Buah Naga, Buah Pembawa Berkah yang Kaya Manfaat

Siapa yang tak tahu buah naga? Buah dengan ciri kulit bersisik layaknya kepala naga ini cukup terkenal di kalangan masyarakat Indonesia. Padahal buah ini berasal dari Meksiko, Amerika Tengah. Tak hanya itu, buah dengan tekstur daging yang renyah dan menyegarkan ini justru banyak dibudidayakan di Vietnam. Serta, beberapa negara di Asia Tenggara, termasuk Indonesia. Sementara itu, bagi etnis Tionghoa, buah naga memiliki makna pembawa berkah dan hoki. Oleh karena itu, buah ini kerap dihidangkan pada saat perayaan Imlek. Nah, selain diyakini membawa berkah, faktanya buah naga memiliki banyak manfaat yang baik untuk Anda.
buah naga
tribunnews.com

Jenis Buah Naga

Sebelum mengetahui lebih jauh tentang manfaat buah naga, sebaiknya kenali dulu jenis-jenisnya. Di Indonesia setidaknya ada enam jenis buah naga. Masing-masing jenis pun memiliki manfaat khusus yang luar biasa. Nah, jika Anda lebih sering melihat buah naga berwarna putih dan merah, berikut ini jenis-jenis buah naga lainnya.

1. Buah Naga Merah

Buah naga merah adalah jenis yang paling banyak ditemukan di Indonesia. Disebut buah naga merah karena daging buahnya berwarna merah marun pekat, cenderung ungu tua. Pada umumnya buah naga merah mulai berproduksi atau berbunga sekitar 1,5 hingga 2 tahun sesudah masa tanam. Setelah dipanen, tekstur daging buah naga merah cenderung berair dengan kadar gula 13-15% brix. Hal itu menyebabkan rasa buah naga jenis ini lebih manis dan fruity jika dibandingkan naga putih.

Pada umumnya, sistem budidaya buah naga ini sama dengan buah naga jenis lainnya. Adapun kandungan serat pada buah naga jenis ini sebanyak 91% dari total berat daging buah. Oleh karena itu, jenis buah yang memiliki nama latin Hylocereus polyrhizus ini cocok diolah menjadi smoothies.

2. Buah Naga Super Merah

Buah naga super merah (Hylocereus costaricensis), adalah kondisi tertentu dari buah naga merah. Jenis ini menghasilkan warna merah yang jauh lebih pekat dari buah naga merah biasa. Dalam bahasa Inggris jenis ini disebut Dragon Fruit Super Red. Buah ini pun diyakini bisa menjadi akar buah naga hitam atau Black Dragon Fruit. Jenis buah naga super merah menjadi favorit para petani karena paling laku dijual. Terlebih rasanya yang manis banyak digemari orang.

3. Buah Naga Putih

Pada dasarnya, buah naga putih (Hylocereus undatus) punya karakteristik yang sama dengan buah naga lainnya. Bentuk buah, bentuk pohon, sistem budidaya, serta kandungan buah naga putih pun sama dengan buah naga merah. Yang menjadi perbedaan paling mencolok adalah warna. Selain itu, perbedaan buah naga merah dan putih juga terdapat pada aromanya. Sebuah penelitian menunjukkan, buah naga putih punya aroma dengan urutan intensitas yang berbeda dengan buah naga merah. Hal ini membentuk aroma buah naga putih yang cenderung lebih sweet. Sedangkan buah naga merah cenderung beraroma lebih fruity.


4. Buah Naga Hitam

Buah naga hitam adalah varietas baru yang dikembangkan di Indonesia. Jenis ini kali pertama dikembangkan di Kediri. Buah naga hitam adalah hasil hibrida yang diperoleh dari buah naga super merah. Buah naga super merah itu dipelihara dengan menggunakan pupuk hitam, dikenal dengan nama Black Natural. Pupuk hitam tersebut mempunyai komposisi berupa cengkeh sisa pabrik rokok, kotoran sapi, abu sekam, dan ampas jamu. Komposisi itulah yang mampu meningkatkan unsur betakaroten sehingga warna daging buah lebih merah pekat cenderung kehitam-hitaman.

5. Buah Naga Kuning

Jenis buah naga memiliki karakter tersendiri yang cukup mencolok. Warna kulit buah naga ini adalah kuning cerah namun dagingnya berwarna putih. Buah naga yang memiliki nama latin Selenicereus megalanthus ini ukurannya lebih kecil dibandingkan buah naga lainnya, yakni sekitar 80-100 gram. Buah naga kuning pun masih jarang dibudidayakan sehingga harganya cukup mahal di pasaran. Kendati demikian, buah naga kuning punya rasa manis dengan kandungan gula sebanyak 15-18% brix. Rasa manis itu bahkan lebih tinggi dari jenis buah naga lainnya. Perbedaan lainnya yakni buah naga kuning tumbuh dan berkembang dengan baik di dataran tinggi, sedangkan jenis lainnya tidak.


Beragam Manfaat Buah Naga

buah naga merah
lifefe.trubus.id

Meski memiliki beragam jenis, pada dasarnya buah naga punya kandungan nutrisi yang tak jauh berbeda. Kekayaan nutrisi yang terkandung di dalamnya pun membuat buah ini penuh manfaat. Oleh karena itu, Anda pun disarankan untuk mengonsumsinya secara rutin. Nah, manfaat baik apa saja yang bisa Anda dapatkan jika mengonsumsi buah naga? Mari simak penjelasan berikut.

1. Mampu Menurunkan Berat Badan

Buah naga mengandung protein yang tinggi, namun rendah karbohidrat dan lemah. Diantaranya terdapat pada jenis buah naga merah. Ini tentunya menjadi salah satu manfaat buah naga merah untuk diet. Jika Anda sedang menjalani program penurunan berat badan, maka mengonsumsi buah naga bisa menjadi solusi.

Tak hanya itu, hampir semua jenis buah naga bahkan memiliki kandungan serat yang tinggi. Mengganti camilan Anda dengan buah naga bisa membantu memperlancar sistem pencernaan. Dengan begitu apa yang Anda makan akan mudah terserap dalam tubuh, lalu limbahnya cepat terbuang melalui sekresi.

2. Baik untuk Ibu Hamil

Manfaat buah naga merah untuk ibu hamil disebabkan adanya kandungan vitamin B, folat, dan zat besi. Kandungan gizi buah naga merah yang cukup tinggi itu baik untuk menunjang kesehatan ibu hamil dan janinnya. Zat besi misalnya, bisa mencegah ibu hamil agar tak kekurangan hemoglobin sehingga mampu menghindari penyakit anemia. Lalu kandungan vitamin B dan folat bisa membantu ibu hamil agar melahirkan dengan sempurna. Unsur folat pun bisa membantu pembentukan DNA pada janin. Sementara itu, adanya unsur kalsium pada buah naga mampu meningkatkan perkembangan tulang janin.

3. Menguatkan Kondisi Ibu Hamil Tua

Ada pula manfaat buah naga merah untuk ibu hamil tua yakni bisa menambah tenaga dan kekuatan. Ini tentu sangat dibutuhkan sebab biasanya ibu hamil tua mudah lelah. Hal itu disebabkan beban janin yang semakin membesar. Jika Anda sedang hamil tua, mengonsumsi 100 gram buah naga bisa mendapatkan asupan karbohidrat.

Asupan tersebut penting sebagai suplemen agar Anda memperoleh energi yang alami. Tak hanya itu, buah naga juga baik untuk menghindari komplikasi kehamilan. Hal itu dikarenakan buah naga mampu menjaga gula darah dan tekanan darah menjadi seimbang. Selain itu, buah naga mengandung vitamin C yang berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh.

4. Baik untuk Asupan Bayi

Bagi Anda yang memiliki bayi, buah naga untuk MPASI (Makanan Pendamping Air Susu Ibu) menjadi pilihan yang tepat. Buah naga merah misalnya, mengandung antioksidan yang mampu melindungi sel-sel tubuh pada bayi. Senyawa itu juga bisa mencegah bayi alami kerusakan jaringan serta meningkatkan kekebalan tubuh.

Selain itu, manfaat buah naga merah untuk bayi yakni mampu membangun tulang yang kuat. Memberikan buah naga untuk bayi sebagai asupan juga akan menyumbangkan banyak nutrisi dan vitamin pada tubuhnya. Antara lain yakni vitamin C dan A. Kedua kandungan vitamin itu baik untuk meningkatkan kesehatan tulang, otot, kulit, hingga mata.

Di dalam buah naga juga terdapat sumber zat besi. Kandungan itu baik untuk meningkatkan sel darah merah pada tubuh si kecil, serta mendorong pertumbuhan rambut yang sehat. Zat besi juga bisa mencegah bayi agar tidak mengalami gangguan selama perkembangannya.

Nutrisi-nutrisi tersebut juga bisa melindungi jantung bayi selama masa tumbuh kembangnya. Anda bisa memberikan buah naga sebagai MPASI dengan cara menghaluskan buah tersebut atau dijus. Manfaat jus naga merah itu memudahkan si kecil mencerna dan menyerap khasiatnya.

5. Meredakan Tekanan Darah Tinggi

Selain baik untuk bayi, kandungan gizi pada buah naga merah ternyata juga mampu meredakan penyakit darah tinggi. Bagi Anda yang memiliki penyakit darah tinggi, coba konsumsi buah naga merah secara rutin. Manfaat buah naga untuk darah tinggi terdapat pada kandungan vitamin B3 (niacin), vitamin B1 (thiamine), serta vitamin B12. Unsur-unsur tersebut memiliki peran sebagai penyeimbang tekanan darah jika Anda rutin mengonsumsinya. Dengan kekayaan nutrisi itu, buah naga memiliki kemampuan untuk mengembalikan kadar hipertensi Anda menjadi normal kembali.

6. Baik Juga untuk Penderita Darah Rendah

Meski mampu meredakan penyakit darah tinggi, buah naga ternyata juga baik untuk penderita darah rendah. Kandungan vitamin C, A, asam folat, dan zat besi berperan penting dalam mengatasi masalah penyakit darah rendah. Unsur vitamin C misalnya mampu mengendalikan keasaman di dalam perut. Hal itu bisa meningkatkan penyerapan zat besi.

Penyerapan zat besi itulah yang sangat diperlukan penderita darah rendah. Zat besi itu juga berguna untuk membentuk hemoglobin. Hemoglobin yang terbentuk dengan baik akan membawa oksigen ke seluruh bagian tubuh. Pada akhirnya, ini akan memberi warna merah pada sel darah merah yang disebut juga eritrosit. Sementara itu, manfaat buah naga untuk darah rendah juga bisa diperoleh dengan adanya kandungan vitamin A. Bentuk vitamin ini berguna untuk mengikat oksigen lebih baik.
Image by deluxtrade from Pixabay 

7. Memiliki Khasiat untuk Atasi Asam Lambung

Siapa sangka bahwa buah ini memiliki khasiat yang luar biasa untuk mengatasi asam lambung? Manfaat buah naga untuk asam lambung bisa diperoleh melalui kandungan lemak, kalori, dan minyak yang tinggi. Kandungan tersebut ternyata memiliki dampak baik apabila buah naga dikonsumsi selama bulan puasa, sebab buah ini aman di lambung.

Dengan demikian, buah naga juga baik dikonsumsi oleh Anda yang kerap mengalami asam lambung. Tak hanya itu, kandungan antioksidan yang ada di dalam buah naga mampu memperbaiki sel rusak pada lambung. Akan tetapi, ada efek samping buah naga bagi penderita maag jika terlalu sering mengonsumsinya. Hal itu disebabkan kandungan vitamin C yang tinggi pada buah naga bisa memicu asam lambung jika kadarnya berlebihan.

8. Bantu Atasi Penyakit Asam Urat

Sisa metabolisme purin merupakan asal munculnya penyakit asam urat. Purin berasal dari minuman dan makanan yang Anda konsumsi sehari-sehari. Jika Anda kerap mengalami asam urat, maka mengonsumsi buah naga merah bisa mengatasinya. Manfaat buah naga merah untuk asam urat bisa Anda peroleh dengan rutin meminumnya dalam bentuk jus. Cara itu secara perlahan-lahan mampu menghilangkan sisa metabolisme purin.

9. Baik untuk Kecantikan Kulit

Manfaat buah naga merah untuk kecantikan disebabkan adanya kandungan antioksidan, vitamin C, dan vitamin E di dalamnya. Senyawa antioksidan misalnya, bisa merawat kecantikan kulit Anda dari dalam jika rutin dikonsumsi. Hal itu akan mencegah tubuh Anda dari radikal bebas. Kondisi kulit tubuh yang terlindungi dari radikal bebas tidak akan mudah keriput dan kusam. Sedangkan unsur vitamin E bisa melindungi kulit dari paparan sinar UV dan mengurangi inflamasi.

10. Menyehatkan Wajah dan Bibir

Adanya unsur vitamin C pada buah naga bisa mengobati jerawat. Wajah lembap dan bebas jerawat itu bisa Anda dapatkan melalui manfaat masker buah naga merah. Masker buah naga merah itu juga berguna untuk menyumbat pori-pori dan mencerahkan wajah. Tak hanya itu, buah naga juga berguna untuk mempercantik bibir Anda.

Manfaat buah naga merah untuk bibir itu bisa Anda dapatkan dengan mudah. Cukup dengan menghaluskan beberapa iris buah naga lalu campurkan dengan madu. Oleskan campuran tersebut pada bibir dan diamkan beberapa menit. Setelah itu bilas dengan kapas basah. Bibir Anda akan terasa lembap dan warna bibir merah merona secara alami.

Dengan mengonsumsi buah naga Anda tak hanya diselemuti hoki dan berkah. Lebih dari itu, buah naga ternyata memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan dan kecantikan. Yuk, mulai makan buah naga untuk hidup yang lebih sehat!

Buah Naga, Buah Pembawa Berkah yang Kaya Manfaat Buah Naga, Buah Pembawa Berkah yang Kaya Manfaat Reviewed by Yunar Winardi on May 27, 2019 Rating: 5

No comments:

Komentar di moderasi, silahkan login menggunakan account Google anda untuk berkomentar, komentar dari user unknown tidak akan ditampilkan. Terimakasih.

Powered by Blogger.