Panduan Lengkap Cara Tayamum Sebagai Pengganti Wudhu dan Mandi Wajib

Suci dari hadast merupakan syarat sah sholat. Cara bersucinya adalah dengan mandi wajib apabila sedang hadast besar dan berwudhu ketika sedang hadast kecil. Seperti diketahui, alat yang sah digunakan untuk bersuci atau thohara dari hadast adalah air. Namun, bagaimana apabila sedang dalam keadaan sulit menggunakan air, baik karena ketiadaannya, sakit, atau sebab lain? Dalam hal ini, Islam telah memberi kemudahan bagi penganutnya untuk bertayamum. Namun ternyata, tidak semua muslim mengetahui cara tayamum. Oleh karena itu, kali ini akan dijelaskan secara lengkap mengenai tayamum, mulai dari pengertian tayamum, syarat, hingga tata caranya.
cara tayammum

Pengertian Tayamum


Sebelum membahas cara tayamum dan niatnya, sebaiknya ketahui terlebih dahulu apa itu tayamum. Kata tayamum secara bahasa artinya maksud. Sedangkan secara istilah tayamum berarti beribadah kepada Allah dengan memakai debu suci untuk mengusap wajah dan kedua tangan. Dasar hukum pelaksanaannya adalah Q.S An-Nisa ayat 43.

Berdasarkan ayat diatas, maka syarat-syarat dibolehkannya seseorang bertayamum antara lain:

1. Uzur untuk memakai air yang disebabkan musafir atau sakit

Apabila Anda sedang berada dalam perjalanan yang susah untuk mendapatkan air, misal di pesawat, daerah gurun, atau lainnya, maka boleh bertayamum. Begitu pula dengan sakit yang oleh dokter tidak dibolehkan terkena air, karena bisa semakin parah, maka wudhu atau mandi wajib boleh digantikan dengan tayamum.

2. Sudah masuk waktu sholat

Tayamum boleh dilakukan apabila waktu sholat fardhu telah tiba dan Anda tidak mendapatkan air sepanjang jarak 2,5 km atau setengah farsakh. Jadi, apabila belum masuk waktu sholat dan masih memungkinkan untuk mencari air, maka tayamum tidak sah.

3. Ada bahaya saat memakai air

Kamu boleh bertayamum apabila sedang dalam bahaya besar. Misal Anda berada di medan peperangan, air yang hendak dipakai untuk bersuci terletak di kawasan musuh dan Anda terancam apabila mengambil air di daerah tersebut.

4. Tersedia debu suci dan kering

Tayamum hanya boleh dilakukan dengan memakai debu suci sekaligus kering. Untuk mendapatkannya Anda bisa menggali permukaan tanah dengan kedalaman beberapa centimeter, kemudian ambil debunya dan keringkan. Perlu diingat, debu yang telah dipakai tidak bisa digunakan untuk bertayamum lagi.

Cara Bertayamum Sebagai Pengganti Wudhu dan Mandi Wajib


Setelah mengetahui pengertian dan syarat dibolehkan, pembahasan selanjutnya adalah mengenai tata cara bertayum dengan debu. Perlu diketahui, tayamum untuk menggantikan wudhu dan mandi wajib adalah sama. Berikut langkah bertayamum yang benar, yaitu:

1. Menyiapkan debu suci dan kering. Pengertian suci di sini adalah tidak bercampur dengan kotoran, seperti tepung, kapur, batu, atau lainnya.

2. Posisikan diri menghadap kiblat

3. Membaca basmalah sembari meletakkan kedua telapak tangan pada debu dengan posisi jemari tangan dirapatkan.

4. Usapkan debu secara perlahan dan merata pada wajah (batasnya seperti saat wudhu) disertai melafazkan niat dalam hati. Adapun niat tayamum adalah, ‘Nawaitu tayamuma lisstibaahatish sholaati fardlol lillaahi ta’aalaa.’

5. Kembali letakkan telapak tangan pada debu dengan posisi jari-jari direnggangkan. Pastikan bahwa tidak ada cincin atau benda lain yang berada di jemari.

6. Tempelkan telapak tangan kiri pada punggung tangan kanan secara sejajar. Ini artinya ujung-ujung jari kanan dan kiri tidak ada yang saling melebihi. Kemudian usapkan dari punggung tangan kanan sampai bagian siku.

7. Balik telapak tangan kiri kebagian dalam lengan kanan, lalu usapkan sampai bagian pergelangan.

8. Usap bagian punggung jempol kanan dengan bagian dalam jempol kiri. Kemudian lakukan cara sebaliknya pada punggung jempol kiri.

9. Cara tayamum yang terakhir adalah dengan menyatukan kedua telapak tangan dan usap-usapkan diantara jari-jarinya.

10. Baca doa setelah bertayamum. Lafadz doanya sama dengan ketika selesai berwudhu.

Demikian pengertian, syarat, dan tata cara tayamum. Perlu Anda ingat bahwa tayamum digunakan hanya untuk satu kali ibadah. Semoga Allah senantiasa memberi kemudahan dan ketetapan hati untuk beribadah. Wallahu A’lam.

0 Response to "Panduan Lengkap Cara Tayamum Sebagai Pengganti Wudhu dan Mandi Wajib"

Post a Comment

Komentar di moderasi, silahkan login menggunakan account Google anda untuk berkomentar, komentar dari user unknown tidak akan ditampilkan. Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan ditengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel