya saja, modal untuk membuat segelas kopi adalah 2 ribu rupiah. Namun, Anda bisa menjualnya dengan harga 4 ribu rupiah. Sudah untung satu kali lipat bukan? Anda bisa pula menyajikan menu lain seperti jus buah, makanan ringan, gorengan, maupun mie rebus/ instan. Omset akan bertambah jika Anda berhasil mengembangkan bisnis ini.


11. Jasa jahit dan permak pakaian

Apakah Anda memiliki kemampuan dalam bidang menjahit? Jangan sia-siakan kemampuan ini. Usaha jahit dan permak pakaian bisa menjadi bisnis sampingan yang sangat menggiurkan. Membuka usaha permak baju bisa dilakukan setelah Anda selesai melakukan pekerjaan utama baju.

Jasa permak baju hanya bersifat memperbaiki, membenarkan baju yang rusak saja. Contohnya saja ketika ada celana atau baju terlalu panjang, celana sobek, atau baju rusak dan bolong. Tentunya, ini akan menjadi salah satu pekerjaan mudah untuk dilakukan jika Anda memang sudah ahli dalam bidang menjahit.



12. Jadi Vlogger dan Youtuber

Tidak dipungkiri lagi, bisnis sampingan memang sudah dicoba oleh banyak orang. Tidak tanggung-tanggung, banyak para artis yang membanting setir membuat konten vlog dan youtube unik.

Uang yang dihasilkan dari ngevlog dan YouTube pun tidak tanggung-tanggung. Namun, Anda harus membuat konten yang benar-benar disukai oleh public. Anda bisa membuat konten-konten di waktu luang. Semakin sering Anda mengupload konten, maka peluang untuk lebih dikenal dan mendapatkan keuntungan akan semakin besar.

Jangan takut untuk mencoba melakukan bisnis. Bisnis bisa dilakukan oleh siapa saja, bahkan untuk mahasiswa maupun karyawan yang sudah bekerja. Lakukan pertimbangan dengan matang dan pilihlah bisnis sampingan yang benar-benar tepat untuk Anda.


0 Response to "12 Peluang Bisnis Sampingan Mudah Dilakukan"

Post a Comment

Komentar di moderasi, silahkan login menggunakan account Google anda untuk berkomentar, komentar dari user unknown tidak akan ditampilkan. Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan ditengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel