Cara Membuat Bubur Sumsum; Mudah, Lembut, dan Gurih!

Bubur sumsum adalah makanan bubur putih di mana sering dicampur dengan larutan gula merah dan lain sebagainya. Bubur sumsum bisa dimakan oleh orang berbagai usia, bahkan untuk anak-anak usia 10 bulan ke atas. Bubur sumsum sendiri adalah makanan asli Indonesia dan Malaysia yang dibuat dengan tepung beras. Anda tak akan sulit menemukan jenis bubur satu ini. Pembuatan bubur sumsum sendiri tergolong cukup mudah di mana Anda bisa membuatnya sendiri di rumah. Yuk, simak beberapa bahan dan cara membuat bubur sumsum yang enak dan gurih berikut ini.

merdeka.com


Cara membuat Bubur Sumsum


Ada beberapa macam varian bubur sumsum yang sering Anda temui di pasar, seperti bubur sumsum candil, mutiara, hingga bubur sumsum hijau. Namun, sebelum membuat variannya, Anda tentu harus mengetahui cara membuat bubur sumsum agar tidak menggumpal yang paling dasar.



Bahan-bahan:

a. 100 gram tepung beras

b. 850 ml santan

c. 1 sendok teh garam

d. 6 lembar daun pandan


Cara membuat :

1. Siapkan 650 ml santan kemudian tuangkan ke dalam dua gelas yang berbeda.

2. Masukkan tepung beras dalam wadah, lalu tuangkan segelas santan secara perlahan. Aduk terus hingga merata, jangan sampai ada yang menggumpal. Kemudian tambahkan 1 sendok teh garam.

3. Rebus 1 gelas santan lain yang telah disiapkan sebelumnya dengan api kecil, kemudian masukkan 5 lembar daun pandan. Terus aduk dengan pelan rebusan tersebut agar santan tidak pecah.

4. Setelah setengah mendidih, matikan api dan masukkan adonan ke dalam santan yang di rebus tadi, kemudian nyalakan kembali kompor dengan api kecil.

5. Aduk terus adonan yang sudah dimasukkan hingga tercampur rata dan halus, jangan sampai ada gumpalan.

6. Setelah semuanya tercampur rata tanpa ada gumpalan, selanjutnya Anda bisa matikan kompor. Bubur sumsum telah jadi!

Bubur sumsum akan lebih nikmat jika disajikan dengan berbagai campuran di atasnya, seperti gula merah, mutiara, candil, hingga kuah opor. Namun, campuran bubur sumsum yang paling praktis dan mudah dibuat adalah campuran gula merah.


Cara Membuat Air Gula Merah Bubur Sumsum


Dalam membuat campuran gula merah, Anda hanya perlu menyiapkan beberapa bahan, seperti gula merah secukupnya, selembar daun pandan, dan air. Kemudian, langkah pembuatannya antara lain:

- Iris tipis-tipis gula merah secukupnya

- Rebus segelas atau dua gelas air dengan kompor kecil, kemudian masukkan gula dan selembar daun pandan.

- Aduk hingga gula benar-benar meleleh dan hancur.

- Setelah gula melebur dengan air, matikan kompor dan air gula siap disiramkan pada bubur sumsum Anda.


Pada pembuatan bubur sumsum sendiri salah satu bahan utamanya adalah santan yang digunakan untuk menciptakan warna putih dan rasa yang gurih. Namun jika Anda memiliki alasan tertentu untuk menghindari santan, seperti kolesterol atau diet, Anda bisa menggunakan alternatif lain. Ada alternatif lain cara membuat bubur sumsum tanpa santan, yaitu dengan susu. Anda hanya perlu mengganti santan dengan susu cair putih, namun pastikan susu yang Anda gunakan adalah susu UHT tanpa rasa, sehingga rasa bubur sumsum tetap gurih dan tidak berubah.

Demikian cara membuat bubur sumsum gurih dan enak. Anda bisa menikmati bubur sumsum dengan berbagai cara sesuai selera baik menambahkan campuran manis ataupun campuran asin. Bagaimana, tidak sulit bukan membuat bubur sumsum sendiri di rumah? Selamat mencoba!

0 Response to "Cara Membuat Bubur Sumsum; Mudah, Lembut, dan Gurih!"

Post a Comment

Komentar di moderasi, silahkan login menggunakan account Google anda untuk berkomentar, komentar dari user unknown tidak akan ditampilkan. Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan ditengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel