Cara Menangkap Katak di Halaman Belakang Rumah

Katak di halaman belakang - Beberapa hari ini istri saya suka jerit-jerit ketika berada di halaman belakang rumah, ternyata ia merasa jijik atau geli karena ada katak yang suka meloncat jauh. Sehingga dikhawatirkan loncat dan menempel ke badan kita. Selain itu beberapa jenis katak memiliki racun yang berbahaya. Jadi tidak heran jika istri saya jerit jerit.

Beda Katak dan Kodok

Katak biasanya berkulit licin dengan warna yang eksotis, mulai coklat muda, hijau, kuning, biru, merah, dan campuran. Hati-hati katak yang berwarna mencolok biasanya beracun.Katak bisa melompat jauh hampir seperti terbang, jadi cukup menjijikkan juga jika sampai mendarat ke tubuh kita. Bisa hidup di air ataupun di darat.
katak dan kodok


Kodok kulitnya kasar dan bentol bentol, bentuknya kurang menarik di banding katak. Kodok biasanya meloncat tidak sejauh katak. Sehingga kurang meng intimidasi dibanding katak. Hidup di darat ataupun di air. Makanannya biasanya serangga kecil seperti nyamuk dsb.

Kenapa saya memutuskan untuk menangkap katak dan membuangnya

Karena katak sudah menganggu kenyamanan kami maka harus di hilangkan, saya tidak suka membunuh binatang, jadi harus di cari cara untuk mengusirnya ataupun membuangnya ke tempat yang lebih jauh dari rumah.

Cara saya menangkap katak

Saya pertama melihat katak menempel di ember yang ada airnya. Buru-buru saya tutup ember tersebut dengan keramik yang kebetulan ada di sekitar situ sambil berfikir cara memindahkannya ke tempat lain. Akhirnya saya mengambil kantong keresek putih dan berhasil memindahkan katak tersebut ke kresek putih sebelum akhirnya di buang ke kavling rumah yang masih kosong dan banyak rumputnya. Hari itu saya lega karena sudah berhasik menangkap katak.

lokasi penangkapan katak
lokasi penagkapan katak
Keesokan harinya saat kami bermain di  belakang rumah anak saya menemukan katak yang lebih besar menempel di sudut tembok halaman belakang.
Saya berfikir bagaimana cara terbaik menangkap katak di posisi yang sulit tersebut karena saya takut saat mau ditangkap katak tersebut akan meloncat atau mengencingi kami.

Saya lihat dulu di internet bagaimana cara menangkap katak yang menempel di dinding, ternyata tidak menemukan cara yang tepat tapi saya jadi tahu bahwa katak itu ternyata binatang noktural, yaitu jenis binatang yang aktif di malam hari dan tidur di siang hari.

Mengetahui informasi ini membuat saya jadi lebih PeDe dalam menangkap katak, jadi saya berasumsi bahwa mereka tidak akan melakukan gerakan tiba tiba ataupun meloncat saat di tangkap.

Meskipun demikian sebahai tindakan preventif takutnya katak tersebut melompat ke arah kita ataupun mengencingi kita maka saya memakai jaket dan help. Persis seperti mau naik motor.

Saya menggunakan kantong kresek putih yang agak besar membereranikan diri menangkap katak tersebut. Betul seperti perkiraan saya bahwa katak tersebut tidak banyak bergerak sehingga mudah masuk ke kantong kresek. Setelah masuk ke kresek, saya buang katak tersebut ditempat yang sama dengan saya membuang katak sehari sebelumnya.

Oya saat menangkap katak yang menempel di sudut dinding, anak saya juga memberitahukan ada katak lain yang menempel di tangga alumunium. Dengan cara yang sama dengan menangkap katak tersebut menggunakan kantong kresek putih dan membuangnya di rerumputan yang sama.

Total dalam 2 hari kami sudah menangkap 3 katak dalam 2 hari dengan cara yang sederhana.
lokasi pembuangan katak
lokasi pembuangan katak
Inilah lokasi pembuangan ke 3 katak yang berhasil saya tangkap di belakang rumah. Saya harap dia akan mereka akan hidup lebih baik disini tanpa menakut-nakuti kami lagi ha ha...
Semoga bermanfaat.

Cara Menangkap Katak di Halaman Belakang Rumah Cara Menangkap Katak di Halaman Belakang Rumah Reviewed by Yunar Winardi on May 12, 2019 Rating: 5

No comments:

Komentar di moderasi, silahkan login menggunakan account Google anda untuk berkomentar, komentar dari user unknown tidak akan ditampilkan. Terimakasih.

Powered by Blogger.