23 Fakta Panda yang Perlu Kamu Tahu

Apakah Anda termasuk pencinta panda? Hewan omnivora ini memang sangat menggemaskan dengan ciri khas bulatan hitam pada area mata. Hal ini mengundang setiap hati untuk menyayanginya. Panda menjadi hewan yang paling disayangi warga seluruh dunia. Hebatnya, panda menjadi lambang World Wildlife Fund (WWF) dan unofficial maskot Tiongkok. Rata-rata panda memiliki tinggi 60-100 cm dan panjang 1-2 meter saat merangkak. Panda memiliki beberapa keunikan. Berikut fakta panda yang perlu kamu tahu.
panda
Panda Raksasa


1. Kata "Panda" Berasal dari Kata "Poonya"

Hewan mamalia yang diklasifikasikan ke dalam keluarga beruang ini merupakan hewan asli dari Tiongkok Tengah. Kata "Panda" sendiri merupakan serapan dari bahasa Nepal, yakni "Poonya" yang berarti hewan pemakan bambu. Penyebutan nama Panda karena hewan ini mirip dengan Panda Merah. Sedangkan dalam bahasa Tiongkok, Panda disebut dengan Xiong Mao yang berarti Kucing-Beruang. Dahulu Panda sering disebut dengan Beruang Belang (Ailuropus melanoleucus). Selain itu, Panda dikenal dengan binatang pemakan besi, beruang bambu, atau macan tutul putih.

2. Ailurarctos, Nenek Moyang Panda yang Sudah Punah

Panda memiliki nenek moyang genus Panda Raksasa, yakni Ailurarctos atau Beruang Kucing yang diperkirakan hidup sejak 8 juta tahun lalu. Genus ini telah punah. Tidak temukan gambaran artistik mengenai genus Ailurarctos. Selain itu, telah ditemukan pula nenek moyang panda lainnya, yaitu Ailuropoda microta. Berdasarkan tengkorak yang ditemukan, genus panda ini ukurannya lebih kecil, setengah dari ukuran Panda yang ada saat ini. 

3. Salah satu simbol filosofi keseimbangan Yin dan Yang

Tentu kita tidak asing dengan istilah filosofi Yin dan Yang. Menurut masyarakat Tionghoa, Yin dan Yang menjelaskan kekuatan alam di dunia yang saling berhubungan dan berlawanan, kemudian cara kekuatan tersebut saling membangun berkat keseimbangan yang ada. Oleh masyarakat Tionghoa, panda dijadikan salah satu simbol filosofi Yin dan Yang. Hal ini didasarkan pada kontrasnya warna bulu hitam dan putih pada panda. Masyarakat percaya bahwa sifat dasar panda yang lembut menunjukkan konsep bahwa keseimbangan Yin dan Yang dapat menciptakan keseimbangan dan keselarasan pada hal yang berlawanan.

4. Simbol Perdamaian Tiongkok

Sejak dahulu masyarakat Tiongkok menjadikan panda sebagai simbol perdamaian. Pada ratusan tahun yang lalu, ketika terjadi peperangan antar suku yang ada di Tiongkok, mereka akan mengibarkan bendera dengan gambar panda sebagai tanda menghentikan perang atau gencatan senjata. Hewan yang lucu ini sering digambarkan sedang berbaring santai sembari memakan bambu. Hal ini memberikan citra bahwa panda adalah simbol cinta kedamaian.

5. Legenda Warna Hitam di Tubuh Panda

Tahukah kamu, warna hitam pada tubuh panda memiliki legenda dalam kehidupan masyarakat Tiongkok. Berdasarkan cerita yang dipercayai bahwa dahulu bulu tubuh panda hanya berwarna putih. Pada suatu ketika, ada seekor anak panda yang hampir dimangsa oleh macan tutul, namun berhasil diselamatkan oleh seorang gadis kecil.

Sayangnya, gadis kecil itu yang kemudian diserang oleh macan tutul hingga tewas. Semua panda datang dengan penuh duka untuk memakamkan gadis kecil itu. Mereka mengenakan ikat lengan dari abu berwarna hitam. Mereka menyeka air mata kemudian berpelukan. Saat berpelukan itulah abu menutupi sebagian tubuh mereka hingga selamanya.

Namun secara ilmiah, para peneliti masih belum bisa memastikan penyebab warna hitam pada bulu panda. Beberapa ahli biologi berpendapat bahwa warna putih dan gelap digunakan panda untuk berkamuflase saat di hutan bambu. Sedangkan ahli yang lain berpendapat bahwa kontras warna ini berfungsi untuk menyesuaikan temperatur tubuh.

6. Rentang Usia Panda Selama 20-30 Tahun

Panda dapat bertahan hidup sesuai dengan habitatnya. Panda yang hidup di alam liar dapat hidup hingga 20 tahun, sedangkan panda yang berada di penangkaran dapat hidup lebih lama, yakni dalam rentang 25 sampai 30 tahun. Hal ini juga dikarenakan panda yang hidup di alam liar terancam perburuan oleh manusia dan jumlah bambu di alam bebas saat ini mulai berkurang.

7. Kecepatan Lari Panda

Panda memiliki tubuh yang besar, sehingga apakah bisa panda berlari? Hewan mamalia ini ternyata dapat berlari, namun kecepatannya terbatas. Lari kecil dengan lamban adalah cara paling cepat panda berlari. Ini lebih lambat jika dibandingkan dengan kecepatan manusia saat melakukan jogging. Bisa dibayangkan betapa menggemaskannya saat panda berlari.

Panda memang tidak membutuhkan kecepatan berlari, karena panda dewasa hanya sedikit mendapat ancaman predator. Namun ada pula jenis panda yang dapat berlari dengan cepat, yakni panda hitam. Panda ini dapat berlari seperti kecepatan rusa atau kuda, yakin 35 mil per jam.
Ibu Panda Hanya Sanggup Merawat Satu Anak Panda

Pada umumnya ibu panda yang berada di alam liar hanya akan melahirkan satu anak pada. Sedangkan panda yang hidup di penangkaran cenderung melahirkan anak panda kembar. Uniknya, ibu panda hanya sanggup merawat satu anak panda, sehingga ketika melahirkan kembar, ibu panda akan membiarkan anaknya yang lebih lemah.

8. Ibu panda dapat melindungi anaknya dari ancaman predator selama 3 tahun. 

Ini berarti selama hidupnya ibu panda hanya bisa membesarkan tiga atau empat anak panda. Perlu diketahui, untuk menjadi dewasa anak panda perempuan membutuhkan waktu selama 5 tahun sedangkan anak panda laki-laki membutuhkan waktu 7 tahun. Pada usia 4-8 tahun panda sudah masuk masa kematangan dan bisa bereproduksi. Berat panda dewasa umumnya bisa mencapai 150 kg.

9. Bulu Panda Sebenarnya Tebal dan Liat

Sebagian besar kita tentu sangat suka melihat bulu panda yang terlihat halus dan lembut itu. Namun ada fakta panda yang perlu kamu tahu, bahwa ternyata bulu panda raksasa sebenarnya tebal dan liat. Bulu panda raksasa pada umumnya dapat tumbuh sepanjang 10 cm. Tebalnya bulu ini akan melindungi mereka dari dinginnya musim salju.

10. Angka Perburuan Panda Sangat Tinggi

Seperti diketahui, panda memiliki filosofi dalam kehidupan masyarakat Tiongkok. Namun sayangnya, hewan menggemaskan ini masuk dalam IUCN Red list yang berarti spesies terancam punah. Banyak panda raksasa yang terusir dari dataran rendah, akibatnya saat ini panda hanya dapat ditemui di beberapa provinsi, yakni Sichuan, Gansu, dan Shaanxi.

Beberapa alasan panda terancam punah diantaranya; pertama, permintaan bulu panda yang tinggi. Di pasar gelap, harga bulu panda bisa dihargai $60.000 sampai $100.000. Hal ini menyebabkan semakin banyak orang berburu panda. Kedua, rusaknya habitat panda disebabkan pembangunan. Populasi penduduk China terus mengalami pertumbuhan, akibatnya habitat asli panda tergusur oleh pemukiman manusia. Hal ini juga menyebabkan jumlah bambu sebagai makanan panda menjadi berkurang.

11. Panda Menghabiskan Waktu 16 Jam untuk Memakan Bambu

Makanan utama panda 99 % adalah bambu. Namun ternyata sistem pencernaan panda dirancang untuk memakan daging, akibatnya panda hanya menyerap 20%-30% nutrisi bambu. Berbeda dengan pemakan tumbuhan lainnya, semisal rusa yang dapat menyerap nutrisi sampai 80 %. Maka dari itu panda menghabiskan waktu selama 16 jam untuk memakan bambu agar kebutuhan nutrisi bagi tubuhnya dapat terpenuhi dan bertahan hidup.

Panda memiliki 42 gigi dengan dua set gigi, sehingga dalam waktu 40 detik panda dapat mengupas dan memakan batang bambu. Selanjutnya, panda memiliki tenggorokan yang memiliki lapisan khusus, sehingga dapat terhindar dari luka saat mengkonsumsi serpihan bambu. Disebabkan pola makan ini, panda raksasa tidak melakukan hibernasi. Akibatnya, panda tidak mungkin menyimpan cadangan lemak untuk menghadapi musim dingin. Bambu yang dimakan ini tidak dicerna secara sempurna oleh panda.

Di Tiongkok terdapat 300 spesies bambu dan sekitar 25 jenis bambu di pegunungan sebagai sumber makanan panda. Namun sayangnya, jumlah bambu di Tiongkok semakin berkurang karena lahannya berubah fungsi.

12. Bentuk Lucu Wajah Panda karena Memiliki Otot yang Besar

Siapa yang tidak gemas melihat wajah panda yang gemuk dan terlihat lucu? Namun sebenarnya penyebab lucu wajah panda diperoleh dari otot pipi panda yang besar. Bentuk rahang dan otot pipi ini membuat panda dapat dengan mudah menguyah piringan alumunium menjadi lebih kecil dan menggigit tangkai bambu yang tebal.

13. Hewan Paling Mahal Biaya Pemeliharaannya di Kebun Binatang

Selain hewan yang lucu dan menggemaskan, panda termasuk hewan yang mahal ketika akan dipelihara oleh kebun binatang. Biaya yang dibutuhkan 5 kali lebih besar dari biaya yang dibutuhkan untuk memelihara gajah. Sampai sekarang telah ada 460 giant panda di beberapa negara. Biaya yang dikeluarkan oleh beberapa negara untuk merawat panda di kebun binatangnya. Diantaranya, Toronto Zoo di Kanada harus membayar US$ 2,5 juta atau Rp 33,7 miliar per tahun. Sedangkan Zoo Negara di Malaysia harus membayar US$ 2,25 juta atau setara dengan Rp 30,4 miliar per tahun.

14. Panda Suka Berguling-Guling, Ini Alasannya

Jika kita pencinta panda, tentu kita tahu bahwa hewan menggemaskan ini suka mengguling-gulingkan tubuhnya di kemiringan. Hal ini dilakukan panda untuk bermain dan menjatuhkan ranting bambu yang menempel pada tubuhnya.

15. Pilihan Tempat Panda Saat Istirahat

Tidak seperti hewan lain yang memiliki tempat khusus, panda tidak memiliki tempat tertentu sebagai tempat istirahatnya. Saat kelelahan panda akan langsung terlentang di tanah sesuka hatinya.

16. Panda Akan Menundukkan Wajah Ketika Menghadapi Lawan

Ketika menemui ancaman, panda melakukan perlindungan diri yang cukup unik, yakni menatap lawannya dengan wajah menunduk ke bawah. Para peneliti berpendapat bahwa cara itu dilakukan oleh panda karena ketika menunduk, telinga panda yang berwarna hitam akan terlihat seperti mata yang kontras dengan bulu putih di lehernya. Hal ini berfungsi menakuti lawan. Namun demikian panda raksasa memiliki tubuh yang sangat besar, sehingga jarang ada yang mengganggu. Hanya anak panda yang terancam oleh macan tutul.

17. Bentuk Kaki Panda adalah Plantigrade dan Memiliki Tangan Unik

Panda memiliki struktur tubuh unik. Dari bentuk kaki, panda memiliki kaki plantigrade yang artinya seluruh bagian kaki panda, jari kaki dan tumitnya menyentuh tanah ketika berjalan. Panda memiliki kesamaan berjalan dengan manusia, dan tikus. Bentuk kaki panda juga pendek, sehingga kurang mampu menopang berat tubuh yang besar. Panda memiliki tulang yang dua kali lebih berat dibandingkan hewan lain yang berukuran sama. Akibatnya, panda tidak bisa berjalan secara tegak. Sedangkan tangan, panda juga memiliki ibu jari unik yang berfungsi untuk memegang bambu.

18. Panda Menggunakan Indera Penciuman yang Tajam Sebagai Memori Spasial

Panda kurang menggunakan memori visual untuk mencari makan. Hewan lebih menggunakan memori spasial yakni indera penciuman yang sangat tajam. Dengan indera penciuman yang tajam tersebut panda dapat menemukan bambu terbaik saat malam hari, menemukan pasangan, dan mengingat jalan daerah yang terdapat bambu yang mereka sukai.

19. Panda Hamil Selama 95-160 Hari

Fakta panda yang perlu kamu tahu selanjutnya ialah panda memiliki waktu reproduksi yang unik. Panda betina hanya mengalami masa subur 2-3 hari pada saat musim semi. Di saat musim kawin, panda jantan dan betina akan saling mencari melalui aroma dan panggilan seperti kambing. Cara panda memanggil panda berbeda dengan jenis beruang lain yang memanggil dengan cara mengaum.

Panda akan hamil selama 95-160 Hari, kemudian anak panda akan lahir degan kondisi mata belum bisa melihat, bulu tipis, bentuk tubuh kecil dengan berat 85-140 gram. Bayi panda cukup lemah selama hampir 3 bulan. Ibu panda akan sangat hati-hati dalam merawat anaknya agar aman dari serangan predator.

20. Panda Memiliki Cara Komunikasi Berbeda dengan Keluarga Beruang Lain

Panda memiliki cara tersendiri ketika berkomunikasi, berbeda dengan keluarga panda yang lain. Selama bertahun-tahun ilmuwan Tiongkok mencoba mempelajari cara panda berkomunikasi. Para ilmuwan tersebut meneliti 13 vokalisasi panda. Dari hasil penelitian tersebut dapat diketahui bagaimana panda berkomunikasi, yakni:

  • Panda dewasa akan menyalak jika marah atau merasa terintimidasi.
  • Bayi panda akan mengeluarkan suara "wow-wow" dan "coo-coo" ketika merasa tidak senang. Kemudian ketika lapar bayi panda akan mengeluarkan suara "gee-gee".
  • Panda akan mengaum dan menjerit saat putus asa terkait habitat dan menghadapi masa reproduksi.

21. Panda Raksasa dan Panda Merah Berasal dari Keluarga Berbeda

Ahli biologi masih memperdebatkan taksonomi Panda Raksasa. Beberapa berpendapat bahwa Panda Raksasa dan Panda Merah masih bersaudara karena memiliki kesamaan memakan bambu, berbagi habitat, dan terancam punah. Namun penelitian hasil penelitian ilmiah menemukan bahwa ternyata panda merah termasuk dalam keluarga rakun, sedangkan panda raksasa termasuk keluarga beruang.

Sedangkan ilmuwan yang lainnya menganggap bahwa panda merupakan spesies yang sangat unik sehingga seharusnya panda memiliki kelompok keluarga tersendiri. Hal ini di dasarkan pada penelitian bahwa selama 3 juta tahu terakhir, panda raksasa mengalami perkembangan yang berbeda dengan beruang.

22. Ailuropoda Melanoleuca sebagai Satu-Satunya Jenis Spesies Panda Raksasa

Panda raksasa hanya memiliki satu jenis spesies, yakni Ailuropoda melanoleuca (atau “Kaki Kucing hitam dan putih”). Masyarakat Tiongkok menyebut Panda raksasa dengan Da Xiong Mao atau “Kucing beruang besar.” Pada tahun 1869 Panda Raksasa baru dikenal oleh masyarakat Barat melalui seorang misionaris Prancis, Armand David.
Pada tahun 1963, Panda raksasa pertama terlahir di penangkaran kebun binatang Beijing.

23. Panda Harus Mendapatkan Pendidikan Seks

Fakta panda yang perlu kamu tahu, ternyata panda perlu memperoleh pendidikan seks. Mengapa demikian? Karena ternyata panda jantan kurang memahami perkawinan untuk mempertahankan populasinya. Ketika musim kawin, panda jantan lebih cenderung mengajak panda betina untuk bermain, bukan kawin. Maka dari itu, salah satu kebun binatang di China memberikan pendidikan seks kepada panda melalui film.

Itulah beberapa fakta panda yang perlu kamu tahu. Setelah mengetahui bahwa hewan ini terancam punah, sebagai pencinta atau yang peduli terhadap panda, sudah selayaknya kita ambil bagian agar populasi panda tetap terjaga. Sebagai contoh sederhana, kita bisa melakukan kampanye untuk melindungi populasi panda melalui media sosial.

0 Response to "23 Fakta Panda yang Perlu Kamu Tahu"

Post a Comment

Komentar di moderasi, silahkan login menggunakan account Google anda untuk berkomentar, komentar dari user unknown tidak akan ditampilkan. Terimakasih.

Iklan Atas Artikel

Iklan ditengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel