Bisnis dari Jepang

10 Ide Bisnis Dropship Menjanjikan Untung Besar

Apakah Anda tertarik untuk menjalani bisnis dropship? Usaha ini terbilang cukup menjanjikan. Bisnis ini bahkan bisa dijadikan sebagai pekerjaan sampingan bagi Anda yang memiliki modal kecil. Menjadi seorang dropshipper nyaris tidak memerlukan modal sama sekali.

Hal penting yang harus dimiliki adalah kemampuan marketing yang baik. Jadi, Anda bisa memasarkan produk kepada konsumen dengan lebih baik lagi. Mau tahu lebih lanjut mengenai bisnis ini? Mau tahu juga bagaimana cara memulai bisnis keren ini? Tidak sulit untuk dilakukan. Anda hanya harus memiliki niat dan kemauan untuk mewujudkannya.

Apa Itu Bisnis Dropship?

bisnis dropship



Yang dimaksud dengan bisnis dropship adalah bisnis dimana Anda hanya cukup meneruskan pesanan kepada supplier. Nantinya, supplier yang akan meneruskan mengirimkan pesanan kepada pelanggan atas nama Anda. Jadi, bisa dibilang seorang dropshipper memiliki peran sebagai perantara penjualan produk.

Anda tidak perlu melihat produk yang dijual secara langsung. Jika ada orderan yang masuk, anda bisa meneruskan orderan pesanan kepada para pelanggan yang memesannya. Nantinya, pihak supplier akan mengirimkan produk sesuai dengan pesanan ke alamat orang yang memesan kepada dropshipper.

Jika Anda masih bingung mengenai bisnis dropship, cobalah pelajari alur bisnis sebagai seorang dropshipper berikut ini.

1. Pelanggan akan membeli produk yang Anda jual di online shop

2. Anda akan mendapatkan orderan produk dari pelanggan

3. Pelanggan akan membayar produk yang dibelinya

4. Pemesanan pelanggan diteruskan kepada supplier

5. Dropshipper membayar pesanan barang kepada supplier

6. Supplier mengirimkan pesanan barang secara langsung kepada pelanggan atas nama dropshipper

7. Pelanggan menerima produk sesuai pesanan

Bagaimana, alur bisnis dropship sangat mudah dimengerti bukan? Banyak sekali kelebihan melakukan bisnis ini. Anda bisa menjadikannya sebagai pekerjaan pokok dan pekerjaan sampingan. Dibandingkan dengan bisnis lain, bisnis ini cenderung memberikan keuntungan besar karena bisa dilakukan tanpa modal sedikitpun.

Cara Memulai Bisnis Dropship


Lalu, bagaimanakah cara memilih bisnis dropship terpercaya? Jika Anda berniat untuk melakukan bisnis ini, ketahui beberapa langkah memulainya berikut.

1. Tentukan supplier

Langkah awal yang harus dilakukan adalah memilih supplier. Memilih supplier harus dilakukan dengan sebaik mungkin. Jangan sampai Anda memilih supplier yang salah dan menipu. Anda bisa mencari seputar supplier dengan produk jualan apapun di internet atau pun dari seseorang.

Ketika akan menentukan supplier, lakukanlah survey. Ini merupakan hal penting yang tidak boleh dilewatkan. Survei akan menjadi salah satu jembatan untuk menemukan supplier yang tepat. Bagaimana jadinya jika nanti pelanggan complain karena produk tidak sesuai?

Jadi, pastikanlah Anda melakukan survey terlebih dahulu. Jangan lupa, Anda bisa mencoba membeli beberapa produknya terlebih dahulu untuk menentukan kualitas. Ingat, peran supplier merupakan ujung tombak keberhasilan Anda dalam melakoni bisnis dropship.



2. Galilah informasi tentang supplier

Dropshipper artinya seseorang yang melakoni usaha dropship. Perannya adalah sebagai perantara penjualan produk. Sebagai seorang dropshipper, Anda harus mengetahui informasi lebih banyak tentang supplier. Bahkan, seorang dropshipper bisa memiliki banyak supplier dengan produk yang berbeda-beda.

Anda harus mencari informasi terbaik tentang reputasi dari supplier. Galilah informasi mengenai kualitas produk yang dijual serta system yang digunakan untuk menjualnya. Jangan sampai mengabaikan langkah ini untuk mendapatkan pelanggan yang banyak.



3. Ketahui mengenai jasa ekspedisi yang digunakan

Dropshipper artinya adalah Anda akan berperan sebagai penjual. Sebagai penjual, Anda harus mengetahui jasa ekspedisi yang digunakan oleh supplier. Pasalnya, seorang dropshipper tidak akan mengirimkan produknya sendiri kepada para konsumennya.

Anda harus memastikan jasa ekspedisi yang digunakan oleh supplier memiliki ketepatan waktu dan kecepatan pengiriman yang baik. Ini akan menjadi sebuah kunci untuk menjadi dropshipper yang memiliki reputasi besar. Pastikanlah pihak ekspedisi dan supplier yang dipilih masuk dalam target pasar jangkauan Anda.



4. Tanyakan mengenai kustomisasi brand

Ketika Anda akan melakoni bisnis dropship, tanyakan kepada supplier mengenai kustomisasi brand yang bisa dilakukan oleh seorang dropshipper. Jika produk memang bisa dikustomisasi menggunakan brand Anda sendiri, ini akan memberikan nilai lebih untuk Anda. Apalagi jika Anda memang telah memiliki brand ternama dan telah dikenal oleh masyarakat luas.



5. Menentukan tempat jualan

Dimanakah Anda akan berjualan? Jika Anda sudah mendapatkan supplier yang tepat dan sudah melakukan kerjasama, maka langkah selanjutnya adalah dengan menentukan lapak jualan. Ada banyak lapak jualan yang bisa dipilih. Contohnya saja adalah bisnis dropship shopee.

Anda bisa memilih marketplace ternama yang digunakan oleh banyak orang seperti Shopee. Keberadaan marketplace yang dikhususkan untuk para dropshipper kini telah menjamur. Ini akan membantu para dropshipper dalam memasarkan produk yang dijualnya.

Pilihlah market place Shoppe atau bisnis dropship tokopedia , atau pun marketplace lainnya. Mulailah untuk berjualan produk di sana. Jika tidak, Anda juga bisa menggunakan website online shop sendiri. Siapkan website untuk menampilkan produk yang akan dijual.


6. Lakukan kampanye produk

Apa yang harus dilakukan untuk menjalankan bisnis dropship selanjutnya? Tentu saja, Anda harus melakukan kampanye produk. Kampanye produk merupakan hal penting untuk dilakukan. Pasalnya, akan banyak para pesaing yang mungkin juga menjual produk yang sama.

Oleh karena itu, lakukan kampanye brand Anda. Bangunlah brand yang menarik dan memiliki cirri tersendiri. Ini akan meningkatkan awareness para pelanggan. Anda bisa menggunakan teknik digital marketing dengan memanfaatkan Facebook, Instagram, Google Ads, maupun media social lain untuk mendapatkan pelanggan dengan jangkauan lebih luas.



7. Layani pelanggan dengan baik

Mau bisnis dropship aja? Lakukan dengan melayani pelanggan sepenuh hati. Buatlah pelanggan merasa nyaman ketika membeli produk di tempat Anda. Memberikan pelayanan terbaik adalah kunci sukses untuk menarik konsumen menjadi pelanggan.

Yang paling sering ditanyakan oleh para pelanggan tentu saja detail produk. Ini seringkali menjadi masalah bagi para dropshipper. Namun, tidak perlu khawatir. Anda bisa menjelaskan detail produk di market place di tempat jualaN. Dengan demikian, jika Anda konsumen yang menanyakan bisa mengarahkan mereka untuk menuju halaman produk.

Ingat, konsumen adalah raja. Apapun yang mereka tanyakan pastinya adalah yang belum mereka ketahui. Maka, jangan pernah bosan bahkan kasar dalam menjawab pertanyaan dari konsumen. Dengan memberikan pelayanan terbaik, maka bisnis dropship bisa menjadi semakin maju.

Apakah Anda tertarik untuk bergabung dengan dropship Indonesia? Lalu, bisnis dropship apa saja yang sebaiknya di pilih di era milenial ini?

10 Ide Bisnis Dropship Menjanjikan


Untuk Anda yang sedang mencari ide menjadi seorang dropshipper, beberapa rekomendasi di bawah ini bisa menjadi pilihan menarik.

1. Pakaian

Pakaian menjadi salah satu hal yang dibutuhkan setiap orang. Menekuni bisnis dropship tidak akan pernah ada matinya. Banyak sekali model pakaian baru dan brand pakaian yang sudah beredar luas. Anda harus melakukan riset terlebih dahulu tentang brand dan model yang sedang ngetrend. Contoh, jika sudah memasuki bulan Ramadhan, Anda bisa menjual produk seperti gamis, mukenah, koko, maupun sarung.



2. Kosmetik

Jenis bisnis dropship di bidang kosmetik juga tidak pernah sepi. Banyak wanita yang rela merogoh kocek yang cukup banyak untuk membeli produk kosmetik. Berbagai produk kosmetik juga dijual dengan harga yang ekonomis hingga harga yang mahal. Jika Anda memiliki pengetahuan di bidang kosmetik, manfaatkanlah untuk menjadi dropshipper produk kosmetik.



3. Sepatu

Hampir sama dengan pakaian, bisnis dropship juga selalu diminati banyak orang. Sepatu sudah menjadi barang fashion layaknya pakaian. Harga sepatu pun sangat bervariasi mulai dari puluhan ribu hingga jutaan. Model sepatu yang semakin hari semakin banyak menjadi peluang besar bagi Anda untuk menekuni bisnis ini.



4. Tas

Tas juga tidak mau kalah dengan pakaian dan sepatu. Banyak model tas perempuan yang dijual di online shop. Harganya pun tidak tanggung\\\\-tanggung, ada yang mencapai ratusan juta. Anda bisa mencari tahu mode tas yang sedang populer. Pastikan Anda mengetahui kualitasnya sebelum memasarkan. Jadi, pelanggan tidak akan kecewa.



5. Jam tangan

Jam tangan menjadi aksesori yang sekarang banyak peminatnya. Anda bisa menekuni bisnis dropship jam tangan untuk anak-anak hingga dewasa. Model jam tangan selalu berkembang. Untuk memulai dropship jam tangan, paling tidak Anda harus mengetahui model jam tangan yang sedang trend.



6. Kelengkapan rumah tangga

Anda bisa bekerja sama dengan supplier produk perabot rumah tangga seperti peralatan masak, dekorasi ruang tamu, maupun peralatan makan. Jangan terlalu terpaku pada satu brand saja. Tidak sedikit konsumen langsung memilih dan membayar barang di marketplace jika memang sudah cocok meskipun tidak memiliki brand.



7. Produk perlengkapan bayi

Banyak orang yang mencari produk perlengkapan bayi secara online. Jadi, jangan meremehkan dropship untuk produk ini ya. Anda bisa memilih produk perlengkapan bayi yang menjanjikan. Apalagi jika dilihat dari persaingan, penjualan produk ini tidak memiliki saingan seramai produk aksesoris maupun smartphone. Apakah Anda tertarik untuk mencobanya?



8. Aksesoris HP

Pilihan bisnis dropship juga menjadi sebuah peluang yang cukup menjanjikan. Hampir setiap orang memiliki Gadget. Banyak orang yang mencari kebutuhan aksesoris gadget seperti power bank, tempered glass, cashing, sticker hp, tongsis, headset, dan masih banyak lagi. Semua itu pasti diperlukan. Bisnis ini bisa dikatakan tidak ada matinya. Jika Anda tertarik, Anda bica mencoba peluang dropship produk aksesoris Gadget.



9. Produk snack sehat

Di era yang serba maju sekarang, banyak orang yang semakin peduli dengan kesehatannya. Sayangnya, mencari snack sehat terkadang cukup susah. Itulah mengapa banyak orang mencari produk snack sehat secara online. Ini bisa menjadi peluang yang besar untuk Anda. Anda bisa bekerja sama dengan supplier produk makanan sehat untuk menjual produk tersebut di marketplace.



10. Bibit bunga dan tanaman hias

Belum lama ini, bunga dan tanaman hias sedang booming di kalangan masyarakat. Produk ini juga tidak kalah larisnya di pasaran. Bahkan, ini bisa menjadi salah satu produk yang menguntungkan bagi Anda karena saingannya tidak terlalu banyak. Namun, Anda harus mengetahui berbagai macam informasi mengenai tanaman hias agar tidak mengecewakan pembeli ketika bertanya. Jangan lupa, pastikan packingan dan pengiriman bagus agar tanaman tidak rusak ketika sampai di tangan konsumen. Menjadi seorang dropshipper nyatanya tidak sesulit yang Anda bayangkan. Jika Anda memiliki tekad dan kemauan, maka bisnis ini bisa dijalankan dengan lebih mudah. Ketahui strategi promosi yang baik agar bisa mendapatkan konsumen dengan jangkauan luas. Mau ikut gabung bisnis dropship? Yuk coba.

0 Response to "10 Ide Bisnis Dropship Menjanjikan Untung Besar"

Post a Comment

Komentar di moderasi, silahkan login menggunakan account Google anda untuk berkomentar, komentar dari user unknown tidak akan ditampilkan. Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan ditengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel