Bisnis dari Jepang

8 Bisnis Franchise Murah dan Mudah Untuk Pemula

Pernahkah Anda mendengar tentang bisnis franchise? Hal ini mungkin sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Franchise merupakan salah satu jenis bisnis yang banyak digeluti oleh masyarakat modern. Pasalnya, bisnis ini memberikan keuntungan yang besar jika memang dijalankan dengan serius.

Banyak orang yang belum paham tentang apa itu franchise. Beberapa orang bahkan mengatakan bahwa .. “Oh franchise itu seperti KFC, Mc Donalds, maupun CFC”. Meskipun ketiga itu merupakan contoh dari franchise, namun Anda harus mengetahui pengertian sebenarnya tentang bisnis ini.

bisnis franchise

Pengertian Bisnis Franchise

Bisnis franchise adalah nama lain dari bisnis waralaba. Ini merupakan sebuah tipe bisnis yang dioperasikan oleh beberapa orang berbeda dengan brand sama. Dengan demikian, brand tersebut akan terlihat memiliki nama yang sebar. Hal ini dikarenakan usaha waralaba ini biasanya tersebar di berbagai daerah.

Berbagai brand dari Franchise yang terkenal di Indonesia antara lain adalah Ace Hardware, Pizza Hut, Burger King, dan masih banyak lagi. Usaha waralaba tersebut memang dikenal oleh masyarakat luas karena lokasinya yang tersebar di berbagai daerah. Hingga saat ini, banyak usaha franchise baru bermunculan dan disukai oleh masyarakat luas.

Asosiasi waralaba sendiri telah mengatakan bahwa bisnis franchise ini merupakan sebuah pendistribusian baik barang maupun jasa kepada konsumen dengan franchisor yang memberikan hak kepada perusahaan maupun individu dengan menggunakan brand tersebut. Bukan hanya brand nya, namun individu yang melakoni bisnis ini juga sekaligus bisa menggunakan prosedur, nama, cara, dan system yang sama sesuai dengan ketetapan.

Jika Anda ingin membuka sebuah bisnis franchise murah, maka Anda nantinya akan mendapatkan hak dari system bisnis, produk, hingga marketing yang sama. Setiap pelaku bisnis juga memiliki hak terhadap brand tersebut. Dengan demikian, Anda memiliki akses penuh untuk mempelajari materi terkait usaha franchise yang dipilih.

Jika Anda ingin mencoba melakukan bisnis modern ini, ada beberapa istilah penting yang harus diketahui.

1. Franchisee

Ini merupakan pihak dari penerima bisnis franchise alias waralaba. Pihak ini akan diberikan hak untuk memanfaatkan serta menggunakan kekayaan intelektual terhadap penemuan suatu brand.



2. Franchisor

Franchisor merupakan pihak bisa berupa badan usaha maupun perorangan yang memberikan hak kepada pihak lain untuk menggunakan brand.



3. Franchise Fee

Fee ini merupakan biaya awal untuk melakukan bisnis franchise dibawah 5 juta maupun franchise di atas 5 juta. Franchise harus dikeluarkan di awal sebelum Anda menjalankan bisnis.

Biaya ini mencakup beberapa hal mulai dari biaya menggunakan lisensi dan biaya menggunakan pedoman operasional. Hal ini juga diberlakukan dalam waktu tertentu saja sesuai dengan perjanjian.



4. Royalty

Jika Anda memiliki minat untuk membuka bisnis franchise, nantinya akan dikenakan yang namanya royalty fee. Ini merupakan biaya yang harus dibayarkan setelah waralaba mulai beroperasi. Nantinya, pihak dari franchisor akan menetapkan sejumlah biaya yang harus dibayarkan.


Kebijakan dari royalty ini sangat beragam. Biasanya, uang dari royalty harus dibayarkan ketika waralaba yang Anda jalankan mulai beroperasi. Nantinya, pihak franchisor akan menetapkan berapa pembayaran yang harus dilakukan. Biasanya, jumlahnya berdasarkan dengan presentase penghasilan yang diterima oleh pihak franchisee.

Jika Anda tertarik untuk menggeluti bisnis untuk jenis franchise, maka carilah jenis franchise yang kira-kira bisa Anda jangkau. Tidak semua usaha franchise itu mahal. Anda bisa mencari rekomendasi usaha franchise murah dan mudah untuk dilakukan.

Tips Melakukan Bisnis Franchise


Sebelum Anda memilih berbagai macam jenis usaha franchise, pelajari dulu bagaimana tips melakukan usaha ini. Ada beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan sebelum membuka usaha di bidang ini.

1. Buatlah ciri yang menarik

Hal penting yang harus Anda perhatikan untuk mengembangkan bisnis franchise adalah cirri khas. Anda harus memiliki ciri khas tersendiri. Contohnya saja, Anda bisa menambahkan fasilitas tambahan pada outlet. Dengan menciptakan sesuatu yang khas, usaha franchise terlaris yang Anda pilih bisa mendapatkan diferensiasi dengan usaha franchise lainnya.



2. Sesuaikan dengan minat

Pastikanlah bisnis franchise yang Anda pilih sesuai dengan minat. Jangan sampai Anda melakukan suatu bisnis yang tidak disukai. Memilih bisnis yang sesuai minat akan meningkatkan etos kerja Anda. Cari tahu minat Anda terlebih dahulu apakah Anda lebih tertarik di bidang franchise salon, makanan, atau mungkin tempat kursus.



3. Lakukan pengecekan daftar usaha waralaba yang akan Anda pilih

Dalam memilih bisnis ini, Anda harus berhati –hati dan tidak perlu tergesa-gesa. Ketika telah mendapatkan jenis bisnis yang tepat untuk dijalankan, lakukan pengecekan terhadap franchise tersebut.

Cari tahu lebih banyak mengenai informasi tentang franchise sejenisnya. Pastikanlah franchise yang Anda pilih memang telah dikenal oleh masyarakat. Lalu, bandingkanlah, apakah saingan sejenisnya juga sudah diketahui banyak orang atau belum



4. Mengenali segmen pasar

Segmen pasar merupakan hal yang harus dipelajari oleh semua pebisnis, termasuk Anda yang ingin melakukan bisnis di bidang ini. Dengan mengenali segmen pasar, Anda bisa mendapatkan target yang tepat. Jangan sampai segmen yang Anda dapatkan berbeda dengan target yang Anda rencanakan.



5. Siapkan modal


Modal adalah hal penting yang harus diperhatikan ketika akan melakukan bisnis apapun, termasuk bisnis franchise . Persiapkan modal yang cukup sesuai dengan jenis produk franchise yang akan Anda ambil. Dalam proses usaha, modal yang Anda harus keluarkan sudah pasti bisa membengkak. Proses balik modal pun bisa menjadi lebih lama dari yang Anda harapkan. Oleh karena itu, persiapkan segala sesuatunya dengan sebaik mungkin.



6. Tentukan lokasi yang tepat

Pemilihan lokasi yang tepat merupakan salah satu indicator untuk menentukan apakah bisnis yang Anda jalankan tersebut akan berkembang dengan baik atau kah tidak. Pastikanlah lokasi yang dipilih cocok untuk membuka bisnis franchise tersebut. Semakin strategis lokasi yang dipilih, maka semakin besar pula kemungkinan kenaikan penjualan yang akan Anda dapatkan.



7. Manfaatkan social media

Tidak sulit untuk memasarkan produk franchise. Apalagi di tengah perkembangan jaman yang begitu moder seperti sekarang. Anda bisa menggunakan social media untuk melakukan pemasaran.

Dapatkan foto yang bagus, namun jangan menipu. Kemudian, posting menggunakan caption menarik perhatian. Jangan lupa, minta bantuan teman maupun kerabat untuk membantu mempromosikan produk Anda di social media.

8 Pilihan Produk Franchise Modal Kecil

Berbagai usaha waralaba alias franchise memang menjadi salah satu fenomena yang menarik di kalangan masyarakat Indonesia. Hal ini termasuk dengan jenis bisnis franchise makanan yang begitu diminati di pasaran. Berikut beberapa rekomendasi produk franchise yang bisa Anda buka menggunakan modal kecil.

1. Minuman kekinian


Membuka franchise dengan produk minuman kekinian bisa menjadi ladang usaha yang sangat menarik. Contoh dari minuman kekinian yang cocok dijadikan sebagai bisnis franchise adalah thai tea, bubble, milk shake, dan masih banyak lagi. Anda bisa menambahkan fasilitas booth menarik agar pembeli betah berlama –lama mampir di kedai.


2. Bimbingan belajar

Kumpulan bisnis franchise yang tidak kalah menguntungkan adalah jasa bimbingan belajar. Hal ini bisa dicoba untuk Anda yang memiliki minat di bidang pendidikan. Biasanya, berbagai macam bimbingan belajar menyediakan layanan seperti les baca, tulis, hitung, atau pun Bahasa Inggris. Jenis usaha waralaba bimbel memang cukup mahal. Namun, ada juga yang menawarkan kemitraan dengan harga di bawah 10 juta.



3. Es Krim

Melakoni bisnis franchise rasanya sangat menarik untuk dicoba. Es krim menjadi salah satu produk yang disukai oleh anak-anak hingga dewasa. Jenis franchise ini pun tidak membutuhkan modal yang terlalu besar. Anda hanya perlu modal di bawah 10 juta saja untuk bisa melakukan bisnis franchise ini.

Dari modal tersebut, nantinya sebagian akan dialokasikan untuk mempersiapkan peralatan. Contohnya saja sewa freezer, untuk melakukan deposit produk es krim, maupun keperluan lainnya.



4. Jasa ekspedisi

Tidak dipungkiri lagi, jual beli online memang sudah menjadi hal yang lumrah di kalangan masyarakat. Maraknya masyarakat yang lebih senang untuk melakukan jual beli online membuat jasa ekspedisi semakin berkembang. Berbagai macam jasa ekspedisi baru pun bermunculan.

Tentunya, ini menjadi sebuah peluang bisnis franchise yang menarik untuk Anda coba. Banyak perusahaan ekspedisi besar menawarkan waralaba bagi Anda yang memiliki keinginan untuk bermitra. Harga paket yang ditawarkan pun tidak terlalu mahal mulai dari 5 juta rupiah.



5. Air minum isi ulang

Meskipun terdengar kurang populer, namun bisnis franchise ternyata bisa mendatangkan untung besar. Apalagi jika Anda tinggal di daerah perkotaan. Masyarakat kota biasanya lebih senang menggunakan air isi ulang untuk mencukupi kebutuhan hidup sehari-hari seperti memasak.

Tingginya permintaan air minum isi ulang bisa menjadi salah satu hal yang harus Anda cermati. Anda bisa menjadi mitra bisnis waralaba ini untuk mendapatkan keuntungan yang lumayan.



6. Waffle and Crepes

Kedua jenis makanan ini menjadi salah satu peluang menarik untuk dicoba. Jenis usaha franchise 2020 ini sangat disukai oleh kalangan anak-anak dan remaja. Makanan seperti waffle dan crepes sangat fenomenal di Indonesia. Oleh karena itu , sudah banyak sekali brand yang bermunculan dan sukses menjual produk ini dengan menggunakan system waralaba.

Ada yang menargetkan pembeli untuk masyarakat menengah ke bawah. Adapula yang membangun usaha ini di pusat perbelanjaan yang notabene banyak orang akan mampir. Anda bisa mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik dan milikilah sesuatu yang unik.



7. Pertamini

Kebutuhan akan bahan bakar memang menjadi sebuah hal yang pokok. Anda bisa membuka bisnis franchise Pertamini dengan melihat prospek menguntungkan ini. Ada berbagai macam paket waralaba pertamini yang bisa dipilih. Harga yang ditawarkan cukup ekonomis mulai dari 9 hingga 20 juta.



8. Ayam goreng

Siapa si yang tidak suka dengan makanan satu ini? Berbagai bisnis waralaba memiliki produk khas yaitu Ayam Goreng. Bahkan, ada pula brand yang sudah mendunia. Anda bisa memulai bisnis waralaba ayam goreng untuk dijual di lingkungan sekitar. Banyak paket waralaba menawarkan harga cukup ekonomis untuk jenis waralaba ini. Bagi Anda yang memiliki modal besar, harga memang tidak menjadi sebuah masalah untuk mengembangkan bisnis waralaba. Namun, banyak pilihan menarik untuk mengembangkan bisnis ini dengan menggunakan modal terjangkau. Anda bisa memilih rekomendasi bisnis franchise sebagai langkah awal untuk menggapai kesuksesan.


0 Response to "8 Bisnis Franchise Murah dan Mudah Untuk Pemula"

Post a Comment

Komentar di moderasi, silahkan login menggunakan account Google anda untuk berkomentar, komentar dari user unknown tidak akan ditampilkan. Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan ditengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel