16 Fakta Coklat (Chocolate)yang Perlu Kamu Tahu Karena Menarik

Hampir semua orang menyukai coklat baik anak-anak hingga orang dewasa. Itu karena coklat memiliki rasa yang manis dengan tekstur lembut di lidah. Bentuk coklat kini bervariasi mulai dari coklat batangan hingga beragam jenis makanan dan minuman yang berasal dari bahan coklat. Bahkan, coklat juga sering dijadikan topping aneka makanan sehingga lebih lezat dan menarik. Mengonsumsi coklat bisa membantu memulihkan mood seseorang. Tak heran jika banyak wanita yang suka makan coklat. Dibalik rasanya yang lezat, ada beberapa fakta coklat yang perlu kamu tahu. Apa saja itu?
coklat

Inilah Beberapa Fakta Coklat yang Belum Banyak Orang Tahu


Meskipun banyak orang yang suka makan coklat, tidak banyak yang tahu tentang fakta coklat. Berikut ini fakta coklat yang perlu kamu tahu:

1. Mengonsumsi coklat membuat anda bahagia.

Kandungan zat dalam coklat dapat meningkatkan produksi hormon serotinin dan dopamin yaitu hormon yang diproduksi otak dan dikeluarkan untuk membuat bahagia. Coklat juga mengandung zat phenylethylamine yang berkhasiat untuk membuat kamu merasa jatuh cinta. Inilah alasan yang membuat banyak wanita suka mengonsumsi coklat ketika sedang badmood.

2. Cara pembuatan coklat dengan proses yang panjang

Coklat berasal dari buah kokoa. Setelah panen, dilakukan fermentasi selama 5-7 hari, biji kokoa diselimuti daun pisang untuk mencairkan dan memunculkan warna coklat. Proses ini penting untuk meningkatkan rasa coklat. Jika tidak melakukan fermentasi, coklat sebenarnya sudah tidak mentah. Tapi, petani coklat di Indonesia sering melewatkan fermentasi yang menyebabkan coklat mereka dihargai rendah saat ekspor.

Setelah fermentasi, biji kokoa dijemur di bawah sinar matahari selama 7-10 hari. Mekanisme produksi coklat di pabrik adalah dipilah-pilah dicari yang tidak cacat, lembap atau kotor seperti ada kerikil untuk menjaga kualitas rasa coklat. Setelah itu, biji kokoa dipanggang di mesin, dihancurkan menjadi butiran kecil dan halus.

3. Coklat berbahaya bila dikonsumsi anjing

Hal ini penting diketahui bagi kamu yang memelihara hewan anjing. Cokelat mengandung zat theobromine yang tidak bagus untuk anjing. Tidak banyak orang mengetahui bahayanya coklat, dan dengan leluasa memberikan kudapan ini ke hewan peliharaan mereka. Jangan coba-coba memberi coklat kepada anjing kamu, bisa jadi esok harinya anjingmu akan tergeletak tidak berdaya.

4. Hari Perayaan Coklat

Ada hari perayaan coklat di mana seseorang memberikan coklat sebagai pernyataan perasaan cinta. Hari ini dinamakan Hari Valentine yaitu yang diperingati setiap tanggal 14 Februari. Biasanya, orang yang merayakan Valentine Day adalah orang-orang di negara Jepang, Korea dan negara non muslim lainnya. Tidak hanya itu, perayaan ini masih berlanjut dengan adanya white day dan black day. White day dirayakan sebulan setelah valentine. Sementara itu, Black day pada tanggal 14 April adalah hari untuk orang-orang yang tidak mendapat coklat. Mereka berkumpul mengenakan pakaian hitam dan makan bersama.

5. Coklat bagus di konsumsi wanita saat datang bulan

Kandungan zat magnesium dalam coklat hitam baik bagi tubuh selama menstruasi. Selain itu, coklat juga bisa meningkatkan produksi senyawa serotonin yang bertugas mengembalikan suasana hati kamu selama menstruasi. Coklat juga dapat meredakan stress karena kandungan zat-zatnya yang sangat bermanfaat.

6. Coklat pernah digunakan sebagai mata uang

Di zaman suku Maya dan suku Aztec yang kini sudah punah, biji kakao pernah dijadikan sebagai mata uang karena penduduk suku ini sangat menyukai biji kakao dan menganggapnya lebih bernilai daripada emas. Bangsa Spanyol pada tahun 1500an juga memakai biji kakao sebagai mata uang saat melakukan transaksi di pasar. Pada abad ke-16, orang Eropa juga menggunakan biji kakao untuk membayar upah buruh.

7. Coklat terbesar di dunia

Pernah dengar tentang Guiness World Record? Banyak orang di seluruh dunia selalu berusaha untuk memecahkan berbagai jenis rekor yang ada, salah satunya adalah rekor coklat terbesar dunia yang dilakukan beberapa koki pastry di Peru pada tahun 2017. Mereka berhasil membuat coklat terbesar dunia versi Guiness yaitu coklat batangan raksasa berasal dari 1 ton kokoa dan 20 kg kacang. Biaya yang harus dikeluarkan adalah USD 77 Ribu.

8. Chocolate chip berawal dari kecelakaan

Ketidaksengajaan penemuan ini dilakukan oleh Ruth Wakefield, awalnya dia menggabungkan butter cookies dengan coklat leleh. Tapi, potongan coklat dalam adonan yang dikira akan melumer justru tidak meleleh, lalu muncul chocolate chip cookies. Resep ini dijual ke Nestle, dia tidak minta bayaran atas resepnya, justru meminta pasokan coklat yang tak terbatas untuk seumur hidup.

9. Coklat terbagi ke dalam tiga jenis

Ada berbagai macam coklat yang bisa kamu temukan di supermarket. Biasanya terbagi dalam tiga jenis yaitu coklat gelap, coklat susu, dan coklat putih. Coklat gelap memiliki tingkat persentase kepahitan yang berbeda tiap merknya dengan kandungan coklat cair, mentega mengandung kakao, zat lecithin, gula, dan vanilla. Coklat susu terdiri dari bahan-bahan coklat gelap ditambah lemak dan susu. Sedangkan cokelat putih terdiri dari bahan-bahan coklat susu tapi tidak mengandung coklat.

10. Coklat bermanfaat bagi kesehatan

Coklat berguna bagi tubuh sebagai sumber zat antioksidan, zinc, dan magnesium. Juga ada kandungan protein, kalsium dan fosfat dalam coklat yang bertugas membantu mengurangi resistensi kadar insulin. Sementara itu, coklat hitam memiliki kandungan zat antioksidan sangat tinggi, dengan rutin mengonsumsinya tekanan darah kamu dapat terus stabil.

11. Coklat bisa digunakan untuk perawatan kulit

Selain bermanfaat bagi tubuh, coklat juga bisa dijadikan sebagai masker dan bahan perawatan kulit lainnya. Apa saja manfaat yang bisa didapat? Manfaatnya yaitu membuat kulit wajah lebih cerah, mengatasi minyak berlebih pada wajah, dan mengatasi keriput sebagai tanda-tanda penuaan dini.

12. Coklat putih sebenarnya bukan coklat asli

Pernahkah kamu makan coklat putih? Terasa lebih manis daripada coklat biasa. Walaupun termasuk dalam jenis coklat, coklat putih bukan coklat asli karena tidak mengandung kakao dalam komposisi bahannya. Bahan coklat putih adalah mentega kakao, susu, gula, dan emulsifier.

13. Coklat termasuk dalam kategori sayuran

Kenapa bisa disebut sebagai sayuran? Karena coklat berasal dari pohon kakao (theobroma cacao) yang termasuk sebagai anggota famili dari malvaceae. Banyak orang tidak menyadari hal ini, karena hanya sedikit yang mengetahui asal tumbuhnya coklat.

14. Pencetus produk coklat batangan pertama

Tahukah kamu siapa pencetus produk coklat batangan yang sering kamu konsumsi? Apakah kamu pernah makan coklat merk Cadbury? Ternyata Cadbury adalah pencetus coklat batangan. Perusahaan coklat dari Inggris ini berhasil mencetuskan coklat batangan pertama di dunia pada tahun 1842, lalu akhirnya memopulerkan produk coklat batangan hingga sekarang.

15. Negara yang memproduksi coklat terbanyak di dunia

Walaupun negara eropa terkenal dengan produk-produk coklat bermerknya, ternyata bahan andalan coklat yaitu biji kakao berasal dari Negara Afrika. Karena, pohon kakao hanya dapat tumbuh di wilayah dengan banyak sinar matahari. Selain itu, Afrika juga dikenal dengan kualitas panen biji kakao yang terbaik.

16. Coklat bisa meningkatkan kinerja otak

Kandungan flavonoid coklat hitam bermanfaat dalam meningkatkan fungsi ingatan otak, memperkuat daya ingat, dan kelogisan berpikir. Manfaat ini juga berkhasiat pada orang tua untuk meningkatkan kemampuan daya ingat yang sudah menurun karena faktor umur. Manfaat lain dari cokelat hitam bagi otak adalah dapat memperlancar jalannya darah ke otak yang dapat membuat kamu bisa lebih berkonsentrasi.

Menarik sekali bukan fakta-fakta coklat di atas? Ingat, jangan terlalu banyak mengonsumsi coklat bila tidak ingin berat badanmu bertambah. Setelah makan coklat jangan lupa untuk sikat gigi sebelum tidur untuk mencegah gigi berlubang.

Sumber

https://www.hipwee.com/feature/begini-proses-berubahnya-buah-kakao-jadi-cokelat-yang-kita-kenal-ternyata-banyak-yang-belum-tahu/

https://www.idntimes.com/food/diet/naufal-dzulhijar/fakta-cokelat-yang-nggak-diketahui-banyak-orang-c1c2/full

https://anjingkita.com/artikel/241/keracunan-coklat-pada-anjing

https://journal.sociolla.com/lifestyle/fakta-menarik-tentang-cokelat/

https://www.semestafakta.com/2018/12/04/100-fakta-menarik-tentang-cokelat.html

0 Response to "16 Fakta Coklat (Chocolate)yang Perlu Kamu Tahu Karena Menarik"

Post a Comment

Komentar di moderasi, silahkan login menggunakan account Google anda untuk berkomentar, komentar dari user unknown tidak akan ditampilkan. Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan ditengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel