16 Jenis Tanaman Hias yang Akan Menyulap Rumah Lebih Menarik

Rumah yang dilengkapi dengan tanaman hias akan tampak lebih cantik dan menarik. Warna-warni bunga yang indah dan hijau daunnya akan menghadirkan suasana segar. Tanaman hias bisa ditanam di dalam pot kemudian diletakkan di dalam rumah. Selain itu, ada juga jenis tanaman hias yang harus di tanah karena pohonnya makin membesar. Anda harus menyesuaikan dengan kebutuhan ruangan atau taman rumah apabila ingin menghias rumah dengan tanaman ini. Jangan gunakan pot ukuran besar di ruangan sempit atau sebaliknya.

Berbagai jenis tanaman hias dan harganya yang bervariasi tersedia di pasaran, mulai dari yang murah hingga mahal. Ada tanaman yang memiliki bunga kecil hingga besar. Ada juga tanaman hias tak berbunga namun memiliki bentuk dan warna daun yang indah. Apa saja jenis tanaman hias yang cocok untuk rumah? Berikut ulasannya.

Jenis Tanaman Hias Indoor dan Outdoor

Jika Anda masih bingung menentukan jenis tanaman hias untuk ditanam di rumah, berikut ini ada beberapa jenis tanaman hias yang bisa ditanam di dalam ataupun luar rumah.

1. Bunga Gelombang Cinta

bunga gelombang cinta
jenistanaman.com

Gelombang cinta adalah salah satu tanaman hias daun yang sempat booming dan populer di tahun 2010. Tanaman ini sempat merajai tanaman hias yang ada di pasaran. Keindahan yang dinikmati dari tanaman hias ini bukanlah dari bunganya, melainkan dari daunnya. Gelombang cinta memiliki daun yang besar dan lebar dengan tepi yang bergelombang. Dari gelombang inilah kemudian muncul sebutan gelombang cinta.

Cara merawat tanaman hias yang satu ini terbilang mudah. Anda hanya perlu menyiramnya saja dan memupuk sesekali. Namun tanaman hias yang satu ini tidak bisa bertahan lama dalam air. Akarnya akan mudah hancur. Oleh sebab itu, Anda disarankan untuk menggunakan pot dengan dasar berlubang yang akan mengalirkan air keluar dari dalam pot. Selain itu, gelombang cinta tidak disarankan terkena sinar matahari secara langsung karena akan merusak daunnya, Anda harus meletakkannya di tempat teduh dan berangin.

2. Bunga Lily

bunga lily

Bunga lili adalah tanaman hias bunga tercantik yang pernah ada. Bunganya berwarna putih bersih yang disatukan dalam sebuah tangkai panjang. Bunga lili hanya berbunga sekali dalam satu tahun yaitu hanya mekar pada bulan Mei saja. Saat mekar, bunga lili akan mengeluarkan aroma yang sangat harum. Karena mekarnya yang terbatas, wajar sekali jika bunga lili ini dibanderol dengan harga yang sangat tinggi yaitu mencapai Rp 500ribu per tangkainya.

Selain cantik, bunga lili ternyata bisa berbahaya. Bunga lili dapat dikonsumsi, namun jika terlalu banyak mengkonsumsinya bisa menimbulkan racun di dalam tubuh. Bunga lili juga akan mati setelah bunganya dipetik. Oleh sebab itu, jika hendak memetik bunga ini, Anda harus ekstra hati-hati.

3. Bunga Kamboja Adenium

bunga kamboja
atmago.com

Di Indonesia, bunga ini dikenal dengan nama kamboja jepang meskipun bukan berasal dari Jepang. Bunga kamboja Adenium sebenarnya berasal dari gurun pasir di daratan Asia Barat dan Afrika. Bunga ini namanya diambil dari tempat ia berasal yaitu kota Aden, Yaman.

Kamboja Adenium tumbuh lebih baik di tanah atau tempat yang kering dibandingkan tanah basah. Karakteristik batangnya besar menyerupai umbi, sedangkan daunnya berwarna hijau pekat, panjang dan kecil. Akarnya dipergunakan sebagai tempat menyimpan air. Oleh sebab itu, ia dapat bertahan hidup di tempat yang kering. Bentuk akarnya cukup besar sehingga sering dijadikan objek tanaman yang dibonsai.

Kamboja adenium ada dua jenis yaitu jenis asli dan jenis varietas. Jenis varietas yaitu bentuk yang dikembangkan untuk mendapatkan jenis bunga yang baru. Bunga kamboja memiliki lima kelopak bunga dengan bentuk yang menyerupai terompet. Warna bunganya bermacam-macam yaitu merah muda, merah dan kuning.

4. Bunga Matahari (Sunflower)

bunga matahari

Memiliki nama latin Helianthus annuus L, bunga matahari adalah salah satu tanaman hias yang sangat menarik dan mencolok mata. Tanaman ini terkenal karena dipergunakan untuk menghasilkan minyak. Warna bunganya kuning terang dan ukurannya sangat besar hingga menyerupai besar kepala orang dewasa. Bunga matahari cocok dijadikan sebagai tanaman hias untuk taman.

Yang unik dari bunga matahari adalah bahwa bunganya selalu menghadap ke arah matahari seperti orang yang menoleh. Menanam bunga matahari di taman rumah akan membuat rumah Anda semakin semarak. Selain bisa diambil manfaat sebagai tanaman hias, bunga matahari juga dipergunakan sebagai penghasil minyak yang bisa dipakai untuk memasak. Biji bunga matahari bisa diolah menjadi cemilan kuaci.

5. Kembang Sepatu

Kembang sepatu adalah jenis tanaman hias yang mudah tumbuh di mana saja asalkan terkena sinar matahari langsung dan mendapat supply air yang cukup. Karena itu, kembang sepatu bisa tumbuh hingga terlalu lebat dan besar. Oleh sebab itu, disarankan untuk Anda mengatur pertumbuhannya jika ingin memelihara bunga sepatu.

Nama latinnya Hibiscus rosasinensis, kembang sepatu memiliki ukuran bunga yang cukup besar dan menarik. Warnanya juga bermacam-macam, ada yang merah, merah muda, kuning dan putih. Daun kembang sepatu berwarna hijau gelap, sehingga cocok sekali jika dipakai sebagai media penghijau rumah.

6. Bunga Kenanga

bunga kenanga

Cananga Odorata adalah nama latin dari bunga kenanga ini. Bunga yang dikenal karena efek mistis di Indonesia karena beberapa kali ditemui di area pemakaman ini sebenarnya adalah bunga yang unik dan cocok sekali untuk penghias taman. Bunganya sangat harum sehingga bisa membuat rumah atau ruangan menjadi segar.

Bunga ini memiliki kelopak berwarna hijau ketika masih muda, lama kelamaan akan berubah menjadi kuning. Bunganya yang wangi sering dimanfaatkan sebagai salah satu bunga tabur di pemakaman, hiasan pada acara-acara adat ataupun pernikahan.

7. Bunga Lavender

bunga lavender

Bunga yang satu ini tergolong sebagai bunga yang tangguh, tidak rewel, dan cukup handal. Lavender tidak membutuhkan perawatan yang spesifik karena bisa tumbuh di segala musim kecuali musim dingin. Yang artinya bunga ini bisa tumbuh kapan saja di Indonesia yang tidak memiliki musim dingin atau salju.

Merupakan tumbuhan dengan karakteristik semak pendek dan cabang yang banyak, bunga lavender bisa tumbuh hingga ketinggian sekitar 60cm. Bunga ini memiliki batang yang berongga pada bagian bawahnya. Ia berdiri dengan tegak dan memiliki tunas.

Dikenal sebagai bunga nasional negara Portugal, lavender sangat cantik untuk dipergunakan sebagai tanaman hias di sekitar rumah. Bunganya berwarna ungu cerah dengan daun yang tipis memanjang. Bunga Lavender akan lebih menarik jika ditumbuhkan dalam bentuk bergerombol.

Selain sebagai bunga hias, bunga lavender juga memiliki kegunaan lain yaitu dapat dipergunakan sebagai pewarna makanan. Bunga yang satu ini juga berfungsi untuk mengusir nyamuk karena baunya yang tidak disukai oleh nyamuk. Oleh sebab itu, banyak ibu yang meletakkan bunga lavender di dalam rumah agar tidak ada nyamuk yang masuk dan mendekat.

8. Bunga Dahlia

bunga dahlia

Bunga yang satu ini memang menjadi favorit bagi para pecinta bunga. Bagaimana tidak, warnanya yang beragam serta bentuknya yang bulat mempesona membuat mata yang memandang menjadi takjub. Bunga ini memiliki beragam warna cerah yang menyenangkan untuk dilihat, yaitu merah, kuning, merah muda, ungu muda, jingga hingga ungu tua.

Bunga dahlia terbilang cukup mudah untuk dikembangbiakkan. Cara mengembangbiakkan yang paling mudah adalah dengan melakukan stek batang. Anda bisa memotong di batang yang produktif dan langsung menanamnya pada media tanam. Bunga dahlia paling banyak ditanam di dalam pot. Selain lebih indah, tanaman dalam pot lebih mudah diatur dan dikelompokkan.

9. Bunga Melati

bunga malati

Bunga melati merupakan bunga yang identik dengan bangsa Indonesia. Bunga ini tumbuh dengan mudah dan subur di manapun. Kembangnya yang berwarna putih mungil mengeluarkan bau harum yang menyegarkan. Termasuk dalam jenis tanaman perdu, tanaman melati bisa tumbuh meluas. Bunga melati adalah jenis tanaman hias dengan daun kecil. Jika Anda ingin memelihara tanaman ini, perawatan yang harus dilakukan adalah memotong rantingnya agar lebih rapi dan tidak membesar.

Merawat tanaman melati tidaklah sulit. Bunga melati akan berbunga pada usia 8 bulan. Bunganya dapat bertahan selama 3 bulan. Jika tanaman ini dirawat dengan benar, maka bunganya akan bertahan lebih lama. Memiliki melati putih di taman, tidak hanya memperindah namun juga membuat suasana taman dan rumah menjadi lebih segar karena wangi bunganya.

10. Bunga Bougenville

bunga bougenville

Bunga bougenville akan sering Anda temui di trotoar atau jalan-jalan raya. Bunga ini memang paling banyak dipergunakan sebagai media hias taman atau jalan di kota karena perawatannya yang mudah dan bunganya yang cukup cantik. Bunga bougenville hidup di tanah yang beriklim tropis. Awalnya ia berasal dari Amerika Selatan.

Bunga bougenville juga disebut dengan bunga kertas karena kelopak bunganya yang tipis dan mirip selembar kertas. Jika hendak memelihara bunga bougenville di taman rumah, Anda harus rajin-rajin memotong dahannya agar tidak tumbuh melebar dan meluas. Tidak dibutuhkan perawatan lainnya, bunga bougenville menjadi bunga yang sangat cocok untuk menghiasi dan mempercantik taman Anda.

11. Bunga Geranium

bunga geranium

Bunga geranium merupakan tanaman hias meja yang memiliki warna bunga sangat cantik dan menarik. Bunganya tersedia dalam berbagai warna yaitu paduan merah muda dan putih, paduan putih dan ungu gelap. Bunga ini memiliki lima kelopak, ukuran bunganya kecil seperti uang koin. Geranium sangat cocok ditanam di dalam pot kecil dan bisa dibawa masuk ke dalam ruangan. Bunga geranium memiliki fungsi yang sama dengan bunga lavender yaitu mampu mengusir nyamuk.

Perawatan bunga geranium cukup mudah dan tidak membutuhkan perlakuan khusus. Anda bisa menanamnya langsung di tanah atau ditanam dalam pot bunga. Kecantikan bunga geranium ini akan semakin mempercantik rumah Anda.

12. Kaktus

kaktus

Tanaman hias terakhir yang cukup mudah ditemui dan ternyata cukup bagus untuk dipergunakan sebagai penghias rumah adalah kaktus. Tanaman hias kaktus mini bisa digunakan sebagai penghias rumah. Kaktus memiliki bunga yang indah jika telah tiba masa untuk berbunga.

Merawat kaktus bukan hal yang sulit. Karena tanaman ini pada dasarnya adalah tanaman di daerah gurun pasir, Anda tidak perlu menyiramnya setiap hari. Ia dapat menyimpan air dalam batangnya. Selain digemari karena bunganya, kaktus juga digemari karena bentuknya. Ada yang bentuknya bulat, lonjong, pipih, tinggi panjang dan lain sebagainya. Kaktus yang ditanam dalam pot mini sangat cantik jika diletakkan untuk menghiasi ruangan.

13. Bunga Anggrek

bunga anggrek

Tanaman hias Anggrek merupakan salah satu bunga khas nusantara. Banyak diantaranya yang tumbuh di alam liar seperti hutan hujan tropis. Varietas bunga anggrek ada sekitar 5.000-6.000 jenis. Hampir semua bunga anggrek memiliki penampilan yang indah dan menarik.

Bunga Anggrek terbilang bunga yang cukup memiliki nilai jual. Beberapa diantaranya merupakan jenis yang langka dan berharga sangat mahal. Contohnya adalah anggrek hitam, anggrek kebutan dan anggrek koribas. Tampilan fisik bunga yang cantik ini sangat cocok untuk dijadikan hiasan di taman rumah. Rumah Anda akan tampak indah dan semarak karena warna-warninya. Namun, bunga Anggrek terbilang tanaman yang membutuhkan perawatan yang agak spesial. Bunga ini tidak bisa dibiarkan begitu saja. Untuk merawat bunga Anggrek, Anda membutuhkan waktu dan tenaga yang khusus, namun semua itu akan sepadan ketika Anda melihat keindahan bunga Anggrek yang berkembang.

14. Bunga Mawar

bunga mawar

Bunga yang digunakan sebagai simbol kasih sayang ini merupakan bunga hias yang cukup populer. Bunga ini dipergunakan untuk banyak acara dan kegiatan. Bunga mawar mengeluarkan aroma yang harum dan bisa mengatasi depresi dan stress. Di samping itu, zat kimia pada mawar juga dipercaya dapat berfungsi sebagai alat therapy untuk obat sakit kepala.

Menanam bunga mawar di halaman rumah akan membuat rumah Anda tampak asri dan menarik. Warna bunganya yang mempesona memberikan kesan menyenangkan di dalam rumah. Tidak jarang pula orang-orang menanam bunga cantik ini dalam pot dan meletakkannya di ruangan. Kehadiran bunga mawar selain mempercantik juga bisa digunakan sebagai pengharum alami ruangan. Bunga mawar akan membawa kesegaran tersendiri dan juga mampu mengubah suasana ruangan menjadi lebih hangat.

15. Bunga Alamanda

bunga alamanda

Bunga Alamanda awalnya berasal dari Amerika tengah dan selatan. Bunga Alamanda menonjolkan warnanya yang cantik dan cerah karena bunga ini tidak memiliki aroma khusus. Salah satu varietas yang paling terkenal adalah Alamanda cathartica. Di Indonesia, bunga Alamanda yang satu ini juga dikenal dengan nama bunga terompet emas dan juga bunga lonceng karena bentuknya yang bisa dikatakan mirip dengan sebuah lonceng.

Tanaman hias yang satu ini mudah dipelihara karena tidak membutuhkan teknik perawatan tertentu. Selain warna bunga yang cantik yaitu kuning cerah, bunga Alamanda juga memiliki bentuk daun yang menarik. Bunga Alamanda akan lebih terlihat menarik jika ditumbuhkan secara bergerombol di sudut taman. Namun Anda juga bisa menanamnya di pot untuk diletakkan di dalam rumah.

16. Bunga Amarilis

bunga amarilis

Bunga ini juga termasuk salah satu tanaman yang berfungsi untuk mengusir nyamuk selain lavender dan geranium. Bunga Amarilis terbilang cukup mudah dikembangbiakkan dan memiliki beragam warna yang cantik seperti merah, merah muda, dan jingga. Tanaman ini tidak membutuhkan perlakuan spesial, yang paling penting adalah sinar matahari yang melimpah.

Bunga Amarilis bisa ditanam dalam pot dan diletakkan di dalam ruangan untuk mempercantik dan menghias ruangan Anda. Namun jangan lupa mengeluarkan ke luar ruangan agar bunga ini bisa mendapatkan sinar matahari langsung untuk mendukung pertumbuhannya.

Beberapa tanaman hias cantik di atas dapat Anda pergunakan untuk memperindah dan menghias rumah ataupun taman. Banyak tanaman hias yang tidak memerlukan perawatan khusus namun tetap bisa menghasilkan bunga yang memukau. Karena itu, Anda harus pandai dalam mengkolaborasikan dan memadukan antara tanaman hias yang satu dengan yang lain untuk mendapatkan tampilan rumah yang berbeda.

0 Response to "16 Jenis Tanaman Hias yang Akan Menyulap Rumah Lebih Menarik"

Post a Comment

Komentar di moderasi, silahkan login menggunakan account Google anda untuk berkomentar, komentar dari user unknown tidak akan ditampilkan. Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan ditengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel