15 Fakta Seru Seputar Menara Eiffel

Salah satu destinasi wisata yang populer di dunia adalah Menara Eiffel. Menara ini terletak di Kota Paris, Perancis, tepatnya di tepi sungai Seine. Bagi Anda yang berencana akan berkunjung ke Paris, rasanya belum afdol apabila tidak mengunjungi tempat ini. Dilansir dari toureiffel.paris, menara yang menjadi ikon global Perancis dan landmark Kota Paris ini setiap tahunnya dikunjungi oleh lebih dari 7 juta wisatawan, yang mana 75% darinya berasal dari wisatawan asing. Bagi Anda yang sudah berencana akan berkunjung ke Menara Eiffel, sebaiknya Anda ketahui terlebih dahulu fakta seru seputar menara Eiffel.
menara eiffel
Menara Eiffel di Paris, Perancis


Apa Saja Fakta Menarik yang Dimiliki oleh Menara Eiffel?

Sudah tahukah Anda kapan Menara Eiffel diresmikan? Menara Eiffel selesai dibangun pada 31 Maret 1889. Pembangunan Menara Eiffel yang begitu mempesona ini membutuhkan waktu yang cukup singkat, yakni selama dua tahun dua bulan lebih lima hari. Masih banyak lagi fakta-fakta seru seputar menara Eiffel yang wajib Anda ketahui, diantaranya adalah:

1. Dibangun Oleh 4 Desainner

Apa tujuan dari pembangunan Menara Eiffel? Menara ini dibangun untuk memperingati 100 tahun Revolusi Perancis. Lalu siapa yang mendesain Menara Eiffel yang indah ini? Insinyur asal Perancis, Gustave Eiffel bersama Maurice Koechlin, Emile Nouguier, dan Stephen Sauvestre lah yang berjasa karena mereka diyakini sebagai desainer dari Menara Eiffel. Sementara itu, mereka juga di bantu oleh 50 insinyur dan desainer yang menghasilkan 5.300 desain bengkel.

2. Tercantum Nama-nama Ilmuan

Menara Eiffel memiliki hal-hal yang unik, salah satunya yaitu adanya nama-nama ilmuwan yang tercantum di empat sisi Menara Eiffel. Diketahui bahwa jumlah nama yang tertera di empat sisi Menara Eiffel tersebut adalah sebanyak 72 nama ilmuwan Perancis.

3. Tinggi Menara Eiffel Berubah

Menara Eiffel menurut Curiosity memiliki tinggi rata-rata 324 meter dari permukaan tanah. Namun tahukah Anda apabila tinggi menara ini bisa berubah-ubah tergantung musim di Paris? Saat musim panas, tinggi menara akan menjadi lebih tinggi sekitar 15-17 centimeter dibanding dengan tinggi rata-ratanya.

Namun bukan berarti Menara Eiffel bisa tumbuh tinggi, ya. Secara sains, perubahan ukuran tinggi tersebut terjadi karena bahan metal pada Menara Eiffel memuai ketika sering terpapar matahari secara langsung dan dalam kurun waktu yang lama.

4. Konstruksi yang Terawat

Menara Eiffel memiliki konstruksi yang terbilang terawat. Guna mempercantik Menara Eiffel, ia dicat ulang dalam kurun waktu tertentu. Pada tahun 1889 Menara Eiffel dicat dengan warna kuning, kemudian pada tahun 1954 hingga 1961 menara dicat warna merah kecoklatan. Setiap pengecatan Menara Eiffel membutuhkan 60 metrik ton cat (60 ribu kg). Untuk karakteristiknya sendiri, Menara Eiffel memiliki ukuran setinggi 324 meter dan kerangkanya terbuat dari logam dengan berat mencapai 7.300 ton besi.

5. Apartemen di Menara Eiffel

Fakta seru seputar menara Eiffel yang selanjutnya adalah adanya apartemen rahasia di Menara Eiffel. Gustave Eiffel memiliki sebuah apartemen kecil yang terletak di bagian atas menara. Apartemen ini khusus dibuat untuk dirinya sendiri. Pada 2016, dibangun apartemen yang kedua di dalam menara oleh perusahaan rental liburan, HomeAway. Perusahaan tersebut sempat mengadakan kontes dengan memilih empat pemenang untuk menghabiskan satu malam di masing-masing apartemen.

6. Dihiasi Puluhan Ribu Lampu

Pernahkah Anda melihat keindahan Menara Eiffel pada saat malam? Kecantikan Menara Eiffel pada malam hari akan semakin terpancar. Sebanyak 20 ribu bola lampu berwarna emas pada malam hari akan menghiasi menara ini. Bola-bola lampu ini akan berkilauan setiap malam, sedangkan lampu sorot Menara Eiffel yang terletak di ujung menara akan menyala setiap lima menit sekali dari malam sampai pukul 01.00 dini hari.

7. Adanya Stasiun Nirkabel

Awalnya, Menara Eiffel hanya akan didirikan selama 20 tahun, kemudian setelah itu harus dibongkar. Namun dalam penggunaanya, Menara Eiffel menggunakan pemancar telegraf nirkabel, dan akhirnya menara ini tetap diperbolehkan untuk berdiri.

Lalu apa fungsi dari stasiun nirkabel ini? Stasiun nirkabel di Menara Eiffel digunakan oleh militer Perancis untuk mencegat pesan musuh dari Berlin selama Perang Dunia I. Pada tahun 1917, stasiun nirkabel di Menara Eiffel telah mencegat pesan kode antara Jerman dan Spanyol yang berisi informasi tentang 'Operative H-21'.

Operative H-21 dikenal sebagai penari eksotis kelahiran Belanda, ia adalah Margaretha Geertruida Zelle MacLeod alias Mata Hari. Mata Hari bertugas untuk memata-matai orang-orang Jerman. Berdasarkan pesan ini, Perancis berhasil menangkap, menghukum, dan mengeksekusi Mata Hari yang dikarenakan oleh kasus spionase yang dilakukannya.

8. Pengawasan Video

Di Menara Eiffel terdapat video pengawas, lho. Video ini berfungsi untuk memeriksa keamanan di menara. Selain itu, sebelum masuk ke menara pengunjung juga diwajibkan untuk memperlihatkan isi tas mereka. Bahkan di kaki pilar selatan Menara Eiffel juga terdapat kantor polisi. Jadi, sangat aman kan berada di tempat yang indah ini.

9. Menara Bergoyang

Pada saat angin bertiup kencang, Menara Eiffel bisa ikut bergoyang. Bahkan goyangannya bisa mencapai 6-7 cm. Terdengar lucu, kan? Tetapi merinding juga saat mendengarnya.

10. Lift di Menara

Saat Anda berkunjung ke Menara Eiffel, tak perlu khawatir akan kelelahan berjalan naik ke menara, karena di sana disediakan lift. Setiap tahunnya, lift ini menempuh jarak 103.000 km. Ternyata jarak ini merupakan jarak dua setengah kali dari keliling bumi.

11. Mesin Cetak di Menara Eiffel

Surat kabar Prancis Le Figaro pada tahun 1889 membuat mesin cetak di lantai dua Menara Eiffel.

12. Menara Menyusut

Ukuran tinggi Menara Eiffel pada saat musim dingin akan menyusut sekitar empat sampai delapan inci lebih pendek. Hal ini tentunya disebabkan oleh penyusutan bahan metal yang digunakan oleh Menara Eiffel.

13. Tempat Olahraga Ekstrim

Dahulu selama beberapa dekade Menara Eiffel dijadikan sebagai tempat olahraga ekstrem oleh para atlet. Olahraga ekstrem tersebut diantaranya adalah parasut, flying fox, hingga bungee jumping.

Pada tahun 1912, Franz Reichelt juga pernah mencoba terbang dari lantai satu dengan setelan parasut bertubuh pegas, tetapi ia terjatuh pada ketinggian 187 kaki ke tanah.

Selain itu, pada tahun 1926 penerbang Leon Collet tewas karena gagal saat mencoba terbang dari lengkung bawah Menara Eiffel.

14. Lokasi Bunuh Diri

Menara Eiffel mempunyai ukuran setinggi 324 meter dari permukaan tanah. Dikarenakan ukuran menara yang cukup tinggi, tempat ini sering dijadikan sebagai tempat bunuh diri. Sejak Menara Eiffel dibuka pada tahun 1889, tempat ini sering dijadikan sebagai tempat bunuh diri. Beragam cara mereka lalukan untuk melakukan perbuatan buruk ini mulai dari melompat atau pun gantung diri. Berdasarkan data dari Societe de la Tour Eiffel, tercatat sebanyak 349 kasus bunuh diri di Menara Eiffel.

15. Menikah dengan Menara

Pada tahun 2008 yang lalu pernah ada seorang perempuan yang menikah dengan Menara Eiffel. Terdengar aneh, bukan? Tetapi peristiwa ini memang benar adanya. Setelah menikah, sang perempuan pun mengubah namanya berdasar nama keluarga pasangannya. Namanya berubah menjadi “Erika La Tour Eiffel”

Sekarang Anda sudah tahu kan apa saja fakta seru seputar menara Eiffel? Setelah mengetahui fakta-fakta menarik dari Menara Eiffel, tentunya Anda semakin penasaran kan, bagaimana bentuk keindahan dari menara ini. Semoga yang sudah memiliki rencana berkunjung ke sana segera terlaksana, ya.

15 Fakta Seru Seputar Menara Eiffel 15 Fakta Seru Seputar Menara Eiffel Reviewed by Yunar Winardi on April 17, 2019 Rating: 5

No comments:

Komentar di moderasi, silahkan login menggunakan account Google anda untuk berkomentar, komentar dari user unknown tidak akan ditampilkan. Terimakasih.

Powered by Blogger.