Buah Tin, Buah Surga yang Kaya Manfaat

Siapa yang tak kenal buah Tin? Meski tak berasal dari Indonesia, buah ini cukup familiar di telinga masyarakat. Buah Tin adalah nama lain dari buah ara. Sedangkan nama laTinnya yakni Ficus carica L. Buah Tin tumbuh di wilayah Asia Barat seperti Afganistan dan Balkan. Nama Tin sendiri diambil dari bahasa Arab. Buah ini bahkan disebutkan dalam kitab suci umat Islam yakni Alquran, khususnya pada surah At-Tin. Tak hanya Alquran, beberapa kitab suci agama lain seperti Alkitab dan Taurat juga menyebutkan jenis buah ini. Konon, buah ini pun menjadi salah satu makanan favorit Cleopatra semasa hidupnya. Nah, dibalik keistimewaan buah Tin tersebut ternyata menyimpan segudang manfaat. Maka tak heran jika banyak orang menyebut buah Tin adalah buah surga.
buah tin


Macam-macam Jenis Buah Tin

Sebelum mengetahui lebih jauh tentang manfaat buah surga ini, sebaiknya Anda kenali dulu beragam jenis buah Tin. Tentunya tidak semua jenis buah Tin ada di Indonesia. Untuk membeli bibit buah Tin di negeri ini pun tidak mudah. Biasanya bibit bisa diperoleh dengan cara dipesan dari Arab sehingga harga buah Tin cukup mahal. Kendati demikian kini buah Tin telah banyak dibudidayakan di berbagai negara. Berikut adalah jenis-jenis buah Tin di seluruh dunia.

1. Tin Kuning

Buah Tin kuning mengandung cairan yang menyerupai madu pada bagian dalam buah. Rasa buah Tin jenis ini cukup manis. Tingkat kematangan buah Tin ini dilihat dari warnanya. Yakni hijau muda hingga kuning tua. Varietas dari buah Tin kuning ini antara lain White Genoa, Green Yordan, White Marseilles, Long Yellow, Syrian Long, dan masih banyak lagi. Namun, ada jenis buah Tin kuning yang menjadi unggulan yakni varietas Green Yordan. Varietas jenis ini bisa diolah menjadi manisan, jus, selai, atau dikeringkan layaknya kismis.

2. Tin Ungu

Jenis buah Tin ini berwarna ungu namun mempunyai rasa manis dan sangat enak. Aromanya pun menyenangkan. Varietas buah Tin ungu ini antara lain Sultana, Purple Yordan, dan LSU Purple. Untuk jenis ini varietas unggulannya adalah Purple Yordan. Warna Purple Yordan adalah ungu cenderung kehitaman. Bentuk daunnya pun berbeda dari jenis lainnya yakni menjari dengan ruas daun tiga buah. Sementara jenis lain ruas daunnya mencapai lima buah. Purple Yordan pun terbilang mudah beradaptasi jika ditanam di Indonesia.


3. Tin Merah

Tak kalah dengan Tin ungu, rasa buah Tin merah juga dikenal lezat dan manis. Warnanya yang merah menjadi daya tarik dari jenis buah Tin yang satu ini. Varietas buah Tin sangat banyak. Seperti Blue Giant, Texas Everbearing, Red Italia, Brown Turkey, LSU Red, dan lain-lainnya. Adapun varietas Tin merah Brown Turkey, merupakan jenis unggulan. Daging buahnya berwarna merah dan rasanya sangat manis. Pohon buah Tin varietas tersebut juga lekas berbuah.


4. Tin Hitam

Nampaknya hampir semua jenis buah Tin memiliki rasa lezat. Tin hitam pun termasuk diantaranya. Varietasnya juga beragam seperti Hardy Chicago, Black Bethlehem, Black Genoa, Blue Giant, Noire de Caromb, dan lain sebagainya. Untuk jenis ini, varietas unggulannya adalah Blue Giant. Bobot varietas buah Tin ini sekitar 70-80 gram. Pohon buah Tin Blue Giant juga dikenal sangat produktif.


5. Tin Jumbo

Buah Tin jenis ini disebut jumbo karena memiliki besar lebih dari 100 gram. Varietasnya antara lain Dauphine, Madeline, Taiwan Golden Fig, dan Barnisoite Noire. Ada pula salah satu jenis buah Tin jumbo yang berhasil tumbuh di Indonesia yakni varietas Fiorone Di Ruvo. Berat buah Tin itu bisa mencapai 300 gram.

Pada dasarnya buah Tin bisa tumbuh subur di mana saja. Baik daerah tropis, wilayah mediteranian, hingga negara empat musim. Setiap daerah pun mempunyai karakteristik cuaca yang bisa disesuaikan dengan beragam jenis buah Tin yang ada. Di Indonesia misalnya, beberapa jenis buah Tin yang cocok ditanam antara lain Brown Turkey, Green Yordan, Purple Yordan, Conadria USA, Brown USA, Black Ischia Italy, Red Khurtmani, dan Negronne France.

Beragam Manfaat Buah Tin


Buah Tin menyimpan banyak manfaat. Hal itu disebabkan kandungan zat yang dimiliki buah Tin. Ada zat sejenis alkalin di dalam buah Tin. Zat tersebut bisa menetralisir keasaman pada tubuh. Tak hanya itu, buah Tin juga mengandung zat-zat pembersih yang berguna untuk mengobati luka fisik. Unsur-unsur yang terdapat di dalam buah Tin juga tak kalah hebat. Antara lain unsur karbohidrat, yodium, protein, kalsium, fosfor, zat besi, fosfa, chlorin, magnesium, asam malic dan nicoTinic. Dari banyaknya zat baik yang terkandung, berikut manfaat buah Tin untuk kesehatan dan kecantikan. 
buah tin hijau


1. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Buah Tin mengandung banyak serat sehingga bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan. Mengonsumsi buah ini akan memudahkan Anda untuk buang air besar. Tak hanya itu, kandungan pekTin dalam buah Tin juga bisa menjaga kesehatan usus. Di wilayah Timur Tengah buah ini kerap digunakan untuk pencahar alami. Kandungan-kandungan tersebut juga bisa mencegah Anda dari penyakit kanker usus besar. Banyaknya biji yang ada di dalam buah Tin akan bekerja untuk mengeluarkan limbah dan lendir di usus besar, lalu membuangnya sebagai kotoran.

2. Menjaga Berat Badan

Bekerja sebagai pencahar alami, mengonsumsi buah Tin membantu Anda membuang kotoran dalam usus. Tak hanya itu, dalam satu buah Tin dengan berat 100 gram bisa mengandung 74 kalori. Kandungan kalori itu sangat bagus untuk menjaga keseimbangan berat badan Anda. Buah ini tentunya sangat cocok bagi Anda yang sedang menjalani program diet.


3. Meningkatkan Energi dan Tenaga

Bagi orang-orang Timur Tengah seperti Arab, merendam 2-4 buah Tin ke dalam susu selama semalam memberi efek luar biasa pada tubuh jika dikonsumsi esok paginya. Cara itu diyakini mampu meningkatkan energi dan stamina. Hal ini pun bermanfaat untuk para pria yang memiliki masalah seksualitas.


4. Bantu Mengatasi Diabetes

Salah satu manfaat buah Tin adalah bisa membantu mengatasi penyakit diabetes. Manfaat itu bisa Anda peroleh dengan mengonsumsi ekstrak buah Tin. Ekstrak tersebut akan memberi asupan vitamin E dan menormalkan asam lemak darah. Selain mampu menurunkan kadar gula dalam darah, daun buah Tin pun bermanfaat untuk meningkatkan sensitivitas hormon insulin. Hal itu berguna untuk memecah glukosa pada tubuh Anda. Ini membuktikan bahwa manfaat buah Tin dan daunnya sama-sama memiliki dampak luar biasa. 
pohon buah tin



5. Menurunkan Penyakit Darah Tinggi

Di dalam buah Tin terdapat banyak kandungan kalium rendah dan sodium. Unsur-unsur tersebut berfungsi untuk menurunkan penyakit tekanan darah Tinggi, serta bisa menenangkan saraf Anda. Selain itu kandungan senyawa mineral alami seperti omega-3, omega-6, magnesium, fosfor, dan fenol yang ada dalam buah Tin, juga bisa menurunkan tekanan darah Tinggi. Kandungan itu pun pada akhirnya akan mencegah Anda dari penyakit jantung koroner.


6. Menurunkan Kadar Kolesterol

Buah Tin dikenal dengan kandungan serat larut yang sangat baik. Para ahli bahkan berpendapat kandungan serat larut itu berkhasiat untuk menurunkan kadar kolesterol pada tubuh. Serat larut itu berupa pekTin. Ketika kandungan pekTin masuk ke dalam tubuh Anda, kolesterol akan dibersihkan dan dibuang melalui sistem sekresi. Entah itu keringat, BAB, atau air seni. Khasiat itu pun bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi buah Tin kering. Ada beberapa manfaat buah Tin kering, salah satunya yakni mengurangi kolesterol secara menyeluruh. Hal itu dikarenakan adanya kandungan asam lemak omega-6 dan omega-3. Adanya unsur pitosterol pada buah Tin kering juga bisa mengurangi sintesis, khususnya kolesterol alami pada tubuh.


7. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Beberapa manfaat buah Tin dan zaitun memiliki kesamaan khasiat, salah satunya meningkatkan kesehatan jantung. Keduanya memiliki kandungan antioksidan yang berguna untuk menangkal radikal bebas. Dengan begitu, buah Tin pun bermanfaat untuk mencegah risiko jantung koroner. Tak hanya itu, kandungan omega-6 dan omega-3 pada buah Tin bisa mengurangi serangan jantung. Senyawa kalium yang Tinggi di dalam buah Tin mampu menurunkan kadar natrium. Kadar natrium yang rendah ini akan mencegah Anda dari penyakit jantung. Setidaknya konsumsi buah Tin sekali sehari untuk menekan risiko penyakit mematikan tersebut.


8. Mengurangi Nyeri Ambeien

Jika Anda pernah mengalami nyeri ambeien, maka mengonsumsi buah Tin bisa menjadi solusi. Dari beberapa manfaat buah Tin hijau salah satunya adalah baik untuk atasi masalah wasir. Hal itu disebabkan adanya efek laksatif yang bisa membantu Anda mengurangi tekanan pada anus. Dengan begitu sistem sekresi Anda akan berjalan dengan normal. Selain itu, kandungan senyawa flavonoid yang cukup Tinggi turut mencegah radikal bebas serta peradangan karena wasir yang parah. Buah Tin juga dianggap sebagai obat wasir alami karena memiliki sifat anti-inflamasi, antispasmodic, dan pencahar.
olahan buah tin



9. Menjadi Sumber Nutrisi Lengkap

Sebelumnya telah disebutkan bahwa salah satu manfaat buah Tin kering adalah membantu atasi penyakit diabetes. Nah, ada juga manfaat lain dari buah Tin kering yakni memberi nutrisi lengkap yang baik untuk Anda maupun anak-anak. Diantaranya yakni kaya serat, mangan, magnesium, kalium, kalsium, tembaga, hingga vitamin K. Semua unsur tersebut sangat baik bagi tumbuh kembang anak-anak.


10. Mencegah Kanker dan Tumor

Sebuah penelitian dari Universitas Calabria mengungkapkan bahwa buah Tin memiliki senyawa yang dapat menurunkan risiko penyakit kanker. Diantaranya adalah senyawa bioaktif seperti fenol dan asam lemak yang bisa mencegah risiko penyakit kanker kulit. Lalu ada senyawa enzim proteolitik yang berguna untuk menghambat munculnya kanker lambung. Senyawa lainnya bahkan bisa mencegah risiko kamker usus besar, kanker perut, hingga kanker payudara. Di sisi lain, buah Tin juga mengandung phenol dan benzaldehide. Senyawa-senyawa tersebut diyakini mampu menghentikan jamur, parasit, hingga virus yang bisa menyebabkan tumor jinak muncul. Kandungan antioksidan yang ada pada buah Tin juga bisa mencegah risiko timbulnya rumor ganas.


11. Mengatasi Masalah Anemia

Buah Tin diyakini bisa mengoptimalkan pembentukan hemoglobin (HB) dalam darah Anda. Manfaat itu bisa Anda dapatkan karena buah ini mengandung zat besi. Anda bisa mengonsumsi buah Tin kering untuk mendapatkan kadar zat besi yang cukup. Dengan mencukupi kadar zat besi, hemoglobin dalam darah akan terkunci sehingga masalah anemia atau kekurangan darah bisa diatasi.


12. Menguatkan Tulang

Kandungan kalium, kalsium, dan magnesium yang ada di dalam buah Tin berguna untuk menguatkan tulang Anda. Unsur-unsur tersebut mampu meningkatkan ketahanan dan kepadatan tulang. Dengan mengonsumsi buah Tin Anda bisa mengurangi kerusakan tulang seiring bertambahnya usia atau risiko osteoporosis. Lebih dari itu, buah Tin juga kaya akan fosfor yang bisa meningkatkan pembentukan tulang Anda. Cukup denga mengonsumsi 100 gram buah Tin, Anda bisa mendapatkan 241 miligram kalsium. Jumlah kandungan kalsium itu bahkan dua kali lipat lebih Tinggi dari kalsium susu.


13. Membantu Meningkatkan Kesuburan

Dari beberapa khasiat, salah satu manfaat buah Tin untuk kesuburan tentu sangat berarti bagi pasangan suami istri. Kandungan zat besi yang ada di dalam buah Tin membantu Anda meningkatkan kesehatan ovulasi dan telur. Senyawa kalsium dan serat pada buah Tin pun mampu membersihkan xenoestrogen dan kelebihan estrogen.


14. Mencegah Rambut Rontok

Buah Tin kaya akan vitamin C dan vitamin E. Kandungan vitamin itupun menjadi salah satu manfaat buah Tin untuk rambut agar tumbuh dengan baik. Kandungan magnesium pada buah Tin juga mampu meningkatkan pertumbuhan rambut Anda. Hal itu dikarenakan buah Tin mampu merangsang peredaran darah di area kulit kepala. Dengan begitu rambut Anda tidak mudah rontok. Ekstrak buah Tin juga bagus untuk melembapkan kulit kepala Anda.


15. Baik untuk Ibu Hamil

Kandungan buah Tin yang juga tak kalah luar biasa yakni berguna untuk ibu hamil. Manfaat buah Tin untuk promil itu bisa diperoleh melalui kandungan asam folat, kalsium, protein, serat, dan bermacam mineral alami lainnya. Hanya dengan mengonsumsi satu buah Tin, Anda yang sedang hamil bisa mengoptimalkan janin. Sedangkan untuk Anda yang baru saja melahirkan, mengonsumsi buah Tin bisa mengganti banyak zat besi yang hilang. 
buah  tin ungu



16. Mencegah Penuaan Dini dan Menopause pada Wanita

Ini adalah salah satu manfaat buah Tin untuk kecantikan. Berdasarkan penelitian, dalam ekstrak buah Tin terdapat efek anti-kologenase dan anti-oksidan. Kandungan itu berguna untuk mencegah keriput. Jika Anda menggunakan buah Tin sebagai masker pada wajah, khasiatnya juga tak kalah hebat. Anda hanya perlu menghaluskan buah Tin lalu tambahkan madu atau yogurt plain. Setelah itu oleskan masker tersebut pada wajah Anda. Diamkan selama kurang lebih 15 menit. Gunakan masker tersebut secara ruTin lalu lihat hasilnya.


17. Merawat Kecantikan Kulit

Di dalam buah Tin terdapat kandungan coumarins. Unsur tersebut mampu merawat kesehatan kulit Anda. Hal itu dikarenakan sifat coumarins sebagai antioksidan sehingga bisa mencegah radikal bebas yang menyebabkan kulit rusak. Tak hanya itu, kandungan vitamin C yang ada juga diyakini bisa mencerahkan kulit serta mengoptimalkan regenerasi sel baru.


18. Mengatasi Kulit Berjerawat

Salah satu penyebab jerawat adalah akibat pori-pori Anda tersumbat oleh minyak atau kotoran yang menempel pada wajah. Nah, buah Tin memiliki khasiat yang berguna mengatasi hal tersebut. Dengan adanya kandungan mineral alkali maka pH kulit Anda bisa dikendalikan. Tak hanya itu, kandungan tersebut juga bisa membersihkan pori-pori kulit dan masalah penyumbatan. Cukup dengan mengonsumsi buah ini setiap hari. Cara lainnya, Anda bisa gunakan buah Tin sebagai masker wajah.

Begitu banyak manfaat buah Tin bagi tubuh Anda. Kini saatnya Anda membiasakan untuk mengonsumsinya secara ruTin. Lalu, buktikan sendiri khasiat dari buah surga ini.

0 Response to "Buah Tin, Buah Surga yang Kaya Manfaat "

Post a Comment

Komentar di moderasi, silahkan login menggunakan account Google anda untuk berkomentar, komentar dari user unknown tidak akan ditampilkan. Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan ditengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel