14 Alasan Kenapa Olahraga Penting Untuk Tubuh, dari Kesehatan Hingga Kualitas Hidup

Berapa kali Anda melakukan olahraga dalam seminggu? Beberapa orang mungkin memiliki waktu khusus yang dirancang untuk berolahraga, baik itu dengan mengikuti fitness di pusat kebugaran maupun olahraga secara mandiri. Namun tidak jarang karena padatnya aktivitas dan kurang kuatnya kemauan menjadikan sebagian orang malas untuk berolahraga. Padahal olahraga merupakan kebutuhan tubuh yang harus dipenuhi. Banyak manfaat yang kita peroleh dari rutin berolahraga. Maka dari itu untuk mengurangi rasa malas berolahraga, Anda harus mencari alasan kenapa olahraga penting untuk tubuh? 
olahraga


Berapa Kali Frekuensi Olahraga yang Ideal dalam Seminggu?


Berdasarkan buku panduan Global Recommendations of Physical Activityy for Health yang dibuat oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), bahwa orang berusia dewasa yang sehat dianjurkan untuk berolahraga minimal 150 menit per minggu. Jadi, jika frekuensi olahraga Anda kurang dari 150 menit, maka Anda masih termasuk kategori orang yang malas berolahraga.

Anda dapat membagi waktu olahraga sesuai dengan jadwal aktivitas, kebutuhan, dan kemampuan fisik Anda. Terpenting lakukan olahraga secara teratur agar manfaat yang diperoleh juga maksimal. Misal, Anda melakukan olahraga selama 30 menit per hari. Jangan sampai satu hari berolahraga penuh, kemudian keesokan harinya berhenti olahraga.

Apa Jenis Olahraga yang Sebaiknya Dilakukan?


Jenis olahraga yang dibutuhkan orang dewasa berusia 19-64 tahun adalah latihan aerobik dan kekuatan otot. Latihan aerobik yang dapat dilakukan adalah bersepeda dan berjalan cepat. Anda dapat menyisipkan latihan memperkuat otot diantara latihan aerobic, diantaranya memperkuat otot kaki, pinggul, perut, dada, bahu, dan lengan. Ketika detak jantung Anda mengalami peningkatan, berarti gerakan aerobik yang Anda lakukan telah benar.

Beberapa posisi latihan otot yang dapat Anda lakukan, diantaranya:


  • Mencoba posisi plank. Posisikan badan telungkup di lantai seperti push up, selanjutnya badan dan tungkai berada di posisi lurus, sehingga tumpuan badan terletak pada lengan bawah dan jari kaki. Lakukan posisi ini selama 30 sampai 45 detik dan ulangi sampai 5 kali. Posisi ini dapat memperkuat otot perut dan punggung Anda.
  • Mencoba gerakan squat. Posisikan tubuh berdiri tegak dan kaki terbuka selebar bahu. Kemudian tekuk lutut, turunkan badan dan dorong bokong seperti ketika akan duduk, sehingga bokong menjadi sejajar dengan lutut dan tungkai membentuk sudut 90 derajat. Lakukan selama 30 sampai 45 detik dan ulangi hingga 25 kali. Posisi ini bermanfaat untuk memperkuat otot bokong dan paha belakang Anda.
  • Mencoba cara sederhana, seperti naik turun tangga, melakukan gerakan perenggangan di sela waktu kerja.



Bagaimana Cara Agar Tidak Malas Berolahraga?


Alasan yang kuat akan membuat Anda senantiasa menjaga mood dalam berolahraga. Maka dari itu, Anda harus mengetahui manfaat yang didapatkan ketika berolahraga, kemudian jadikan itu sebagai motivasi. Berikut beberapa alasan kenapa olahraga penting untuk tubuh Anda

1. Olahraga Dapat Meningkatkan Sistem Metabolisme

Ketika Anda rutin mengawali pagi dengan berolahraga, maka ini akan membantu meningkatkan sistem metabolisme tubuh. Metabolisme yang lancer merupakan kunci kesehatan manusia. Sebaliknya, jika metabolisme tubuh akan terganggu, salah satunya menjadi mudah lelah. Jenis olahraga yang bisa Anda lakukan untuk menjaga metabolisme tubuh, diantaranya olahraga ringan seperti berjalan, berlari, atau bersepeda secara teratur.

Selain itu, untuk memaksimalkan peningkatan dan perbaikan metabolism tubuh Anda dapat melakukan olahraga angkat beban. Beberapa gerakan angkat beban yang dapat meningkatkan metabolism tubuh: Dumbbell Bench Press, Eccentric Goblet Squat, Low-to-high Woodchop, Suitcase Deadlift, dan Walking Lunges.

2. Menghilangkan Stress dan Mengobati Depresi

Alasan kenapa olahraga penting untuk tubuh adalah bisa menghilangkan stres dan mengatasi depresi. Olahraga secara teratur akan membuat tubuh memproduksi hormon endorphin yang berfungsi meningkatkan kebahagiaan. Tak dapat dipungkiri bahwa tingginya beban pekerjaan dan berbagai macam masalah membuat stress dan depresi adalah hal yang tak terhindarkan. Maka dari itu, untuk menghilangkan stress dan mengobati depresi Anda dapat melakukan melakukan olahraga secara teratur, terutama di pagi hari. Terpenting, ketika bangun tidur Anda harus membiasakan berfikir positif, kemudian berlanjut dengan semangat berolahraga.

3. Membuat Anda Tertarik untuk Melakukan Kebiasaan Sehat yang Lain

Gaya hidup sehat tidak hanya berupa olahraga, namun juga pola makan dan tidur. Olahraga penting untuk tubuh karena bisa menjadi kunci untuk membiasakan diri bergaya hidup secara sehat. Setelah Anda berhasil membuat olahraga sebagai sebuah kebiasaan, maka secara otomatis akan muncul motivasi memperbaiki komponen gaya hidup sehat yang lain, seperti makan makanan yang sehat.

4. Mendapatkan Tubuh Ideal karena Lemah Lebih Banyak Terbakar

Setiap orang tentu menginginkan bentuk tubuh yang ideal karena dapat menunjang penampilan. Selain itu, tubuh ideal mencerminkan kondisi yang sehat, berpotensi kecil mengidap penyakit degeneratif. Jika Anda termasuk orang yang mengimpikan memiliki tubuh yang ideal, maka olahraga adalah cara yang paling efektif. Inilah yang menjadikan alasan kenapa olahraga penting untuk tubuh.

Olahraga penting untuk tubuh karena terbukti mampu membakar banyak lemak dalam tubuh.

Beberapa jenis olahraga yang dapat Anda lakukan untuk membakar lemak, diantaranya:


  • Senam Aerobik selama 60 menit dapat membakar kurang lebih 330 kalori
  • Bersepeda selama 60 menit dapat membakar 850 hingga 1000 kalori
  • Berenang selama 60 menit dapat membakar 800 kalori
  • Lompat tali selama 60 menit dapat membakar 750 kalori pada wanita, dan 850 kalori pada pria
  • Berlari selama 60 menit dapat membakar 748 kalori
  • Hula hoop selama 30 menit dapat membakar 210 kalori dan meningkatkan detak jantung maksimum
  • Jalan kaki selama 10 menit dengan cara berjalan lambat, kemudian tingkatkan kecepatannya.
  • Yoga dapat menurunkan tingkat gangguan psikologis, sehingga pola makan akan terjaga dengan baik. Hasilnya lemak dalam tubuh tidak menumpuk.
  • Badminton selama 30 menit dapat membakar 300 kalori
  • Zumba selama 60 menit dapat membakar 599 kalori. Olahraga ini sangat cocok bagi Anda yang ingin mengecilkan bentuk pinggang

5. Meningkatkan Energi Semangat dalam Tubuh

Banyak orang yang malas berolahraga karena takut capek. Padahal sebaliknya, olahraga sangat penting untuk tubuh karena dapat meningkatkan energy yang bisa mengurangi rasa lelah. Tingkat energi tergantung pada kemampuan jaringan otot dalam menghasilkan energi itu sendiri. Hal ini dipengaruhi oleh kadar oksigen. Ketika berolahraga, detak jantung mengalami peningkatan, sehingga aliran dalam darah yang membawa oksigen dan nutrisi ke seluruh jaringan otot juga meningkat.

Selain itu, olahraga secara rutin dapat membantu tubuh untuk memproduksi enzim yang memanfaatkan glukosa lebih banyak. Hal ini membantu memperbaiki energi, sehingga sistem kekebalan tubuh menjadi lebih kuat.

6. Kulit Anda Akan Sehat Bercahaya

Selain menggunakan perawatan skincare, olahraga juga terbukti mampu menjaga kesehatan kulit Anda. Peningkatan detak jantung saat berolahraga membuat darah terpompa lebih banyak ke seluruh pembuluh tubuh. Hal ini meningkatkan sirkulasi oksigen dan nutrisi, termasuk pada kulit. Selain itu, olahraga juga dipercaya dapat dipercaya membuat kulit menjadi awet muda karena meningkatkan produksi kolagen.

Kendati demikian, perlu diingat untuk memperhatikan kebiasaan saat berolahraga. Beberapa orang melakukan kesalahan sehingga kulit malah berjerawat atau sensitif setelah selesai olahraga. Kesalahan tersebut diantaranya, memakai make up tebal dan tidak membersihkan wajah setelah berolahraga. Make up bercampur dengan keringat, sehingga menimbulkan jerawat.

7. Meningkatkan Kemampuan Berkonsentrasi

Berdasarkan penelitian Molteni R dari Departemen of Neurosurgery, Universitas California bahwa olahraga mampu meningkatkan pertumbuhan sel baru dalam otak. Hasilnya kinerja otak akan semakin meningkat dan konsentrasi menjadi lebih baik. Jenis olahraga yang baik untuk meningkatkan konsentrasi adalah olahraga otak.

Olahraga otak membuat Anda berfikir, melatih kecerdasan emosional, dan mencegah kepikunan, sehingga dapat dikatakan bahwa olahraga otak adalah sarana rileksasi dan rekreasi. Beberapa jenis olahraga yang dapat dilakukan, diantaranya: Catur dan Bridge.

8. Memperbaiki Kualitas Tidur Anda

Berdasarkan laporan Men’s Health, frekuensi dan intensitas olahraga dapat membantu mengatasi masalah kurang tidur. Frekuensi tidur yang direkomendasikan adalah 7 sampai 8 jam per hari. Jika tubuh terus-menerus kurang tidur akan berpotensi mengidap penyakit kronis, seperti diabetes, stroke, tekanan darah tinggi, obesitas, dan penyakit jantung. Olahraga secara teratur dapat meningkatkan aliran darah, sehingga kualitas tidur menjadi lebih baik. Anda dapat melakukan olahraga kardio, latihan kekuatan, maupun yoga.

9. Memperbaiki Postur Tubuh

Bagi Anda anak muda yang mengalami masalah dengan postur tubuh, seperti bungkuk. Anda bisa mengembalikan posisi normal tubuh Anda dengan cara berolahraga. Saat ini banyak sekali anak muda yang mengalami kebungkukan di bagian punggung karena posisi tidur dan duduk yang salah. Jenis olahraga yang dapat membantu Anda untuk memperbaiki postur tubuh adalah olahraga Gym.

10. Menyehatkan Sistem Pencernaan

Olahraga penting untuk tubuh sebab terbukti mampu melancarkan sistem pencernaan, sehingga Anda terbebas dari penyakit sistem pencernaan, seperti kanker usus besar. Penyebab kanker usus besar adalah tidak lancarnya sistem pencernaan, terutama di usus besar, sehingga banyak racun yang mengendap di usus.Saat olahraga, otot perut menjadi bergerak dan terhubung dengan sistem pencernaan. Hal ini akan menyehatkan sistem pencernaan Anda.

11. Memaksimalkan Tingkat Pertumbuhan Tulang dan Gigi

Bagi Anda remaja yang sedang dalam masa pertumbuhan, olahraga merupakan cara terbaik untuk membantu memaksimalkan tingkat pertumbuhan, terutama pada tulang dan gigi. Saat berolahraga, tubuh akan lebih banyak melepaskan hormon pertumbuhan. Selain itu, saat berolahraga pagi hari, tubuh akan terkena paparan sinar matahari yang mengandung vitamin D yang baik bagi kesehatan tulang. Hal ini akan semakin terasa manfaatnya ketika dipadukan dengan Anda mengkonsumsi makanan kaya gizi seimbang dan susu dengan kalsium tinggi.

Maka tidak heran jika biasanya anak yang rajin berolahraga akan memiliki postur tubuh yang lebih tinggi karena pertumbuhan tulangnya berjalan dengan baik. Beda halnya dengan anak yang malas berolahraga, pertumbuhan tulang akan cenderung lebih lambat, bukan tumbuh ke atas, melainkan ke samping menjadi obesitas. Beberapa jenis olahraga yang dapat membantu Anda untuk memaksimalkan masa pertumbuhan, diantaranya: berenang, basket, lompat tali, bersepeda, sepak bola,

12. Mengurangi Tingkat Kekambuhan Penyakit Asma

Berolahraga jalan santai saat pagi hari sembari menghirup udara segar terbukti bisa mencegah kambuhnya penyakit asma. Jika asma yang Anda derita sering kambuh, maka lakukan rutinitas olahraga ringan ini secara rutin dengan durasi 30 menit. Udara bersih pagi hari yang belum tercampur dengan polusi akan membuat saluran nafas Anda menjadi bersih. Selain itu, melalui olahraga Anda juga dapat melatih saluran nafas agar lebih lebar.

13. Mengurangi Potensi Terkena Penyakit Penurunan Kognitif

Seiring berjalannya usia, kemampuan kognitif seseorang tentu akan berkurang. Namun Anda bisa mengurangi potensi ini dengan rutin berolahraga. Lancarnya aliran oksigen karena olahraga akan menghindarkan otak dari beberapa penyakit kognitif, seperti Alzheimer, Parkinson, Demensia.

14. Mendapatkan Kualitas Hidup yang Lebih Baik

Tidak hanya baik bagi kesehatan fisik, Anda dapat memperkuat alasan kenapa olahraga penting untuk tubuh karena juga bermanfaat memperbaiki kualitas hidup. Diantara manfaat yang Anda dapatkan:

· Suasana hati menjadi lebih baik

Olahraga menstimulasi zat kimia pada otak yang membuat bahagia. Anda dapat mencoba olahraga berjalan cepat 30 menit. Hasilnya, rasa stress dan mood yang buruk akan dapat terobati

· Kepercayaan diri semakin meningkat
Olahraga membuat sehat tubuh dan memperbaiki penampilan, sehingga Anda dapat semakin percaya diri

· Gairah sexual meningkat kembali
Pada beberapa pasangan, bisa jadi gairah sexual menurun karena terlalu lelah atau merasa tidak nyaman dengan bentuk tubuh yang tidak ideal. Olahraga dapat membantu Anda untuk mengembalikan bentuk ideal tubuh dan menyehatkan. Selain itu olahraga bisa meningkatkan produksi hormom testosterone yang dapat mempengaruhi gairah sexual seseorang. Hasilnya gairah sexual akan kembali meningkat.

Tips Agar Tidak Malas Berolahraga

Itu beberapa alasan kenapa olahraga penting untuk tubuh Anda. Namun selain itu, untuk mengatasi agar tidak malas berolahraga, Anda dapat menerapkan cara beberapa ini:

1. Atur Waktu Olahraga Secara Leluasa

Olahraga tidak hanya dapat dilakukan di tempat fitness atau ketika pagi hari. Anda dapat melakukan variasi terhadap rutinitas dan cara olahrga Anda, seperti olahraga secara mandiri lari mengelilingi kompleks rumah ketika sore hari atau turun tangga ketika di sela-sela jam kantor

2. Menghadirkan Teman Olahraga

Beberapa orang mungkin menjadi malas ketika berolahraga sendirian. Anda bisa mengajak teman, saudara, atau kekasih Anda untuk berolahraga bersama. Ketika bersama teman Anda bisa melakukan banyak hal menyenangkan, seperti saling membantu gerakan sit-up, balap lari, dan lain sebagainya. Selain itu, Anda juga dapat memperbaiki kualitas hubungan dengan orang lain melalui aktivitas olahraga.

3. Bergabung dengan Komunitas

Jika Anda kesulitan untuk mendapatkan teman saat berolahraga, Anda bisa mengatasi ini dengan ikut komunitas olahraga. Di Indonesia sangat banyak komunitas olahraga. Anda bisa meminta rekomendasi kepada kenalan atau mecari di website terkait komunitas atau klub olahraga terbaik. Bergabung disuatu komunitas dapat menjaga semangat Anda untuk terus berolahraga karena mereka akan mengingatkan ketika Anda mulai tidak bersemangat.

4. Tentukan Olahraga yang Anda Sukai

Kunci agar konsisten berolahraga adalah Anda harus mencintai apa yang Anda lakukan. Maka dari itu, tentukan jenis olahraga yang Anda sukai dan membuat nyaman. Saat ini jenis olahraga semakin berkembang dan seru. Anda bisa mencoba olahraga di alam, olahraga yang menantang, atau olahraga dengan menggunakan teknologi.

5. Tetapkan Target

Anda perlu menetapkan target yang ingin dicapai selama melakukan olahraga. Hal ini berfungsi agar Anda tetap semangat dalam berolahraga. Misalnya, dalam satu minggu Anda harus mampu berlari sejauh 1 km, kemudian minggu depan tingkatkan target tersebut.

Dari sekian alasan kenapa olahraga penting untuk tubuh Anda, hal yang paling Anda perlu ingat adalah olahraga adalah cara termurah untuk menjaga hal termahal dalam hidup, yakni kesehatan. Melalui tubuh yang sehat, apapun keinginan Anda pasti akan mudah tercapai. Sekali lagi, kesehatan itu penting, karena di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat.

14 Alasan Kenapa Olahraga Penting Untuk Tubuh, dari Kesehatan Hingga Kualitas Hidup 14 Alasan Kenapa Olahraga Penting Untuk Tubuh, dari Kesehatan Hingga Kualitas Hidup Reviewed by Bunda Lexi on April 12, 2019 Rating: 5

No comments:

Komentar di moderasi, silahkan login menggunakan account Google anda untuk berkomentar, komentar dari user unknown tidak akan ditampilkan. Terimakasih.

Powered by Blogger.