Es Krim, Sejarah dan Fakta Yang Menarik

Siapa yang tidak mengenal makanan satu ini. Es krim merupakan makanan beku yang saat ini sangat disukai oleh berbagai kalangan, dari anak-anak hingga orang tua. Rasanya yang manis, dingin, dan lembut sering dicari terutama saat cuaca panas. Saat ini kita dapat dengan mudah mencari es krim, mulai dari penjual keliling hingga ke supermarket. Banyak produsen seperti pabrik maupun usaha rumahan yang mulai menjual es krim. Tapi tahukah kamu bahwa dahulu sebelum ada freezer maupun lemari es, membuat es krim adalah suatu hal yang merepotkan. Untuk membuat es krim, es didapatkan dari danau atau kolam yang membeku yang kemudian dipotong dan disimpan dalam tumpukan jerami atau kayu yang diberi jerami. Pembuatan es krim pada jaman dahulu disimpan untuk dipakai pada saat musim panas.
es krim



Sejarawan telah banyak yang meneliti asal muasal es krim. Cina merupakan negara pertama pembuat makanan lembut ini. Sementara negara yang menyebarkan es krim adalah Italia. Sebelumnya, Marco Polo mencari tahu tentang resep es krim dan memperkenalkannya ke Italia. Penyebaran es krim dimulai pada abad ke -17. Dari italia kemudian es krim ini disebarkan oleh para ahli ke utara melalui Eropa dan Perancis. Perancis mengeluarkan es krim yang dibuat dari kuning telur dan mitranya yang berasal dari Amerika membuat es krim dari putih telur.


Sejak jaman dahulu, orang-orang sudah menyukai makanan yang segar sebagai hidangan saat musim panas tiba. Menurut Oxford English Dictionary, kata es krim pertama kali muncul pada tahun 1688, kemudian pada tahun 1744 muncul istilah ice cream. Sama seperti namanya, pada awalnya es krim hanya menggunakan krim yang manis kemudian diletakkan dalam panci yang dingin. Es krim di Cina adalah yang paling terkenal pada masa itu karena belum menyebar di Eropa. Seiring dengan berkembangnya zaman, orang-orang telah menambahkan campuran krim dan es untuk mencegah agar es tidak membeku. 

Sejarah Es Krim


Ada beberapa versi mengenai sejarah es krim. Versi pertama sejarah es krim dipercaya berasal dari zaman kekaisaran Nero pada tahun 64 M yang menginginkan makanan penutup yang dingin. Kemudian dibuatkan makanan dari salju halus, nektar, sirup, dan madu. Sementara itu, versi lain mengatakan es krim mulai dikenal di negeri Cina sekitar 700 M.

Cina memerintahkan pengawalnya untuk membawa es dari salju. Kemudian es ini diberi penambah rasa agar lebih enak, seperti madu atau potongan buah-buahan. Makanan yang disebut xuebaite tersebut akhirnya menjadi kesukaan raja yang saat itu bernama Raja Tang dari Kerajaan Shang. Setelah itu, makanan ini mulai dipopulerkan di lingkungan kerajaannya.

Kisah sejarah es krim lainnya berhubungan dengan adanya hubungan dagang antara Cina dan Italia. Pada saat itu, sang penjelajah lautan yakni Marcopolo membawa resep es krim ke negaranya. Es krim tersebut dikombinasikan dengan sirup dan campuran es. Es krim ini lah yang kemudian dipakai oleh koki istana untuk membuat es krim dari campuran salju.

Sementara itu di Amerika pada abad ke 19 telah ditemukan mesin pembuat es krim. Sejak ditemukannya mesin ini, es krim mulai popular di Amerika. Perkembangan es krim dimulai ketika gubernur asal Maryland, Amerika menyajikan es krim kepada para tamunya. Namun, kios es krim pertama di Amerika baru muncul 76 tahun kemudian. Secara komersial, perkembangan es krim dimulai sejak berdirinya cone di New Jersey. Marchionni, seorang pedagang dari Italia yang mencoba membungkus pasta berbentuk kerucut atau cone sebagai tempat es krim. Penemuan ini di klaim oleh Amerika sebagai penemuan mereka, yang selanjutnya muncul di St. Louis World’s Fair pada tahun 1904.

Di Indonesia sendiri, es krim diperkenalkan oleh Belanda. Pada zaman dahulu, es krim di Indonesia juga merupakan makanan yang mewah dan hanya dinikmati oleh orang-orang tertentu. Saking mewahnya, kebanyakan hanya orang Belanda yang menikmatinya. Es krim pertama di Indonesia adalah Es Krim Saloon. Es krim ini hanya bisa dinikmati di kota-kota besar seperti Jakarta, Bogor, Bandung, Malang, dan Surabaya. 

Pembuatan Es Krim


Es krim dikategorikan menjadi 3 jenis yakni es krim premium, standar, dan ekonomis. Es krim premium merupakan makanan yang pada umumnya menggunakan bahan berkualitas, memiliki jumlah susu yang relative tinggi dan jumlah udara yang rendah. Hal inilah yang menyebabkan harga es krim menjadi mahal. es krim mengandung lemak, protein, karbohidrat, vitamin, dan mineral.

Pembuatan es krim menerapkan prinsip dari ilmu kimia yakni proses pasteurisasi yang dilakukan setelah terbentuk campuran es krim. Pasteurisasi es krim di sini merupakan proses pemanasan untuk membunuh organisasi yang merugikan seperti bakteri, protozoa, kapang dan lainnya serta digunakan untuk memperlambat pertumbuhan mikroba.

Mengenai soal rasa es krim, vanilla adalah rasa yang paling sering disukai. Rasa yang disukai lainnya seperti cokelat, stroberi, chocolate chips, dan yang lainnya. Karena berbahan susu dan terlalu berlemak, Amerika menetapkan bahwa susu dalam pembuatan es krim tidak boleh lebih dari 10 persen atau yang sering disebut dengan susu jenis low fat.

Fakta Menarik Mengenai Es Krim


Berikut adalah fakta-fakta unik mengenai es krim untuk menambah pengetahuan kita tentang es krim:

1. Warga Amerika dapat menghabiskan es krim 20 liter per tahun.

Jika di Inggris orang-orang biasanya makan 9 liter per tahun, makan di Amerika mampu menghabiskan es krim sampai 2 kali lipatnya. Es krim sangat digemari di Amerika. 20 liter per tahun setara dengan menghabiskan 5 galon susu.

2. Vanilla adalah rasa es krim terfavorit

Diantara banyaknya rasa es krim, vanilla menempati urutan pertama rasa es krim yang paling disukai. walaupun salah satu produsen es krim yaitu Ben dan Jerry mampu membuat es krim hingga 46 rasa, vanila mampu menduduki 20-29 persen dari rasa yang ada. Selanjutnya disusul dengan rasa coklat.

3. Ukuran kerucut es krim terbesar di dunia.

Kerucut es krim terbesar berukuran tinggi 2,81 meter yang dibuat oleh Mirco Della dan Andrea Andrighetti dari Italia. Coklat putih di atasnya mencapai berat hingga 700 kilogram dan hiasan biscuit wafel bulat yang berjumlah hingga 2000 buah.

4. Sejarah penamaan es krim Sundae karena dahulu hanya dijual pada hari Minggu saja.

Es krim ini berasal dari Amerika oleh pedagang yang menjual es krim soda pada hari Minggu. Beberapa pedagang menambahkan sirup diatas es krim, yang kemudian dinamakan es krim Sunday dan saat ini dikenal dengan es krim Sundae. Es krim ini pernah dibuat paling tinggi 12 meter dengan membutuhkan 4.667 galon es krim serta sekitar 7.000 toping.

5. Anggapan es krim dapat membuat gemuk

Anggapan ini tidak sepenuhnya benar. Kontribusi energi dan lemak dalam es krim untuk tubuh sangat kecil. Satu takaran es krim memberikan kontribusi enargi sebesar 10 persen dan lemak sebesar 15 persen dari total kebutuhan tubuh perharinya. Jadi jika kita mengkonsumsinya secara normal, hal ini tidak akan membuat gendut. Selain itu, penambahan toping sebaiknya tidak berlebihan agar tidak menambah pemanis secara berlebihan.

6. Laki-laki lebih memilih es krim dari pada perempuan untuk makanan penutupnya.

Telah dilakukan survey yang membuktikan laki-laki lebih suka memakan es krim untuk hidangan penutupnya dari pada perempuan.

7. Es krim terpanjang di dunia

Mahasiswa South Carolina Governor’s School for Science and Mathematics beserta 180 staff berhasil meraih rekor dunia dengan membuat es krim sundae terpanjang di dunia yang mencapai 248 meter. 

8. Anggapan es krim menyebabkan gigi berlubang

Terlalu banyak mengkonsumsi es krim menyebabkan sisa karbohidrat serta gula pada es krim tertinggal di gigi yang kemudian dapat menumpuk dan membuat kerusakan pada gigi. Selain itu sisa es krim yang tertinggal digigit dapat menyebabkan rasa nyeri pada gigi karena sisa es tersebut dapat memicu tumbuhnya bakteri. Oleh karena itu, alangkah baiknya setelah memakan es krim untuk berkumur atau meminum air putih. Selain itu dapat pula dengan menggosok gigi.

9. Anggapan tidak boleh makan es krim saat sakit

Menurut Emilia E. Achamdi, seorang pakar kesehatan dari komunitas Sehati, tubuh tidak akan sakit hanya dengan memakan es krim. Bahkan menurut Russel Steele dari Universitas Kedokteran New Orleans, es krim dapat menjadi pilihan yang mampu meredakan nyeri tenggorokan. Namun perlu diperhatikan bahan dari es krim harus benar-benar dari bahan yang berkualitas dan melalui proses yang steril.

10. Es krim kaya akan kalsium

Berbagai jenis es krim yang menggunakan susu mempunyai kandungan kalsium serta nutrisi yang bermanfaat bagi tulang dan memberi energi pada tubuh. Dengan tubuh yang berenergi dan tulang yang kuat, tentunya akan memudahkan aktivitas kita. Tentunya yang perlu diingat memakan es krim harus dalam batasan yang wajar dan tidak berlebihan.

11. Es krim dapat menambah berat badan ibu hamil

Sebanyak 207 kkal serta gula sebanyak 16 gram tiap 100 gramnya yang terkandung dalam es krim. Hal ini dapat menambah berat badan bagi ibu hamil. Kandungan gula serta kalori akan sangat dibutuhkan untuk menambah berat badan.

12. Es krim dapat memperbaiki mood

Sebenarnya, mood dapat meningkat dengan sendirinya dengan atau tanpa makanan. Namun, untuk meningkatkan mood dapat dilakukan dengan mencari apa yang disukai. sehingga es krim sebagai makanan yang sangat disukai berbagai kalangan dapat dijadikan alternatif untuk meningkatkan mood dan meredakan emosi.

13. Ternyata ada es krim rasa ular, ada pula es krim bertoping ayam goreng

Walaupun vanilla dan coklat adalah rasa yang banyak disukai, saat ini es krim hadir dengan berbagai varian rasa. Es krim hadir dengan berbagai rasa mulai dari rasa yang eksotik seperti alpukat, mawar, dan gula merah hingga rasa-rasa yang aneh untuk sebuah es krim. Sebagai contoh rasa burger, ikan, udang, dan yang lainnya termasuk rasa ular dan toping ayam goreng.

Es krim mempunyai banyak fakta unik dan juga mempunyai sejarah yang panjang. Banyak versi asal mulanya es krim. Dari beberapa versi tersebut, kita dapat mengetahui teknik-teknik dalam pembuatan es krim. Memakan es krim mempunyai manfaat yang baik bagi tubuh. Namun, perlu diperhatikan untuk tidak berlebihan mengkonsumsi es krim, memilih es krim yang rendah gula dan lemak, serta memilih es krim yang diproduksi dengan steril.

Es Krim, Sejarah dan Fakta Yang Menarik Es Krim, Sejarah dan Fakta Yang Menarik Reviewed by Bunda Lexi on April 12, 2019 Rating: 5

No comments:

Komentar di moderasi, silahkan login menggunakan account Google anda untuk berkomentar, komentar dari user unknown tidak akan ditampilkan. Terimakasih.

Powered by Blogger.