6 Cara Menghilangkan Jerawat dengan Bahan Alami


Jerawat baik yang meradang atau tidak memang telah menjadi keluhan kesehatan kulit wajah yang paling umum. Tidak hanya menggaggu penampilan, jerawat juga sering kali menimbulkan rasa perih, hingga pegal. Memang, kini telah banyak produk kecantikan yang mengklaim bisa mengatasi jerawat baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Meskipun begitu, kandungan kimia dalam produk kecantikan tentu saja akan memberikan efek negatif pada kulit Anda. Apabila Anda berjerawat, namun tidak ingin menggunakan produk-produk tertentu, maka berikut adalah cara menghilangkan jerawat dengan bahan alami.
health.detik.com

6 Bahan Alami untuk Menghilangkan Jerawat


Cara menghilangkan jerawat secara alami memang menjadi tren belakangan ini karena aman dan hemat. Apalagi bahan-bahannya yang bisa didapatkan di mana saja. Berikut adalah bahan-bahan yang bisa Anda gunakan untuk menghilangkan jerawat:


1. Cuka Apel


Cuka apel mengandung asam organik, seperti suksinat dan asam laktat yang bisa membunuh bakteri jerawat dan menyamarkan bekasnya. Kandungan cuka apel juga bisa membantu mengurangi minyak berlebih pada kulit yang menyebabkan jerawat.

Cara penggunaan:

- Campurkan cuka apel dan air dengan perbandingan 1(cuka):3 (air) dan oleskan pada wajah menggunakan kapas

- Diamkan 5-20 detik lalu bilas dengan air, kemudian keringkan

- Lakukan 1-2 kali setiap hari

Penggunaan cuka apel sebaiknya diatur dalam porsi yang sedikit, karena bisa menyebabkan luka bakar dan iritasi.

2. Es Batu


Es batu memang sering digunakan untuk menurunkan peradangan kulit akibat luka bakar, juga bisa menghilangkan jerawat secara alami. Caranya mudah, yaitu hanya dengan menggosokkan es batu ke wajah untuk mengurangi kemerahan dan radang yang disebabkan oleh jerawat.

3. Masker Madu dan Kayu Manis


Madu dan kayu manis memiliki sifat anti-inflamasi, antioksidan dan antibakteri, sehingga bisa melawan bakteri dan mengurangi peradangan pada jerawat.

Cara penggunaan:

- Campurkan 2 sendok makan madu dan 1 sendok teh kayu manis bubuk, kemudian bentuk menjadi masker.

- Bersihkan wajah, kemudian oleskan masker ke wajah Anda dan biarkan selama 10-15 menit.

- Setelah itu bilas masker dengan air biasa, kemudian tepuk-tepuk wajah hingga kering. Lakukan 1-2 kali dalam seminggu.

4. Bawang Putih


Cara menghilangkan jerawat alami dan cepat adalah menggunakan bawang putih. Seorang dermatologis New York, Doris Day, M.D., penulis buku “100 Questions and Answers About Acne”, menyatakan bahwa bawang putih bisa membantu meredakan jerawat. Hal ini disebabkan karena bawang putih mengandung antioksidan dan elemen anti-inflamasi di mana bisa melawan bakteri penyebab jerawat. Caranya mudah, Anda hanya perlu memotong bawang putih kemudian gosokkan pada kulit yang berjerawat.

5. Tea Tree Oil


Tea Tree Oil merupakan minyak esensial yang diekstrak dari daun Melaleuca alternifolia, pohon kecil asli Australia. Bahan ini terkenal karena kemampuannya untuk melawan bakteri dan mengurangi peradangan kulit, sehingga dipercaya dapat mengurangi jerawat.

Cara Penggunaan:

- Campurkan 1 bagian Tea Tree Oil dengan 9 bagian air

- Celupkan kapas ke dalam campuran dan oleskan ke daerah yang berjerawat

- Lakukan 1-2 kali setiap hari


6. Lidah Buaya

Menggunakan lidah buaya menjadi cara menghilangkan jerawat ampuh dan efektif karena mengandung asam salisilat dan belerang atau sulfur. Menurut berbagai penelitian, asam salisilat secara signifikan dapat mengurangi jerawat, sedangkan sulfur juga dapat merawat kulit berjerawat.

Cara Penggunaan:

- Gosok gel buaya dengan menggunakan sendok atau secara langsung

- Lakukan 1–2 kali per hari, atau sesuai keinginan.

Anda bisa membeli gel lidah buaya dari toko, tetapi pastikan gel tersebut murni tanpa bahan tambahan.

Demikian beberapa cara menghilangkan jerawat dengan bahan-bahan alami yang mudah didapatkan. Untuk mengatasi jerawat, Anda perlu telaten dan rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Penggunaan bahan alami memang akan memakan waktu, namun tidak akan memberikan efek negatif pada kulit Anda.

0 Response to "6 Cara Menghilangkan Jerawat dengan Bahan Alami"

Post a Comment

Komentar di moderasi, silahkan login menggunakan account Google anda untuk berkomentar, komentar dari user unknown tidak akan ditampilkan. Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan ditengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel