Ini 22 Fakta Mengenai Pisang Raja yang Jarang Diketahui

Pisang memiliki banyak varietas, salah satu yang populer di Indonesia adalah pisang raja. Pisang ini biasanya berisi 90 buah dalam satu tangkai. Aroma pisang raja begitu khas, yakni harum manis. Pisang Raja banyak ditemui di kawasan Asia Tenggara. Tapi tahukah Anda, ada beberapa fakta mengenai pisang raja yang jarang diketahui.

Apakah Anda suka memakan buah pisang raja? Jika iya, selamat, Anda akan merasakan berbagai macam manfaat baik dari rutin mengkonsumsinya. Buah yang berasal dari suku Musaceae ini selain rasanya enak dan bertekstur lembut, juga mengandung banyak nutrisi, diantaranya: zat besi, magnesium, kalium, potassium, vitamin C, vitamin A, vitamin B6, serat, niacin, mangan, dan riboflavin.

Yuk simak, beberapa fakta mengenai pisang raja

pisang raja

1. Ada Banyak Jenis Pisang Raja

Di Indonesia terdapat banyak macam pisang raja. Perbedaan dari beberapa jenis ini terletak pada ukuran, bentuk, warna, dan sedikit rasa. Berikut jenis-jenis pisang raja:

  • Pisang raja sereh. Jenis pisang ini memiliki kulit yang tipis, berwarna kuning kecokelatan, dan jika sudah matang akan timbul bintik-bintik cokelat gelap. Rata-rata pisang ini berukuran 10-15 cm. Dari segi rasa, pisang raja sereh memiliki rasa manis asam dengan daging berwarna putih lunak dan bau harumnya tidak tajam.
  • Pisang raja nangka. Ciri pisang ini kulitnya tetap berwarna hijau saat sedang matang, sama dengan ketika masih mentah. Pisang raja nangka adalah jenis yang paling banyak digunakan untuk olahan pisang, seperti keripik, pisang goreng, dll. Rasanya manis sedikit asam.
  • Pisang raja lawe. Pisang ini banyak dibudidayakan di daerah Banjarnegara, Jawa Tengah. Ukurannya lebih besar dari jenis yang lain, yakni sekitar 30 cm.
  • Pisang raja udang. Seperti halnya warna udang, kulit pisang ini berwarna merah atau keunguan. Orang banyak menggunakan pisang ini sebagai makanan diet. Di beberapa daerah pisang ini disebut juga pisang merah.
  • Pisang raja bulu. Pisang ini memiliki kulit yang tebal, ketika masak berwarna kuning dengan bintik cokelat. Dari segi rasa, pisang ini memiliki rasa manis dan legit, berwarna kuning kemerahan, berbau khas harum yang tajam, dan tanpa biji.
  • Pisang raja uli. Pisang ini berbentuk membulat memanjang. Kulitnya berwarna kuning kemerahan. Dagingnya manis serta harum.

2. Pisang Raja Termasuk Varietas Terbaik Di Indonesia

Pisang raja sereh dan raja bulu termasuk varietas pisang terbaik di Indonesia. Hal ini berdasarkan bentuk dan rasanya, serta manfaatnya yang lebih baik dibandingkan varietas lain. Berdasarkan penelitian Scientific Research, pisang yang kulitnya terdapat bintik atau bercak cokelat kehitaman, memiliki subtansi TNF (Tumor Necrosis Factor) yang dapat melawan sel abnormal dalam tubuh. Seperti diketahui, pisang raja sereh dan bulu memiliki kulit dengan bintik cokelat kehitaman. Sehingga buah ini dipercaya dapat mencegah perkembangan sel kanker.

3. Penderita Diabetes Jangan Terlalu Banyak Makan Pisang Raja

Pisang raja memiliki rasa yang lebih manis dibandingkan dengan varietas pisang lain. Ini dikarenakan kandungan fruktosa dalam pisang raja yang tinggi. Maka dari itu, jika Anda menderita diabetes, sebaiknya batasi porsi Anda dalam mengkonsumsi pisang raja.

4. Dokter Merekomendasikan Pisang Raja sebagai Asupan Gizi Bayi

Pisang raja mengandung banyak nutrisi dan memiliki tekstur daging yang lembut serta mudah dicerna, sehingga Dokter menyarankan agar jenis pisang ini yang digunakan sebagai makanan bayi. Caranya, haluskan pisang raja sampai benar-benar lembut, kemudian suapkan langsung pada bayi Anda.

5. Kulit menjadi Kencang setelah Pakai Masker Pisang Raja

Tidak hanya mendatangkan manfaat ketika dikonsumsi, pisang raja juga berguna sebagai masker wajah. Anda bisa mencoba menghaluskan pisang ini, kemudian oleskan di wajah secara merata. Diamkan masker pisang selama 15 menit, lalu bilas dengan air bersih. Jika cara ini rutin dilakukan, hasilnya wajah Anda akan lebih sehat dan kencang.

6. Ampuh Menghilangkan Jerawat

Bagi Anda yang sedang mengalami wajah berjerawat, Anda bisa mengobatinya dengan pisang raja. Gosokkan secara lembut pisang raja ke area kulit yang berjerawat, diamkan hingga kering, lalu bilas. Lakukan ini secara rutin hingga jerawat menjadi kempes dan hilang. Pisang ini juga efektif menghilangkan bekas jerawat Anda.

7. Pisang Raja Menguatkan Imunitas Tubuh

Kandungan Vitamin dalam pisang raja akan membantu menguatkan sistem imun tubuh Anda. Pisang raja kaya akan vitamin B6 yang mencukupi 20 persen dari jumlah harian yang diperlukan untuk asupan orang dewasa.

Vitamin B6 membantu tubuh memproduksi insulin, hemoglobin dan amino nonesensial. Zat-zat ini diperlukan untuk membuat sel-sel sehat. Hasilnya sistem imun juga semakin kuat.

Ketika sistem imun kuat, maka Anda akan terhindar dari penyakit yang disebabkan bakteri maupun virus. Anda bisa buktikan dengan mengkonsumsi pisang raja minimal satu buah dalam sehari.

8. Potassium Pisang Raja Membuat Tulang Semakin Kuat

Pisang raja mengandung potassium yang berfungsi menjaga kalsium dalam tubuh agar tidak hilang. Kalsium sangat baik untuk menguatkan tulang. Selain itu buah ini juga mengandung zat prebiotic yang membantu penyerapan nutrisi. Anda dapat mengkonsumsi pisang raja satu buah dalam sehari untuk menguatkan tulang.

9. Pisang Raja Dapat Mengobati Gangguan Penglihatan

Bagi Anda yang menderita gangguan penglihatan, disarankan untuk mengkonsumsi secara rutin pisang raja sebanyak 3 buah per hari. Kandungan vitamin A yang tinggi dalam buah ini sangat baik bagi kesehatan mata.

10. Efektif Menurunkan Tekanan Darah Tinggi (Hipertensi)

Pisang raja mengandung kalium yang tinggi dan sodium yang rendah. Hal ini dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan obesitas. Hipertensi sering disebabkan kadar garam tinggi dan kelebihan berat badan. Anda dapat menggunakan pisang raja untuk menurunkan tekanan darah tinggi dengan cara mengkonsumsi 1 buah setiap hari sebelum makan secara teratur.


11. Pisang Raja Menghindarkan dari Gangguan Pencernaan

Kandungan antiasid dalam pisang raja dapat membantu meringankan gangguan pencernaan yang Anda derita. Pergerakan usus menjadi lancar ketika Anda mengkonsumsi pisang ini. Hasilnya, Anda akan terhindar dari gangguan pencernaan, seperti magh, sembelit, infeksi usus, dan lain sebagainya. Sebagai pengobatan, konsumsi pisang ini 2-3 buah dalam sehari.

12. Membantu produksi sel darah merah lebih banyak

Bagi Anda yang menderita anemia atau kurang darah, pisang raja dapat Anda jadikan solusi untuk mengatasi. Pisang raja sangat kaya akan zat besi, sehingga dengan mengkonsumsi pisang raja dapat meningkatkan produksi sel darah merah.

13. Pisang Raja Membantu Menyehatkan Rambut

Pisang raja mengandung prydoxine atau vitamin B6 yang baik bagi kesehatan rambut Anda. Mengkonsumsi pisang raja secara teratur akan membantu Anda terhindar dari rambut rontok, bercabang, ataupun kering.

14. Menyembuhkan Masalah Ereksi

Bagi Anda yang mengalami disfungsi ereksi, Anda bisa mencoba mengatasi dengan mengkonsumsi pisang raja. Kandungan antioksidan yang tinggi dalam pisang ini dapat memperlancar aliran darah, sehingga masalah ereksi dapat teratasi.

15. Membantu Diet Agar Berhasil

Berdasarkan penelitian Dr Alan Hirsch dari Smell and Taste Treatment dan Research Foundation di Chicago, mencium aroma pisang ketika Anda lapar akan membuat otak terkelabuhui dan berfikir bahwa Anda sudah makan. Dengan begitu pisang merupakan pilihan yang tepat saat program diet.

16. Pisang raja menu pilihan yang tepat bagi Atlet

Atlet lari Yohan Blake dikabarkan mengkonsumsi 16 buah pisang dalam sehari. Mengapa demikian? Karena ternyata pisang dapat menguatkan otot-otot dalam tubuh. Berdasarkan studi Appalachian State University, memakan setengah pisang setiap 15 menit selama tes time trial bersepeda sama efektifnya dengan minuman karbohidrat khusus untuk olahraga setiap 15 menit. Maka dari itu jika Anda menginginkan otot yang kuat bagai atlet, rajinlah mengkonsumsi pisang mulai dari sekarang.

17. Pisang raja dapat membantu kesehatan jantung

Pisang raja kaya akan kandungan kalium yang berfungsi mengontrol tekanan darah sehingga kondisi kardiovaskular menjadi terjaga. Sebuah studi menunjukkan bahwa orang yang mengkonsumsi kalium secara cukup dapat menurunkan potensi terkena penyakit jantung 27 persen lebih rendah. Selain itu, pisang juga mengandung magnesium yang baik bagi kesehatan jantung.

18. Memproduksi Zat Serotin yang Membuat Tubuh Rileks

Zat serotin diperlukan bagi tubuh sebagai neutransmittor yang membuat tubuh semakin rileks. Kandungan asam amino dalam pisang dapat membantu tubuh memproduksi zat serotin. Hasilnya, ketika Anda memakan pisang, tubuh menjadi tenang dan suasana hati stabil tanpa menimbulkan efek samping yang merugikan.


19. Pisang Raja Mengurangi Resiko Terkena Batu Ginjal

Pisang raja mengandung senyawa fenolik antioksidan yang berfungsi melindungi ginjal. Apabila Anda mengkonsumsi pisang ini secara teratur, maka kadar potassium yang dibutuhkan tubuh akan lebih terpenuhi. Hasilnya, proses pembuangan kalsium dalam urin lebih lancar dan mengurangi resiko terkena batu ginjal. Namun hal ini juga perlu diimbangi dengan minum air putih dalam jumlah cukup. Anda disarankan untuk mengkonsumsi 8 gelas air dalam sehari.

20. Mencegah kambuhnya penyakit Asma

Bagi Anda yang menderita penyakit Asma, mengkonsumsi pisang raja dapat menjadi pilihan alternatif untuk mencegahnya kambuh. Anda dapat mencoba dengan mengkonsumsi pisang raja 2-3 buah dalam sehari. Namun hal ini juga perlu ditunjang dengan olahraga fisik yang ringan seperti jalan dan bersepeda di pagi hari. Udara segar pagi hari akan membuat saluran nafas Anda menjadi lebih lebar.

21. Mencukupi kebutuhan Vitamin C

Tidak hanya jeruk dan stroberi, Anda juga dapat memenuhi kebutuhan vitamin C harian dengan mengkonsumsi buah pisang. Perlu diketahui, pisang menyediakan 15 persen lebih banyak vitamin C harian yang dibutuhkan oleh tubuh. Vitamin C merupakan antioksidan penting untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh. Maka dari itu penting bagi Anda untuk mengkonsumsi pisang secara teratur.

22. Makanan Terbaik bagi Burung, terutama Burung Pleci

Jika Anda memiliki burung yang diikutkan perlombaan, maka pisang raja adalah pilihan makanan terbaik. Pisang raja kaya akan energi yang dapat menguatkan stamina burung dalam perlombaan. Selain itu pisang juga mengandung kalium yang membuat denyut jantung burung lebih teratur dan terhindar dari stres.

Demikian beberapa fakta mengenai pisang raja yang mungkin belum Anda ketahui sebelumnya. Ternyata sungguh banyak manfaatnya, ya. Namun demikian sebenarnya ada anjuran waktu memakan buah pisang yang baik agar manfaatnya lebih optimal, yakni makan buah pisang ketika malam hari dan sebelum makan. Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan frekuensi olahraga dan mencukupi kebutuhan istirahat.

0 Response to "Ini 22 Fakta Mengenai Pisang Raja yang Jarang Diketahui"

Post a Comment

Komentar di moderasi, silahkan login menggunakan account Google anda untuk berkomentar, komentar dari user unknown tidak akan ditampilkan. Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan ditengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel