Cara Membuat Bolu Kukus Anti Gagal, Mekar Sempurna!

Siapa yang tak mengenal jajanan ringan bolu kukus, bentuknya yang cantik dan rasanya yang manis membuat bolu kukus sering menjadi jajanan pilihan di berbagai acara. Selain rasanya yang enak, kue basah khas Indonesia satu ini tidak perlu menggunakan oven dalam pembuatannya, Anda cukup mengukusnya saja. Dengan begitu, mudah bagi Anda membuatnya sendiri di rumah. Meskipun begitu, banyak yang gagal membuat bolu kukus sendiri karena bentuknya yang tidak mekar. Agar bisa berhasil membuatnya, perhatikan cara membuat bolu kukus dengan mudah dan dijamin mekar sempurna.

merdeka.com

Langkah Membuat Bolu Kukus Mekar



Banyak varian bolu kukus yang bisa dibuat, seperti bolu kukus pelangi, bolu kukus gula jawa, hingga karamel. Namun sebelum membahas tentang varian rasa, Anda perlu paham bagaimana cara membuat bolu kukus agar mengembang dan lembut.


Bahan-bahan:

a. 275 gam tepung terigu, sebaiknya pilih tepung terigu terbaik dan diayak terlebih dahulu sebelum digunakan.

b. 2 sdt emulsifer untuk melembutkan tekstur kue

c. 200 gram gula pasir yang putih

d. 225 Minuman bersoda tanpa rasa dan

e. Setengah sdt baking soda

f. 1 butir telur ayam ukuran besar

g. 1 sdt esens vanili atau vanili bubuk

h. 2 macam pewarna makanan, masing-masing setetes (warna sesuai selera)

i. Cetakan dan kertas roti, jumlah disesuaikan


Cara membuat bolu kukus anti gagal, yaitu:

a. Pertama, campurkan tepung terigu dengan vanili bukuk dan baking soda. Aduk ketiga bahan tersebut dengan menggunakan spatula atau alat lain sampai tercampur.

b. Ambil satu wadah berbeda kemudian masukkan telur, emulsifer, dan gula pasir. Kocok menggunakan mixer dengan kecepatan tinggi hingga kaku dan mengembang. Umumnya akan memakan waktu 10-12 menit saja.

c. Kecilkan kecepatan mixer, kemudian masukkan soda yang benar-benar baru dibuka sedikit demi sedikit sambil tetap dikocok hingga tercampur rata.

d. Matikan mixer, kemudian masukan adonan tepung yang telah dibuat sebelumnya sedikit demi sedikit.

e. Pastikan semua bahan sudah tercampur rata, dan tidak ada gumpalan.

f. Pisahkan adonan yang telah dicampur menjadi tiga bagian, pada bagian pertama porsnya lebih banyak dan biarkan warnanya tetap putih. Sedangkan pada bagian kedua dan ketiga tetesi dengan pewarna makanan yang berbeda masing-masing satu tetes.

g. Siapkan cetakan yang sudah dialasi dengan kertas kue, kemudian tuangkan adonan putih terlebih dahulu (3/4 bagian) dan adonan berwarna di atasnya sedikit demi sedikit.

h. Setelah semua adonan sudah berada di cetakan, maka cara membuat bolu kukus selanjutnya adalah dengan menyiapkan panci kukusan dan didihkan air di dalamnya,

i. Setelah air mendidih, masukkan cetakan kue dalam panci kukusan dan beri tutup kain di bagian atas agar airnya tidak kembali pada kue.

j. Masak hingga matang, sekitar 10-15 menit. Untuk memastikan kematangan, Anda bisa menusukkan tusuk gigi atau lidi pada kue. Jika sudah tidak ada adonan cair yang menempel, maka bolu kukus Anda telah matang.

Beberapa cara membuat bolu kukus anti bantat di atas bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Untuk persoalan warna, bisa sesuai selera Anda apakah bolu kukus akan diwarnai seluruhnya atau hanya bagian atasnya seperti yang dijelaskan di atas. Warna bolu kukus juga bisa disiasati dengan rasa bolu yang berbeda, misalnya bolu kukus gula jawa atau coklat yang secara otomatis akan berwarna coklat di seluruh bagiannya. Selamat mencoba!

0 Response to "Cara Membuat Bolu Kukus Anti Gagal, Mekar Sempurna!"

Post a Comment

Komentar di moderasi, silahkan login menggunakan account Google anda untuk berkomentar, komentar dari user unknown tidak akan ditampilkan. Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan ditengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel