Menakjubkan, Ini 17 Fakta Taj Mahal Bangunan Tua yang Indah

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan salah satu keajaiban dunia yang terletak di Agra, India ini. Ya, Taj Mahal sebagai mahakarya dari arsitektur Mughal. Taj Mahal memiliki nilai sejarah dan artistik yang tinggi. Monumen yang dalam sejarahnya merupakan simbol cinta terhadap Mumtaz Muhal ini menyimpan sejumlah fakta menarik yang jarang diketahui. Maka dari itu, kali ini kita akan memaparkan kepada Anda fakta Taj Mahal, bangunan tua yang indah.
taj mahal


Latar Belakang di Bangunnya Taj Mahal


Setiap berdirinya monumen tentu memiliki sejarah di belakangnya, termasuk juga Taj Mahal. Berdasarkan catatan sejarah Taj mahal dibangun pada tahun 1631-1653 di Agra, India. Bangunan ini berdiri atas titah Kaisar Mughal Shah Jahan. Berikut sejarah berdirinya Taj Mahal.

1. Kisah Cinta Kaisar Shah Jahan dan Mumtaz Mahal

Sejarah berdirinya Taj Mahal bermula dari kisah cinta luar biasa Shah Jahan dan Mumtaz Muhal. Jika selama ini kita hanya mendengar kisah cinta Romeo dan Juliet atau Qais dan Majnun yang penuh pengorbanan, di India kisah Shah Jahan kepada Mumtaz Muhal adalah bukti nyata kesetiaan dan cinta yang begitu mendalam. Perlu diketahui, Shah Jahan merupakan gelar dari Raja Muhammad Syihabuddin dan nama asli Mumtaz Mahal adalah Arjumand Banu.

Kisah cinta mereka bermula ketika Shah Jahan melakukan inspeksi di wilayah kekuasaannya. Sesampainya di Meena Bazar, Shah Jahan bertemu dengan Arjumand Banu yang sedang menjajakan kain sutra dan manik-manik kaca. Paras cantik Arjumand membuat Shah Jahan jatuh hati.

Sebenarnya pada saat itu Shah Jahan telah memiliki dua istri. Namun, paras Arjumand yang mempesona dan tutur katanya yang indah membuat sang pangeran dengan penuh keyakinan mempersunting Arjumand. Akhirnya, Shah Jahan dan Arjumand Banu melangsungkan pernikahan pada tahun 1612.

Pada tahun 1628, pangeran Shah Jahan naik tahtan untuk menggantikan sang ayah sebagai raja Mughal. Arjumand Banu pun dianugerahi julukan "Mumtaz Mahal" yang berarti permata di Istana. Shah Jahan sangat mencintai istri ketiganya ini. Ke manapun sang raja pergi, permaisuri Mumtaz harus selalu berada di sampingnya. Selama 18 tahun pernikahan, mereka dikaruniai 14 orang anak.

Meskipun Mumtaz adalah istri ke-3 dari Shah Jahan, menurut penulis sejarah pengadilan resmi Qazwini, hubungan dengan istri pertama dan kedua tidak lebih dari status pernikahan. Raja Shah Jahan memberikan keintiman, kasih sayang yang mendalam, perhatian dan dukungan untuk Mumtaz Mahal lebih dari seribu kali dibandingkan kepada istri yang lainnya. Mumtaz Mahal adalah teman yang tak terpisahkan, menemaninya bahkan pada usaha militer, dan orang kepercayaan.

2. Lambang Cinta terhadap Permaisuri Mumtaz Mahal

Pada tahun 1630 terjadi pemberontakan di wilayah India Tengah. Shah Jahan bersama pasukan datang untuk memadamkan api pemborantakan tersebut, tak lupa Mumtaz Mahal juga ikut dalam rombongan. Setelah pemberontakan selesai, rombongan kembali pulang. Kemudian keadaan memilukan terjadi, Mumtaz jatuh sakit. Sang raja telah mendatangkan tabib terbaik untuk permaisuri tercintanya. Namun semua usaha itu gagal, Mumtaz menghembuskan nafas terakhir bersamaan dengan melahirkan anak ke-14 mereka.

Raja Shah Jahan sangat terpukul atas kejadian ini. Cinta yang mendalam sekaligus rasa bersalah menyelimuti perasaannya. Ia berjanji tidak akan menikah lagi dan membangun makam termewah sebagai lambang cintanya kepada Mumtaz Mahal. Kesedihan terus dirasakan sang raja, meski sudah satu tahun sepeninggal istrinya. Demi mewujudkan janjinya, Shah Jahan memerintahkan menterinya, yakni Ustadz Ahmad untuk merancang bangunan Taj Mahal. Proses pembangunan pun segera dilaksanakan dengan melibatkan 20.000 pekerja dan gajah untuk mengangkat bahan bangunan.

Fakta Keindahan , kemewahan, dan Biaya Taj Mahal

Raja Shah Jahan benar-benar ingin mewujudkan impiannya, yakni membuat makam terbesar dan terkompleks di dunia . Beliau menghabiskan waktu 6 bulan untuk memilih lokasi tempat mendirikan Taj Mahal. Keinginan tersebut telah terpenuhi karena Taj Mahal berhasil menjadi monumen luar biasa yang mengundang decak kagum hingga saat ini. Berikut keindahan Taj Mahal:

3. Gabungan dari Beberapa Arsitektur dari Beragam Tradisi

Taj Mahal dibangun dengan konsep gabungan beberapa arsitektur yakni India, Islam, dan Persia. Arsitektur ini diambil dari beragam tradisi. Ada konsep yang diambil dari budaya Hindu yakni sastra Vaastu yang hanya menggunakan 2 warna (putih Brahmana dan Merah Ksatria). Melalui ini Shah Jahan mendeklarasikan bahwa Mugal adalah Brahmin dan Ksatria India yang baru. Selain itu, ada pula Pietra sura dari Eropa dan elemen Islamik berupa kaligrafi.

4. Dinding dengan Ukiran Kaligrafi

Taj Mahal adalah maha karya yang dipersembahkan sebagai tempat penghormatan dan lambang cinta kepada Mumtaz Mahal. Maka dari itu, banyak sekali ditemukan kaligrafi yang menghiasi prasasti interior maupun eksterior bangunan. Bahkan makam Mumtaz Mahal juga dihiasi kaligrafi yang berisi pujian-pujian. Menariknya, disamping makam juga terdapat kaligrafi bertuliskan Asmaul Husna (99 nama Allah).

5. Dihiasi 28 Jenis Batu Mulia

Kemewahan benar-benar menghiasi Taj Mahal. Material yang digunakan dalam pembangunan Taj Mahal antara lain adalah marmer putih yang di bawa dari Rajasthan dan dihiasi 28 jenis batu mulia. Batu-batu mulia ini juga berasal dari tempat-tempat terbaik, yakni batu giok dan kristal dari Cina, pirus dari Tibet, batu akik dari Arab, lapis Lazuli dari Afganistan, safir dari Srilanka, yasper dari Punjab

6. Menghabiskan 32 Juta Rupee India

Taj Mahal dibuat dengan material dari tempat terbaik dan mendatangkan banyak pekerja, maka dari itu tak heran jika bangunan ini menghabiskan dana yang cukup fantastis. Mumtaz Mahal ini menghabiskan biaya 32 juta Rupee atau setara dengan 400 juta dollar Amerika.

Beberapa nama arsitek luar biasa didatangkan untuk mendesain Taj Mahal, diantaranya:

  • Ustad Isa dan Isa Muhammad Effensi dari Persia. Mereka merupakan anak didik dari Ottoman agung
  • Koza Mimar Sinan Agha yang disebutkan memiliki keahlian arsitektur yang hebat.
  • Ismail Khan dari kekaisaran Ottoman yang bertugas merancang kubah utama Taj Mahal. Dia merupakan bapak desainer pembangunan kubah di Asia pada saat itu.
  • Qazim Khan dari Lahore yang bertugas mencetak emas murni untuk memahkotai kubah utama Taj Mahal.
  • Chiranjilal dari Delhi yang bertugas di bidang mozaik dan mandor pemahat.
  • Amanat Khan dari Shiraz Persia, Iran adalah mandor yang menangani di bidang kaligrafi.
  • Muhammad Hanif bertugas di bidang material bebatuan
  • Mir Abdul Karim dan Mukkarimat Shiraz Khan mendapatkan tanggung jawab keuangan dan manajemen keseharian pembangunan.
  • 37 orang tergabung dalam tim kreatif yang terdiri dari pemahat dari Bukhara, kaligrafer dari Syria dan Persia, penata batu dari India Selatan, pemotong batu dari Baluchistan, spesialis pembangunan menara, dan pemahat Marmer.

7. Memiliki Empat Menara Miring 90 Derajat

Taj Mahal memiliki empat menara setinggi 130 kaki yang ternyata setelah diperhatikan menara tersebut miring 90 derajat ke arah luar. Hal ini bertujuan agar ketika terjadi gempa menara tidak akan menjatuhi makam.

8. Keindahan Taman Taj Mahal, Lambang Taman Surga

Taman Taj Mahal didesain menggunakan gaya Mugal Charbagh yaitu dengan membangun empat taman utama yang di buat simetris berukuran 320 meter kali 300 meter. Taman ini dihiasi dengan banyak bunga, jalan setapak, sungai kecil, pohon, dan air mancur. Melalui desain Mugalnya, taman ini ingin menunjukkan bahwa Taj Mahal adalah tempat indah layaknya surga. Keindahan semakin sempurna dengan adanya aliran empat sungai yang mengalir ke empat taman yang berasal dari satu sungai induk. Ini menjadi fakta Taj Mahal, bangunan tua yang indah.

Fakta Keajaiban Taj Mahal
Sebagai monumen yang termasuk dalam 7 keajaiban dunia, Taj Mahal memang memiliki keajaiban yang menakjubkan. Diantara keajaiban yang membuat geleng-geleng kepala, diantaranya:

9. Memiliki Ketahanan dari Berbagai Bencana dan Serangan

Berdasarkan catatan kontemporer dapat dilihat bahwa Raja Shah Jahan menginginkan Taj Mahal menjadi bangunan yang tahan dari berbagai serangan. Maka dari itu, dalam proses pembuatan pondasinya, bahan pasir diganti dengan batu-batuan dan beton dengan sumur kayu agar lebih kuat. Hasilnya, bangunan Taj Mahal dari bertahan dari gempa bumi dan banjir.

Selain itu, bangunan ini juga dipasangi perancah dan beberapa perbaikan dengan tujuan menambah lapisan perlindungan agar tahan dari serangan bom. Seperti diketahui, perang dunia kedua yang berlangsung di abad ke-19 menjadi salah satu ancaman besar bagi keindahan Taj Mahal. Hasilnya, hingga sekarang keajaiban bangunan Taj Mahal yang penuh harta berharga dapat terjaga dengan baik.

10. Bangunan paling Simetris

Dapat dikatakan bahwa Taj Mahal adalah bangunan yang sempurna. Bangunan Mausoluem ini berdiri sangat simetris. Seluruh dunia mengakui bahwa Taj Mahal adalah bangunan paling simetris. Struktur bangunannya memiliki empat sisi yang identik sempurna. Arsitektur Taj Mahal telah menerapkan prinsip replikasi dan simetri dalam geometri dan arsitekturnya.

Apabila diperhatikan maka separuh bangunan akan mencerminkan dari separuh yang lain. Namun terdapat dua makam yang berbeda ukuran, yakni makam raja Shah Jahan dan Mumtaz Mahal. Makam Shah Jahan lebih tinggi dari Mumtaz Mahal.

11. Berubah Warna Sesuai Perasaan

Raja Shah Jahan mendesain makan Mumtaz Mahal tepat berada di tengah bangunan dan menghadap marmer putih. Hal ini membuat cahaya yang terpantul akan berganti warna terkena pergerakan warna cahaya matahari. Pagi subuh akan tampak berwarna abu-abu, lalu saat matahari terbit akan berubah menjadi pink, saat siang hari berubah menjadi warna putih terang, dan saat sore hari berubah menjadi warna merah nyala. Perubahan warna ini diibaratkan layaknya perasaan Mumtaz Mahal.

Mitos dan Fakta Taj Mahal yang Jarang Diketaui

Ada beberapa perdebatan terkait Taj Mahal. Namun seiring berjalannya waktu hal itu telah terjawab, mana yang fakta dan mana yang hanya mitos belaka.

12. Taj Mahal Mulanya adalah Kuil Hindu

Terdapat konflik keagamaan terkait Taj Mahal. Salah satunya, penulis bernama PN Oak menyatakan bahwa Taj Mahal adalah Kuil Shiv (kuil hindu) dan istana Rajput yang dibangun oleh raja Hindu, Parmar Dev. Melalui tulisannya ia menyatakan bahwa kaisar Shah Jahan telah menyita bangunan itu dari Parmar. PN Oak mengajukan permohonan kepada pihak terkait untuk menggali lebih dalam bangunan itu demi membuktikan tulisannya, namun tuntutannya ditolak oleh Pengadilan Tinggi.

13. Mitos Potong Tangan Pekerja Taj Mahal

Ada mitos yang beredar di masyarakat bahwa Shah Jahan memotong semua jempol para kerja agar tidak dapat membangun replika Taj Mahal. Namun ternyata, setelah ditelusuri hal ini hanya mitos belaka.

14. Makam Sebenarnya Ada di Bawah Tanah

Tahukah Anda bahwa sebenarnya sarkofagus yang biasa dilihat oleh pengunjung dan dianggap sebagai makam merupakan sarkofagus kosong, karena kenyataannya makam yang ada di Taj Mahal terletak di bangunan bawah tanah dan tersembunyi. Makam Raja Shah Jahan terletak di sebelah istri ketiganya, istri yang dibuatkannya persembahan Taj Mahal, yakni Ratu Mumtaz mahal. Namun kisah pilu juga menyelimuti Shah Jahan, sebelum meninggal beliau dimasukkan ke dalam penjara yang menghadap ke Taj Mahal oleh anaknya sendiri.

Pada bangunan Taj Mahal hanya makam bawah tanah ini satu-satunya yang tidak dihiasi oleh ornamen indah ataupun didekorasi menggunakan batu-batuan mulia mahal, karena dalam Islam, terdapat larangan memperlakukan makam secara berlebihan (ghuluw).

15. Terjadi Pencurian Batu Mulia dan Rusaknya Taj Mahal

Pada tahun 1857 terjadi pemberontakan di India, kerusuhan terjadi di mana-mana, sehingga keamanan terhadap Taj Mahal tak dapat dilakukan dengan maksimal. Akibatnya, banyak batu mulia di dinding Taj Mahal yang hilang, diduga dicuri oleh orang-orang Inggris.

Selain itu, bangunan Taj Mahal juga mengalami kerusakan, yakni bagian taman dan gedung. Akhirnya, pada akhir abad ke-19, Lord Curzon seorang Raja Muda memerintahkan renovasi besar-besaran dan baru selesai di tahun 1908. Jadi, taman yang sekarang kita lihat ini adalah hasil renovasi namun bentuk dan strukturnya dibuat semirip mungkin dengan bentuk aslinya.

16. Pembatasan Wisatawan Berkunjung ke Taj Mahal

Jumlah wisatawan yang berkunjung ke Taj Mahal semakin meningkat dan beberapa bagian bangunan dikhawatirkan kondisinya. Oleh karena itu, lembaga yang mengatur operasional Taj Mahal, Archeological Survey of India, membuat kebijakan batasan wisatawan yang boleh berkunjung ke kompleks Taj Mahal per hari adalah 40.000 wisatawan. Namun tenang saja, pembatasan ini hanya berlaku bagi wisatawan lokal.

17. Ancaman Rusaknya Taj Mahal

Ahli lingkungan dan juga sejarawan mengatakan jika pondasi monumen Taj Mahal tidak segera di perbaiki, maka monumen Taj Mahal yang merupkan sebagai salah satu keajaiban dunia ini akan runtuh dalam waktu yang dekat.

Seperti diketahui, bangunan Taj Mahal berada tepat di pinggir sungai Yamuna dan keadaan menunjukkan bahwa sungai Yamuna semakin hari semakin mengering. Tak ada lagi air di Sungai Yamuna karena sungai telah dipenuhi sampah industri yang terus mengalir dari Delhi menuju ke taj mahal. Hal ini bisa menyebabkan ambruknya bangunan Taj Mahal karena kemungkinan terjadi pelapukan kayu pada struktur bangunan Taj Mahal.

Selain itu, Serangga yang berkembang biak di sungai Yamuna meninggalkan jejak berupa kotoran berwarna hijau dan hitam di dinding marmer bangunan Taj Mahal. Setiap hari para pekerja menyikat dinding Taj Mahal untuk membersihkan kotoran tersebut, tetapi dalam pembersihan tersebut juga menimbulkan risiko, yakni merusak mozaik bunga dan menguragi kehalusan dinding.

Nah, itulah fakta Taj Mahal, bangunan tua yang indah. Taj Mahal adalah bukti cinta Raja Shah Jahan kepada istrinya Mumtaz Mahal yang tak lekang oleh jaman. Bangunan ini menjadi lambang keromantisan dalam biduk asmara sepasang suami-istri. Bagi kita, meski tak dapat memberikan bangunan semegah Taj Mahal, namun penting seorang suami memberikan istri cinta-kasih sepenuhnya. Minimal membimbing istri untuk mencapai keridhoan-Nya agar kelak mendapat tempat yang lebih indah dari Taj Mahal.

0 Response to "Menakjubkan, Ini 17 Fakta Taj Mahal Bangunan Tua yang Indah"

Post a Comment

Komentar di moderasi, silahkan login menggunakan account Google anda untuk berkomentar, komentar dari user unknown tidak akan ditampilkan. Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan ditengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel