Mengenal Pohon Gaharu, Kayu Mahal Yang Multifungsi

Menjadi komoditi unggulan, pohon gaharu adalah pohon yang bisa dikatakan paling mahal harganya. Pohon ini bahkan mengalahkan harga kayu jati dan kayu ulin. Mengapa demikian? Apa yang membuat kayu pohon gaharu ini menjadi sangat mahal? Salah satu faktornya ialah karena pohon gaharu dimanfaatkan manusia untuk diambil wangi kayunya. Pohon ini memiliki wangi atau aroma khas yang disukai banyak orang.

Dengan karakteristik wangi tersebut, pohon gaharu diminati dan dicari oleh banyak orang. Batang pohon yang mengeluarkan aroma wangi ini nantinya akan diolah menjadi bahan pembuatan parfum. Aroma wangi batang pohon gaharu berasal dari minyak gaharu.
pohon gaharu
Dekuruma.com


Dari mana asal wangi pohon gaharu? Pada usia sekitar 25 tahun, virus Fusarium sp akan menyerang batang kayu. Sebagai mekanisme pertahanan, batang pohon gaharu akan mengeluarkan senyawa fitoaleksin untuk melawan virus dan bakteri patogen. Senyawa ini akan mengeluarkan sisa atau resin yang berwarna cokelat dan berbau harum. Resin inilah yang kemudian disebut sebagai minyak gaharu.

Pohon Gaharu, Pohon Multifungsi yang Termasuk Langka

Keberadaan pohon gaharu di Indonesia bisa dikatakan masih kurang. Terlebih lagi tingginya permintaan pasar baik dari dalam negeri ataupun dari luar negeri untuk supply kayu pohon gaharu. Pada tahun 2010, Indonesia pernah menjadi pengekspor kayu gaharu terbesar di dunia. Pemasukan negara mencapai Rp 4,5 miliar dari hasil penjualan kayu gaharu.

Di Indonesia, ada enam jenis pohon gaharu yaitu Aqualaria Beccariana, Aqualaria Cumingiana, Aqualaria Falaria, Aqualaria Hirta, Aqualaria Malaccensis dan Aqualaria Mcrocarpa. Semua jenis pohon gaharu ini tumbuh secara alami. Jenis yang paling unggul dan paling banyak diminati adalah Aqualaria Malaccensis karena merupakan jenis gaharu yang paling berkualitas dan bernilai ekonomi paling tinggi.

Manfaat Pohon Gaharu Secara Mistis


Orang awam mengetahui manfaat pohon gaharu adalah untuk bahan wewangian, namun di samping itu ada banyak manfaat lainnya lagi yang bisa didapatkan. Bahkan, pohon gaharu memiliki sisi mistis. Diantaranya adalah :

1. Mencegah Sihir dan Serangan Jin

Manfaat pohon gaharu dalam islam adalah sebagai media untuk mencegah sihir dan serangan jin. Kayu gaharu dipercaya oleh orang-orang dapat menangkal datangnya sihir yang dibawa oleh jin jahat. Bisa jadi ada pihak lain yang tidak menyukai keberadaan kita dan hendak berbuat jahat dengan mengirimkan sihir.

2. Membantu Proses Ruqyah dan Meditasi

Sebagian orang percaya bahwa selain bisa untuk menangkal datangnya sihir, kayu gaharu juga bisa dipergunakan dalam proses ruqyah. Ruqyah adalah proses membuang atau mengeluarkan jin jahat yang terlanjur bersemayam dalam diri seseorang.

Selain itu, ada banyak orang yang melakukan meditasi dengan menggunakan kayu gaharu dengan dibuat sebagai dupa. Manfaat batang pohon gaharu yang dibuat sebagai dupa adalah dapat mengeluarkan aroma wangi sehingga membuat pikiran lebih rileks. Akibatnya, jiwa pun lebih tenang.
manfaat pohon gaharu
Greeners.co


Manfaat Batang Pohon Gaharu Untuk Kerajinan dan Bahan Bangunan

Kayu atau batang gaharu sangat berkualitas. Oleh sebab itu, banyak orang yang memanfaatkannya untuk membuat tasbih, gelang, bahan bangunan ataupun perabot interior.

1. Dipergunakan untuk membuat tasbih dan gelang

Kayu gaharu biasanya dipergunakan sebagai bahan pembuatan tasbih atau gelang. Karena aroma kayunya yang wangi, tasbih atau gelang yang terbuat dari kayu gaharu akan memiliki kelebihan tersendiri dibandingkan dengan tasbih atau gelang dari bahan kayu biasa. Umumnya, produk tersebut akan berharga lebih mahal karena kualitas kayunya yang baik.

2. Sebagai Bahan Bangunan dan Perabot Interior

Hampir sama seperti kayu meranti, jati dan kayu lainnya, pohon gaharu juga sering dimanfaatkan sebagai bahan bangunan. Kayunya dimanfaatkan untuk membuat kusen, perabot ruangan atau bahkan dipergunakan sebagai pajangan di dalam rumah. banyak orang tertarik dengan perabot yang terbuat dari bahan kayu ini. Sebab, pohon gaharu memiliki tekstur kayu yang bagus serta warnanya hitam mengkilap.


Manfaat Pohon Gaharu Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Selain manfaat yang telah disebutkan, pohon gaharu juga berkhasiat untuk kesehatan dan kecantikan. Apa saja manfaat pohon gaharu untuk bidang tersebut?

1. Mencegah penuaan dini

Khasiat teh daun gaharu telah dikenal luas sejak jaman dahulu. Baru-baru ini ada penelitian yang menunjukkan bahwa daun gaharu mengandung senyawa yang bernama genkwalin. Genkwalin adalah senyawa glikosida alami yang sangat bermanfaat untuk kecantikan. Senyawa ini diketahui mampu melawan mercuri yang masuk ke dalam tubuh secara efisien. Dengan demikian, gejala penuaan dini dapat dicegah.

Pola hidup kurang sehat, mengonsumsi makanan tidak sehat serta menggunakan kosmetik berbahan kimia dapat menyebabkan tubuh terpapar berbagai bahan pengawet berbahaya. Hal tersebut akan menyebabkan penuaan dini datang lebih cepat. Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan the gaharu. Anda pun akan terbebas dari noda dan keriput. Kulit pun akan terlihat lebih kencang sehingga tampak lebih muda.
manfaat kayu gaharu secara mistis
Merdeka.com


2. Menjaga berat badan

Teh gaharu juga bisa dimanfaatkan untuk menurunkan berat badan yang berlebih. Caranya sangat mudah. Cukup minum teh tersebut sebanyak 6 sampai 8 cangkir per hari. Anda bisa menggunakan air hangat ataupun dingin sesuai dengan selera. Jika dilakukan secara rutin, Anda akan merasakan hasilnya. Berat badan akan berkurang dan tubuh pun menjadi lebih sehat. Mulai sekarang, gantilah kebiasaan minum minuman tak sehat dengan minuman teh gaharu yang menyehatkan.

3. Mendetoksifikasi tubuh

Detoksifikasi adalah proses pengeluaran racun dari dalam tubuh. Racun yang ada pada tubuh manusia bisa berasal dari berbagai sumber seperti makanan, minuman, rokok, polusi udara, sisa konsumsi obat-obatan dan lain sebagainya. Dengan meminum teh daun gaharu setiap hari, sedikit demi sedikit racun yang ada dalam tubuh Anda akan berkurang. Proses detok pada umumnya memakan waktu atau tidak bisa dilakukan secara instant terlebih lagi jika Anda menggunakan bahan alami. Oleh sebab itu, Anda harus sabar dan tetap rutin mengonsumsi teh daun gaharu ini. Jika dilakukan secara teratur, Anda akan melihat hasilnya yang memuaskan.

4. Mengurangi rasa mabuk

Teh daun gaharu yang dikonsumsi secara rutin setiap hari akan memberikan efek dan manfaat dalam jangka waktu yang panjang. Selain menurunkan berat badan dan proses detoksifikasi, teh daun gaharu juga bisa dipergunakan untuk mengatasi rasa mabuk dalam perjalanan. Teh daun gaharu akan menyebabkan proses intoksikasi yaitu proses menghilangkan racun dalam tubuh. Jadi, ada baiknya sebelum melakukan perjalanan yang jauh, Anda minum teh gaharu.

5. Menenangkan tubuh

Sejak jaman dahulu, teh daun gaharu dipergunakan untuk mengatasi gangguan kecemasan atau sulit tidur. Teh ini akan menghasilkan aroma khas yang akan membantu dan menghasilkan efek menenangkan dalam tubuh. Efek ini akan mengatasi segala gejala stress dan insomnia sehingga orang yang meminumnya akan memperoleh tidur yang berkualitas. Selain itu, senyawa dalam teh daun gaharu juga baik untuk kesehatan paru-paru, meningkatkan metabolisme dan sirkulasi darah.

6. Menambah energi

Setelah aktivitas fisik yang panjang, Anda mungkin mengalami kelelahan atau kekurangan energi. Hal ini dapat diatasi dengan mengonsumsi teh daun gaharu. Awalnya Anda akan mengalami detoksifikasi yang ditandai dengan seringnya buang air kecil. Hal ini sebagai tanda bahwa khasiat teh daun gaharu sudah mulai beraksi. Setelah itu, Anda akan mendapatkan tambahan energi dan tubuh yang lebih ringan dalam melakukan aktivitas fisik.

7. Mengatasi Insomnia

Anda memiliki gangguan tidur? Sulit tidur tidak boleh dianggap sepele. Bila tubuh kurang istirahat, hal ini akan memicu berbagai penyakit datang. Gangguan sulit tidur disebut insomnia. Jika Anda mengalami hal ini, gunakan batang gaharu untuk mengatasinya. Anda bisa menaruh batang gaharu di dalam kamar. Aroma wangi yang ditimbulkan bisa membuat Anda rileks sehingga bisa terpejam lebih nyenyak. Dengan begitu, tubuh pun lebih fit dan bugar untuk melakukan aktivitas keesokan harinya.
gelang kayu gaharu
Bertaniorganik.com

8. Mengobati berbagai macam penyakit kronis

Penyakit pada umumnya bersumber dari makanan ataupun pola hidup tidak sehat yang dijalankan seperti merokok, minum alkohol dan jarang berolah raga. Oleh sebab itu, pohon gaharu akan memberikan manfaat tak terduga untuk kesehatan tubuh Anda. Semua bagian pohon gaharu termasuk batang dan daunnya, bisa dimanfaatkan untuk mengobati beberapa penyakit kronis berikut ini. Diantaranya adalah :

  • Diabetes. Anda bisa memanfaatkan daun gaharu untuk mengobati diabetes. Pada daun tersebut terdapat kandungan senyawa yang dapat menormalkan kelebihan gula dalam darah. Dengan begitu, penyakit bisa diatasi dengan baik. Cara menggunakannya ialah mengambil daunnya untuk dijadikan sebagai seduhan teh.
kayu gaharu dari surga
Bertaniorganik.com

  • Hipertensi. Manfaat gaharu untuk penyakit ini adalah membantu dalam proses melancarkan sirkulasi darah sehingga menurunkan resiko terjadinya tekanan darah tinggi.

  • Tumor. Senyawa dalam gaharu akan menekan pertumbuhan sel yang menyebabkan terjadinya tumor. Di samping itu, teh daun gaharu juga akan meredakan gejala yang muncul akibat tumor.

  • Kanker. Pertumbuhan sel kanker yang terlalu cepat dapat menyebabkan penyakit kanker semakin kronis. Teh daun gaharu akan membantu menekan sel kanker berkembang biak dan juga menghalangi perkembangan sel kanker semakin meluas.

  • Asam urat. Teh daun gaharu juga bisa digunakan untuk mengatasi asam urat. Asam urat adalah penyakit yang menyerang persendian. Penderita akan merasa nyeri pada bagian sendi. Biasanya, rasa sakit ini muncul pada malam atau pagi hari. Daun gaharu mengandung senyawa yang bisa membantu mengurangi kelebihan purin dalam persendian.

  • Stroke. Stroke adalah penyakit yang timbul akibat pecahnya pembuluh darah dalam kepala. Biasanya penyakit ini terjadi karena tekanan darah yang cukup tinggi ataupun terjadi penyumbatan pembuluh darah. Untuk memperlancar sirkulasi darah dalam tubuh Anda bisa menggunakan teh daun gaharu. Dengan begitu, resiko terjadinya stroke bisa berkurang.

  • Kolesterol tinggi. Penyakit ini dapat diatasi dengan menggunakan batang pohon gaharu. Kolesterol tinggi merupakan sumber datangnya penyakit. Penyebab utama tingginya kolesterol ialah dari makanan yang dikonsumsi. Bahkan, banyak orang yang tak menyadari hal ini.

  • Tumor. Banyak orang memanfaatkan batang gaharu untuk mencegah ataupun mengobati penyakit tumor. Itu karena terdapat kandungan flavoid pada tanaman ini. Fungsi dari zat tersebut adalah menjaga kesehatan sel.

  • Asma. Batang gaharu bisa juga dimanfaatkan untuk mengatasi masalah pernapasan seperti penyakit asma. Batang ini memiliki sifat anti asmatil. Maksudnya adalah sifat yang dapat membuat sistem pernapasan menjadi lega dan lancar. Dengan begitu, gangguan asma yang menyiksa bisa diatasi dengan baik.

Kayu gaharu memiliki nilai guna yang sangat tinggi. Tak heran jika permintaan pasar akan pohon gaharu meningkat tajam. Itu karena manfaatnya yang luar biasa sehingga dibutuhkan oleh hampir semua orang.

0 Response to "Mengenal Pohon Gaharu, Kayu Mahal Yang Multifungsi"

Post a Comment

Komentar di moderasi, silahkan login menggunakan account Google anda untuk berkomentar, komentar dari user unknown tidak akan ditampilkan. Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan ditengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel