Khasiat Ajaib Buah Bit, Si Umbi Merah yang Tidak Banyak Orang Tahu

Buah bit memiliki ciri fisik yang cukup unik yaitu berbentuk agak bulat. Pada umumnya, berukuran sebesar kepalan tangan dan berwarna ungu tua kemerahan. Buah Bit adalah salah satu keluarga umbi-umbian atau Amaranthaceae-Chenopodiaceae, jadi masih satu keluarga dengan lobak, wortel dan sayuran berakar lainnya. Buah ini awalnya dikonsumsi oleh masyarakat Afrika, lalu menyebar hingga ke wilayah Eropa dan Asia. Di Indonesia, belum banyak yang mengetahui dan mengkonsumsi buah yang satu ini karena memang masih belum dibudidayakan dengan intensif. 
buah bit


Jika Anda mengetahui manfaat apa saja yang terkandung di dalam umbi merah ini, Anda akan terkejut dan jatuh cinta. Banyak penelitian yang menyatakan bahwa buah Bit memiliki kandungan nutrisi melimpah. Buah Bit juga dikenal sebagai obat mujarab untuk melawan berbagai penyakit dari yang sederhana hingga penyakit mematikan. Banyak orang yang sudah berhasil sembuh berkat keampuhan yang dimiliki oleh buah satu ini.

Kandungan Nutrisi yang Tak Terduga Dalam Buah Bit


Siapa yang menyangka buah bit merah memiliki nutrisi sangat melimpah dan banyak memberikan manfaat. Dengan deretan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, buah bit menjadi salah satu buah yang tidak banyak dilirik oleh orang. Berikut ini adalah daftar kandungan nutrisi dalam 100 gram buah bit. Diantaranya adalah :

1. Kalori sebanyak 43kcal

2. Karbohidrat sebanyak 9,56gram

3. Protein sebanyak 1,61gram

4. Serat sebanyak 2,8gram

5. Kalsium sebanyak 16mg

6. Magnesium sebanyak 23mg

7. Kalium sebanyak 325mg

8. Sodium sebanyak 78mg

9. Zat Besi sebanyak 0,8mg

10. Fosfor sebanyak 40mg

11. Vitamin A sebanyak 2µg

12. Vitamin C sebanyak 4,9mg

13. Vitamin E sebanyak 0,004mg

14. Vitamin K sebanyak 0.2 µg

15. Vitamin B1 (Thiamine) sebanyak 0,031mg

16. Vitamin B2 (Riboflavin) sebanyak 0,04mg

17. Vitamin B3 (Niacin) sebanyak 0.334mg

18. Vitamin B5 (Pantothenic acid) sebanyak 0,155mg

19. Vitamin B6 sebanyak 0,067mg

20. Vitamin B9 (Folat) sebanyak 109µg

Tak hanya pada umbinya, seluruh bagian dari pohon buah bit ini dapat dikonsumsi dan juga sama mengadung banyak nutrisi. Seperti pada daunnya yang mengandung Magnesium, Potasium, Tembaga, Mangan, Protein, Fosfor, Zinc, Serat, Vitamin B6, Vitamin A, Vitamin C, Kalsium, dan Zat besi, daun buah bit bahkan mengandung zat besi lebih tinggi dari pada sayur bayam. Sangat mengagetkan bukan?
manfaat buah bit


Daun buah bit diketahui memiliki kemampuan dahsyat dalam menangkal penyakit osteoporosis atau pengeroposan tulang karena mengandung kalsium sangat tinggi, mencegah terserangnya penyakit alzeimer dan juga meningkatkan kemampuan tubuh dalam melawan penyakit melalui antibodi yang kuat dan tangguh.

Keajaiban Khasiat Buah Bit

Sebagai buah yang mengandung banyak sekali nutrisi baik, tidak heran jika buah ini mampu memberikan khasiat atau manfaat tak terduga pada orang yang mengkonsumsinya. Tidak hanya untuk kesehatan, manfaat buah bit untuk kecantikan juga sangat banyak. Mari cek daftar kemampuan buah bit ajaib ini.

1. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Penyakit jantung pada umumnya disebabkan oleh kolesterol jahat (LDL) dan trigliserida. Serat yang terkandung dalam buah dan daun bit memiliki kemampuan untuk menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik. Buah ini diketahui memiliki Phyto-nitrat yang bisa membantu tubuh dalam menurunkan tekanan darah. Selain itu, Phyto-nitrat juga akan membuka pembuluh darah agar aliran darah menjadi lancar. Dengan tekanan darah yang lancar, jantung pun akan memompa dengan maksimal sehingga kerjanya menjadi lebih ringan.


2. Mencegah Bayi Lahir Cacat

Nutrisi yang harus didapatkan bayi selama dalam kandungan harus benar-benar terpenuhi dengan baik. Semua nutrisi tersebut memiliki fungsi tersendiri dalam pembentukan dan pertumbuhan janin. Salah satunya adalah asam folat yang diketahui sangat penting sekali. Janin yang kekurangan asam folat, akan mengalami hambatan dalam perkembangannya. Bukan tidak mungkin ia akan lahir cacat. Buah bit untuk ibu hamil sangat diperlukan karena kandungan Vitamin B9 atau asam folat yang sangat tinggi. Ini menjadi solusi akan defisit asam folat. Asam folat dalam buah bit akan memenuhi kebutuhan janin.


3. Mencegah Penyakit Kanker

Kanker diketahui muncul akibat adanya zat nitrat yang merangsang pembentukan zat nitrosiamin. Nitrosiamin merupakan unsur yang memicu pertumbuhan sel kanker dalam tubuh. Zat nitrat biasanya masuk ke dalam tubuh melalui proses pencernaan. Umumnya zat nitrat adalah zat yang dipergunakan untuk mengawetkan daging.

Buah bit memiliki kandungan betasianin. Zat ini efektif untuk menghalangi pertumbuhan sel kanker. Betasianin menghalangi mutasi sel yang disebabkan Nitrosiamin sehingga sel kanker tidak akan mampu tumbuh. Jika sel kanker mati, tentu saja bahaya penyakit kanker dapat dihindari. Banyak studi menyebutkan bahwa ada beberapa kanker yang bisa dicegah dengan buah bit. Contohnya adalah pankreas, payudara, prostat, usus besar, kulit hingga paru-paru.


4. Meningkatkan Kesehatan Liver atau hati

Hati merupakan bagian tubuh yang berperan dalam melawan dan menetralisir racun masuk. Proses penetralisir racun ini dinamakan detoksifikasi. Hal ini berdasarkan penelitian yang dilakukan di Polandia. Para peneliti menguji keampuhan but bit dengan memberikannya kepada tikus percobaan yang sedang dalam kondisi sakit atau mengalami kerusakan sel. Tikus-tikus yang diberi buah bit secara rutin mencapai tingkat kesehatan signifikan. Mereka beranjak lebih sehat dan kuat. Tikus-tikus ini menunjukkan adanya perbaikan pada kadar enzimnya dan organ detoksnya mengalami peningkatan dalam mengeluarkan racun.


5. Mencegah Katarak

Buah bit mengandung vitamin A cukup tinggi. Betakarotennya mampu melawan munculnya gejala katarak. Di samping itu, vitamin A merupakan antioksidan yang sangat baik jadi aman sekali untuk dikonsumsi oleh orang lanjut usia.


6. Memperlancar sistem pencernaan dan menurunkan berat badan

Buah bit mengandung serat cukup tinggi. Serat berperan penting dalam kelancaran pencernaan makanan dan membantu proses pencernaan agar tetap berjalan lancar dan teratur. Di samping itu, buah bit juga kaya akan protein dan karbohidrat. Kedua senyawa inilah yang akan membantu menurunkan berat badan. Serat, protein dan karbohidrat dapat bertahan cukup lama sehingga mengurangi kemungkinan kondisi Anda merasa lapar lagi. itulah mengapa banyak orang mengkonsumsi buah bit untuk diet.


7. Mencegah gangguan pernafasan

Gejala Asma dapat dicegah dengan makanan mengandung vitamin C tinggi. Seperti halnya buah bit, buah yang kaya vitamin C ini dipercaya mampu mencegah munculnya atau gejala penyakit asma, serta meningkatkan kekebalan tubuh. Kandungan betakarotennya juga efektif untuk mencegah terjadinya kanker paru-paru.


8. Penambah Energi atau stamina

Banyak para olahragawan atau atlit yang menggunakan jus buah bit untuk membantu mendongkrak energi dan stamina mereka ketika berlatih. Buah bit mengandung nitrit alami yang akan berubah menjadi nitrik oksida saat mereka dikonsumsi. Oksigen dapat dihemat karena kinerja nitrik oksida ini. Itulah sebabnya, meskipun dilakukan olah raga cukup berat, stamina olahragawan ini agak terjaga karena pemakaian oksigen lebih sedikit dan tidak menguras tenaga.

Beberapa penelitian menyebutkan bahwa meminum jus buah bit akan mampu meningkatkan sekitar 16 persen penggunaan dari asupan oksigennya. Hal ini berarti bahwa setiap kadar oksigen yang dipergunakan akan dimanfaatkan dan diubah menjadi energi 16 persen lebih banyak dari pada tidak meminum jus buah bit.


9. Mengatasi Inflamasi dan Menguatkan sel darah putih

Inflamasi adalah suatu bentuk respon yang muncul ketika ada satu bagian tubuh yang terkena atau mengalami cedera, seperti infeksi dan terbakar. Zat betain dalam buah bit berperan sangat penting dalam hal ini. Zat ini akan melindungi sel, enzim dan protein dari cedera yang terjadi di sekitarnya. Dengan meminimalis terjadinya inflamasi, beberapa penyakit kronis pun juga akan terhindar.

Vitamin C dalam buah bit mampu merangsang tumbuh dan berkembangnya sel darah putih. Sel darah putih ibaratnya adalah tentara dalam tubuh kita. Sel darah putih akan melawan infeksi, penyakit yang dibawa oleh jamur, virus ataupun bakteri. Dengan tentara yang kuat, virus dan bakteri yang masuk akan dimusnahkan sehingga tidak berujung menjadi penyakit.


10. Merawat Kecantikan kulit

Buah bit tidak bisa disangkal kandungan dan manfaatnya. Selain sangat bermanfaat untuk kesehatan, buat bit juga memberikan manfaat yang tak terduga untuk kecantikan. Salah satunya adalah untuk kecantikan kulit Anda. Buah bit diketahui mengandung antioksidan dan senyawa fenolik. Kedua senyawa ini mampu menangkal radikal bebas dan mencegah kerusakan DNA termasuk juga sel-sel kulit. Anda dapat mencegah datangnya keriput lebih dini, dengan kata lain bisa mencegah proses penuaan dini.
jus buah bit



11. Menjaga kesehatan dan fungsi otak

Buah bit berperan penting dalam membantu kelancaran sirkulasi darah ke otak. Dengan aliran darah lancar, kemungkinan datangnya demensia dapat dihambat. Kinerja otak akan lebih optimal dan jauh lebih sehat. Demensia merupakan penyakit yang paling ditakuti karena menyebabkan penurunan kemampuan berfikir dan mengingat.

Banyak sekali bukan keuntungan yang diberikan oleh buah kecil yang satu ini. Meskipun secara ukuran, buah ini terbilang kecil namun secara manfaat yang dihasilkan sangat besar dan berpengaruh. Apakah Anda tertarik untuk mengkonsumsi buah bit ini? Untuk mengkonsumsi buah bit, diperlukan perlakuan khusus. Berikut ini cara mengolah buah bit agar aman dan memberikan manfaat maksimal.

Cara Mengolah dan Mengonsumsi Buah Bit yang Benar


Seperti halnya umbi-umbian, buah bit juga cukup enak jika dikonsumsi secara langsung. Buah ini memiliki tekstur agak keras namun rasanya manis. Berikut ini adalah cara-cara untuk mengonsumsi buah bit agak rasanya lebih enak. Diantaranya adalah :

1. Membuat Jus Buah Bit

Seperti halnya buah wortel, Anda bisa membuat jus dari buah bit. Warna yang dihasilkan sangat menarik yaitu merah menyala. Jus buah bit akan semakin enak jika ditambahkan madu atau susu. Namun jika Anda sedang melakukan diet, perhatikan penambahan gula atau susunya agar proses diet Anda tidak sia-sia.


2. Mencampurnya ke dalam salad

Tekstur buah bit agak keras seperti buah Apel Malang. Anda bisa menggunakan buah bit sebagai pengganti kentang kukus. Buah ini bisa dimakan mentah karena Anda akan mendapatkan khasiatnya secara langsung dan maksimal.


3. Dengan cara dipanggang

Cara berikutnya adalah dengan cara memanggang buah bit. Buah bit sudah dikupas dan dibersihkan, dipotong-potong sesuai selera kemudian panggang menggunakan oven. Lebih baik lagi jika Anda menggunakan alumunium foil sebagai pembungkus sebelum memanggang buah bit. Alumunium foil ini akan membantu mengurangi kehilangan nutrisi buah bit dan membuatnya lebih empuk dan lembut. Sebelum dipanggang, Anda bisa memberikan taburan garam, merica, lada, jeruk nipis atau sedikit penyedap rasa.


4. Mengolah Menjadi Es Krim Bit

Buah bit juga bisa diolah menjadi es krim. Kadang kala, anak kecil sangat sulit untuk diberi sajian berupa jus buah bit atau buah bit dipanggang. Anda bisa membuat es krim dari buah bit ini. Es krim buah bit akan menghasilkan warna cantik sehingga akan disukai oleh anak-anak. Anda bisa menyelam sambil minum air, artinya memberikan makanan bernutrisi tinggi tanpa mengabaikan makanan kesukaan anak-anak.


5. Membuat Cake Bit

Cake yang sedang naik daun dan kekinian saat ini adalah cheese cake. Selain rasanya nikmat, cheese cake mempunyai tampilan menggoda. Kue ini sangat empuk dan lembut hingga membuat siapa saja yang melihatnya menjadi berminat ingin mencoba. Membuat cheese cake dari buah bit patut dicoba. Dengan tidak mengurangi bentuk aslinya, tambahan buah bit akan semakin mempermanis bentuk dan tampilan cheese cake.


6. Membuat bubur buah bit

Bubur buah bit atau yang dikenal dengan nama hummus bit adalah merupakan salah satu olahan makanan dengan menggunakan bahan dasar buah bit. Buah bit yang sudah dicuci dengan bersih, dipanggang dalam oven bersuhu sekitar 200 derajat celcius selama beberapa menit. Anda tidak perlu mengupasnya terlebih dahulu, cukup bungkus dengan alumunium foil. Jika sudah selesai dipanggang, segera kupas buah bit dengan cara mengulitinya. Tekstur buah bit akan berubah menjadi empuk dan lembut. Kemudian, Anda bisa menghancurkan buah bit dengan blender atau food processor dan menambahkan bahan campuran lain seperti olive oil, kacang-kacangan dan lain sebagainya.

Hal-hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Mengonsumsi Buah Bit


Memasak buah bit tidak boleh dilakukan dalam waktu terlalu lama. Meskipun tekstur aslinya cukup keras, namun setelah mengalami proses pemanasan selama beberapa menit, buah bit akan berubah menjadi lembut, lembek dan sedikit manis. Rasa manis merupakan kandungan glukosa dalam buah bit. Selain dipanggang, buah bit juga bisa dikukus dan direbus. Hal yang harus Anda ingat adalah jangan merebus, mengukus, memanggang, dan proses memasak yang lainnya terlalu lama. Proses pemanasan yang terlalu lama akan merusak kandungan zat atau senyawa baik dalam buah bit, terutama kandungan asam folat dan kaliumnya.
buah bit mentah


Buah bit memang mengandung banyak nutrisi baik untuk tubuh, namun buah ini juga memiliki kekurangan yaitu bahwa buah bit mengandung gula cukup tinggi. Oleh sebab itu, buah bit tidak disarankan untuk dikonsumsi secara berlebihan bagi penderita diabetes. Mengonsumsi satu buah bit akan memberikan kenaikan kadar gula darah cukup signifikan, inilah bahaya buah bit. Oleh sebab itu berhati-hatilah dalam mengonsumsi buah bit terutama bagi Anda penderita penyakit diabetes.

Buah bit memang belum terlalu terkenal dan diminati oleh masyarakat Indonesia meskipun harga buah bit tidak terlalu mahal. Umbi yang satu ini masih jauh peminatnya dibandingkan dengan peminat wortel, tela ungu dan jenis umbi lainnya. Meskipun bukan buah populer, buah bit tidak bisa disepelekan. Kandungan mineral dan protein tingginya membuat buah ini menjadi salah satu buah yang memiliki puluhan khasiat untuk penyembuhan berbagai macam penyakit.

Khasiat Ajaib Buah Bit, Si Umbi Merah yang Tidak Banyak Orang Tahu Khasiat Ajaib Buah Bit, Si Umbi Merah yang Tidak Banyak Orang Tahu Reviewed by Yunar Winardi on May 23, 2019 Rating: 5

No comments:

Komentar di moderasi, silahkan login menggunakan account Google anda untuk berkomentar, komentar dari user unknown tidak akan ditampilkan. Terimakasih.

Powered by Blogger.