Mudah Dan Cepat! Begini Cara Membuat Google Form

Bagi Anda yang sedang melakukan penelitian dan survey yang membutuhkan berlembar-lembar kuesioner, sekarang ini sudah bukan jamannya lagi Anda menggunakan kertas-kertas yang dibagikan dan dirangkum secara manual. Cara ini sudah ketinggalan jaman dan banyak pemborosan, kini waktunya Anda mencoba fitur baru dari Google yang disebut dengan Google Form. Apakah itu Google Form dan bagaimana cara membuat Google Form? Yuk simak informasi di bawah ini.


Apa Itu Google Form?


Google form adalah sebuah fitur yang diciptakan oleh Google dan dapat diakses dengan gratis dalam hal memenuhi kebutuhan pengguna Google akan form-form kuesioner. Pada dasarnya, Google form akan menggantikan formulir kuesioner manual Anda yang berupa kertas-kertas pertanyaan dengan sebuah formulir online.

Aplikasi yang satu ini sudah terintegrasi dengan aplikasi lain seperti Google drive dan Google docs. Anda bisa dengan sangat mudah memanfaatkannya. Google form bisa dipergunakan untuk banyak keperluan seperti kebutuhan untuk survey, penelitian, jajak pendapat, ujian online, formulir registrasi dan lain sebagainya.

Cara membuat Google form sangat mudah dan tidak membutuhkan banyak peralatan seperti membuat formulir manual. Proses menyebarkannya pun juga tidak susah yaitu melalui email. Jadi Anda tidak perlu repot-repot harus menemui orang-orang satu persatu untuk meminta mereka mengisi formulir yang Anda buat. Cukup kirimkan Google form pada email mereka dan minta mereka mengisi dari handphonenya masing-masing.

Cara Mudah Membuat Google Form


Setelah mengetahui pengertian dan fungsinya, pasti Anda akan tertarik untuk memanfaatkannya. Jika ingin tahu, yuk simak cara membuat Google form gratis berikut ini.

1. Buat Akun Google


Untuk bisa memanfaatkan Google forms, Anda harus memiliki akun google. Akun Google yang dimaksud disini adalah sebuah akun gmail untuk identitas Anda sebagai pengguna layanan Google. Pada umumnya, pengguna ponsel Android sudah memiliki akun gmail untuk bisa mengakses dan mempergunakan fitur-fitur dari Google.

2. Akses Google Forms dari Browser


Pilihlah Google form menggunakan browser. Google memiliki banyak sekali produk yang bermanfaat untuk keperluan Anda sehari-hari seperti Google docs, maps, drive, form, finance dan lain sebagainya.

3. Pilih Template


Setelah masuk Google form, Anda akan melihat beberapa template yang bisa dipilih. Jika tidak ada yang sesuai dengan keinginan Anda, Anda bisa memilih gambar kosong di bagian paling kiri yang ada gambar “+”. Pilih atau klik gambar tersebut.

4. Buat Judul dan Deskripsi


Setelah klik gambar kosong tadi, akan muncul tab baru yang berisikan beberapa kolom. Anda akan melihat dua tab lagi di dalamnya yaitu tab Question dan Responses. Pada tab Question, Anda akan diminta untuk membuat judul formulir. Ketikkan judul formulir pada bagian Untitled Form dan deskripsinya pada bagian Form Description.

5. Membuat Pertanyaan


Selanjutnya adalah dengan membuat pertanyaan. Sebelumnya, Anda sudah harus membuat daftar pertanyaan apa sajakah yang hendak Anda pakai. Jadi, Anda akan lebih menghemat waktu pembuatan.

6. Memilih Kemungkinan Jawaban


Pertanyaan bisa sangat bermacam-macam bentuk. Ada multiple choice, checklist, pertanyaan dengan uraian jawaban dan lain sebagainya. Bagaimanapun jenis pertanyaan Anda, bisa disesuaikan dengan jenis jawaban yang Anda inginkan. Anda bisa memilih di bagian sebelah kanan dari pertanyaan yang Anda buat. Ada banyak pilihan pertanyaan seperti :

- Short Answer

- Paragraph

- Multiple Choice

- Checkbones

- Dropdown

- dan lain sebagainya

7. Mengirim Kuesioner

Setelah semua pertanyaan selesai dibuat, Anda bisa langsung mengirimkannya kepada responden yang Anda pilih. Caranya adalah dengan mengirimkan email atau mengcopy link Google form yang dibuat dengan tujuan agar para calon responden langsung menuju link tersebut.

8. Tunggu Hasil Kuesioner

Anda tidak perlu repot-repot harus mendata dengan detail hasil kuesionernya karena Google form juga akan menyediakan ringkasan dan rangkuman jawabannya pada kolom Responses.

Google form terbukti sangat bermanfaat sekali bagi kita terutama dalam hal penghematan biaya penelitian atau survey. Cara membuat Google form juga cukup mudah dan tidak ribet sehingga sangat membantu meskipun bagi orang yang awam internet. Semoga Anda dapat memanfaatkan fitur Google yang satu ini.

0 Response to "Mudah Dan Cepat! Begini Cara Membuat Google Form "

Post a Comment

Komentar di moderasi, silahkan login menggunakan account Google anda untuk berkomentar, komentar dari user unknown tidak akan ditampilkan. Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan ditengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel