Cara Membuat Cireng Aneka Rasa, Mudah dan Sesuai Selera!

Cireng atau Aci digoreng merupakan makanan ringan khas sunda. Rasanya yang gurih dan kenyal membuat cireng digemari oleh banyak orang di berbagai usia. Cireng sendiri sering dijajakan oleh tukang keliling di pasar, sekolah, dan lain sebagainya. 

Namun, jajanan gorengan sering kali dianggap kurang sehat karena digoreng dengan minyak yang dipakai berkali-kali. Oleh karena itu, jika Anda ingin memakan cireng dengan lebih sehat, maka Anda harus membuatnya sendiri di rumah. Berikut adalah beberapa cara membuat cireng yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah. 
lifestyle.okezone.com


Cara Membuat Cireng Salju dan Isi


Ada beberapa jenis cireng yang dijajakan di pasaran, seperti cireng biasa, cireng salju, cireng tanpa santan, hingga cireng isi. Dengan begitu, ada bermacam cara membuat cireng tergantung jenis cireng itu sendiri.

1. Cireng Salju


Seperti namanya, cireng salju berwana putih bersih dibandingkan dengan cireng lainnya dengan rasa yang gurih dan kenyal. Cireng jenis ini adalah cireng biasa atau original dengan tampilan lebih menarik, berikut adalah bahan dan cara membuat cireng salju.

Bahan-bahan:

a. Tepung tapioka seperempat kg

b. Bawang putih 2 siung yang sudah dihaluskan

c. Daun bawang 1 batang, iris halus

d. Santan instan 1 bungkus

e. 2 sendok teh penyedap rasa ayam

f. 1 sendok teh garam

g. 250 cc air bersih

Cara membuat:

a. Masukkan tepung tapioka dalam wadah, campurkan dengan bawang putih yang telah dihaluskan, daun bawang yang diiris halus, penyedap rasa, dan garam. Aduk bahan-bahan tersebut hingga merata.

b. Siapkan panci, kemudian rebus air hingga matang, lalu tuangkan santan hingga mendidih, kemudian angkat.

c. Tuangkan santan dan air yang telah di masak dalam adonan secara perlahan sambil diaduk pelan hingga adonan kalis.

d. Saat adonan kalis dan sudah bisa dibentuk, Anda bisa mulai membentuk bulatan kecil pipih khas cireng.

e. Setelah semua adonan sudah terbentuk, kemudian goreng adonan-adonan tersebut hingga matang. Cireng salju, siap dinikmati!


2. Cireng Isi


Cireng isi adalah cireng dengan isi bahan tertentu, misalnya bisa Anda isi dengan keju, bumbu pedas, daging, sosis, cornet, dan lain sebagainya. Cara membuat cireng isi lebih mudah daripada cireng salju karena tanpa menggunakan santan dan mendidihkan air terlebih dahulu.

Bahan-bahan:

a. 250 gram tepung kanji

b. 100 gram tepung terigu

c. 2 siung bawang putih yang sudah dihaluskan

d. 1 batang daun bawang uang diiris halus

e. 1 batang seledri iris halus

f. 2 sendok teh penyedap rasa ayam

g. 1 sendok teh garam

h. 3 buah sosi ayam dicincang, 2 sendok bumbu pedas, 1 sachet keju dipotong dadu (bahan isi sesuai selera)

Cara membuat:

a. Masukkan tepung tapioka ke dalam wadah, kemudian campur dengan bawang putih yang telah dihaluskan, daun bawang yang sudah diiris, seledri, penyedap rasa, dan garam. Aduk bahan-bahan tersebut hingga merata.

b. Tuangkan air secukupnya pada adonan secara perlahan, aduk hingga adonan kalis dan bisa dibentuk.

c. Bentuk sedikit adonan yang telah kalis menjadi pipih, kemudian masukan keju atau bahan isi lain di masing-masing adonan cireng yang Anda bentuk.

d. Setelah adonan siap dengan isiannya, goreng adonan sampai matang.

Itulah cara membuat cireng salju dan cireng isi empuk yang bisa Anda lakukan di rumah. Pastikan Anda menggunakan tapioka berkualitas dan minyak baru agar gorengan tetap sehat dan enak. Tambahkan saos sambal atau bumbu rujak sebagai pendamping cireng agar rasa semakin lengkap. Selamat mencoba di rumah!

0 Response to "Cara Membuat Cireng Aneka Rasa, Mudah dan Sesuai Selera!"

Post a Comment

Komentar di moderasi, silahkan login menggunakan account Google anda untuk berkomentar, komentar dari user unknown tidak akan ditampilkan. Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan ditengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel