Dari Pengusir Jin Hingga Menyembuhkan Berbagai Penyakit, Manfaat Pohon Bidara

Apakah Anda pernah mendengar nama pohon bidara? Pohon bidara adalah jenis pohon yang hampir mirip seperti semak, umumnya berada di daerah yang kering. Buah bidara bulat kecil seperti kelereng berwarna hijau, dapat dikonsumsi dan mengandung banyak sekali manfaat.

Tanaman ini diperkirakan berasal dari kawasan Asia Tengah. Orang-orang membawanya ke luar wilayah tersebut dan menyebar hingga ke Indonesia. Pohon bidara tumbuh dengan mudah di Indonesia. Tinggi pohon ini bisa mencapai 15 meter. Pohon bidara memiliki cabang yang sangat banyak dan juga berduri.
Youtube.com


Warna kulit kayunya adalah cokelat kemerahan hingga abu-abu. Tekstur kayunya halus, keras dan bisa awet atau tahan lama sehingga sering dipergunakan sebagai bahan mebel dan peralatan rumah tangga lainnya. Daun bidara berwarna hijau, berbentuk oval dengan bagian atas daun yang sangat halus dan mengkilap. Daun bidara inilah yang memiliki fungsi paling banyak dibandingkan dengan bagian lainnya.

Manfaat Mengagumkan Dari Pohon Bidara

Berbicara tentang manfaat, pohon bidara ini merupakan salah satu tumbuhan yang memiliki segudang manfaat. Meskipun banyak yang tidak terlalu memperhatikannya, pohon bidara ini mudah tumbuh di mana saja. Anda bisa saja menemukannya di pekarangan belakang rumah. Agar bisa memanfaatkannya, mari simak uraian beberapa manfaat dari pohon bidara yang perlu Anda ketahui. Diantaranya adalah:

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Jantung merupakan bagian tubuh yang penting karena sebagai pusat atau titik peredaran darah. Jika alat pemompa darah bermasalah, bisa dipastikan akan merembet pada bagian lainnya. Penyakit jantung bisa bermacam jenisnya. Penyebabnya pun bermacam-macam. Beberapa penyebab yang paling mempengaruhi adalah pola makan dan gaya hidup. Maka dari itu, perhatikan gaya hidup agar lebih sehat dan seimbang. Anda perlu menjaga pola makan yang sehat untuk menghindari permasalahan pada jantung.

Manfaat daun bidara untuk jantung dapat diperoleh dengan mengonsumsi langsung daunnya ataupun dibuat dalam bentuk jus. Daun bidara mengandung senyawa yang bisa melemaskan kerja jantung agak lebih rileks dalam memompa darah. Dengan begitu, kesehatan jantung pun terjaga dengan baik.

2. Menyehatkan Lambung

Lambung adalah bagian yang cukup penting dalam tubuh kita. Jika lambung bermasalah, proses pencernaan juga akan mengalami kendala. Pencernaan adalah sistem penting yang mendukung pertumbuhan dan segala aktivitas tubuh sehari-hari. Manfaat daun bidara untuk lambung adalah meminimalisir kemungkinan penyakit yang muncul dan mengganggu kinerja lambung. Daun bidara mengandung zat dan senyawa yang penting untuk membuat lambung tetap sehat dan bekerja dengan optimal. Senyawa ini akan membantu menyingkirkan bakteri yang mempengaruhi kinerja lambung.
Lekodex.xyz


3. Mempercepat penyembuhan luka

Daun bidara diketahui mengandung zat antiinflamasi dan antibakteri yang dapat membantu penyembuhan luka seperti luka sayatan, lecet, atau akibat goresan. Cara menggunakannya adalah dengan cara menumbuk daun bidara dan diaplikasikan pada luka untuk mempercepat penyembuhan luka. Di samping itu, daun bidara mengandung senyawa yang dapat membantu menyembuhkan luka bakar. Luka bakar akan cepat kering karena daun bidara dapat mempercepat regenerasi atau pertumbuhan sel kembali. Jadi, sel yang rusak akibat luka akan segera tergantikan oleh sel baru. Hal inilah membuat luka bakar ataupun luka lainnya cepat sembuh.


4. Mengatasi gangguan tidur

Daun bidara juga diketahui bisa mengatasi gangguan tidur atau insomnia. Gangguan tidur ini biasanya berasal dari kondisi fisik yang terlalu lelah ataupun kondisi psikis yang kurang kondusif. Cara untuk mendapatkan manfaatnya adalah dengan menggunakan daun bidara sebagai teh. Teh daun bidara mengandung zat saponin yang akan memberikan efek menenangkan pada diri dan pikiran Anda. Dengan begitu, Anda akan merasa jauh lebih rileks dan akan merasa ngantuk setelah mengonsumsinya. Teh daun bidara ini juga akan meningkatkan kualitas tidur Anda menjadi lebih baik sehingga keesokan paginya, Anda bisa bangun dalam keadaan lebih nyaman dan lebih segar.

5. Baik untuk sistem pencernaan

Saluran pencernaan merupakan saluran utama yang menjadi pondasi penting dalam keseluruhan proses tubuh kita. Jika saluran pencernaan mengalami permasalahan, bukan tidak mungkin sistem yang lainnya akan ikut terganggu. Oleh sebab itu, jika Anda merasa bahwa pencernaan mulai terganggu, segeralah mengonsumsi daun bidara.

Manfaat daun bidara untuk pencernaan adalah dengan memperlancar pencernaan dan mengeluarkan racun yang mungkin muncul selama proses pencernaan. Racun ini akan membahayakan dan menyebabkan terjadinya infeksi. Anda bisa mengonsumsi daun bidara dengan cara memakannya secara langsung, meminum rebusan daunnya, memakan buahnya atau juga dengan cara membuat teh bidara. Kandungan senyawa dalam buah dan daunnya memberikan manfaat yang positif terhadap pencernaan Anda.

6. Menurunkan risiko diabetes

Penderita diabetes disarankan untuk mengurangi masuknya karbohidrat dan gula lainnya ke dalam tubuh. Hal ini bertujuan agar menstabilkan gula darah. Inilah yang disebut dengan mengatur pola makan. Selain mengatur pola makan, penderita diabetes umumnya mencari cara pengobatan dengan menjadikan herbal sebagai salah satu cara untuk mengontrol kadar gula darah. Dan daun bidara adalah salah satu pilihan obat herbal yang cukup berkhasiat. Cara menggunakannya untuk mengatasi diabetes adalah dengan meminum air rebusan daun bidara secara rutin.

7. Mengobati wasir

Penyakit yang satu ini memang bukan penyakit mematikan, tapi sangat mengganggu karena menyebabkan ketidaknyamanan dan juga menyiksa penderitanya. Wasir adalah penyakit yang muncul akibat kurang konsumsi serat yaitu keluarnya semacam benjolan di ujung saluran pencernaan atau anus. Benjolan hingga pendarahan ini menyebabkan rasa nyeri yang semakin menyakitkan jika penderitanya sedang duduk atau berbaring. Manfaat daun bidara selanjutnya adalah untuk mengatasi wasir. Cara menggunakan daun bidara untuk wasir dapat dengan meminun air rebusannya secara rutin. Di samping itu, Anda juga disarankan untuk mengaplikasikan daun bidara yang sudah dihaluskan atau diulek secara langsung pada bagian anus yang membengkak. Kandungan zat dalam daun bidara akan mengurangi pembengkakan.
dedlee30.blogspot.com


8. Manfaat daun bidara untuk haid

Daun bidara dipercaya dapat melancarkan haid atau menstruasi pada wanita. Tanaman ini dapat menyeimbangkan hormon penyebab gangguan dalam siklus haid. Jika hormonnya sudah normal, gangguan haid yang sering tidak lanar akan berkurang. Cara untuk mengonsumsinya adalah dengan meminum ekstrak daun bidara. Ekstrak daun bidara sudah tersedia banyak sekali di pasaran. Di samping itu, daun bidara juga baik untuk dipergunakan sebagai sabun mandi setelah haid. Wangi daun bidara akan mengurangi bau darah haid yang menyengat atau amis. Anda bisa membersihkan organ wanita menggunakan daun bidara yang sudah ditumbuk. Ramuan ini juga berkhasiat untuk mengatasi keputihan karena dalam daun bidara ada kandungan antiseptik yang akan melawan bakteri penyebab keputihan.


9. Mengatasi Ejakulasi Dini

Gangguan yang satu ini merupakan permasalahan yang sangat mengganggu dan menakutkan bagi para lelaki. Umumnya, lelaki akan merasa semakin tertekan dan depresi jika sudah mengalami gangguan ejakulasi dini. Manfaat daun bidara untuk ejakulasi dini sudah banyak dibuktikan oleh masyarakat. Banyak dari mereka yang kemudian sembuh dari penyakit ejakulasi dini setelah rutin mengonsumsi ramuan dari daun bidara ini. Jika Anda sudah melakukan perawatan dengan obat-obatan namun belum menunjukkan hasil yang maksimal, mungkin Anda bisa mencoba ramuan daun bidara untuk mengatasi gangguan ejakulasi dini.


10. Menurunkan berat badan

Daun bidara juga bisa untuk program diet Anda. Daun ini bisa membantu menurunkan berat badan dengan membuat Anda kenyang lebih lama sehingga tidak akan merasa lapar dalam waktu dekat. Daun bidara juga bermanfaat untuk pembakaran lemak yang menumpuk dibawah kulit. Cara untuk diet menggunakan daun bidara adalah meminum air rendaman daun bidara. Lakukan perendaman selama semalam untuk mendapatkan khasiat yang lebih manjur. Di samping itu, Anda juga bisa meminum teh daun bidara.


11. Menjaga kesehatan dan kecantikan kulit

Daun bidara ini juga sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulit. Tanaman ini mengandung antibakteri yang mampu membantu mengatasi jerawat di wajah. Anda bisa membuat masker daun bidara yang bisa diaplikasikan pada wajah Anda secara langsung. Caranya adalah dengan menghancurkan daun bidara hingga menjadi bubuk. Campurkan air hingga menjadi pasta lalu Anda bisa langsung menggunakan masker bidara pada wajah. Bilas gunakan air bersih jika masker sudah cukup kering.

Selain itu, daun bidara juga bisa melindungi kulit Anda dari efek jahat sinar UV matahari. Sejak jaman dahulu, daun bidara memang sudah dipercaya untuk mengatasi masalah penuaan dini seperti keriput dan lingkar hitam di sekitar mata. Daun bidara juga bisa membantu membersihkan wajah dengan cepat dan lebih maksimal. Itulah beberapa manfaat daun bidara buat kecantikan wajah secara alami.


12. Membersihkan tubuh dan Memandikan Jenazah

Daun bidara diketahui sebagai bahan utama pembuatan sabun karena dipercaya mampu membersihkan tubuh dengan maksimal. Daun bidara mengandung antiseptik yang mampu membunuh kuman yang ada di permukaan kulit. Selain baik untuk membersihkan kulit, daun bidara juga memiliki khasiat yang ampuh untuk mengatasi keputihan pada wanita. Fungsinya mirip seperti daun sirih. Antiseptik yang terkandung di dalam daun bidara, dipercaya mampu membunuh kuman atau bakteri penyebab keputihan.

Daun bidara juga dapat digunakan untuk memandikan jenazah. Kandungan senyawa dalam daun ini bisa mengangkat kotoran dengan maksimal. Caranya adalah dengan menggunakan air yang dicampur dengan daun bidara untuk membilas tubuh jenazah. Daun bidara ini digunakan untuk memandikan jenazah sejak jaman Nabi Muhammad SAW dan banyak yang tetap mengikuti cara tersebut hingga saat ini.


13. Merawat rambut

Manfaat lain daun bidara adalah kemampuannya untuk merawat rambut. Anda bisa menggunakan daun bidara sebagai tonic yaitu dengan keramas menggunakan air rebusan daun bidara. Tonic ini akan mengatasi rambut dari kerusakan dan kerontokan. Kerontokan yang parah bisa menyebabkan kebotakan yang tentu saja tidak diinginkan.

Dengan keramas menggunakan tonic daun bidara, kerontokan akan dapat dihindari karena membuat akar jauh lebih kuat. Senyawa dalam daun bidara akan memperkuat rambut dari akar dengan cara menutrisinya. Selain itu, rambut Anda juga akan lebih bersih dari segala debu dan kotoran yang mungkin menempel. Jika debu dan kotoran terangkat, Anda akan terbebas dari rasa gatal di kulit kepala.


14. Dipergunakan sebagai pakan ternak

Manfaat daun bidara untuk hewan adalah dapat dipergunakan sebagai bahan makana. Daun bidara yang tumbuh dengan lebat bisa diberikan pada hewan seperti kambing dan sapi sebagai makanan. Daun ini mengandung banyak sekali zat dan gizi yang dibutuhkan oleh hewan.

Tak hanya membuat hewan ternak kenyang. Akan tetapi daun yang diberikan kepada hewan tersebut dapat memberikan efek menyehatkan. Hewan ternak pun tidak akan mudah terserang penyakit karena sistem kekebalan tubuhnya bagus.

15. Mengusir Jin dan Mencegah Gangguan Jin

Manfaat daun bidara untuk ruqyah atau mengusir jin adalah salah satu manfaat yang paling banyak dipergunakan dan paling populer dalam masyarakat Indonesia. Daun bidara dipergunakan sebagai media untuk mengusir setan atau jin dan semua penyakit yang ditimbulkan oleh mereka. Dalam hal ini, daun bidara bermanfaat untuk menangkal dan mengobati sihir yang dikirim oleh orang yang tidak bertanggungjawab. Gangguan jin dalam bentuk sihir tidak bisa dijelaskan dan disembuhkan dengan cara medis atau pengobatan kedokteran. Oleh sebab itu, daun bidara adalah salah satu media yang dipercaya bisa berguna dalam membantu menyembuhkan dan menolak sihir.

Seorang ulama berpendapat bahwa cara untuk mengusir jin menggunakan daun bidara adalah dengan menggunakan tujuh lembar daun bidara yang ditumbuk hingga halus dan menjadi bubuk. Bubuk daun bidara tadi dilarutkan ke dalam air putih dan dibacakan ayat kursi, Al Kafirun, dan tiga qul, yaitu surat Al Ikhlas, Al Falaq, dan An Nas. Setelah itu, air campuran daun bidara yang sudah dibacakan ayat Alquran kemudian diminumkan pada penderita atau orang yang terkena sihir. Sisanya dapat dipergunakan untuk mandi.

Kandungan Senyawa Dalam Daun Bidara

Efek samping minum rebusan daun bidara masih belum diketahui secara pasti. Sejauh ini jarang terjadi komplain mengenai konsumsi rebusan daun bidara. Hal ini dikarenakan daun bidara tidak mengandung senyawa berbahaya. Akan tetapi, banyak sekali kandungan zat atau senyawa baik di dalamnya. Pada 100 gram daun bidara mengandung :

1. Kalsium 0,61 gram

2. Zat besi 3,0 mg

3. Magnesium 0.12 gram

4. Mangan 13 mg

5. Potasium 0.13 gram

6. Protein antara 4 hingga 6 gram

7. Vitamin B1 0,04 gram

8. Vitamin B2 0.13 gram

9. Vitamin C 30 mg

10. Asam Glutamat 17.6 gram

11. Gula Sukrosa 21.8 gram

12. Dan lain sebagainya

Semua kandungan yang ada dalam daun bidara tergolong sebagai senyawa baik yang akan berguna untuk kesehatan tubuh. Selain daun bidara, buah bidara juga memiliki khasiat yang sama manjurnya. Buah bidara memiliki rasa seperti campuran kurma dan apel. Buah bidara sangat disukai oleh suku badui karena memiliki nilai energi yang cukup tinggi. Buah bidara dapat dimakan secara langsung atau dikeringkan. Buah bidara yang dikeringkan memiliki rasa yang sedikit asam seperti buah apel yang dikeringkan. Buah ini mengandung banyak protein, kalsium magnesium dan zat besi. Ia merupakan sumber protein, energi dan mineral penting lainnya.

Pohon bidara merupakan pohon yang membawa banyak manfaat. Tidak hanya terbatas pada buah atau daun, hampir semua bagian pohon bidara ini memiliki kegunaan yang tidak bisa dianggap sepele. Dilihat dari segi agamapun, pohon ini sejak lama sudah disiratkan sebagai pohon dengan sejuta manfaat. Oleh sebab itu, sangat penting untuk Anda memiliki setidaknya satu batang pohon bidara di pekarangan sekitar rumah. Tertarik menanam pohon bidara yang multifungsi ini?

0 Response to "Dari Pengusir Jin Hingga Menyembuhkan Berbagai Penyakit, Manfaat Pohon Bidara"

Post a Comment

Komentar di moderasi, silahkan login menggunakan account Google anda untuk berkomentar, komentar dari user unknown tidak akan ditampilkan. Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan ditengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel